logo web

Sinopsis dan Review The Killer’s Shopping List (2022)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
The Killer’s Shopping List
3.5
/5
showpoiler-logo
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Menjadi putra pemilik swalayan terkenal tidak lantas membuat hidup Dae Sung serba mudah. Setelah gagal berkali-kali dalam ujian PNS, Dae Sung tak punya pilihan selain menjadi kasir di swalayan sang ibu.

Kegagalan Dae Sung agak membingungkan karena saat kecil dulu dia terkenal cerdas dan punya ingatan yang tajam. Dia juga berani menghadapi penjahat dan peduli pada orang lain.

Kebiasaannya untuk peduli dan ikut campur dalam kesulitan orang lain kali ini mengantarkannya pada sebuah kasus pembunuhan. Dengan antusias yang tinggi dia mulai melakukan penyelidikan secara mandiri.

Bisakah Dae Sung mengungkap pelakunya? Drama The Killer’s Shopping List (2022) yang dibintangi Lee Kwang Soo akan menjawabnya!

Sinopsis

Dae Sung kecil dan ibunya berhasil menangkap pelaku peredaran uang palsu yang kebetulan berbelanja di kios mereka. Beberapa tahun berlalu, si pelaku yang menaruh dendam sempat mengancam keselamatan ibu Dae Sung, Myung Sook (Jin Hee Kyung).

Selang bertahun-tahun kemudian, peristiwa pembunuhan yang menewaskan pelanggan kios mereka mengejutkan Dae Sung. Dia pun inisiatif melakukan penyelidikan.

Episode 1-2

Episode 1-2

Tahun 1996 kios kelontong milik Han Myung Sook hampir tertipu oleh pengedar uang palsu yang sengaja berbelanja padanya. Untung, putra semata wayangnya, Ahn Dae Sung, cukup cerdas untuk mengenali uang palsu yang digunakan. Berkat kejelian dan keberaniannya, si pengedar uang palsu ditangkap polisi.

Namun, beberapa tahun kemudian si pelaku kembali datang menuntut balas. Dia mencoba membunuh Myung Sook, lagi-lagi Dae Sung berhasil melumpuhkannya.

Kini Dae Sung sudah tumbuh jadi pria dewasa. Sayang, dia seperti kehilangan kecerdasannya. Dae Sung bertahun-tahun gagal ujian PNS.

Hubungan asmaranya dengan Do A Hee yang sudah terjalin selama 20 tahun pun terancam putus. Do A Hee yang kini menjadi petugas polisi kesulitan mempertahankan hubungannya di depan sang ayah.

Rupanya kios ibu Dae Sung yang sudah berkembang menjadi swalayan tidak diikuti dengan perkembangan pemuda itu. Dae Sung kini malah bekerja sebagai kasir di swalayan ibunya sendiri.

Suatu hari, seorang anak kecil tetangganya yang bernama Seo Yool, menemukan sebuah sendal. Dia menitipkannya pada Dae Sung agar dikembalikan pada pemiliknya.

Saat akan mengembalikan sendal itu pada pemiliknya, yaitu seorang guru TK bernama Kwon Bo Yeon, Dae Sung malah menemukan mayatnya tergeletak di taman sekitar apartemen.

Dia menemukan jasad Bo Yeon bersama seorang kakek misterius yang kerap mengganggunya. Setelah mendengar pengakuan Seo Yool bahwa sendal itu dia temukan di kebun gereja, Dae Sung segera menuju ke sana.

Dia menemukan butiran-butiran obat mencurigakan yang juga ditemukan di dekat jasad Kwon Bo Yeon. Selain itu dia juga menemukan stocking yang diyakini sebagai senjata pembunuhan.

Dae Sung menyerahkan bukti-bukti itu pada Do A Hee. Belum selesai dengan kasus pembunuhan, swalayan Han Myung Sook kembali heboh. Kali ini seorang gadis bernama Lee Kyung A protes dan ketakutan karena terus-terusan dikirimi barang yang tidak dia pesan.

Di antara barang itu terdapat stocking yang membuat Dae Sung curiga. Menariknya, Saeng Sun, seorang pemuda yang baru bekerja di swalayan Myung Sook diketahui membeli dua buah stocking sebelum kejadian tersebut.

Namun, Myung Sook segera mengalihkannya. Dia tak ingin kejadian itu membuat swalayannya semakin sepi. Meski begitu, Dae Sung tetap melakukan penyelidikan karena dia yakin pelakunya adalah salah satu pelanggan mereka.

Saat melakukan penyelidikan, dia mendapat kabar dari Do A Hee kalau obat yang dia temukan beberapa waktu lalu ternyata hanya vitamin.

Obat itu dijual bersama sebuah mainan yang dipasok dari perusahaan bernama Joanara. Ketika mencarinya di internet, Dae Sung menemukan satu nama dan sebuah foto yang tampak tidak asing.

Rupanya sosok dalam foto tersebut adalah si kakek misterius yang sering mengganggunya. Dia adalah si pemalsu uang yang mendendam pada Dae Sung.

Kejutan lain dirasakan Myung Sook karena dia menemukan jasad Lee Kyung A bersimbah darah. Myung Sook tidak sendiri sebab dia menemukannya bersama ayah Seo Yool, Seo Cheon Kyu, yang malam itu sedang bekerja mengecek unit apartemen yang disewa Lee Kyung A.

Episode 3-4

Review The Killer’s Shopping List Episode 3-4__

Dae Sung semakin yakin bahwa kakek itu adalah pemalsu uang Lima Dolar setelah melihat luka di kepalanya. Namun, A Hee sedikit ragu karena yang dia tahu si Lima Dolar itu sudah tewas karena tak sengaja terbunuh oleh Dae Sung saat dia menyelamatkan ibunya yang diserang beberapa tahun lalu. 

Ketika itu, Dae Sung dan ibunya memang menyimpan tubuh si Lima Dolar yang kepalanya sudah terluka di sebuah kotak besar di dalam swalayannya.

Ternyata Lima Dolar ditemukan Kim Doo Hyun dalam keadaan sadar, tapi Doo Hyun malah meninggalkannya. Pria Lima Dolar itu kemudian berhasil melarikan diri. 

Menghilangnya Lima Dolar membuat Dae Sung dan ibunya gelisah dan ketakutan. Alasan itulah yang membuat Dae Sung gagal berkali-kali ujian PNS.

Atas kematian dua pelanggan swalayan MS, si Lima Dolar dibekuk polisi. Dia berkeras mengaku tidak membunuh dan malah memancing polisi untuk mencurigai Dae Sung, mengingat dulu Dae Sung pernah berusaha membunuhnya.

Petugas polisi Choi Ji Woong lantas melepaskan si Lima Dolar dan mulai mengarahkan penyelidikan pada Dae Sung. Pasalnya, dia menemukan beberapa fakta yang menyiratkan bahwa Dae Sung adalah pembunuh sebenarnya.

Dae Sung lalu dibawa ke kantor polisi setelah sempat ribut meladeni Lima Dolar yang mengamuk di swalayan ibunya. Akibat dari kejadian ini, toko swalayan MS ditinggal beberapa pembelinya.

Setelah diselidiki selama kurang lebih dua hari, Dae Sung dilepaskan karena kekurangan bukti. Tanpa buang waktu, pria itu segera melakukan penyelidikan diam-diam pada Kang Sung Yoon, penjaga counter ikan di swalayan yang dia curigai sejak awal.

Dari pengintaian itu Dae Sung semakin curiga karena Kang Sung Yoon punya kebiasaan berdandan seperti wanita. Dia mengoleksi rambut palsu dan pakaian wanita.

Selain pada Kang Sung Yoon, Dae Sung dibantu A Hee dan ibunya menyelidiki semua pegawai swalayan MS. Dia yakin pembunuhnya adalah salah satu dari mereka.

Dae Sung melakukan penyelidikan sembari tetap bekerja sebagai kasir. Hingga kemudian Kim Doo Hyun melihatnya menyimpan satu sendal milik Kwon Bo Yeon yang beberapa waktu lalu ditemukan oleh Seo Yul. 

Kim Doo Hyun dengan sigap mengambilnya karena itu bisa menjadi barang bukti. Dia juga membuat Dae Sung panik dengan mengatakan kalau keselamatan Seo Yul dapat terancam karena bisa jadi dia merupakan saksi kunci satu-satunya atas peristiwa pembunuhan Kwon Bo Yeon.

Dae Sung dan Myung Sook segera berpencar mencari Seo Yul. Dae Sung langsung tertuju pada Kang Sung Yoon dan mendatangi rumahnya. Tanpa dia ketahui, di tempat berbeda Seo Yul sedang disekap. Gadis cilik itu terus meminta maaf dan meminta tolong.

Episode 5-6

Review The Killer’s Shopping List _ Ep 5 -6_

Seo Yul berhasil melarikan diri dengan kaki telanjang. Lelaki Lima Dolar menjadi tertuduh karena merampas ponsel milik bocah itu. Untungnya ada ibu pimpinan Cho Yang Soon yang segera menolong. Setelah diinterogasi, Lima Dolar dilepaskan karena kekurangan bukti. 

Di swalayan, Kang Sung Yoon melaporkan pada Dae Sung bahwa gerak-gerik Daging mencurigakan. Daging terlihat sangat menyukai dan terobsesi dengan Sayuran.

Mendengar hal itu Dae Sung coba mengikuti keduanya. Daging yang ditugaskan mengantar Sayuran pulang tampak bersikap di luar kontrol. Tak lama, seseorang meneror dan memasuki apartemen Sayuran.

Setelah kejadian itu, Sayuran berhenti dari pekerjaan. Daging merasa bersalah sampai-sampai enggan bergabung dengan ajakan Dae Sung untuk makan-makan bersama Kang Sung Yoon.

Ketika mereka sedang asyik pesta, seseorang yang misterius menyekap ibu pimpinan Cho Yang Soon di apartemen kosong. Mata dan mulut wanita itu dilem menggunakan lem tembak lalu tubuhnya dijatuhkan dari ketinggian.

Dae Sung yang malam itu ada di tempat kejadian turut dicurigai polisi. Namun, tak lama dibebaskan karena tak ada bukti lanjutan. Cho Yang Soon kini dirawat di rumah sakit dalam keadaan kritis.

Seo Yul yang selamat dari penyekapan mulai kembali beraktivitas dan berinteraksi dengan orang-orang. Dia sempat menyembunyikan ponselnya di dalam boneka yang kemudian dia simpan di mesin mainan pencapit boneka.

Namun, ada yang aneh pada Seo Yul sebab tangan gadis itu terlihat terluka tapi dia tak mau bercerita.

Pasca mendengar kebiasaan ayah Seo Yul yang kerap memukuli istrinya, pikiran Dae Sung langsung meliar. Dia mencoba mendapatkan cerita dari Seo Yul mengenai penyebab luka yang ada di tangannya.

Gadis cilik itu menolak dan langsung bersembunyi di balik tubuh ayahnya yang tak lama kemudian datang menegur Dae Sung.

Episode 7-8

Review The Killer’s Shopping List _ Episode 7-8_

Lelaki Lima Dolar kembali membuat keributan di MS Swalayan. Dia sampai berkelahi dengan ayah Dae Sung.

Tak lama, lelaki itu terlihat meregang nyawa di tempat tinggalnya. Kejadian mengerikan tersebut tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk Dae Sung. Dae Sung mulai fokus pada sikap ganjil ayah Yul, Seo Cheon Kyu.

Cheon Kyu berulang kali melarang Dae Sung mendekati Yul. Dia tampak menyembunyikan sesuatu di balik ancamannya.

Anehnya, ketika Dae Sung mendapati luka-luka di tangan Yul, anak itu menolak menjawab dan malah berlindung di balik tubuh Cheon Kyu. Nyatanya, sampai rumah Yul dipukuli karena menghilangkan ponsel milik ibunya.

Ponsel tersebut bukan hilang, melainkan disimpan di kotak permainan di Swalayan MS. Kebetulan hari itu ayah Dae Sung berhasil mendapatkannya.

Di hari yang sama Cheon Kyu terlihat berbelanja banyak makanan. Dia mengaku akan menemui istrinya yang sakit dan menitipkan Yul pada neneknya. Ternyata, Yul ditinggal sendirian dan kecurigaan Dae Sung pun semakin besar.

Saat bertemu Yul di swalayan, Dae Sung memberinya sebuah peluit bertuliskan SOS. Yul mengartikannya sebagai angka 505. Angka itu disepakati keduanya sebagai kode jika Yul berada dalam kondisi bahaya.

Benar saja, Yul memang dalam bahaya. Ibu Dae Sung, Myung Sook, mendapati tubuh Yul penuh luka memar dan bakar. Detektif Choi yang mengawasi Dae Sung seharian turut mengetahui hal tersebut.

Dae Sung mengajak Detektif Choi mencari Cheon Kyu, dia terlihat memaksa masuk ke kantor Cheon Kyu yang terkunci serta gelap. Dia mendapati sebuah ruangan rahasia yang mencurigakan. Tak lama, Cheon Kyu datang dan menusuk Detektif Choi serta mengurung Dae Sung di ruangan rahasia itu.

Dae Sung sekuat tenaga mencoba keluar dari ruangan tersebut. Myung Sook sendiri mulai gelisah karena putranya tak kunjung pulang. Ikan lalu coba menghubungi Do A Hee dan meminta pertolongan.

Do A Hee akhirnya menemukan Dae Sung yang sudah berhasil keluar dari ruangan dalam keadaan shock. Namun, yang ada di pikirannya hanya keselamatan Yul.

Yul sendiri tak bisa melarikan diri dari pengawasan ayahnya. Dalam keadaan seperti itu, Yul mendapati jasad Lelaki Lima Dolar ada di dalam kulkas besar di rumahnya.

Cheon Kyu mengaku membunuh lelaki itu karena dia mengetahui rahasianya. Cheon Kyu yang kehabisan miras lantas memesan ke Swalayan MS. Myung Sook mengantarkannya tanpa curiga.

Tak lama pesan yang sama datang lagi. Kali ini disertai angka 505. Seketika Dae Sung langsung yakin bahwa pesan tersebut dikirim oleh Yul yang sedang butuh pertolongan.

Bersama pekerja Swalayan MS yang lain, mereka bergegas menuju apartemen Yul. Mereka tak tahu Cheon Kyu dan Yul menempati apartemen milik Lelaki Lima Dolar.

Kedatangan Dae Sung membuat Cheon Kyu panik mengejar Yul yang langsung bersembunyi di kamar. Yul lantas mencoba melarikan diri melalui balkon. Beruntung Do A Hee dan Kim Doo Hyun menemukan Yul dan berhasil menyelamatkannya sebelum gadis cilik itu jatuh dari ketinggian. 

Namun, nyawa Ikan justru terancam oleh Cheon Kyu. Dae Sung sendiri shock menemukan dua mayat di dalam kulkas besar, yaitu mayat di Lelaki Lima Dolar dan mayat ibu Yul.

Dengan kondisi yang tidak terkendali, Cheon Kyu berhasil melarikan diri. Dalam pelariannya dia malah berhasil menyandera Myung Sook dan Daging. 

Cheon Kyu sebenarnya hanya mengincar Yul dan Dae Sung berhasil memancingnya. Kini, hanya ada dia dan Cheon Kyu saling berhadapan.

Setelah mendapat perlawanan sengit, Dae Sung berhasil melumpuhkan penjahat tersebut. Tindakan heroic Dae Sung membuat Myung Soo dan semua orang terdekatnya bangga.

Misteri Pembunuhan Para Pelanggan Swalayan

Misteri Pembunuhan Para Pelanggan Swalayan

Menjadi pemilik kios kelontong yang berhasil membantu polisi menangkap seorang pemalsu uang ternyata membahayakan nyawa Han Myung Sook dan putranya, Ahn Dae Sung.

Sejak kejadian belasan tahun lalu itu, beberapa peristiwa menakutkan terjadi di kehidupan mereka. Kios kelontong miliknya yang kini berubah jadi swalayan, belakangan dihebohkan dengan kematian misterius dua pelanggannya.

Dae Sung yang sejak kecil terkenal cerdas dan punya ingatan tajam, tidak bisa tinggal diam. Dae Sung tergerak untuk menyelidikinya.

Dari dua episode awal The Killer’s Shopping List (2022), kita akan mulai diajak melihat petualangan Dae Sung mengungkap pelakunya.

Dimulai dengan menampilkan kejadian di tahun 1996, ketika Dae Sung pertama kali berhasil menangkap penjahat, drama ini bergulir secara asyik.

Penceritaan dari dua episode perdananya langsung berhasil memancing rasa penasaran. Alurnya memang cepat karena cerita drama ini hanya dibungkus dalam delapan episode, tapi gak usah khawatir kebingungan sebab penulisannya cukup rapi.

Drama Comedy Thriller Dibintangi Lee Kwang Soo

Drama Comedy Thriller Dibintangi Lee Kwang Soo

Dari dua episode perdananya, The Killer’s Shopping List (2022) sudah mengemas ceritanya dengan sentuhan-sentuhan khas genre thriller yang menegangkan. Menariknya, ia juga dibumbui komedi sehingga tidak terlalu menakutkan atau terasa mengancam.

Didapuk sebagai karakter utama, Lee Kwang Soo terlihat tidak kesulitan dan bisa menyelaraskan dua genre sekaligus; komedi dan thriller.

Dengan pembawaan yang komikal dia tetap bisa berakting serius sebagai seorang investigator amatir. Penampilannya dalam drama ini sayang untuk dilewatkan!

Alasan Dae Sung Gagal Tes PNS Terungkap

Review The Killer’s Shopping List Episode 3-4_Masa Lalu dan Alasan Dae Sung Gagal Tes PNS Terungkap_

Melanjutkan kekagetannya menemukan si lelaki Lima Dolar yang sudah menghilang bertahun-tahun, masa lalu Dae Sung terungkap di dua episode ini.

Ternyata kegagalan Dae Sung dalam mengikuti tes PNS berakar pada peristiwa traumatis yang terjadi saat dia remaja. Ketika itu Dae Sung yang berusaha menyelamatkan ibunya tidak sengaja membuat si Lima Dolar hampir tewas.

Nuansa thriller terasa ketika scene flashback masa lalu Dae Sung diceritakan. Di sana terlihat darah kental mengalir di lantai di dekat tubuh lelaki si Lima Dolar setelah Dae Sung melemparnya menggunakan buah kalengan.

Dendam si Lima Dolar pun masih berlanjut bahkan sampai bertahun-tahun. Dia dan Dae Sung kembali bertemu di episode ini. 

Penyelidikan Dae Sung Terus Berlanjut

Review The Killer’s Shopping List Episode 3-4_Penyelidikan Dae Sung Terus Berlanjut_

Pada dua episode ini pula Dae Sung sempat diinterogasi karena dicurigai sebagai pembunuh dua wanita di swalayannya. Swalayan MS bahkan sampai ditinggalkan para pembeli.

Menariknya, kita bisa melihat kekuatan karakter dari ibu Dae Sung dari scene ini. Dia tidak terlihat khawatir sedikit pun karena percaya pada putranya. 

Wanita kuat itu malah membantu Dae Sung melakukan penyelidikan pada orang yang mencurigakan. Investigasi Dae Sung dimulai dari menyelidiki para pekerja di swalayan ibunya.

Pada bagian ini unsur thriller dan comedy terasa sekali lebih ditonjolkan dari dua episode lalu. Kamu akan melihat banyak tingkah Dae Sung yang konyol saat melakukan penyelidikan. 

Episode empat ditutup dengan scene mendebarkan dan bikin penasaran karena Seo Yul terlihat disekap oleh seseorang yang berbahaya dan misterius. Teka-teki dalam drama ini pun menjadi bertambah.

Belum selesai dengan mengungkap identitas pelaku pembunuhan dua wanita itu, kini kita diajak menebak-nebak siapa penculik Seo Yul. 

Korban Kembali Jatuh dan Pelaku Masih Rahasia

Review The Killer’s Shopping List _ Korban Kembali Jatuh dan Pelaku Masih Rahasia_

Ketenangan tampaknya masih jauh dari hidup Dae Sung dan warga yang tinggal di sekitar MS Swalayan.

Belum selesai dengan penyelidikan pembunuhan dua wanita muda, pada episode 5 dan 6 mereka dihebohkan dengan kecelakaan tragis yang menimpa ibu pimpinan Cho Yang Soon. Mulut dan mata wanita paruh baya itu dilem menggunakan lem tembak dan tubuhnya dijatuhkan dari ketinggian.

Jika mau lebih jeli, petunjuk yang dibutuhkan untuk mengungkap pelaku sebenarnya sudah mulai disebar di episode ini.

Walau masih buram, tapi ada satu dua petunjuk yang cukup menarik. Clue-nya ada pada lem tembak serta buku sketsa Daging yang diam-diam diambil Dae Sung untuk penyelidikan.

Namun, tentu saja petunjuk tersebut masih belum terlalu solid untuk dipakai menyelesaikan teka-teki mengerikan ini. Belum lagi konflik Seo Yul yang berhasil mengacaukan fokus penonton terhadap pelaku sebenarnya.

Dae Sung Berhasil Menangkap Pelakunya

Review The Killer’s Shopping List _ Dae Sung Berhasil Menangkap Pelakunya_

Pencarian pelaku pembunuhan para pelanggan MS Swalayan akhirnya menemukan akhir. Upaya Dae Sung ingin menciptakan kenyamanan untuk para pembeli, berbuah manis.

Masih dengan traumanya, Dae Sung berhasil menghadapi pelaku sebenarnya sendirian. Scene per scene di episode delapan, sukses dikemas secara menegangkan sekaligus penuh emosi. Dua episode akhir The Killer’s Shopping List (2022) disusun dengan apik sehingga tensi ketegangannya terus naik.

Dari mulai kecurigaan Dae Sung terhadap ayah Yul atau Cheon Kyu, penemuan luka-luka di tubuh Yul akibat penyiksaan Cheon Kyu sampai scene satu lawan satu antara Dae Sung dan Cheon Kyu yang emosional. 

Emosional, Hangatkan Hati

Review The Killer’s Shopping List _ Emosional, Hangatkan Hati_

Hal yang membuat akhir drama ini semakin menarik adalah ia tidak hanya berhasil mengungkap pelaku pembunuh berantai yang meresahkan. Pada dua episode terakhirnya, The Killer’s Shopping List (2022) juga memperlihatkan proses sembuh seorang Dae Sung dari trauma yang menghantuinya selama belasan tahun.

Melihat kekompakan pekerja MS Swalayan menangkap penjahat dan kegigihan Dae Sung melindungi Yul serta para pelanggan rasanya menghangatkan hati.

The Killer’s Shopping List (2022) bukan sekadar sebuah sajian thriller comedy, tetapi juga memuat banyak moral value tentang rasa percaya terhadap sesama, saling bantu dan melindungi. Penasaran? Kamu bisa nonton drama ini di Viu!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram