logo web

10 Anggota Guardians of The Galaxy yang Paling Populer

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Guardians of the Galaxy berawal dari ide Roy Thomas berupa kisah para gerilyawan super yang bertempur melawan Rusia dan Red Chinese yang telah mengambil alih dan memecah Amerika Serikat. Ide tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita yang berlangsung di antarplanet. 

Kelompok ini muncul pertama kali dalam komik Marvel Super-Heroes #18 yang ditulis oleh Arnold Drake. Kisah para Guardian tersebut kemudian diterbitkan terpisah mulai 1976.

Sejak pertama dibentuk hingga dibuatkan versi film, terjadi perubahan dan pergantian anggota Guardians of the Galaxy. Namun, sepuluh nama karakter di bawah ini bisa menjadi perwakilannya. Siapa saja mereka?

1. Star-Lord

anggota guardians of the galaxy_Star-Lord_

Star-Lord bernama asli Peter Jason Quill. Dia adalah makhluk hibrida antara Celestial Ego dengan manusia, yang diculik dari Bumi oleh Yondu dari Klan Ravager di tahun 1988 atas perintah Ego.

Yondu yang menyadari niat buruk Ego memilih untuk mengamankan Quill lalu membesarkannya dan menjadikannya bagian dari Ravager. 

Tumbuh dewasa, Quill berubah jadi anggota Ravager yang punya banyak pengalaman berpetualang di galaksi. Suatu hari, Quill harus melarikan diri dari Yondu pasca gagal membawakannya relic curian yang lantas terungkap sebagai Infinity Stone.

Setelah berhasil mengambil Power Stone, dia harus berhadapan dengan Gamora yang berniat mencuri batu untuk dirinya sendiri. Quill juga harus berhadapan dengan Rocket dan Groot yang berusaha menangkapnya.

Akibat perkelahian itu, mereka dikirim ke penjara milik Nova Corps yang disebut Kyln. Di penjara Quill bertemu dengan Drax the Destroyer, lalu melarikan diri menggunakan pesawat luar angkasa miliknya. Mulai dari sana mereka bergabung menjadi Guardians of the Galaxy dan Quill adalah pemimpinnya.

2. Gamora

anggota guardians of the galaxy_Gamora_

Sosok Gamora muncul pertama kali dalam buku komik Stranger Tales #180 (1975) yang diciptakan oleh Jim Starlin. Dia juga tampil dalam Crossover Infinity War (1992) dan Infinity Crusade (1993).

Gamora adalah anggota Guardians of the Galaxy yang merupakan yatim piatu. Dia datang dari dunia asing untuk mencari penebusan atas kejahatan masa lalunya.

Gamora mendapat pelatihan dari Thanos untuk menjadi pembunuh pribadinya. Sebelum itu, Thanos dan pasukannya menyerang planet tempat tinggal Gamora.

Mereka membunuh setengah dari populasi yang ada, termasuk kedua orangtua Gamora. Keberanian Gamora membuat Thanos terkagum-kagum sampai mengadopsinya. 

Gamora merupakan anggota Guardians of the Galaxy sekaligus seseorang yang istimewa untuk Quill. Keduanya menjalin hubungan romantis setelah tanpa sengaja bertemu Ego, ayah Quill, di sebuah planet saat melarikan diri dari kejaran armada Sovereign. 

3. Drax the Destroyer

anggota guardians of the galaxy_Drax the Destroyer_

Drax the Destroyer merupakan bagian dari anggota Guardians of the Galaxy yang terampil. Dia pejuang yang berusaha membalas dendam atas keluarganya yang hilang.

Semula dia merencanakan balas dendam keluarganya dengan membunuh Kree Ronan the Accuser, tapi setelah kematian Ronan, Drax menyasar Thanos.

Hubungan Drax dengan Gamora semula tidak baik karena dia merupakan putri angkat Thanos. Dia berubah pikiran setelah diyakinkan oleh Quill bahwa Gamora bisa menarik Ronan padanya.

Drax membantu para Guardian melarikan diri dari penjara. Drax bergabung dengan Guardians of the Galaxy setelah menyesali tindakannya pasca kalah dari Ronan dan sadar bahwa Ronan hanya pion Thanos.

4. Rocket Raccoon

anggota guardians of the galaxy_Rocket Raccoon_

Anggota Guardians of the Galaxy berupa rakun ini ternyata dibuat karena terinspirasi oleh lagu The Beatles berjudul “Rocky Racoon”.

Karakter Rocket Raccoon pertama kali muncul pada Marvel Preview #7 (1976) dengan nama Rocky. Ia merupakan rakun yang telah melalui rekayasa genetic yang kemudian menjadi tentara bayaran, ahli senjata dan ahlinya taktik pertempuran.

Keikutsertaannya menjadi bagian dari Guardians of the Galaxy terjadi ketika dia dan Groot tengah ada di Planet Xandar untuk menangkap Quill karena tergiur hadiah.

Alih-alih berhasil, Rocet, Groot, Quill dan Gamora ditangkap dan dipenjara. Dari sana mereka membantu kelompok tersebut. Di antara anggota lainnya, dia dan Groot punya hubungan yang paling emosional. 

5. Groot

anggota guardians of the galaxy_Groot_

Karakter Groot merupakan humanoid yang berwujud layaknya pohon. Dia adalah kaki tangan Rocket Raccoon yang punya kemampuan mengubah tubuhnya ke dalam bentuk dan warna apa pun.

Keduanya bekerjasama menangkap Quill, tetapi malah berakhir di penjara, lengkap bersama Gamora. Groot kemudian berusaha membantu Rocket yang mencoba melarikan diri. 

Bersama Quill dan beberapa lainnya, mereka berhasil kabur, lantas membentuk Guardians of the Galaxy. Sayangnya, usia Groot tak lama karena dia tewas ketika melindungi Rocket dari tabrakan mematikan.

Untuk mengenangnya, Rocket menanam “anakan” yang diambil dari tubuh Groot yang hancur. Anakan itu yang kemudian dikenal dengan sebutan Baby Groot. 

6. Baby Groot

guardians of the galaxy_Baby Groot_

Baby Groot dirawat dengan baik oleh Rocket pasca kematian Groot. Ia dibesarkan sebagai anak Rocket di dalam kapal milik Quill sebagai anggota Guardians of the Galaxy. Baby Groot bertemu dengan Grunds alien species, yang percaya bahwa dia merupakan pahlawan mereka. 

Karakter anak Groot ini sengaja dipertahankan oleh James Gunn setelah kematian Groot di Guardian of the Galaxy Vol.1 (2014). Dia mendeskripsikan Baby Groot sebagai putra Groot yang menggemaskan.

Walau begitu, keduanya merupakan makhluk yang berbeda. Karakter lucu ini bisa kamu temukan di Guardian of the Galaxy Vol.2 (2017)

7. Phyla-Vell

guardians of the galaxy_Phyla-Vell_

Phyla-Vell muncul pertama kali dalam Captain Marvel Vol. 5 #16. Karakternya diciptakan oleh penulis Peter David dan artist Paul Azaceta.

Phyla-Vell merupakan putri Elysius, wanita rekayasa genetika yang dicintai oleh mendiang Mar-Vell. Phyla-Vell sekaligus putri kedua ciptaan Elysius yang diketahui juga menciptakan Gen-Vell dari DNA Mar-Vell. Utuk sementara waktu, Phyla memakai nama Captain Marvel.

Phyla-Vell menjadi anggota Guardian of the Galaxysetelah muncul sebagai Quasar pasca Quasar yang sebelumnya meninggal dalam Annihilation: Conquest.

Phyla kemudian membuat kesepakatan untuk menyelamatkan nyawa rekannya, Moondragon. Sebagai gantinya, dia menjadi Avatar of Oblivion. Sampai kematiannya, Phyla-Vell tetap bagian dari Guardian of the Galaxy.

8. Mantis

guardians of the galaxy_Mantis_

Anggota Guardian of the Galaxy ini berbentuk mirip belalang sembah. Bernama Mantis, dia punya kekuatan empati yang tinggi dan tinggal bersama Ego.

Mantis digambarkan tidak pernah memiliki atau mengalami interaksi sosial atau belajar mengenai kehidupan sosial dari para Guardian lainnya. Sosok Mantis mengalami kesepian dan selalu sendirian. 

Walau tak punya pengalaman sosial, Mantis berperan sebagai konselor untuk para Guardian lainnya. Dia memakai pengetahuannya tentang pikiran untuk menjaga keseimbangan dengan semua kepribadian yang berbeda-beda. 

9. Nebula

guardians of the galaxy_Nebula_

Nebula digambarkan sebagai seorang alien berkulit biru. Dia adalah putri angkat Thanos, sama seperti Gamora.

Pertama kali muncul, Nebula memang diceritakan sebagai salah satu karakter antagonis, tetapi akhirnya berkembang menjadi antihero dan akhirnya menjadi protagonis. Nebula kemudian bergabung bersama Gamora menjadi Guardian of the Galaxy

Walau bersaudara, hubungannya dengan Gamora tidak pernah akur. Nebula selalu merasa ingin lebih baik dari Gamora. Keduanya lantas berdamai dan bersekutu melawan Ego lalu melarikan diri. Nebula bergabung dengan Guardians of the Galaxy dan melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama. 

10. Adam Warlock

guardians of the galaxy_Adam Warlock_

Adam Warlock merupakan makhluk kosmik yang dibuat secara artifisial di Bumi oleh Enclace. Dia mengalami rekayasa genetika agar lebih sempurna.

Adam Warlock adalah pemimpin Infinity Watch sekaligus anggota Guardians of the Galaxy yang punya kemampuan sihir kosmik. Sosoknya dibutuhkan, salah satunya untuk mengalahkan Phalanx.

Menjadi bagian dari Guardians of the Galaxy, Adam menggunakan kemampuannya untuk memperbaiki kerusakan pada kontinum ruang-waktu. Karakter ini dibekali kekuatan manusia super berupa kecepatan, daya tahan, stamina, kemampuan untuk memanipulasi energi kosmik, dan keabadian. 

Jika bicara tentang keseluruhan anggota Guardian of the Galaxy, jumlahnya akan lebih dari sepuluh. Hanya saja, nama-nama di atas sangat identik dengan sekelompok manusia super tersebut. Lantas, di antara mereka, siapa yang jadi jagoanmu? Atau adakah jagoan lain yang tidak ada dalam artikel ini? Share, yuk! 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram