logo web

10 Anime yang Mirip My Hero Academia dari Genre Hingga Ceritanya

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

My Hero Academia, anime yang menceritakan tentang superhero ini merupakan salah satu anime yang cukup banyak digemari. Berkat kepupulerannya, karakter dalam anime ini digunakan juga untuk mempromosikan film Marvel Studios Avengers: Infinity War.

Anime ini juga menduduki peringkat ke-2 yang disukai oleh anak laki-laki di Jepang pada survei tahun 2021. Nah, bagi pecinta karakter superhero, kali ini showpoiler akan merekomendasikan 10 anime yang mirip dengan My Hero Academia

1. One Punch Man

anime mirip boku no hero academia_One Punch Man_

One Punch Man dan My Hero Academia, sama-sama anime superhero. Karakter superhero di kedua anime ini pun sangat banyak dengan kekuatan yang berbeda-beda. Jika pada My Hero Academia ceritanya sedikit lebih ringan, pada anime ini ceritanya sedikit dark.

Karakter Saitama di anime ini dan karakter Midoriya di My Hero Academia, keduanya sama-sama memiliki cita-cita ingin menjadi pahlawan. Namun, keduanya mendapatkan kekuatan overpower dengan cara yang berbeda.

Untuk mengejar mimpi masa kecilnya menjadi pahlawan, selama tiga tahun Saitama terus melatih dirinya. Dalam prosesnya tersebut, Saitama sampai-sampai menjadi botak. Kini, Saitama merupakan salah satu pahlawan yang sangat kuat karena bisa mengalahkan musuh hanya dengan satu pukulan.

Namun, karena saking kuatnya dan tak ada yang bisa menyaingi, Saitama menjadi sangat bosan. Hingga akhirnya dia sudah tidak menikmati lagi sensasi dari pertempuran yang dihadapinya.

2. Black Clover

anime mirip boku no hero academia_Black Clover_

Black Clover memiliki kemiripan dengan My Hero Academia, tapi dari segi latar cerita yang agak berbeda. Jika My Hero Academia menceritakan sekolah untuk superhero, anime ini fokus pada kelas calon penyihir. 

Adalah Asta dan Yuno, seorang anak yang tinggal di gereja yang sama. Mereka dibesarkan bersama dan mengetahui tentang Raja Penyihir: sebuah gelar yang akan diberikan pada penyihir terkuat di kerajaan. Kemudian Asta dan Yuno sama-sama berjanji akan bersaing untuk mendapatkan gelar Raja Penyihir berikutnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Mirip Black Clover yang Seru Ditonton

3. Naruto

anime mirip boku no hero academia_Naruto_

Naruto dari seri anime ini dengan Midoriya dari seri My Hero Academia, merupakan karakter utama protagonis yang lemah di tempat asalnya. Tapi, mereka sama-sama memiliki mimpi untuk menjadi pemimpin tertinggi. Baik Naruto maupun Midoriya, sama-sama memiliki rekan yang jauh lebih berbakat. 

Meski latar pada anime ini berbeda, namun Naruto dan My Hero Academia sama-sama menceritakan tentang sekolah yang bisa melatih bakat mereka hingga menjadi profesional di dunia masing-masing. Selain itu, karakter di kedua anime ini juga sama-sama banyak.

Tentunya anime ini pun mengikuti kisah karakter utamanya, Naruto, seorang pemuda yang memiliki iblis yang dikenal dengan kyuubi atau rubah ekor sembilan, di dalam dirinya.

Meski dijauhi oleh orang di tempat tinggalnya, Naruto yang kini menjadi ninja di desa Konohagakure, memiliki impian untuk menjadi Hokage. Bersama teman barunya, Naruto harus menghadapi beberapa musuh yang kuat.

4. Assassination Classroom

anime mirip boku no hero academia_Assassination Classroom_

Ansatsu Kyousitsu atau Assassination Classroom memang memiliki tema berbeda dengan My Hero Academia. Jika My Hero Academia mengajarkan muridnya untuk menjadi pahlawan, di anime ini para muridnya malah diajarkan untuk menjadi pembunuh.

Namun, keduanya memiliki kesamaan dari segi murid yang diajarkan oleh seorang guru yang luar biasa. Dan karakter utamanya pun sama-sama memiliki cita-cita untuk menjadi seperti guru mereka.

Anime ini menceritakan murid kelas 3-E yang ada di sekolah menengah Kunugigaoka yang dididik untuk menjadi seorang pembunuh. Kini, murid di kelas 3-E memiliki misi untuk membunuh guru baru mereka, Koro Sensei. Namun, sebelum hari itu tiba, Koro Sensei justru mengajar murid yang kelak akan menjadi pembunuhnya sendiri.

5. Hunter X Hunter

anime mirip boku no hero academia_Hunter X Hunter_

Hunter X Hunter mengikuti kisah karakter utamanya, Gon, Killua, Kurapika dan Leorio yang berjuang untuk menjadi seorang Hunter. Sebelum memiliki gelar tersebut, mereka harus mengikuti berbagai ujian, hingga dinyatakan lulus dan menjadi seorang Hunter.

Anime ini memang memiliki latar yang berbeda dengan My Hero Academia. Jika di anime ini para karakternya berjuang untuk menjadi Hunters, dalam My Hero Academia, para karakternya berjuang untuk menjadi Pahlawan. Meski begitu, keduanya memperlihatkan usaha para karakter yang berjuang untuk mencapai tujuan mereka. 

6. Tiger & Bunny

anime mirip boku no hero academia_Tiger & Bunny_

Orang-orang yang memiliki kekuatan khusus biasanya disebut dengan NEXT. Orang-orang tersebut bisa menggunakan kekuatannya untuk hal baik atau buruk.

Hero TV, merupakan sebuah acara yang akan memunculkan pengejaran penjahat oleh para pahlawan. Semakin banyak pahlawan mendapatkan poin, maka ia bisa menjadi salah satu kandidat Raja Pahlawan.

Tiger & Bunny merupakan anime pahlawan lainnya dengan tema yang sedikit berbeda dari My Hero Academia. Para pahlawan pada anime ini telah dikomersialkan, alias dibuat sebuah bisnis yang biasanya ditampilkan seperti iklan atau sponsor dan sejenisnya.

Meski begitu, kedua anime ini sama-sama menampilkan adegan aksi yang seru, dengan karakter pahlawan yang sudah lebih dewasa. Konsep kekuatan supernya pun menarik dan sekilas terlihat seperti karakter superhero pada kartun barat.

7. Little Witch Academia (TV)

anime mirip boku no hero academia_Little Witch Academia_

Berlatar belakang non-sihir, tidak menghentikan Akko untuk mendaftar ke Luna Nova Magical Academy. Dia telah hidup bertahun-tahun dengan kata-kata dari penyihir favoritnya, Shiny Chariot. Namun, meski dengan semangat Akko berangkat ke sekolah tersebut, perjalanannya tidaklah mulus. 

Anime ini mengikuti perjalanan magis Akko dan teman-temannya di Luna Nova Magical Academy. Mereka semua belajar mempelajari arti sebenarnya menjadi seorang penyihir. Dan anime ini, selain memiliki judul yang mirip dengan My Hero Academia, latar belakang para karakternya pun hampir mirip. 

Meskipun My Hero Academia menceritakan tentang pahlawan, sementara Little Witch Academia ini menceritakan tentang sekolah penyihir, tapi, keduanya sama-sama menceritakan karakter utama yang memasuki akademi demi mencapai cita-cita.

8. Charlotte

anime mirip boku no hero academia_Charlotte_

Anime ini memiliki kesamaan dari segi kekuatan supernatural dan sama-sama berlatar sekolah seperti My Hero Academia. Keduanya sama-sama menceritakan para siswa yang memiliki kekuatan super, tapi dengan alur cerita yang berbeda.

Cerita anime ini mengikuti kisah siswa di Akademi Hoshinoumi. Anggota OSIS di akademi tersebut merupakan sebuah wadah untuk siswa yang memiliki kekuatan super. Namun, anggota OSIS di sana memiliki fungsi untuk mencari siswa yang menyalahgunakan kekuatan super mereka.

9. Fire Force

anime mirip boku no hero academia_Fire Force_

Anime ini dan My Hero Academia merupakan anime Shonen yang menceritakan tentang karakter utama berkekuatan super. Kedua karakter utamanya sama-sama memiliki tujuan untuk menjadi Pahlawan. Keduanya juga sesekali menceritakan tentang kisah komedi, tapi bisa menjadi serius tergantung alur ceritanya.

Infernals merupakan sebuah perubahan pada manusia menjadi makhluk berapi-api yang kejam. Perubahan tersebut terjadi pada manusia secara acak yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Sementara Pyrokinetics, merupakan orang-orang yang berbakat untuk memanipulasi dan mengendalikan api mereka.

Untuk mengatasi ancaman dari Infernal, Angkatan Bersenjata Tokyo, Badan Pertahanan Kebakaran dan Gereja Suci Sol, membentuk Pasukan Pemadam Kebakaran Khusus. Cerita pada anime ini mengikuti perjuangan untuk mengungkap misteri terjadinya api yang misterius.

10. Mob Psycho 100

anime mirip boku no hero academia_Mob Psycho 100_

Mob Psycho 100 dan My Hero Academia dibuat oleh studio BONES. Keduanya juga sama-sama menampilkan karakter utama yang tengah belajar untuk mengendalikan kekuatan supernya. Dan kedua karakter utamanya terlihat lemah tapi selalu ingin melindungi orang lain, terutama orang-orang terdekatnya.

Anime ini mengikuti kisah seorang siswa laki-laki kelas dua SMP bernama Shigeo Kageyama atau yang lebih sering dipanggil Mob. Dia memiliki sebuah kekuatan spiritual yang besar, tapi sadar kalau kekuatannya bisa berbahaya. Karena itulah dia selalu berusaha untuk menekan kekuatannya. 

Untuk mengendalikan kekuatannya itu, Mob bekerja sampingan pada seorang penipu yang mengaku sebagai paranormal. Reigen memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh Mob untuk menghasilkan keuntungan untuk dirinya sendiri. Dan mengusir roh jahat, kini telah menjadi aktivitas sehari-hari Mob.

Nah, itulah 10 rekomendasi anime yang mirip dengan My Hero Academia. Dari 10 rekomendasi di atas, manakah anime yang paling kamu suka? Jika memiliki rekomendasi anime lainnya yang mirip dengan My Hero Academia, boleh tuliskan di kolom komentar yang ada di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram