logo web

Urutan Film Detective Conan, dari Lawas hingga Paling Baru

Ditulis oleh Gerryaldo

Bagi para penggemar film Detektif Conan, harusnya sudah hapal ya mengenai urutan film animasi karya animator Aoyama Gosho ini, mulai dari film pertama hingga film paling barunya. Aoyama Gosho selalu berhasil menghadirkan banyak kisah yang tidak hanya berputar pada Conan Edogawa saja, melainkan tokoh-tokoh lainnya juga.

Baca Juga: 10 Tokoh yang Mengetahui Identitas Asli Conan Edogawa

Hal tersebut disiapkan oleh Aoyama Gosho lewat film-film Detektif Conan yang akan kita bahas kali ini! Artikel ini akan berguna sekali untuk teman-teman yang baru saja menyukai film Detektif Conan. Kalian akan dibawa pada kisah Conan dari tahun 1997 hingga saat ini. Penasaran apa saja judulnya? Simak sampai habis artikelnya ya!

1. The Time-Bombed Skyscraper

Detective Conan- The Time-Bombed Skyscraper_Poster (Copy)

Shinichi Kudo a.k.a. Conan Edogawa mendapat kabar adanya pencurian besar-besaran atas bahan peledak yang membuat khawatir publik. Pasalnya, tak lama setelah informasi itu tersiar, beberapa kasus bom muncul di tempat ramai. Mulai dari tempat perbelanjaan, taman bermain hingga di sepanjang rel kereta api kota.

Begitu ditelusuri, sang pelaku memiliki hubungan terkait kasus yang pernah Shinichi Kudo pecahkan dulu. Sebagai upaya balas dendam, sang pelaku hendak menghancurkan sebuah pusat perbelanjaan besar di kota Beika, tepat di saat ulang tahun Shinichi. Naas, di tempat yang hendak dibom itu, ada Ran. Apakah Shinichi bisa mencegah bom tersebut meledak dan menyelamatkan Ran?

2. The Fourteenth Target

Detective Conan_The Fourteenth Target_Poster (Copy)

Conan Edogawa dan Detektif Kogoro Mouri beserta kepolisian Tokyo dibuat geger setelah adanya rangkaian pembunuhan berantai yang mengancam banyak orang. Segelintir orang yang diancam ternyata memiliki keterkaitan dengan kasus yang dipecahkan Kogoro Mouri. Ancaman itu ternyata sangat berbahaya.

Mereka yang diserang oleh pelaku pembunuhan memiliki nama yang mengandung unsur angka pada kartu remi, mulai dari kartu paling rendah hingga ke yang paling tinggi. Bahkan, salah satu korbannya adalah istri Kogoro Mouri sendiri, pengacara Eri Kisaki. Mampukah Conan memecahkan kasus dan menemukan pelaku?

3. The Last Wizard of The Century

Detective Conan Movie 3_Poster (Copy)

Seorang wanita datang ke museum milik keluarga Suzuki. Di sana ia memperlihatkan sebuah koleksi telur Fabergé yang istimewa. Telur itu seharusnya sepasang dan salah satunya dimiliki oleh keluarga Suzuki sebagai bagian dari koleksi berharga mereka. Ternyata bukan wanita itu saja yang menginginkan telur tersebut.

Beberapa orang juga ingin memiliki telur itu, mulai dari kolektor, pihak museum dan lainnya. Conan sangat tertarik dengan apa yang ada di dalam telur Fabergé yang jadi incaran banyak orang. Di saat yang sama, Kaito Kid yang dianggap hendak mencuri telur itu hilang, Conan lantas curiga dengan apa yang terjadi pada Kid.

4. Captured in Her Eyes

Detective Conan_Captured in Her Eyes_Poster (Copy)

Pihak kepolisian Jepang sedang dalam bahaya karena ada pelaku kejahatan yang tengah mengintai dan menyerang beberapa anggota polisi. Satu ketika, putra dari komisaris kepolisian menikah dan mengundang banyak tamu yang sebagian besar adalah polisi. Tempat itu jadi sasaran empuk bagi pelaku.

Salah satu anggota polisi, Miwako Sato menjadi korban penembakan. Naas, kejadian itu disaksikan oleh Ran yang kebetulan sedang berada satu ruangan dengan Miwako. Trauma berat, Ran pun pingsan dan ketika ia bangun ia hilang ingatan. Sementara sang pembunuh kini mengincar Ran karena telah melihat wajahnya.

5. Countdown to Heaven

Detective Conan: Countdown to Heaven_Poster (Copy)

Conan, Ai, Genta, Mitsuhiko dan Ayumi pergi berkemah bersama Profesor Agasa. Saat pulang, mereka mampir ke sebuah gedung ultra-kompleks yang baru saja dibuka. Ternyata di sana ada Ran, Sonoko dan Kogoro yang merupakan tamu undangan dari pemilik gedung tersebut.

Berapa hari kemudian, terjadi kasus pembunuhan. Kasus itu melibatkan para petinggi dan pengurus gedung. Conan pun mencoba melakukan investigasi bersama teman-temannya.

Namun, semakin diusut, semakin berjatuhan pula korban yang tewas terbunuh. Apalagi ketika Conan mengetahui adanya campur tangan anggota Black Organization pada kasus itu.

6. The Phantom of Baker Street

The Phantom of The Baker Street_Poster (Copy)

Sebuah perusahaan mainan ternama mengundang para tamu naratama untuk menghadiri peluncuran mesin permainan baru mereka. Dari sekian banyak tamu undangan, Conan, Ayumi, Ai, Genta, Mitsuhiko dan Ran turut serta dalam permainan tersebut. Mesin yang dipakai untuk bermain terkoneksi dengan otak para pemainnya.

Begitu acara dimulai, para undangan mendapat informasi bahwa permainan tersebut sebenarnya perangkap. Sistem yang diberi nama Noah’s Ark, mengambil alih acara dan mengatakan bahwa setiap pemain harus bisa menyelesaikan misi. Apabila kalah maka jutaan volt listrik akan membakar otak para pemain itu.

7. Crossroad in Ancient Capital

Detective Conan: Crossroad in The Ancient Capital_Poster (Copy)

Kogoro Mouri mendapat panggilan untuk membantu memecahkan sebuah masalah yang terjadi di ibu kota kuno Kyoto. Tidak sendiri, Kogoro pun mengajak serta anaknya, Ran, dan Conan. Sesampainya di Kyoto, mereka bertemu dengan Heiji juga Kazuha. Heiji ternyata diminta juga memecahkan kasus yang sama.

Kasus tersebut merupakan kasus pencurian patung Budha di sebuah kuil kuno. Patung tersebut sangat dikenal dengan nama Budha sang Penyembuh. Namun di sela-sela pemecahan kasus, Heiji malah terjun ke masa lalunya, ia berusaha mengingat cinta pertamanya yang ia temui di sekitar kuil tempat patung itu dulu berada.

8. Magician of The Silver Sky

Detective Conan: Magician Of The Silver Sky_Poster (Copy)

Seorang aktris terkenal bernama Juri Maki meminta bantuan Kogoro Mouri untuk melindungi sebuah permata langka yang ia gunakan sebagai salah satu aksesoris pendukung penampilannya di panggung teater. Permata yang diberi nama Jewel of Destiny itu hendak dicuri oleh Kaito Kid.

Merasa tertantang, Conan pun turut serta melindungi permata itu dan hendak menangkap Kid. Namun sebuah kejadian mengerikan terjadi. Ketika para pemain teater hendak berlibur menggunakan pesawat, Juri Maki ditemukan tewas. Sialnya, kasus tewasnya Juri menyulut serangkaian peristiwa mengerikan lainnya.

9. Strategy Above the Depths

Detective Conan- Strategy Above The Depths_Poster (Copy)

Keluarga Sonoko mengundang Kogoro, Profesor Agasa, Ran, Conan, Ayumi, Ai, Genta dan Mitsuhiko untuk datang ke sebuah acara yang dilangsungkan di atas kapal pesiar mewah St. Aphrodite. Liburan yang menyenangkan itu berubah menjadi kacau ketika ada penumpang yang ditemukan tewas di atas kapal.

Ditambah Sonoko pun diserang hingga membuat Ran dan yang lainnya menjadi tidak tenang berada di kapal. Ternyata pelaku pembunuhan sedang berkeliaran di atas kapal St. Aphrodite bahkan hingga membuat kapal mewah itu tenggelam. Mampukah Conan menyelamatkan seluruh teman dan penumpang lainnya?

10. The Private Eyes’ Requiem

Detective Conan Movie 10_Poster (Copy)

Kogoro Mouri mendapat undangan dari seorang miliuner untuk datang ke hotel miliknya di area taman hiburan Miracle Land. Namun anehnya, Kogoro diundang bersama dengan Ran, Conan, dan kawan-kawan. Conan pun merasa ada yang janggal, apalagi setelah ia diminta bekerja sama dengan Kogoro untuk memecahkan kasus.

Sang pemilik hotel mengatakan bahwa Kogoro dan Conan harus bisa menyelesaikan kasus yang ia berikan. Apabila gagal, maka Ran dan anak-anak yang lain akan tewas oleh bom yang dipasang di gelang VIP taman hiburan mereka. Selain Kogoro, dan Conan, Heiji pun turut bergabung untuk mengusut kasus itu.

11. Jolly Roger in The Deep Azure

Detective Conan: Jolly Roger's in The Azure_Poster (Copy)

Kogoro Mouri mengajak Ran, Conan, Ayumi, Ai, Genta, Mitsuhiko, Sonoko dan Profesor Agasa untuk berlibur ke Pulau Koumi yang indah di Samudera Pasifik. Selama berada di pulau, para anggota detektif cilik mengikuti rangkaian permainan mencari harta karun yang sudah jadi kegiatan turis turun temurun.

Kegiatan itu dilakukan berdasarkan legenda lama dari generasi ke generasi. Konon, ada reruntuhan kuno di dasar laut, di mana itu merupakan harta karun dua bajak laut wanita, Anne Bonnie & Mary Reed. Harta karun tersebut berumur 300 tahun. Namun kegiatan mereka menjadi kacau ketika mereka bertemu para pemburu harta karun berbahaya.

12. Full Score of Fear

Detective Conan Movie 12_Poster (Copy)

Sebuah ledakan terjadi di gedung musik sebuah Universitas dan menarik perhatian Conan untuk melakukan penyelidikan. Faktanya, ada korban jiwa pada kejadian itu dan alasannya masih simpang siur. Saat Conan memulai penyelidikannya, ia bertemu dengan seorang penyanyi soprano bernama Reiko Akiba.

Penyanyi itu ternyata merupakan target pembunuhan yang akhirnya Conan ketahui sebagai seorang penyetem piano yang hendak balas dendam kepada para penyanyi yang pernah berurusan dengannya. Conan pun bertindak untuk menyelamatkan Reiko sebelum ia tertangkap dan dibunuh.

13. The Raven Chaser

Detective Conan Movie 13_Poster (Copy)

Conan mengalami mimpi buruk tentang Organisasi Hitam dan harus terlibat dalam kasus pembunuhan berantai misterius yang melibatkan bidak Mahjong yang tertinggal di samping para korban. Conan pun meminta bantuan Heiji Hattori, dan kasus pun berhasil dipecahkan juga mengekspos sang pembunuh.

Naas, hal ini malah menjadi efek domino bagi orang-orang terdekat Conan. Bahkan Ran pun jadi ikut terlibat, ia habis-habisan melawan salah satu anggota dari Organisasi Hitam tanpa tahu apapun. Mengetahui hal tersebut, Conan pun bersumpah akan mengejar Organisasi Hitam atas keterlibatannya saat ini.

14. The Lost Ship in The Sky

Detective Conan Movie 14_Poster (Copy)

Komplotan Kucing Siam Merah yang terkenal dengan aksi kriminalnya sudah diringkus 10 tahun lalu. Namun tiba-tiba mereka kembali lagi dan menyerang sebuah laboratorium. Mereka mencuri sebuah virus yang berbahaya dan menebar kepanikan massal masyarakat Jepang karena hendak menyebarkan virus itu dalam 7 hari.

Komplotan itu membenci perusahaan Suzuki, sehingga menggunakan salah satu kendaraan wisata mereka, pesawat helium zappelin, untuk menyebar virus itu lewat udara. Naas, di dalam pesawat, ada Sonoko, Ran, Kogoro, Conan cs, dan Jirokichi yang hendak membawa permata koleksinya dari Tokyo ke Osaka. Apakah yang akan terjadi pada mereka?

15. Quarter of Silence

Detective Conan Movie 15_Poster (Copy)

Sebuah bom meledak menjelang pembukaan Touto Line baru di Tokyo. Beruntung Conan berhasil menggagalkan upaya pengeboman itu setelah tak sengaja melihat seorang misterius yang memegang remote di bawah terowongan lintasan kereta. Conan pun menyelidiki sang pelaku yang dipercaya berada di Kitanosawa.

Conan dan teman-temannya pun akhirnya mengunjungi Kitanosawa, di mana mereka bertemu dengan sekelompok orang yang memiliki hubungan dengan sang pelaku. Perlahan tapi pasti, Conan berhasil mengetahui identitas pelaku. Pelaku tersebut ternyata memiliki misi pengeboman lain pada sebuah bendungan besar di kota.

16. The Eleventh Striker

Detective Conan Movie 16_Poster (Copy)

Kantor Detektif Kogoro Mouri mendapat telepon yang berisikan ancaman bom. Bom pertama diledakkan tepat di depan kantor Kogoro, sedangkan bom selanjutnya harus Kogoro temukan lewat petunjuk yang sang pelaku berikan. Conan pun turut serta dalam investigasi padahal dirinya sedang bersama dengan teman-temannya.

Selama cerita bergulir, banyak petunjuk yang membingungkan Conan. Petunjuk itu bahkan melibatkan pertandingan sepak bola antara pemain Hideo Akagi dari Tokyo Spirits dan Ryusuke Higo dari Big Osaka. Sebelum bom lainnya meledak, Conan harus bergerak cepat dibantu oleh para anggota Detektif Cilik.

17. Private Eye in The Distance Sea

Detective Conan Movie 17_Poster (Copy)

Conan, Sonoko, Ran, juga Kogoro menaiki kapal tempur perusak kelas Atago, Aegis, untuk mengikuti latihan militer umum setelah memenangkan tiket kunjungan. Acara latihan militer umum itu berjalan menyenangkan sampai kapal tersebut mengalami guncangan hebat.

Begitu diperiksa, kru kapal menemukan potongan tangan yang ternyata berasal dari mayat seorang anggota Pasukan Bela Diri. Saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata ada seorang mata-mata yang menyusup ke dalam kapal Aegis. Conan pun harus mencarinya. Naas, Ran bertemu sang penyusup lebih dulu. Kini, Ran berada dalam bahaya.

18. Dimensional Sniper

Detective Conan 18_Poster (Copy)

Keluarga Suzuki kembali membangun ikon Jepang yang diberi nama Bell Tree Tower. Hal itu membuat Sonoko selaku bagian dari keluarga Suzuki mengundang Conan, Profesor Agasa, Ran, Kogoro, dan Detective Boys untuk menghadiri acara pra-pembukaan di sana. Selama acara berlangsung, ada kejadian penembakan.

Conan dan Masumi Sera yang kebetulan berada di sana, langsung berusaha mengejar tersangka, yang diidentifikasi sebagai Timothy Hunter, seorang mantan Navy SEAL. FBI menduga Hunter juga mengincar orang lain. Sialnya kabar ini bocor ke media sehingga menimbulkan kekacauan.

19. Sunflowers of Inferno

Detective Conan: Sunflower of Inferno_Poster (Copy)

Salah satu koleksi lukisan dari Van Gogh yang diyakini telah hancur selama Perang Dunia II, dilelang di New York. Ini menarik perhatian keluarga Suzuki untuk mendapatkannya, khususnya Jirokichi. Ia pun memenangkan lelang dengan tawaran $300 juta dengan tujuan hendak dipamerkan bersama lukisan Gogh lainnya.

Hal ini jelas mengundang perhatian Kaito Kid. Ia tertarik pada pameran ketujuh lukisan Bunga Matahari Van Gogh yang diadakan di museum milik keluarga Suzuki di Jepang. Conan sudah mengetahui hal ini akan terjadi. Namun saat hendak mengusut apa yang hendak dilakukan Kaito, Conan menyadari satu hal mencurigakan.

20. The Darkest Nightmare

Detective Conan: The Darkest Nightmare_Poster (Copy)

Anggota Organisasi Hitam bernama Curaçao mencuri daftar agen yang menyamar dari berbagai badan intelijen. Yuya Kazami mengetahui hal itu namun Curaçao berhasil melarikan diri. Naas kejar-kejaran mobil yang dilakukan membuat Curaçao mengalami kecelakaan mobil dan mengakibatkan ia menderita amnesia.

Keesokan paginya ia ditemukan oleh Detective Boys. Begitu tahu Curaçao hilang ingatan, anak-anak itu ingin melindunginya dan Curaçao pun merasa aman. Namun organisasi hitam mengetahui hal itu dan hendak menjemputnya kembali dengan segala cara. Curaçao yang akhirnya sadar lebih memilih melindungi Detective Boys.

21. The Crimson Love Letter

Detective Conan Movie 21_Poster (Copy)

Pada musim gugur, sebuah pengeboman terjadi di Nichiuri TV selama turnamen Ogura Hyakunin Isshu karuta di Jepang. Heiji dan Kazuha terjebak di dalamnya, tetapi Conan menyelamatkan mereka. Tak lama setelah insiden itu, muncul seorang gadis bernama Momiji yang mengaku sebagai tunangan Heiji.

Ini membuat Heiji kaget, apalagi Kazuha yang notabenenya adalah kekasih dari Heiji. Kazuha pun hendak mengalahkan Momiji di turnamen karuta dan mendapatkan kejelasan mengenai hubungan Momiji dengan Heiji. Di sisi lain, Heiji dan Conan mendapatkan sebuah rahasia kelam yang berhubungan dengan turnamen karuta. 

22. Zero The Enforcer

Detective Conan Movie 22_Poster (Copy)

Sebuah resor bernama Edge of Ocean yang terletak di Teluk Tokyo tengah dipersiapkan untuk acara Summit Meeting terbesar di Jepang. Namun sebelum acara berlangsung, sebuah ledakan terjadi menewaskan personil Biro Keamanan Publik. Saat dilakukan pemeriksaan, semua bukti mengarah pada Kogoro Mouri.

Kogoro jelas kaget bukan main. Ran dan Conan pun sama bingungnya. Bagaimana bisa detektif kikuk itu meledakkan resor dengan bom kekuatan tinggi. Untuk membersihkan nama Kogoro, Conan melakukan penyelidikan sendiri dan menemukan bahwa pelaku sebenarnya adalah seorang jaksa bernama Makoto Kusakabe.

23. The Fist of Blue Sapphire

Detective Conan - The Fist of Blue Sapphire_Poster (Copy)

Sebuah batu berlian biru yang bernama The Fist of Blue Sapphire hilang di sekitar perairan Singapura pada akhir abad ke-19. Berlian itu dipercaya tenggelam bersama sebuah kapal perompak. Namun akhirnya berlian itu didapatkan oleh seorang multi-jutawan lokal yang menyelamatkannya di sabuk kejuaraan.

Nantinya siapapun yang menang dalam kejuaraan seni bela diri yang diadakan di Marina Bay Sands akan mendapatkan sabuk tersebut. Hal ini lantas menarik perhatian kekasih Sonoko, Makoto Kyogoku, yang merupakan atlet karate terkuat di Jepang. Namun acara tersebut jadi kacau setelah terjadi kasus pembunuhan.

24. The Scarlet Bullet

Detective Conan: The Scarlet Bullet_Poster 2 (Copy)

Perhelatan akbar WSG (World Sports Games) Tokyo Games akan segera digelar. Kegiatan olahraga itu merupakan kegiatan yang diadakan setiap empat tahun sekali dan bertepatan dengan peluncuran kereta peluru maglev superkonduktor vakum pertama di dunia dengan kecepatan maksimum 1.000 km per jam.

Rangkaian acara itu menarik perhatian seluruh dunia. Namun ditengah perayaan, para CEO perusahaan besar yang menjadi sponsor WSG satu per satu menghilang. Mereka berhasil ditemukan namun akhirnya mundur sebagai pihak sponsor. Hal ini pun terjadi pada ketua Grup Suzuki, Ayah Sonoko yang ikut menghilang.

25. The Bride of Halloween

Detective Conan_The Bride of Halloween_Poster (Copy)

Tsutomu Muranaka merupakan mantan pengawas MPD (Metro Police Department) Jepang. Ia berhenti dari pekerjaannya karena ingin menikah dengan seorang wanita bernama Christine Richard. Namun selama proses persiapan pernikahan, mereka berdua diteror atas ancaman pembunuhan yang membuat mereka khawatir.

Hal ini terdengar oleh Conan, dan seperti biasa, ia ingin melakukan investigasi terhadap kasus ancaman tersebut. Setelah diselidiki, ternyata kasus itu memiliki hubungan dengan serangkaian peristiwa di masa lalu. Namun usaha Conan itu benar-benar membuat dirinya dan Detective Boys jadi dalam bahaya.

Itu dia urutan film Detektif Conan mulai dari awal penayangannya di tahun 1997 hingga saat ini. Dari ke-25 film di atas, mana nih yang sudah kalian tonton dan mana yang paling seru? Showpoiler tidak bisa memilih karena hampir semuanya rame banget buat diikuti. Apalagi ceritanya dikemas super baik!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram