logo web

Sinopsis & Review Drama Korea Our Blooming Youth (2023)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Our Blooming Youth
3.4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Drama sageuk yang dibintangi Park Hyung Sik dan Jeon So Nee berjudul Our Blooming Youth (2023) sudah bisa kamu nikmati!

Masih berlatarkan kehidupan di dalam istana, drama ini mengisahkan hidup Putra Mahkota Lee Hwan yang dikelilingi rumor pasca kematian saudaranya. Rumor paling menyedihkan mengatakan kalau Lee Hwan adalah pembunuh saudaranya tersebut.

Tuduhan serupa dialamatkan juga pada Min Jae Yi setelah seluruh keluarganya tewas. Gadis yang merupakan putri cendekiawan itu dituduh membunuh.

Jae Yi bertekad mendatangi Lee Hwan untuk memecahkan kasus tersebut sekaligus membersihkan namanya. Penasaran dengan kelanjutannya? Ikuti kisah mereka dalam Our Blooming Youth (2023).  

Sinopsis

Putra Mahkota Lee Hwan naik tahta menggantikan saudaranya yang meninggal dengan perasaan gelisah. Pasalnya, dia dirumorkan telah membunuh saudaranya tersebut untuk mendapatkan posisi saat ini.

Sebuah surat misterius datang memperparah keadaannya. Namun, seorang gadis, putri cendekiawan yang terbiasa memecahkan kasus datang ke hidupnya setelah kematian seluruh keluarganya.

Episode 1-2

Our Blooming Youth_ep 1-2__

Bahu kanan Putra Mahkota Lee Hwan terkena panah beracun satu tahun lalu. Akibatnya, tangan sebelah kanan Lee Hwan tidak maksimal digerakkan.

Namun, pelaku yang melepaskan panah beracun tersebut masih misteri. Cerita yang beredar di istana, itu adalah perbuatan hantu karena Lee Hwan dirumorkan telah meracun saudaranya, Pangeran Ui Hyeon, agar dapat naik tahta.

Sejak naik tahta, Lee Hwan mendapat sebuah surat misterius yang menerornya. Isi surat itu terus menghantui karena di sana tertulis kalau Lee Hwan adalah pembunuh Ui Hyeon. Isi surat itu membuat Lee Hwan frustasi karena seolah menyalahkan kematian Ui Hyeon padanya. 

Gosip bahwa tangan kanan Lee Hwan cacat terus menjadi buah bibir di istana. Penasihat Negara Kanan, Jo Won Bo, sangat mempermasalahkannya. Dia tidak ingin calon raja memiliki tangan kanan yang cacat.

Bukan itu saja, dia berencana menggunakan kelemahan Lee Hwan itu untuk menggulingkannya karena ingin putra dari ratu yang tak lain adalah keponakannya, mendapat kesempatan menjadi Putra Mahkota.

Won Bo ingin raja menggelar Perburuan Besar untuk menilai apakah tangan kanan Lee Hwan bisa dipakai atau tidak. Idenya ditentang oleh Penasihat Negara Kiri, Han Jung Eon, yang berharap agar Lee Hwan pulih lebih dulu.

Namun, raja sudah memutuskan bahwa Perburuan Besar itu akan tetap digelar. Lee Hwan tidak punya pilihan lain selain mempersiapkan diri. 

Kekhawatiran lebih terlihat jelas pada sahabat dekatnya yang sekaligus putra dari Jung Eon, Han Sung On. Han Sung On sendiri sebenarnya tengah menyiapkan pernikahan dengan Min Jae Yi, yaitu putri seorang cendekiawan bernama Min Ho Seung.

Nahas, saat hampir dekat dengan hari pernikahan, seluruh keluarga Min Ho Seung tewas. Min Jae Yi dituduh sebagai pelaku pembunuhan. 

Rumor yang beredar juga mengatakan kalau Jae Yi menjalin hubungan dengan lelaki yang sedari kecil sudah dipelihara keluarganya. Jae Yi tak punya pilihan lain selain melarikan diri.

Saat dalam pengejaran, dia terjatuh ke jurang. Jae Yi selamat, tetapi tak ada yang tahu mengenai hal itu, kecuali dua pelayan yang salah satunya adalah Jang Ga Ram. 

Dia lantas menyamar menjadi seorang prajurit dan berusaha mendekati Lee Hwan. Jae Yi punya tujuan khusus untuk itu karena sebelum sang ayah meninggal, dia memberikan sebuah surat yang dikirim bersama hantaran dari Lee Hwan.

Mendiang Ho Seung juga berpesan agar Jae Yi dapat melindungi Putra Mahkota. Dari sana Jae Yi berpikir kalau kematian seluruh keluarganya terkait dengan Lee Hwan.

Hari Perburuan Besar tiba dan Lee Hwan tampak percaya diri. Saat tengah asyik berburu, sebusur panah melesat ke arah Lee Hwan. Jae Yi yang mengintip dari pepohonan menjadi tertuduhnya.

Dia langsung menjelaskan kalau dirinya adalah Jae Yi dan dia datang karena surat yang dikirim Lee Hwan. Penasaran dengan jawaban itu, Lee Hwan membawa Jae Yi dan tidak langsung menghukumnya.

Sampai di istana, Lee Hwan mengejutkan pejabat-pejabat yang jadi musuh dalam selimut dengan hasil buruannya. Namun, ketika hendak menulis doa, secara misterius tangannya meneteskan darah padahal tidak terluka. Rumor tak sedap pun kembali berembus.

Dalam keadaan seperti itu, Lee Hwan kembali menemui Jae Yi. Jae Yi meyakinkan Lee Hwan kalau dia datang untuk membantu. Pasalnya, dengan bantuan Lee Hwan pula Jae Yi yakin pembunuh keluarganya dapat terungkap.

Dia lalu membongkar kalau tetesan darah dari tangan Lee Hwan tadi adalah sebuah trik, bukan karena pengaruh hantu.

Lee Hwan kemudian membuktikan sendiri ucapan Jae Yi untuk membersihkan diri dari rumor tak berdasar. Sayang, ketika trik Jae Yi terbukti benar, Lee Hwan masih belum mempercayai gadis itu. Ketika Jae Yi membongkar semua rahasia tentang surat misteriusnya, Lee Hwan terkejut dan malah semakin emosional.

Episode 3-4

Our Blooming Youth Episode 3-4__

Putra Mahkota Lee Hwan memberikan kesempatan pada Jae Yi. Gadis itu pun kemudian resmi menjadi kasim baru dengan nama Go Sun Dol. Kehadirannya membuat kasim yang lain heran karena selama ini Lee Hwan terkenal sulit menerima orang baru. 

Adik Lee Hwan, Putri Ha Yeon, juga heran. Tapi dia tahu alasannya karena sang kakak menjelaskan kalau Sun Dol adalah orang yang membongkar misteri tetesan darah yang keluar dari tangannya saat upacara do’a.

Terkait hal itu, Han Sung On ditugaskan untuk mencari Oh Man Sik, yaitu orang yang bertanggungjawab menyiapkan pena dan kertas untuk upacara tersebut.

Sayangnya, Oh Man Sik kabur setelah menjual beberapa barang berharganya. Salah satu barang yang dia jual membuat Han Sung On tertegun karena dia ingat kalau ayahnya, Han Joong Eon, punya barang yang sama. 

Di istana, Jae Yi atau Sun Dol diberi tugas oleh Lee Hwan untuk menyelesaikan dua kasus guna membuktikan kemampuannya. Dia juga dibiarkan tinggal di ruang rahasia yang ada di perpustakaan.

Sikap Lee Hwan mulai bersahabat, tapi pengawal pribadinya yang bernama Tae Gang masih kasar dan tidak percaya pada Jae Yi.

Jae Yi yang menyembunyikan identitas aslinya dari siapa pun, dianggap hilang dan meninggal karena terjatuh dari tebing. Namun, temuan salah satu sepatu Jae Yi di sebuah gua, membuat Sung On percaya bahwa calon pengantinnya itu masih hidup. 

Sung On memerintahkan anak buahnya untuk mencari dan menemukan Jae Yi serta lelaki yang disebut-sebut sebagai kekasih calon istrinya itu. Jae Yi sendiri untuk pertama kalinya dapat bertemu dengan Sung On di istana. Namun, Sung On tentu tidak mengenalinya karena Jae Yi kini menjadi kasim bernama Sun Dol.

Sun Dol mulai mendapat tugas dari Lee Hwan untuk membuktikan kemampuannya. Dia diantar Tae Gang menuju tempat Kim Myeong Jin, seorang ilmuwan yang tertarik pada ilmu forensic dan mengidolakan Jae Yi.

Di tempat Kim Myeong Jin rupanya ada Ga Ram, pelayan Jae Yi yang paling setia. Namun, untuk sementara mereka harus menahan diri dan berpura-pura tidak saling kenal.

Tugas pertama Sun Dol dan dua orang itu adalah melakukan otopsi pada mayat orang suruhan Lee Hwan yang beberapa waktu ditugaskan mengantar hadiah pernikahan ke rumah Jae Yi.

Hasilnya menunjukkan kalau orang suruhan itu meninggal karena racun yang sama dengan yang dipakai untuk melukai pundak Lee Hwan setahun lalu. 

Lee Hwan dan Jae Yi lantas menyimpulkan kalau orang itu meninggal saat dalam perjalanan mengantarkan hadiah pernikahan. Seseorang membunuhnya lalu menggantikan tugasnya.

Sung On sendiri mendapat jawaban atas kecurigaannya pada sang ayah. Rupanya pemilik benda yang dijual Man Sik bukan hanya ayahnya, melainkan juga beberapa pejabat yang lain.

Di tengah rasa penasarannya, Sung On harus memimpin kelas istana. Lee Hwan pun mengirim Sun Dol untuk mengikutinya.

Di kelas itu Sung On mengulas kasus kematian para lansia yang diduga dilakukan pembunuh berantai. Dengan yakin dia mengeluarkan prediksinya mengenai pembunuhan yang akan datang, dan berjaga-jaga mengenai hal itu.

Lee Hwan mendengarkan tapi kemudian dia memberi Sun Dol kesempatan menyampaikan pendapatnya. Pendapat Sun Dol sama dengan Sung On, tetapi berbeda dalam prediksi. Dua orang itu terlibat adu mulut mempertahankan pendapatnya masing-masing. 

Secara mengejutkan Lee Hwan membuat keputusan tak terduga. Dia mengizinkan Sung On berjaga-jaga di lokasi yang dia yakini sebagai tempat pembunuhan berikutnya. Lee Hwan juga mengizinkan Sun Dol melakukan otopsi ulang pada mayat sesuai keinginannya. 

Akibat hal itu, Jo Won Bo memerintahkan anak buah untuk menyelidiki latar belakang Sun Dol. Sung On sendiri mendapat tekanan dari ayahnya untuk segera menangkap pembunuh berantai sebelum Sun Dol karena jangan sampai dia dipermalukan oleh kasim rendahan.

Episode 5-6

Our Blooming Youth_Episode 5-6_

Putra Mahkota Lee Hwan mengejutkan Jae Yi atau Sun Dol, Ga Ram dan Myeong Jin karena menyamar sebagai cendekiawan yang akan ikut penyelidikan.

Lee Hwan turut menyaksikan ketika sebuah kuburan dibongkar karena Sun Dol perlu mencari huruf yang ada pada mayat korban pembunuhan berantai.   

Dari penggalian itu, ditemukan satu huruf pada mayat dan Sun Dol langsung menghubungkannya dengan huruf-huruf pada mayat lain. Dari sana dia mendapatkan satu petunjuk penting.

Selesai dengan itu, Lee Hwan kembali ke istana dan bertemu Sung On yang akhirnya mengaku bahwa dirinya menemukan sesuatu di kediaman Man Sik.

Lee Hwan cukup kecewa karena Sung On tidak langsung jujur dan terkesan melindungi ayahnya, Han Joong Eon, karena memiliki barang yang sama dengan Man Sik. Dia menilai Sung On tidak sepenuh hati mengabdikan diri. Hubungan mereka mulai terlihat memanas dan terganggu karena hal ini.

Di tempat lain Jo Won Bo juga kepanasan sampai memukul para dayang istana dengan membabi-buta karena mendengar mereka menjelek-jelekan Pangeran Myeong Ahn. Insiden itu membuat pangeran dan ratu terkejut. 

Ratu lebih terkejut ketika mendengar obsesi Won Bo yang akan menjadikan Pangeran Myeong Ahn sebagai Putra Mahkota guna menggantikan Lee Hwan serta mendudukkannya sebagai Ibu Suri. Ratu khawatir perkataan pamannya itu bisa membahayakan nyawa mereka.

Kekhawatiran serupa tengah terjadi di lingkungan istana karena kasus pembunuhan berantai yang belum terungkap.

Namun, berkat kecerdasan Sun Dol, dia tahu siapa yang akan jadi target pembunuhan berikutnya. Sun Dol mencoba mengabarkan pada Lee Hwan tetapi kesulitan, hingga kemudian dia bertemu Sung On.

Sung On yang sempat tak menghiraukan Sun Dol mendadak tertegun ketika gadis itu mengatakan bahwa dia tahu target pembunuhan berikutnya.

Sung On merasa mulai tersaingi tetapi berusaha mendengarkan penjelasan Sun Dol yang rupanya terbukti benar. Target pembunuhan berikutnya adalah para ibu hamil. Untungnya Sung On dan Sun Dol bergerak cepat hingga bisa mencegah pembunuhan.

Keduanya bertarung melawan pembunuh itu yang ternyata seorang syaman atau dukun. Dalam pertarungan tersebut Sun Dol terluka dan pingsan.

Lee Hwan yang datang kemudian bantu menyelamatkannya dan membuat Sung On terlihat kurang senang. Lee Hwan bahkan merawatnya karena tak ingin orang-orang tahu identitas asli Sun Dol. 

Sung On yang berhasil menangkap pembunuh berantai bersama Sun Dol rupanya tidak membuat para pejabat kagum. Mereka justru menginginkan agar Sung On dihentikan dari penyelidikan.

Di tengah tekanan dari Won Bo dan kawanannya, Sung On beserta pengawal mendapati kantor shaman diserang oleh orang-orang tak dikenal.

Para pekerja memberi kesaksian bahwa syaman mulai berubah satu bulan lalu. Pernyataan itu membuat Lee Hwan berpikir bahwa syaman si pembunuh tersebut kemungkinan ada hubungannya dengan kematian ayah Jae Yi atau Sun Dol.

Lebih jauh dia juga mulai mencurigai Won Bo yang terobsesi melungsurkannya untuk menaikkan Pangeran Myeong Ahn ke posisi Putra Mahkota.

Won Bo sendiri mendapat laporan yang mengejutkan dari suruhannya bahwa kasim bernama Sun Dol sebenarnya dilaporkan hilang saat musibah banjir beberapa waktu lalu. Ketika Won Bo sibuk dengan obsesinya, Sung On dan Sun Dol sama-sama sibuk melakukan penyelidikan ke kediaman syaman. 

Keduanya bertemu secara tidak sengaja dan Sun Dol mendapati Sung On masih menyimpan surat persetujuan pernikahan. Sun Dol menganggap calon suaminya itu belum benar-benar melupakannya. Tak lama Sung On menerima berita mengenai pria yang mengaku sebagai kekasih Jae Yi atau calon istrinya. 

Lelaki bernama Sim Yeong tersebut ditemukan gantung diri dan surat bunuh dirinya diambil oleh orang suruhan Lee Hwan.

Saat Sung On kesal dengan simpulan sendiri bahwa calon istrinya benar-benar berselingkuh dengan pria lain, Lee Hwan justru kembali mempertanyakan kejujuran Jae Yi atau Sun Dol berdasarkan surat bunuh diri Sim Yeong yang dia baca.

Aksi Park Hyung Sik Jadi Putra Mahkota

review Our Blooming Youth_Aksi Park Hyung Sik Jadi Putra Mahkota_

Sukses dengan drama Happiness (2021) bersama Han Hyo Joo, sampai sulit sekali menghilangkan image Jung Yi Hyun pada dirinya, Park Hyung Sik akhirnya tampil beda dalam drama bertema sageuk. Berjudul Our Blooming Youth (2023), aktor tampan kelahiran 1991 berperan sebagai Putra Mahkota Lee Hwan.

Dalam balutan busana kerajaan yang megah, dari dua episode perdananya, Park Hyung Sik tampil berkharisma. Karakternya sebagai Putra Mahkota Lee Hwan akan membuatmu iba karena dia hidup dalam kondisi tertekan setelah kematian kakaknya. Pada drama barunya ini Hyung Sik siap terlibat dalam intrik-intrik licik pejabat istana bermuka dua.

Baca juga: 11 Drama Park Hyung Sik Ini Bikin Kamu Lupa Kalau Dia Idol!

Suguhan Teka-Teki Langsung di Episode Awal

review Our Blooming Youth_Suguhan Teka-teki Langsung di Episode Awal_

Turut juga dibintangi oleh Jeon So Nee, alur Our Blooming Youth (2023) sudah cukup padat di dua episode awal. Backstory Lee Hwan sebagai Putra Mahkota yang tertekan sebab dirumorkan membunuh kakak sendiri disuguhkan sejak menit-menit awal.

Kematian saudara Lee Hwan dimaksimalkan sebagai teka-teki yang potensial membuat episode selanjutnya bikin penasaran.

Selain kebenaran tentang kematian saudara Lee Hwan, dua episode perdana drama ini juga membuat kita penasaran dengan beberapa hal lain. Pertama, yaitu tentang fakta di balik kematian keluarga Min Jae Yi dan kedua, siapa sosok orang misterius di balik teror yang menyerang Lee Hwan selama ini. 

Jeon So Ne, Detektif Zaman Joseon

review Our Blooming Youth_Jeon So Ne, Detektif Zaman Joseon_

Karakter Lee Hwan yang gelisah, rapuh dan memprihatinkan, diimbangi dengan karakter wanita yang menarik yang diperankan oleh Jeon So Nee.

Min Jae Yi adalah putri cendekiawan yang gagal menikah karena keluarganya tewas secara misterius. Hidupnya mendadak berubah jadi sangat mencekam karena dia dituduh sebagai pembunuhnya. 

Melalui dua episode perdananya, drama ini menjanjikan karakter wanita yang kuat dan cerdas. Min Jae Yi  terkenal jago menginvestigasi sebuah peristiwa.

Kehebatannya bisa sedikit kamu lihat di episode dua ketika dia mampu menganalisis peristiwa ganjil yang akhirnya dapat menyelamatkan Lee Hwan dari terpaan rumor tak berdasar.

Di episode-episode mendatang, Jae Yi tampaknya akan sering membuat kita kagum karena kepintaran dan keberaniannya.

Namun, formula “menyamar sebagai lelaki”, yang mulai membosankan, masih akan kamu lihat dalam drama ini, paling tidak sampai episode dua.Isu bahwa wanita di zaman Joseon hidup terkungkung dan terbatas turut digaungkan drama ini. 

Our Blooming Youth (2023) menjanjikan cerita yang penuh kejutan. Bibit-bibit karakter jahat sudah diperlihatkan, tetapi karakter abu-abu juga siap memberimu emosi lainnya yang tak terduga.

Jae Yi Menjadi Kasim Istana

Our Blooming Youth Episode 3-4_Jae Yi Menjadi Kasim Istana_

Chapter baru dalam hidup Jae Yi dimulai di episode 3 dan 4. Setelah berhasil meyakinkan Lee Hwan bahwa dia bukan pembunuh keluarganya, Jae Yi mendapatkan kesempatan untuk mencari pembunuh yang sebenarnya.

Lee Hwan juga tampak percaya kalau gadis itu dapat membantunya menemukan orang di balik teror surat misterius yang dia terima selama ini.

Jae Yi dengan balutan busana kasim dan nama samaran Go Sun Dol, mulai beradaptasi dengan kehidupan istana. Sayangnya, belum apa-apa keberadaan dia sudah menimbulkan kecurigaan dari beberapa pejabat, terutama Penasihat Negara Bagian Kanan, Jo Won Bo. 

Sejak awal Jo Won Bo memang dengki pada Lee Hwan karena dia menginginkan posisi Putra Mahkota untuk Pangeran Myeong An.

Di antara itu semua, Sun Dol atau Jae Yi memperlihatkan kemampuannya dalam menganalisis sebuah kasus. Scene ketika dia berdebat dengan Sung On saat mempertahankan argumennya, membuat cerita drama ini semakin seru. 

Jae Yi dan Sung On yang batal menikah, tapi malah berubah memanas sebagai rival, lumayan menambah tensi ketegangan antara karakter. Kita jadi penasaran bagaimana reaksi Sung On ketika kelak dia tahu kalau Sun Dol adalah Jae Yi, wanita yang harusnya dia nikahi.

Sun Dol dan Sung On Tangkap Pembunuh Berantai

Sun Dol dan Sung On Tangkap Pembunuh Berantai__

Melanjutkan penyelidikan di episode tiga dan empat, Sun Dol dan Sung On yang diberi kepercayaan berbeda oleh Lee Hwan, bekerjasama menangkap pembunuh berantai yang meresahkan.

Di episode lima dan enam ini, Sun Dol memperlihatkan kemampuan analisanya yang tajam, mengalahkan Sung On yang secara kelas sosial dan jabatan lebih tinggi darinya. Posisi Sun Dol sebagai kasim semakin terlihat istimewa di dua episode ini karena perlakuan Lee Hwan yang berbeda.

Sayangnya, hal itu justru akan menimbulkan masalah lain, terutama dengan Sung On, yang bisa-bisa semakin merasa tersaingi, apalagi pada kasus ini, dia terbukti salah. Kemampuannya pun mulai dipertanyakan oleh pejabat lain.

Dua episode ini, sebagian besar diisi oleh perkiraan dan kecurigaan. Lee Hwan dan Sun Dol mencoba menghubungkan titik-titik untuk memecahkan teka-teki. Namun di akhir episode 6, hubungan mereka terlihat kembali terganggu karena Lee Hwan lagi-lagi mencurigai kasimnya tersebut. 

Bukan itu saja, ancaman dari Won Bo juga terlihat semakin nyata karena dia menemukan fakta tentang Sun Dol yang sebenarnya. Lantas, akankah Won Bo berhasil mengungkap identitas Sun Dol di depan banyak orang? Akankah Sung On berbalik melawan Lee Hwan karena cemburu dengan Sun Dol?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram