logo web

Sinopsis & Review One Piece Film: Red, Kisah Uta dan Shanks

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
One Piece Film: Red
4.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

One Piece Film: Red merupakan film anime fantasy, action, dan adventure yang disutradarai oleh Goro Taniguchi dan diproduksi oleh Toei Animation. Film ini merupakan film ke-15 dari seri film One Piece yang diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Oda Eiichiro.

Film ini telah ditayangkan perdana di Jepang pada 22 Juli 2022 sebagai peringatan 25 tahun manga One Piece. Sementara secara teatrikal, film ini baru ditayangkan pada 6 Agustus 2022 di Jepang. Di Indonesia sendiri film ini baru ditayangkan pada 21 September.

Petualangan baru yang dialami oleh kru Topi Jerami yang dipimpin oleh Luffy mempertemukannya dengan teman lama, Uta. Seperti apakah petualangan Luffy dan teman-temannya kali ini? Berikut ulasan One Piece Film: Red selengkapnya.

Baca juga: Sinopsis & Review One Piece Film Gold, Hutang & Taruhan Nyawa

Sinopsis

one piece film red_Sinopsis_

Dimulai dengan berita-berita mengenai kejahatan para bajak laut yang telah menyengsarakan banyak orang. Di tengah-tengah kebencian orang terhadap para bajak laut, muncul seorang gadis bernama Uta.

Uta merupakan seorang diva yang tengah populer di seluruh dunia. Suaranya yang indah membuat orang-orang mencintainya dan merasakan kedamaian ketika mendengarnya.

Setelah sekian lama, akhirnya Uta mengadakan konser live pertamanya di Pulau Elegia. Pulau tersebut  telah lama dikenal sebagai ‘Pulau Musik’, karena telah lahir banyak penyanyi di sana.

Konser Uta secara langsung ini tentu sangat dinanti-nanti oleh para penggemarnya, termasuk kru bajak laut Topi Jerami. Selain para penduduk, banyak juga kru bajak laut lainnya yang hadir di konser Uta kali ini. Dan ketika Uta bernyanyi, para penonton pun langsung bersorak gembira karena akhirnya bisa langsung menyaksikannya.

Di tengah-tengah perbincangan Uta dengan para penontonnya, Luffy langsung menuju ke panggung. Luffy dengan santai menyapa Uta yang merupakan teman masa kecilnya.

Uta pun senang bisa bertemu dengan teman masa kecilnya itu setelah 12 tahun tidak pernah bertemu. Ketika orang-orang bertanya-tanya, Luffy mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan.

Luffy mengatakan bahwa Uta merupakan teman masa kecilnya dan sekaligus anak dari Shanks. Sontak pernyataan itu membuat publik geger dan banyak bajak laut jahat yang ingin menculik Uta. Salah satunya adalah anak-anak Big Mom.

Di sisi lain, warga penduduk yang mencintai Uta sempat kecewa karena mengetahui Uta merupakan anak dari seorang bajak laut. Namun, Uta dengan santai menanggapi hal tersebut.

Uta mengatakan kalau ia akan menghukum semua bajak laut yang jahat. Uta juga berjanji akan memberikan kebahagiaan bagi semua orang di era baru yang akan ia ciptakan.

Dari kejauhan, Angkatan Laut dan para pemimpin dunia mengawasi gerak gerik Uta dengan cermat. Sementara Luffy dan krunya datang hanya untuk menikmati penampilan nyaring Uta.

Di sisi lain, laki-laki misterius bernama Gordon tampak mengawasi konser yang tengah dilaksanakan oleh Uta. Gordon mengetahui masa lalu Uta dan sekilas tentang Shanks yang orang lain tak ketahui.

Sementara itu, Luffy dan krunya tidak mengetahui ada maksud lain dari Uta yang ingin menciptakan ‘Era baru’. Kira-kira, Era Baru seperti apakah yang dimaksud oleh Uta?

Apakah yang akan dilakukan oleh Angkatan Laut dan para Pemimpin Dunia yang mengawasi Uta dari kejauhan karena mereka ketakutan dengan Uta?

Fokus Pada Kisah Uta dan Shanks

one piece film red_Fokus Pada Kisah Uta dan Shanks_

Seperti pada trailer yang sudah dari jauh hari diperlihatkan, film ini akan fokus pada kisah seorang gadis cantik bernama Uta. Ia merupakan seorang idola, penyanyi dan pusat cerita dari film ini yang tengah digemari oleh banyak orang. Tak terkecuali beberapa anggota kru bajak laut Topi Jerami.

Sebenarnya ada dua episode dalam anime One Piece (episode 1029-1030) yang menjadi pengantar menuju film ini dan memperkenalkan karakter Uta secara singkat. Jadi, bagi yang sudah mengikuti seri anime-nya, pasti sudah tidak asing dengan karakter Uta. 

Dari dua episode pengantar menuju film ini juga menyisakan banyak teka teki, meskipun sebenarnya di seri anime sempat sekilas diceritakan kalau Uta ini adalah anaknya Shanks. Dan dia telah berteman dengan Luffy sejak kecil karena Shanks sering pergi ke desa tempat Luffy berasal.

Semua teka-teki di seri anime terjawab dengan jelas di film ini. Pada film ini, diulas lebih jauh lagi siapa itu Uta dan apa hubungannya dengan Shanks serta Luffy. Lalu dijelaskan pula kenapa Uta sempat menghilang serta tujuan utama Uta dengan membuat Era Baru versi dirinya.

Film One Piece Terbaik Sejauh Ini

one piece film red_Film One Piece Terbaik Sejauh Ini_

Perlu saya akui, sejauh saya menonton film One Piece, ini merupakan film One Piece terbaik. Dan ketika saya membuat tulisan ini, tercatat pada 20 September 2022, One Piece Film: Red telah meraih lebih dari 15,01 miliar yen di Jepang. 

Film ini juga menjadi film terlaris tahun 2022 di Jepang dan merupakan film terlaris ke-13 sepanjang masa di Jepang. Sementara di dunia, film ini menjadi film terlaris ke-16. One Piece Film: Red juga menjadi film ke-2 tercepat yang mencapai 10 miliar yen, melebihi film Spirited Away karya Hayao Miyazaki. 

Selain filmnya, musik yang menjadi soundtrack film ini pun laris di pasaran dan banyak diputar. Lagu dengan judul “New Genesis” yang dinyanyikan oleh Ado ini berhasil menduduki puncak tangga lagu Global Top 100 di Apple Music. 

Sementara Oricon pun mencacat kalau Ado berhasil menjadi artis ketiga peringkat digital selama tiga minggu. Dia juga menjadi artis pertama yang memiliki lima lagu di Top 5 Streaming Chart.

Lima lagu itu di antaranya adalah New Genesis, "I’m Invincible", "Backlight", "Fleeting Lullaby" dan "Tot Musica". Sementara lagu "Uta no Uta" berhasil menduduki peringkat pertama di ‘Weekly Digital Album Ranking’ selama tiga minggu terakhir. 

Visual, Plot dan Musik yang Menyenangkan serta Emosional

one piece film red_Visual, Plot dan Musik yang Menyenangkan serta Emosional_

Mulai dari visual, plot, musik sampai karakternya, semua bersatu menjadi film yang menyenangkan dan emosional ketika ditonton. Beberapa visual menggunakan 3D, terutama pada bagian ketika Uta melakukan konser.

Oh iya, siap-siap juga merasakan sensasi seperti tengah menonton konser. Pasalnya, kamu akan sering disuguhi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Uta di sepanjang film. Meskipun bagi saya terasa jadi terlalu banyak adegan menyanyi, tapi dari segi lirik lagu sebenarnya masih nyambung dengan alur ceritanya.

Sayangnya, pada film ini bagian aksi pertarungannya lebih sedikit dari film One Piece yang lain. Namun ketika masuk ke puncak adegan aksinya, tetap berhasil membuat saya berdecak kagum. Terutama ketika Luffy dan Shanks ‘bertarung’ bersama. 

Untuk bagian plotnya, sebenarnya cukup ringan, tapi cukup padat juga. Dan saya sangat menyarankan kamu untuk menonton dua episode seri anime One PIece yang telah disebutkan sebelumnya. Tujuannya adalah supaya kamu bisa mengerti sedikit alur cerita pada film ini. 

Di bagian akhir, siap-siap dibuat cukup emosional dengan kedatangan Shanks dan percakapannya dengan Uta. Begitu pula dengan percakapan Uta dengan Luffy.

Selain itu, kamu juga akan cukup terhibur dengan beberapa karakter pendukung yang justru bagi saya malah jadi sangat menggemaskan dan memeriahkan suasana.

Pada film One Piece yang lain, kru bajak laut Topi Jerami yang biasanya menjadi pusat cerita dan sering mendapatkan  peranan penting. Tapi, di film ini justru menurut saya beberapa karakter pendukung seperti Koby dan Law menjadi karakter yang tak kalah penting. 

Pada film ini ada pula sedikit bocoran tentang kekuatan baru yang dimiliki oleh Luffy, Robin, Nami dan beberapa karakter lainnya. Tapi bagi kamu yang mengikuti seri manga, pasti sudah pernah melihat beberapa jurus tersebut. Hanya saja kalau di seri anime, jurus-jurus tersebut belum pernah diperlihatkan.

Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan kamu untuk menonton film ini. Apalagi kalau kamu menonton bersama para pecinta One Piece lainnya, suasana menonton di bioskop pun akan terasa lebih hidup dan meriah.

Pastikan menonton sampai bagian kredit selesai, meski hanya cuplikan gambar. Soalnya, akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, lho!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram