logo web

Sinopsis & Review Spy X Family, Kisah Manis Keluarga Mata-mata

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Spy x Family
4
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Spy X Family adalah sebuah anime aksi yang diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama. Untuk animasinya, diserialisasikan oleh kolaborasi antara Wit Studio dan CloverWokrs. Dan seri anime-nya disutradarai oleh Furukashi Kazuhiro.

Anime ini termasuk ke dalam anime yang tayang pada musim semi. Dikabarkan kalau anime ini akan memiliki total 25 episode yang dibagi ke dalam dua kali penayangan. Dua belas episode pertama mulai ditayangkan pada 9 April 2022, sementara 13 episode sisanya kemungkinan akan ditayangkan pada akhir tahun 2022.

Anime ini menceritakan era di mana negara-negara di seluruh dunia terlibat dalam perang informasi yang sengit. Perang dingin antara Ostania Timur dan Westeria Barat telah terjadi lebih dari belasan tahun. Seorang mata-mata yang dikenal dengan sebutan Twilight pun dipanggil untuk menjalankan sebuah misi rahasia. 

Sinopsis

SPY x FAMILY_

Twilight harus menjalankan sebuah misi untuk menyelidiki pergerakan Donovan Desmond. Donovan Desmond adalah Presiden dari  Partai Persatuan Timur, seorang yang bisa mengancam perdamaian Timur dan Barat.

Namun, sebelum menjalankan misi tersebut, Twilight harus melaksanakan sebuah operasi yang dikenal dengan Operasi ‘Owl Strix’.

Episode 1

sinopsis spy x family_

Twilight diberikan tugas oleh Westalis untuk memata-matai keluarga di Ostania Timur agar bisa mendekati Donovan Desmond.

Namun, untuk menjalankan misi tersebut, Twilight harus melakukan ‘Operasi Strix’, yang menyebutkan kalau ia harus memiliki seorang anak dalam waktu satu minggu. Twilight harus mendaftarkan anaknya itu ke Akademi Eden, di mana Damian, anak dari Desmond sekolah.

Twilight kali ini menggunakan nama samaran Loid Forger. Ia mengadopsi seorang anak kecil bernama Anya, yang diam-diam ternyata memiliki kemampuan telepati. Namun, Twilight tidak mengetahui hal tersebut dan menganggap kalau Anya hanyalah seorang anak biasa saja.

Anya sangat menyukai film tentang mata-mata, hingga secara tidak sengaja ia membaca pikiran Twilight dan mengetahui kata sandi tempat alat mata-matanya berada.

Kemudian, ketika Twilight sedang tidak ada di rumah, Anya diam-diam mulai membongkar satu-persatu peralatan milik Twilight. Namun, secara tidak sengaja Anya mengirim pesan kepada Edgar yang menyebabkan dirinya diculik.

Saat Twilight sampai di rumahnya, ia menyadari ada sesuatu yang mencurigakan, sehingga saat memasuki rumah ia dalam kondisi yang waspada.

Episode 2

episode 2 spy x family_

Setelah Anya lulus dan berhasil masuk ke Akademi Eden, tak disangka-sangka ada sebuah wawancara yang mewajibkan kehadiran kedua orang tua tanpa kecuali. Twilight dan Anya mulai melakukan pencarian orang untuk berperan sebagai seorang ibu bagi Anya. 

Sementara itu, di sebuah Balai Kota telah terjadi kehebohan karena banyak file data khususnya file wanita yang telah hilang dicuri. Di Balai Kota tersebut bekerja seorang petugas cantik bernama Yor.

Oleh rekan kerjanya, Yor selalu dikira sebagai orang yang agak berbeda dan seakan berasal dari dunia lain. Seolah meledek, Yor diundang untuk datang ke pesta yang diadakan oleh salah seorang rekan kerjanya, namun Yor harus datang bersama pasangan.

Yor menyembunyikan identitas sesungguhnya sebagai seorang pembunuh bayaran, dengan julukannya adalah Throns Princess. Sejak kecil, Yor telah didik berbagai teknik membunuh dan akan menjalankan perintah dari atasannya. 

Pada keesokan harinya, Twilight sedang mengantar Anya untuk membuat baju di sebuah butik. Secara kebetulan, Twilight bertemu dengan Yor di sana. Anya membaca pikiran Yor dan mengetahui kalau Yor adalah seorang pembunuh bayaran.

Namun, kenyataan itu tidak membuat Anya ketakutan, malah membuat dirinya merasa bahagia, karena keluarganya nanti akan terdiri dari seorang ayah spy dan ibunya adalah seorang pembunuh bayaran.

Yor memberanikan diri meminta Twilight berpura-pura sebagai pasangan pada acara pesta nanti. Tanpa pikir panjang, Twilight pun menyetujui hal tersebut dan kemudian memintanya untuk berpura-pura menjadi istrinya demi misinya.

Tentunya identitas masing-masing masih mereka rahasiakan. Yor menantikan kehadiran Twilight pada acara pesta, namun, Twilight datang terlambat dan kehadiran Twilight menjadi kejutan besar bagi rekan kerjanya Yor.

Episode 3

sinopsis spy x family episode 3_

Yor mulai pindah dan tinggal bersama Twilight dan Anya, kini, namanya adalah Forger Yor. Sesampainya di rumah, Anya mengajak Yor keliling di rumahnya sambil menjelaskan setiap ruangan yang mereka datangi. 

Twilight menyerahkan berkas catatan pernikahan palsu pada Yor, sehingga seolah-olah mereka telah menikah satu tahun sebelumnya. Twilight pun mengajak Yor memikirkan alasan yang akan mereka berikan nanti pada adiknya Yor.

Setelah selesai membereskan barang-barang bawaan Yor, Twilight mengajak Anya dan Yor latihan untuk wawancara tes sekolah. Namun, jawaban dari mereka membuat Twilight patah semangat. Twilight mencoba mencari jalan lain dengan cara mengajak mereka berdua jalan-jalan dulu agar bisa lebih akrab.

Beberapa tempat yang mereka kunjungi mulai dari menonton opera, museum seni dan restoran mewah. Hal tersebut bertujuan agar mereka tidak terlihat kampungan.

Tak lupa, mereka pun pergi mengunjungi butik langganan Yor untuk membuat pakaian formal yang akan dipakai untuk wawancara nantinya. Setelah dari sana, mereka pun melakukan foto keluarga.

Tapi, meskipun sudah jalan-jalan hampir seharian, Twilight masih belum mendapatkan pencerahan. Dia merasa mulai gagal sebagai seorang mata-mata handal.

Episode 4

review Episode 4__

Hari yang dinanti-nantikan pun tiba. Sebelum berangkat menuju ke Akademi Eden, Twilight memastikan kembali ‘keluarganya’ telah siap sesuai latihan yang selama ini dilakukan. Keluarga Loid Forger pun akhirnya tiba di Akademi Eden.

Setibanya di Akademi Eden, Twilight langsung menyadari kalau sejak awal para peserta memasuki sekolah, mereka sedang diawasi oleh para guru dan penguji.

Twilight pun langsung mengingatkan Anya dan Yor untuk bersikap waspada, karena mereka sedang diawasi sejak kedatangan ke sekolah tersebut.

Sekolah Eden yang kini dipimpin oleh Henry Henderson diam-diam menyaring keluarga yang hadir. Dia fokus pada nilai ‘keanggunan’ keluarga yang hadir dan dengan mudah mendiskualifikasi keluarga yang tak masuk nilai tersebut.

Tapi, dia cukup terkejut ketika melihat keluarga Forger yang terlihat ‘anggun’ di matanya. Sesuatu yang tak diduga-duga pun terjadi. Namun, Twilight langsung menyadari kalau mereka sedang diuji dan bersikap sigap dengan semua rintangan yang terang-terangan itu.

Hal tersebut membuat kepala sekolah Eden semakin terkejut. Terlebih ketika ada segerombolan sapi yang tidak termasuk dalam ujian dan membuat sang kepala sekolah panik sekaligus kagum dengan sikap keluarga Forger.

Setelah serangkaian kejadian yang cukup tak terduga di sekolah Eden, akhirnya keluarga Forger pun mulai mengikuti ujian yang sesungguhnya.

Episode 5

spy x family Episode 5__

Pengumuman tes wawancara Akademi Eden akan segera diumumkan, hal ini membuat Twilight, Yor dan Anya merasa gugup. Keluarga Forger sangat terkejut saat melihat papan pengumuman karena ternyata Anya tidak lulus dalam tes wawancara tersebut. 

Namun, Henderson memberitahu keluarga Forger tentang peringkat tertinggi dalam daftar tunggu peserta yang gagal. Anya adalah salah satu anak yang masuk dalam daftar tunggu tersebut dan berada di urutan pertama.

Sehingga, jika ada salah satu peserta yang telah lulus dan mengundurkan diri, kemungkinan besar Anya akan diterima di Akademi Eden. Tiga hari kemudian, ada pengumuman kalau Anya akhirnya lulus dalam tes wawancara dan berhasil masuk ke Akademi Eden.

Tak lama dari pengumuman kelulusan, Franky, informan Twilight muncul di apartemen mereka dan merayakan keberhasilan Anya. Franky dan Yor mabuk berat dalam perayaan kelulusan tersebut.

Sebagai hadiah kelulusan tersebut, Anya yang didukung oleh Franky meminta Twilight untuk membuat reka adegan dari kartun favoritnya, ‘Spy Wars’. Dalam salah satu adegan di dalam kartun tersebut, ada seorang putri yang diculik kemudian diselamatkan oleh aktor protagonist mata-mata di sebuah kastil. 

Awalnya Twilight menolak permintaan Anya namun karena merasa tidak tega, kemudian Twilight pun akhirnya mengabulkan permintaan itu. Sehingga reka adegan dalam kartun favorit Anya pun dilakukan. Tentu saja, hal tersebut membuat Anya sangat gembira.

Episode 6

spy x family Episode 6__

Sebagai persiapan masuk ke Eden Akademi, keluarga Forger pergi ke toko baju untuk membuat seragam Anya. Namun, penjahit baju di sana mengatakan sebuah rumor yang akhir-akhir ini sedang beredar tentang murid di sekolah Eden.

Katanya banyak kasus penculikan dan juga perundungan di sekolah tersebut. Informasi itu pun sukses membuat Anya cukup ketakutan dan bersikap waspada.

Beberapa hari berikutnya, Twilight mendapat kabar bahwa seragam sekolah Anya telah selesai. Namun, ia tidak bisa ikut mengambilnya karena harus pergi ke markasnya untuk bertemu dengan Administrator Westalis Intelligence, Sylvia Sherwood.

Ketika bertemu dengan Sylvia, Twilight mendapatkan informasi tentang system Eden Akademi dan cara agar dia bisa melanjutkan ‘Operasi Strix’ ke tahap kedua.

Sementara Twilight pergi, Yor dan Anya pergi mengambil seragam. Anya pun sangat senang dan ingin terus menggunakan pakaian itu. Sebelum pulang, Yor mengajak Anya pergi berbelanja di dekat taman kota.

Tapi, Anya tidak sabar dan menunggu Yor di luar supermarket. Tiba-tiba, Anya lengah dan diculik oleh segerombolan preman yang telah memperhatikan kedatangan mereka.

Beruntung Yor bisa menghentikan aksi penculikan dan menyelamatkan Anya. Hal itu pun membuat Anya meminta Yor untuk melatih dirinya agar bisa membela diri sendiri saat berada di sekolah sendirian.

Saat acara orientasi penerimaan murid baru tiba, diam-diam Twilight mengatur Anya agar satu kelas dengan Damian Desmond, putra kedua dari Donovan untuk melanjutkan misinya.

Saat sambutan murid baru, dijelaskan tentang peraturan di Eden Akademi. Untuk mencapai status Cendikiawan Kekaisaran, murid Eden harus mendapatkan delapan ‘Bintang Stella’.

Sementara kebalikannya, siswa yang memiliki nilai buruk akan mendapatkan ‘Tonitrus’. Jika sampai mendapatkan delapan bintang Tonitrus, maka murid itu akan dikeluarkan dari Eden Akademi.

Episode 7

spy x family ep 7__

Twilight telah berhasil memasukan Anya ke Eden Akademi. Namun, rencana untuk menjadikan Anya murid teladan adalah hal yang cukup sulit, sehingga Twilight memiliki rencana B untuk mendekatkan Anya pada Damian, putra dari Desmond.

Sayangnya, rencana B itu pun gagal karena pada hari pertama masuk sekolah, Anya malah memukul Damian ditambah mendapatkan satu bintang Tornitus. Meskipun begitu, Twilight tidak akan menyerah dan akan terus melanjutkan misinya.

Twilight telah terbiasa hidup bertiga dan terbiasa membuatkan makanan untuk Yor juga Anya. Ia menyemangati Anya dan mengingatkannya agar tidak bertengkar kembali. Karena khawatir Anya tidak meminta maaf pada Damian, Twilight pun ‘mengikuti’ Anya untuk membantunya.

Pada hari pertama sekolah, Anya dan Becky dikucilkan oleh teman sekelas mereka karena peristiwa pada acara penerimaan murid. Becky tidak mengizinkan Anya untuk meminta maaf pada Damian, tapi dia berjanji akan menjadi teman baik Anya dan akan selalu mendukungnya.

Saat Becky sedang tidak ada, Anya langsung meminta maaf pada Damian. Tapi, Damian malah punya perasaan lain pada Anya, dia merasa malu dan melarikan diri karena menolak untuk mengakui perasaannya itu. Akibatnya, Twilight merasa kalau rencana B telah gagal total.

Sesampainya di rumah, Twilight langsung mengajari Anya untuk belajar dan berusaha kembali menjalankan rencana A. Namun, Anya terlalu lelah. Yor kemudian memberitahu Twilight untuk tidak terlalu memaksa Anya dalam belajar. 

Twilight pun menyadari kalau selama ini dia menekan Anya karena kepentingan misinya. Lantas Twilight meminta Yor untuk mengajari dirinya cara untuk mendidik Anya. Dia pun meminta Yor untuk ikut serta dalam hal tersebut.

Episode 8

spy x family Episode 8__

Anya masih kesulitan dengan akademis sekolahnya dan terus berusaha yang terbaik. Tapi disisi lain, Twilight tak memiliki banyak waktu karena dalam empat bulan, markasnya meminta agar Anya bisa segera mendapatkan bintang ‘Stella’.

Kebalikannya, Twilight lebih yakin jika Anya dalam dua bulan bisa mengumpulkan delapan bintang ‘Tonito’. Twilight juga mendapatkan informasi terkait informan dari Balai Kota yang ditangkap oleh musuh. Sehingga, markas meminta Twilight untuk semakin berhati-hati.

Sementara itu, para karyawan di Balai Kota menjadi panik akibat penangkapan salah satu pekerja di sana. Saat di kantor Balai Kota, Yor teringat adiknya yang masih belum mengetahui masalah ‘pernikahan’ dirinya dengan Twilight.

Kemudian ketika pulang, Yor langsung memberitahu Twilight bahwa adiknya akan berkunjung. Hal tersebut membuat Yor dan Twilight cukup terkejut serta berusaha mempersiapkan diri agar mereka terlihat benar-benar menikah. 

Sementara itu, di markas Badan Keamanan Nasional, adik Yor yang Bernama Yuri sedang melakukan interogasi pada informan dari WISE. Yuri bekerja untuk Layanan Keamanan Negara Ostania dan masih menyembunyikannya dari Yor.

Setelah pekerjaannya selesai, Yuri segera bergegas mengunjungi Yor dan Twilight. Hingga akhirnya tiba ketika Yuri berkunjung ke rumah Twilight untuk menengok kakaknya, Yor.

Sebenarnya, Yuri ingin mengetahui alasan Yor yang merahasiakan pernikahannya dengan Twilight. Namun, baik Yuri maupun Twilight mulai saling curiga dan mencoba membuktikan kecurigaan satu sama lain.

Episode 9

spy x family Episode 9__

Yuri masih terus memaksa agar Yor dan Twilight membuktikan kalau mereka adalah sepasang suami istri yang sesungguhnya. Tapi karena sister complex yang dimilikinya, dia tidak mampu melihat Yor yang akan mencium Twilight.

Yuri pun hendak menghentikan mereka. Namun, tidak sengaja dia malah tertampar oleh Yor yang mabuk dan merasa malu dengan tindakannya. Meski masih belum bisa menerima pernikahan Yor dan Twilight, Yuri sudah mulai sedikit menerima Twilight.

Di sisi lain, setelah mengetahui yang bekerja di Badan Keamanan Nasional, Twilight langsung bersikap waspada. Sementara itu, Yor sendiri merasa sangat tertekan karena merasa tidak bisa menjadi seorang ‘istri’ yang baik.

Pada keesokan harinya, Twilight menyelipkan alat penyadap di pakaian yang digunakan oleh Yor. Kemudian dengan bantuan Franky, Twilight menyamar sebagai anggota Badan keamanan Nasional. Ia lalu memberikan beberapa tuduhan palsu terhadap Yor untuk membuktikan keraguannya tersebut.

Episode 10

Review Spy x family Episode 10__

Di sekolah Eden, akan diadakan sebuah turnamen dodgeball antar kelas. Anya dan Damian mendengar sebuah rumor yang mengatakan kalau mereka bisa mendapatkan bintang Stella jika memenangkan permainan, sehingga keduanya berusaha mati-matian latihan untuk bisa memenangkan turnamen tersebut.

Anya pun meminta Yor untuk menjadi pelatih khusus dan langsung disetujui oleh Yor dengan sangat antusias. Sementara itu, Damian berlatih bersama teman-temannya agar bisa diakui oleh ayahnya dan terlepas dari bayang-bayang saudaranya.

Hari turnamen pun tiba, Damian telah mendapatkan list orang-orang dari kelas lawan dan harus bisa mengalahkan Bill Watkins. Bill adalah anak yang memiliki tubuh besar dan jauh berbeda dengan teman seusianya. Tidak hanya itu, dia juga memiliki tubuh atletik dan berbakat.

Kelas Anya dan Damian satu persatu berhasil ditumbangkan oleh Bill. Hingga akhirnya tersisa Anya dan Damian saja. Anya berkali-kali berhasil menghindari serangan dari Bill karena membaca pikiran Bill. Hal itu membuat Bill merasa marah dan semakin terpacu untuk menyingkirkan Anya. 

Melihat situasi yang semakin buru, Damian merasa dilema antara menyelamatkan dirinya atau menyelamatkan Anya. Namun, akhirnya Damian memilih untuk menyelamatkan Anya dan membuat teman-temannya terkejut.

Saat itu, Anya merasa kalau Damian merupakan penyelamatnya dan merupakan anak yang baik. Kini, tinggal Anya lawan Bill saja. Seluruh kelas terutama Damian berharap besar pada Anya.

Karena telah mempelajari teknik melempar bola dari Yor, Anya pun bersungguh-sungguh menerapkannya saat itu. Nahas, lemparannya tidak mengarah pada tim lawan, melaikan terpantul ke lantai dan berhasil ditangkap oleh Bill.

Episode 11

spy x family Episode 11__

Melihat nilai Anya hampir semuanya nol, Twilight memutuskan mengajak Anya untuk mengikuti kegiatan sukarelawan di sebuah rumah sakit. Ia berharap, dengan melalui kegiatan pelayanan masyarakat tersebut, Anya bisa mendapatkan bintang Stella.

Beberapa pekerjaan sempat dilakoni oleh Anya dan Twilight. Namun, para staf di sana menilai kinerja Anya sangat buruk dan membuat staf marah. Kemudian, Anya dan Twilight pun diberhentikan oleh staf rumah sakit.

Secara kebetulan ketika akan pulang, sinyal telepati Anya menangkap suara orang yang meminta tolong. Anya menyadari kalau ada seorang anak tenggelam dan ia bergegas berusaha menyelamatkannya.

Episode 12

review spy x family_Episode 12_

Akhir-akhir ini Twilight sering bekerja untuk menyelesaikan misinya, bahkan pada weekend. Hal tersebut membuat beberapa tetangga mulai mencurigai Twilight memiliki wanita simpanan.

Setelah mendengar hal tersebut, Twilight yang masih harus menjalankan misinya, membuat rencana akan mengajak Anya juga Yor jalan-jalan pada hari minggu. Meskipun lelah, Twilight berusaha membuktikan pada tetangga-tetangganya kalau mereka adalah keluarga yang bahagia.

Dalam perjalanan menuju ke Aquarium Berlin, Twilight mendapatkan misi untuk mengambil sebuah senjata kimia yang diselundupkan pada seekor penguin.

Tadinya Twilight hendak menyelesaikan misinya secara diam-diam. Tapi, secara mengejutkan, tetangga-tetangganya juga datang ke Aquarium Berlin. Hal ini membuat Twilight harus memutar otak untuk menyelesaikan kedua misinya.

Seorang Spy yang Dipaksa Memiliki Keluarga

spy yang dipaksa berkeluarga_

Pada episode pertama ini, dijelaskan bahwa Twilight merupakan seorang mata-mata yang andal. Ia memiliki ribuan wajah dan nama setiap kali melakukan misinya. Namun, saat mendapatkan sebuah misi baru, Twilight nampak agak terkejut dan merasakan sebuah beban, karena ia harus mengadopsi seorang anak untuk menjalankan misi tersebut. 

Sementara Anya, sebenarnya bukan seorang anak gadis biasa. Dia memiliki kemampuan bisa menggunakan telepati dan membaca pikiran orang. Tapi, Twilight belum mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh Anya tersebut. 

Meskipun awalnya Twilight merasakan beban harus mengadopsi seorang anak, tapi ia memiliki jiwa yang hangat. Terbukti ketika ia pada akhirnya dengan senang hati merawat Anya dan Anya pun akhirnya senang karena bisa bersama-sama dengan Twilight.

Pada awal episode ini kita sudah disuguhkan penampilan animasi yang bagus dengan sinematografi yang terlihat halus. Di akhir cerita juga sedikit diperlihatkan tentang cuplikan untuk episode selanjutnya dan tentunya membuat saya cukup penasaran dengan kisahnya. 

Mencari Seorang Istri

mencari seorang istri_

Pada episode ke dua ini, alur ceritanya semakin menarik dan semakin seru. Demi misinya, Twilight berusaha mencari sosok istri sekaligus ibu bagi Anya. Menariknya, hanya Anya yang tahu mengenai identitas asli sang calon ibunya yang merupakan seorang pembunuh bayaran.

Yor ini kalau dalam kehidupan biasa terlihat seperti seorang gadis polos dan mudah dibohongi. Dia juga sangat menyayangi adiknya dan selalu berusaha yang terbaik demi kemajuan adiknya itu. Tapi, kalau sudah melaksanakan tugasnya sebagai seorang pembunuh bayaran, sikap polosnya itu langsung berubah menjadi kejam.

Hal menarik lainnya adalah ketika, kebohongan yang dibuat oleh Twilight dengan mudah dipercayai oleh Yor. Twilight tidak masalah dengan rumor tak enak yang disebarkan oleh rekan kerjanya Yor. Bahkan, ucapan Twilight yang membela Yor itu membuat Yor tersipu malu dan membuat rekan kerjanya itu semakin jengkel.

Kemudian, hal menarik dan cukup mengocok perut adalah saat Twilight sedang dikejar-kejar oleh sekelompok penyerang, Yor malah mengajak Twilight untuk menikah. Twilight langsung menyetujui saran dari Yor. 

Adegan lamaran ini cukup lucu, karena cincin yang digunakan oleh Twilight untuk melamar Yor adalah ring yang ada di sebuah granat. Sedangkan tempat lamarannya adalah di tengah kerusuhan bahkan terjadinya ledakan granat.

Baik Twilight maupun Yor, sebenarnya sama-sama saling memanfaatkan demi menjalankan misi mereka. Misi dan pekerjaan rahasia yang entah kapan akan terbongkar.

Persiapan untuk Interview

persiapan interview_

Episode yang seru! Episode tiga ini Yor mulai pindah ke rumah Twilight dan mengganti nama marganya dengan marga Twilight.

Adegan yang cukup menggemaskan ketika Anya dengan semangatnya mengajak Yor berkeliling rumah. Anya merasa senang karena sekarang dia memiliki sosok ibu dan keluarganya telah komplit.

Tapi, di episode tiga ini saya cukup kasihan melihat Twilight yang sering kali terlihat menyerah dengan misi barunya.

Apalagi ketika dia mendengar jawaban latihan wawancara yang cukup tidak terduga baik dari Anya maupun dari Yor. Dan pada akhirnya memutuskan mengajak mereka jalan-jalan untuk lebih mengenal satu sama lainnya.

Saat Yor mengajak Twilight dan Anya pergi ke taman sekitar kota untuk mencari udara segar, terjadi sebuah adegan yang cukup mengejutkan.

Di sana mereka melihat kejadian penjambretan pada seorang nenek-nenek. Kemudian, Yor tiba-tiba langsung mengejar penjambret itu, padahal lokasi mereka cukup jauh. Twilight pun tidak mau kalah, dengan sedikit bantuan dari Anya, dia berhasil menangkap penjambretnya.

Kemudian ketika mengembalikan dompet pada pemiliknya, nenek itu melihat kalau Twilight, Yor dan Anya adalah keluarga yang sempurna dan bahagia. Mendengar komentar seperti itu, Twilight merasa mulai ada perkembangan dari ‘hubungan’ mereka.

Ya, walaupun sampai sekarang Twilight dan Yor tidak pernah mengungkapkan identitas asli mereka. Tapi, bisa dibilang hubungan mereka memang terlihat harmonis sih. Dan sampai sekarang, hanya Anyalah yang tahu identitas asli mereka. Sementara, Twilight dan Yor tidak masih belum mengetahui kekuatan yang Anya miliki.

Hari Wawancara pun Tiba

review Episode 4_Hari Wawancara pun Tiba_

Episode ke-4 anime ini semakin seru dan sangat menghibur. Setelah penantian dan cobaan, mulai dari mencari seorang anak dan istri, hingga harus latihan wawancara demi menjalankan misi, Keluarga Forger pun akhirnya menjalankan misi yang cukup menegangkan bagi Twilight.

Tapi, saat masuk ke sekolah Eden, banyak kejadian yang tak terduga dan cukup menghibur. Terutama dengan Persiapan yang sangat ekstra dari Twilight, Yor dan Anya.

Adegan saat Twilight menyiapkan beberapa pakaian pun sangat tidak terduga dan justru memberikan penilaian lebih untuk keluarganya. Saat wawancara pun Twilight, Yor dan Anya bisa menjawab pertanyaan dengan cukup baik.

Jawaban mereka yang cukup masuk akal bahkan membuat salah satu pewawancara kesal. Dia pun akhirnya melontarkan beberapa pertanyaan yang kurang etis, sampai-sampai Twilight lepas kendali dan memilih untuk pergi dari sekolah Eden.

Tapi, dengan adanya kejadian tersebut, Twilight menyadari kalau dia mulai mencampurkan emosi pribadi dengan misi yang sesungguhnya. Mungkin Twilight cukup terharu dan tersentuh dengan kata-kata dari Anya yang tak terduga ketika wawancara berlangsung.

Setelah wawancara usai, baik Twilight, Yor maupun Anya memiliki kekhawatiran di benak mereka masing-masing.

Twilight Terperangkap Permintaan Anya

spy x family Episode 5_Twilight Terperangkap Permintaan Anya_

Setelah wawancara yang dilakukan oleh keluarga Forge pada episode sebelumnya, akhirnya pada episode 5 diumumkan hasil dari tes wawancara di Akademi Eden.

Keluarga Forger sempat dibuat kecewa setelah mengetahui kalau Anya tidak lulus dalam tes wawancara. Tapi, ada sebuah keajaiban sehingga Anya akhirnya berhasil masuk ke Akademi Eden.

Scene Anya meminta Twilight untuk mencoba salah satu adegan dari kartun ‘Spy Wars’ favoritnya juga sangat menghibur. Apalagi ditambah dengan Franky yang terus-menerus ‘mengompori’ Twilight untuk mengabulkan permintaan Anya. 

Untuk mengabulkan permintaan Anya, Twilight sampai meminta bantuan rekan-rekan agennya. Dan lucunya, baik Twilight maupun rekan agennya menganggap kalau permintaan dari Anya adalah salah satu hal yang sangat penting untuk Operasi Strix.

Berkat kata-kata Franky yang terdengar sangat meyakinkan, Twilight bahkan harus berperan sungguh-sungguh untuk ‘menyelamatkan’ Anya. Sampai-sampai, Twilight pun harus bertarung melawan Yor yang sedang dalam keadaan mabuk berat.

Kemampuan bertarung Yor ini cukup membuat Twilight terkejut dan kewalahan. Tapi, setelah akting konyol itu berjalan, Anya yang sangat polos itu berterima kasih pada Twilight.

Dia merasa sangat bahagia telah menjadi anak angkat Twilight karena selalu mengalami berbagai kejadian yang menyenangkan. Kemudian, Anya berjanji akan melakukan yang terbaik di sekolah Akademi Eden demi Twilight.

Hubungan antara Twilight dan Anya di setiap episodenya terasa semakin hangat. Dari waktu ke waktu, keluarga Forger ini semakin terlihat seperti keluarga sungguhan, lengkap dengan keunikan dari Twilight, Yor dan Anya yang selalu memberikan hiburan yang tidak membosankan.

Kekacauan di Hari Pertama Masuk Sekolah

spy x family Episode 6_Kekacauan di Hari Pertama Masuk Sekolah_

Akhirnya, pada episode 6 Anya telah resmi menjadi murid Eden Akademi. Tingkahnya sangat lucu, karena saking senangnya dia sampai-sampai memamerkan seragamnya itu pada orang-orang. Tapi, karena inilah Anya akhirnya menjadi sasaran penculikan preman yang ada di sekitar.

Sementara itu, Yor langsung marah saat melihat Anya diculik dan langsung membuat jera para pelaku penculik Anya tersebut.

Yor sempat kecewa pada dirinya sendiri karena tidak bisa menjadi ibu yang baik bagi Anya. Tapi, Anya mengatakan kalau dia senang memiliki ibu yang hebat dan ingin menjadi seperti Yor. Kata-kata ini membuat Yor semangat dan cukup terharu. Scene manis sekaligus heartwarming sekali disini.

Scene lucu lainnya adalah saat penerimaan murid baru di Eden Akademi. Saat Twilight merasa cemas pada Anya karena memikirkan misinya, Yor justru melihat Twilight layaknya seorang ayah yang mencemaskan putrinya. 

Tentunya yang menjadi bintang di episode kali ini adalah Anya. Selalu ada saja adegan konyol yang dikeluarkan oleh Anya. Seperti saat Anya memukul Damian yang merundung dirinya, kemudian mengatakan kalau dia sebenarnya marah pada Damian karena telah menginjak kaki temannya, Becky. 

Becky yang merasa telah dibela oleh Anya sangat terharu dan langsung memeluk Anya. Tapi akibat perbuatan ini, Anya malah mendapatkan satu bintang Tonitrus.

Tidak hanya Anya yang mendapatkan peringatan, tapi Twilight dan Yor pun sama-sama ditegur oleh wali kelas Anya yang tak lain adalah Henderson. Ekspresi Twilight saat ditegur oleh Henderson sangat kocak sekali, karena hari pertama sudah mendapatkan kabar buruk.

Antara Misi dan Menjadi ‘Keluarga’

spy x family ep 7_Antara Misi dan Menjadi ‘Keluarga’_

Episode 7 rasanya campur aduk sekali. Ketika melihat Anya berangkat sekolah tapi malah dikucilkan, terasa agak menyedihkan. Beruntung Becky bisa memberikan dukungan pada Anya, jadi ketakutan Anya di sekolah pun sedikit berkurang.

Di sisi lain, ada scene yang cukup lucu ketika melihat Anya berusaha minta maaf pada Damian. Damian yang mulai menyukai Anya, jadi salah tingkah di depannya. Namun, hal ini malah membuat Twilight jadi salah paham. 

Lalu ada scene yang cukup mengharukan dan menyentuh dari Keluarga Forger. Di episode ini, Yor terlihat sangat keibuan. Dia memberikan masukan pada Twilight untuk mengerti perasaan Anya dan mencoba untuk memuji sekecil apapun usaha yang dilakukan oleh Anya.

Selama ini mungkin Twilight memang mementingkan misinya, tapi sepertinya Twilight mulai mengerti bila hubungan ‘keluarga’ mereka baik, maka misinya pun bisa berjalan lancar.

Anya sendiri sepertinya menganggap Twilight benar-benar sebagai seorang Ayah. Terlihat dengan dia yang selalu ingat pada Twilight dan selalu ingin berusaha yang terbaik demi ayahnya.

Twilight dan Yuri Saling Curiga

spy x family Episode 8_Twilight dan Yuri Saling Curiga_

Episode 8 terasa menegangkan tapi sangat menghibur. Kedatangan Yuri, adik dari Yor ini membuat Yor dan Twilight cukup terkejut dan sibuk.

Tapi, Twilight dengan sigap membuat isi rumah mereka terlihat layaknya pasangan suami istri sungguhan. Dan lucunya, dengan polosnya Anya mengomentari tingkah Twilight dan Yor yang terlihat seperti ‘bermesraan’.

Meskipun Twilight tidak bisa berbohong di hadapan atasannya, tapi ketika berbohong di hadapan Yuri, ucapannya terdengar sangat meyakinkan sekali.

Sampai-sampai Yuri sangat terkejut dan hampir percaya dengan ucapannya.Walaupun sebagai seorang intelijen pasti ada saja cara ingin membongkar kebenaran dari hubungan Twilight dan Yor.

Yuri ini sepertinya memiliki sister complex, karena setiap kali berbicara dengan Yor pasti akan terlihat sangat manis. Tapi berbeda saat berbicara dengan Twilight yang selalu penuh curiga.

Hal itu wajar sekali, berhubung pernikahan Twilight dan Yor ini disembunyikan dari dirinya. Sehingga Yuri jadi sangat mencurigai Twilight dan belum sepenuhnya mempercayai pernikahan mereka.

Lalu yang membuat Yuri semakin curiga pada pernikahan Yor dan Twilight adalah karena sikap mereka yang terlihat canggung. Sampai-sampai Yuri menyuruh Yor dan Twilight untuk berciuman agar bisa meyakinkan dirinya.

Pada episode ini juga terungkap masa lalu Yor dan Yuri. Sejak kecil, Yor telah bekerja keras demi bisa menyekolahkan Yuri. Sehingga Yuri merasa sangat berterimakasih dan berhutang budi pada Yor.

Hubungan Twilight dan Yor Mulai Berkembang

spy x family Episode 9_Hubungan Twilight dan Yor Mulai Berkembang_

Episode sembilan dari Spy X Family masih melanjutkan kisah Yuri, adik Yor yang berkunjung ke rumah mereka.

Di sini, kita bisa melihat kalau Yor dan Yuri merupakan kakak beradik yang saling mendukung satu sama lainnya. Meskipun mereka masih menyembunyikan identitas asli mereka. Bahkan, melihat hubungan baik antara Yor dan Yuri membuat Twilight terlihat sedikit cemburu dan waspada.

Di episode kali ini juga mulai terjadi sebuah konflik internal antara Twilight dan Yor. Twilight merasa harus lebih waspada, sementara Yor ingin menjadi sosok istri yang baik. Lagi-lagi, Twilight tetap bisa mengucapkan kata-kata bijak yang membuat orang-orang merasa tenang.

Lucunya, Anya bisa merasakan kalau Twilight dan Yor sedang menjaga jarak. Dan dengan polosnya dia meminta agar kedua orang tuanya itu untuk akur. Dia pun merasa bahagia ketika melihat Twilight dan Yor terlihat akur kembali.

Oh iya, ada beberapa adegan yang lumayan menghibur pada episode kali ini. Seperti pada scene saat Yor yang tidak sengaja menampar Yuri, bahkan sampai dua kali dan membuat Yuri ‘terluka’.

Kemudian, setelah membaca pikirannya Twilight, Anya mengetahui kalau pamannya adalah seorang anggota polisi khusus. Anya tentu langsung merasa antusias sekaligus kesal karena tidak bisa bertemu dengan Yuri.

Meskipun pada episode kali ini lebih fokus pada Twilight dan Yor. Namun, ceritanya tetap menarik karena mulai terlihat hubungan mereka berdua yang semakin berkembang, walau belum terlihat tanda-tanda kalau mereka akan benar-benar saling menyukai.

Misi Untuk Mendapatkan Bintang Stella

Review Spy x family Episode 10_Misi Untuk Mendapatkan Bintang Stella_

Setelah dua episode sebelumnya menceritakan tentang hubungan Yor, Yuri dan Twilight, episode 10 kembali fokus pada cerita Anya. Setelah 10 episode berjalan, mungkin kata-kata ‘tidak usah berekspektasi terlalu tinggi’ cocok disebutkan untuk anime ini.

Sejauh ini, setiap kali rencana yang telah disusun secara matang, biasanya tidak pernah berjalan sesuai rencana. Seperti pada episode kali ini, ketika Anya latihan keras bersama Yor untuk bisa mendapatkan bintang stella.

Pada kenyataannya, usahanya Anya itu tidak sesuai dengan rencananya. Usaha untuk memenangkan turnamen dodgeball pun gagal. Anya dengan sangat mudah dikalahkan oleh lawannya, Bill, walau usaha dan semangat Anya memang patut diacungi jempol.

Episode ini penuh dengan adegan yang tak terduga dan sangat menghibur. Apalagi melihat kekonyolan Anya, Damian dan teman-temannya yang berharap untuk mendapatkan bintang stella. Siap-siap untuk tertawa melihat ekspresi dan tingkah konyol Anya ya!

Anya Berhasil Mendapatkan Bintang Stella

spy x family Episode 11_Anya Berhasil Mendapatkan Bintang Stella_

Sangat tidak terduga, Anya akhirnya mendapatkan bintang Stella pertamanya. Bintang Stella yang secara tak sengaja ia dapatkan membuat siswa di Eden Akademi gaduh karena tak percaya Anya bisa mendapatkan bintang Stella.

Namun, beberapa siswa menganggap bintang Stella yang didapatkan oleh Anya merupakan hal yang tak mungkin, mengingat perilaku Anya sebelum-sebelumnya dinilai kurang baik. Hebatnya, meskipun Damian merasa dikalahkan oleh Anya, ia tetap membela Anya yang diledek oleh teman-teman sekelasnya.

Sebuah kemajuan yang luar biasa yang dicapai oleh Anya. Oh iya, di akhir episode 11 ini Anya meminta seekor anjing sebagai hadiah keberhasilannya pada Twilight. Anjing seperti apakah yang akan didapatkan Anya?

Misi Keluarga Bahagia

review spy x family_Episode 12_Misi Keluarga Bahagia_

Episode yang sangat lucu dan menggemaskan dari ‘keluarga Forger’. Pada episode 12 ini Twilight terpaksa menjalankan dua misi sekaligus. Yang pertama adalah misi resmi dari kantornya, dan misi kedua adalah membuktikan kepada para tetangga yang menggosipkan tentang keluarganya.

Anya dan Yor ikut berperan penting dalam keberhasilan kedua misi Twilight. Kombinasi keluarga Forger yang unik ini berhasil membantu Twilight menyelesaikan kedua misinya secara bersamaan. Alhasil, Twilight bisa bersantai sejenak karena telah menyelesaikan kedua misi pentingnya itu. 

Penasaran seperti apa Twilight menyelesaikan dua misi sekaligus? Tonton sampai menit terakhir episode ini ya, karena ada scene yang menggemaskan dari Keluarga Forger.

Sayangnya, episode ini adalah episode terakhir dari paruh pertama anime Spy X Family. Sementara kisah dari keluarga Loid Forger ini akan dilanjutkan pada paruh keduanya yang akan tayang pada penghujung tahun 2022 ini.

Mari kita tunggu paruh kedua anime ini ditayangkan! Dan sementara menunggu, kalian bisa membaca anime lain yang mirip Spy X Family ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram