showpoiler-logo

15 Anime Sad Ending Terbaik yang Akan Menguras Air Mata

Ditulis oleh Sera Serinda A

Industri anime adalah dunia kreatif tanpa batas, hampir semua kisah bisa kamu dapatkan di sini, tak terkecuali kisah mengharu biru. Para kreator anime memiliki cara sendiri untuk menyentuh hati penonton dengan karya mereka. Meski berwujud animasi, penonton tetap bisa merasakan kesedihan yang dilalui para karakter dalam kisahnya.

Judul-judul anime ini juga tak sempit di genre melodrama saja, bahkan beberapa mengangkat genre petualangan, laga, hingga suspense sebagai genre utamanya. Yang pasti, anime-anime ini memiliki satu kesamaan: ending memilukan. Pokoknya, siapkan tisu bila kamu berniat untuk menonton rekomendasi anime series dalam list ini, ya!

1. Steins;Gate

Tahun Rilis 2011
Genre , ,
Sutradara , ,
Pemeran Mamoru Miyano Asami Imai
Selengkapnya →

Steins; Gate adalah anime science fiction yang mengeksplorasi konsep perjalanan waktu dan konsekuensinya, saat seseorang mencoba mengubah masa lalu.

Rintaro Okabe adalah seorang ilmuwan yang berniat untuk menghadiri sebuah seminar tentang rahasia perjalanan waktu. Namun tidak disangka, ia justru benar-benar terlempar ke masa lalu. Setelah merunut serangkaian kejadian yang menimpanya, ia lantas semakin tertarik 'mengulik' tentang mekanisme perjalanan waktu tersebut.

Rintaro lantas mencoba menerapkan pengetahuan ini pada sebuah alat berbentuk microwave yang sedang dikembangkannya bersama teman-temannya. Namun, tanpa mereka sadari, upaya tersebut sebenarnya mengganggu garis waktu, dan berdampak pada kejadian yang akan terjadi di masa depan.

 

2. Clannad: After Story

Tahun Rilis 2008
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Yûichi Nakamura Mai Nakahara Satomi Koorogi
Selengkapnya →

Clannad: After Story melanjutkan kisah cinta antara Tomoya dan Nagisa dari musim pertamanya. Kini, mereka telah menikah dan sedang menantikan kelahiran anak pertama. Tapi karena kondisi fisik yang lemah sejak kecil, Nagisa ternyata tidak dapat bertahan lama. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, ia berusaha sekuat tenaga untuk melahirkan anak mereka yang diberi nama Ushio.

Sepeninggalan Nagisa, Tomoya depresi berat dan menolak merawat Ushio. Alhasil, Ushio diasuh oleh kakek dan neneknya, yakni orang tua Nagisa.

Setelah lima tahun tidak mengetahui perkembangan Ushio, Tomoya diundang ke rumah orang tua Nagisa dan dipaksa untuk menjaga Ushio. Dari situlah Tomoya dan Ushio akhirnya membangun hubungan ayah dan anak yang sesungguhnya.

Tomoya perlahan menerima kehadiran Ushio dan mereka mulai tinggal bersama. Namun, kebahagiaan ini tidak berlangsung lama karena Ushio ternyata menderita penyakit yang sama dengan Nagisa. Apa yang akan terjadi pada keluarga kecil ini?

3. Code Geass;

Tahun Rilis 2006
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jun Fukuyama Takahiro Sakurai Yukana Nogami
Selengkapnya →

Cerita dimulai ketika Kekaisaran Britannia merebut kendali Jepang, mengubahnya menjadi Area 11 dengan penduduk yang disebut sebagai Elevens. Seorang anak laki-laki bernama Lelouch berjanji kepada temannya, Suzaku, untuk mengalahkan Britannia, padahal dia sendiri adalah putra Kaisar Britannia. Namun, karena tahu ia dibuang oleh sang ayah, Lelouch pun berusaha membalas dendam.

Beberapa tahun kemudian, Lelouch remaja bertemu dengan seorang gadis misterius bernama CC. Gadis itu memberikan kekuatan Geass kepada Lelouch yang memungkinkannya memerintahkan orang lain untuk melakukan apa yang diinginkannya. Dan sebagai gantinya, CC ingin Lelouch mengabulkan semua permintaannya.

Dengan kekuatan baru ini, Lelouch pun berusaha memimpin pemberontakan dengan julukan Zero untuk melawan Britannia. Tapi, Suzaku yang kini menjadi anggota pasukan khusus Britannia, justru berusaha menangkap Lelouch.

4. Violet Evergarden (2018)

Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Sutradara ,
Pemeran Yui Ishikawa Naoya Nosaka
Selengkapnya →

Setelah perang besar berakhir dan membagi benua Telesis menjadi dua wilayah, seorang mantan prajurit, Violet Evergarden, meninggalkan medan perang untuk memulai kehidupan barunya. Ia lalu diterima bekerja di CH Postal Service sebagai Auto Memory Doll, yang bertugas menulis surat untuk orang-orang yang ingin menyampaikan perasaan mereka kepada orang lain.

Violet sangat tersentuh oleh pekerjaan barunya ini karena berhadapan langsung dengan berbagai emosi manusia, termasuk rasa kehilangan, penyesalan dan cinta. Ia juga mempelajari banyak nilai hidup dari kisah orang-orang yang ditemuinya.

Namun ada satu hal yang terus membayangi Violet, yakni kata-kata yang diucapkan oleh seseorang yang sangat ia cintai di medan perang, Gilbert Bougainvillea. Ia pun bertekad untuk mencari tahu arti dari perkataan Gilbert tersebut sambil terus mengemban tugasnya sebagai Auto Memory Doll.

5. Your Lie in April

Tahun Rilis 2014
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Natsuki Hanae Risa Taneda Ayane Sakura Ryōta Ōsaka
Selengkapnya →

Seorang pemuda bernama Kousei Arima dikenal sebagai anak ajaib yang mampu memainkan piano dengan sempurna. Ia selalu menjadi pemenang dalam kompetisi berkat latihan ketat dari ibunya.

Namun saat sang ibu meninggal dunia, Kousei mengalami trauma berat yang membuatnya tidak lagi dapat mendengar suara piano. Setelahnya, ia pun menjalani kehidupan sebagai seorang siswa SMA biasa sambil mengubur kisah masa lalunya.

Hidup Kousei berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis eksentrik bernama Kaori Miyazono, yang merupakan seorang pemain biola. Antusiasme Kaori perlahan membuat hidup Kousei lebih berwarna dan mengembalikan ketertarikannya pada musik. Namun, Kousei tidak tahu kalau Kaori mempunyai rahasia yang ia sembunyikan selama ini.

Anime Garapan Kyouhei Ishiguro ini tidak boleh dilewatkan bila kamu penyuka kisah melodrama yang mengharu biru. Kesuksesan anime Your Lie in April juga menginspirasi Takehiko Shinjo untuk mengadaptasinya dalam sebuah film live action yang diperankan oleh Suzu Hirose dan Kento Yamazaki, lho!

6. A Place Further Than The Universe

Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kana Hanazawa Inori Minase Saori Hayami Yuka Iguchi
Selengkapnya →

Meskipun memiliki genre petualangan, komedi, dan drama, A Place Further Than The Universe memiliki ending yang sangat menyentuh. Anime ini dimulai dengan ambisi seorang gadis SMA untuk pergi ke tempat yang sulit didatangi.

Ditengarai oleh hilangnya sang ibu, Shirase Kobuchizawa sangat ingin pergi ke Antartika. Walau mendapatkan ejekan dari banyak orang karena merasa ambisinya itu mustahil dilakukan, Shirase tetap teguh pendirian dan berusaha mencari jalan untuk memulai perjalanannya.

Tak disangka, dedikasi Shirase berhasil menginspirasi salah satu teman sekelasnya, Mari Tamaki, yang akhirnya bergabung dengan Shirase untuk pergi ke Antartika. Lantas, bisakah mereka sampai ke Antartika dan menemukan ibu Shirase yang menghilang? Temukan jawabannya dengan menonton anime ini sampai selesai!

Selain menggambarkan perjuangan para gadis untuk bertahan hidup di wilayah dengan suhu sangat ekstrem, kita akan menyaksikan bagaimana tiap-tiap dari mereka akan bertumbuh dari pengalaman baru yang mereka dapatkan.

7. Shingeki no Kyojin

Tahun Rilis 2013
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Yūki Kaji Yui Ishikawa Marina Inoue
Selengkapnya →

Dinarasikan manusia hidup dalam wilayah yang dibatasi oleh tembok-tembok tinggi yang memisahkan mereka dari para raksasa ganas yang dikenal sebagai Titan.

Seorang anak lelaki bernama Eren, bermimpi untuk bisa menjelajahi dunia di luar tembok yang konon menyimpan banyak misteri. Bagi Eren, kehidupan di belakang tembok terasa seperti menjadi hewan peliharaan. Sampai satu hari, desa mereka yang selama 100 tahun terakhir telah hidup damai, diserang oleh para Titan.

Tembok pembatas hancur dan warga desa dikejar oleh para Titan yang siap memangsa. Ibu Eren pun menjadi korban Titan. Tragisnya, Eren menyaksikan tragedi itu dengan mata kepala sendiri. Setelah kejadian itu, Eren bersumpah akan membunuh semua Titan yang ada di Bumi.

Sejak saat itu jugalah perjalanan Eren untuk bergabung dengan Survey Corps, cabang militer yang bertugas melindungi penduduk dari Titan, dimulai.

8. Nana

Tahun Rilis 2006
Genre ,
Sutradara
Pemeran Romi Park Midori Kawana
Selengkapnya →

Cerita dari manga terkenal karya Ai Yazawa, Nana, telah diadaptasi menjadi serial anime dengan total 47 episode oleh Studio Madhouse. Kisahnya menceritakan tentang dua gadis yang memiliki nama sama dengan kepribadian yang jauh berbeda. Keduanya dipertemukan dalam sebuah situasi.

Nana Osaki punya masa lalu yang sulit. Dia adalah vokalis sebuah band punk bernama Black Stones yang bermimpi untuk menjadi terkenal. Sementara itu, Nana Komatsu tidak punya masa lalu yang rumit. Dia hanya ingin menemukan cinta sejatinya dan menikah.

Keduanya pertama kali bertemu saat berangkat ke Tokyo untuk mengejar impian masing-masing dan memutuskan untuk menjadi teman sekamar. Meskipun sangat berbeda, mereka menjadi teman dekat dan saling mendukung dalam meraih impian.

9. To Your Eternity

Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Reiji Kawashima
Selengkapnya →

To Your Eternity mengisahkan makhluk abadi yang menjalani kehidupan di Bumi dan bertemu dengan banyak orang di berbagai tempat sepanjang waktu.

Kisah dimulai ketika sebuah makhluk aneh datang ke Bumi. Makhluk ini dapat mengubah bentuknya dengan meniru apa yang dilihatnya. Ia dapat berubah menjadi batu, lumut, hingga menjadi seekor serigala.

Sebagai serigala, ia melakukan perjalanan bersama seorang anak laki-laki yang ingin mencari keberadaan sukunya. Namun, perjalanan mereka tidak membuahkan banyak hasil. Kondisi sang anak laki-laki malah perlahan melemah karena terluka hingga akhirnya tewas. Makhluk itu pun berkelana mengelilingi dunia dan bertemu dengan banyak manusia sebagai sang anak laki-laki.

10. March Comes in Like a Lion

Tahun Rilis 2016
Genre ,
Sutradara
Pemeran Kengo Kawanishi Ai Kayano Kana Hanazawa Misaki Kuno
Selengkapnya →

Meskipun telah mencapai status profesional dalam permainan shogi di usia muda, Rei Kiriyama merasa terbebani oleh tekanan dari keluarga angkatnya. Demi mencari ketenangan dari suasana yang menyesakkan di rumahnya, pemuda berusia 17 tahun itu pun pindah ke sebuah apartemen kecil di Tokyo. Namun, Rei hidup dengan mengisolasi diri dari teman-temannya.

Pertemuannya dengan tiga Kawamoto bersaudara: Akari, Hinata dan Momo, yang tinggal bersama kakek mereka, mengubah kehidupan Rei. Keluarga kecil tersebut membuat Rei kembali merasakan kehangatan keluarga yang sesungguhnya.

Dalam anime ini kita akan menyaksikan perjuangan Rei yang harus mandiri dalam menghidupi dirinya sekaligus harus menjaga performanya sebagai pemain shogi profesional. Untungnya, kehangatan Kawamoto bersaudara membuat Rei mampu melalui semua kesulitan hidupnya itu.

11. Anohana: The Flower We Saw That Day

Tahun Rilis 2011
Genre ,
Sutradara
Pemeran Miyu Irino Ai Kayano Saori Hayami Takahiro Sakurai Haruka Tomatsu Takayuki Kondo
Selengkapnya →

Jinta Yadomi saat ini lebih suka bermain game daripada bersosialisasi dengan orang lain. Suatu hari, kehidupannya yang sepi terganggu oleh kehadiran teman masa kecilnya, Menma. Menma meminta bantuan Jinta untuk memenuhi keinginannya yang belum terpenuhi.

Awalnya, Jinta pikir Menma hanya imajinasi karena temannya itu sudah lama meninggal, tapi akhirnya ia menyadari bahwa Menma yang sekarang adalah hantu. Kematian Menma yang tragis memang selalu menghantuinya.

Jinta pun kembali mengumpulkan teman-teman masa kecilnya. Mereka kini harus menghadapi masa lalu yang menyakitkan saat mencoba memenuhi permintaan terakhir Menma demi membantunya menemukan kedamaian di alam baka.

12. Erased

Tahun Rilis 2016
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Shinnosuke Mitsushima Tao Tsuchiya Aoi Yūki
Selengkapnya →

Seorang mangaka berusia 29 tahun, Satoru Fujinuma, memiliki kemampuan misterius “Revival” yang memungkinkannya kembali beberapa menit sebelum sebuah insiden buruk terjadi. Kemampuan ini sering digunakannya untuk menyelamatkan banyak orang.

Ketika ia dituduh membunuh ibunya pun, Satoru mencoba menggunakan Revival. Namun anehnya, kali ini ia malah kembali ke 18 tahun yang lalu di mana kala itu usianya masih 10 tahun.

Ternyata kematian ibunya berhubungan dengan tragedi yang terjadi di tahun 1988. Pada tahun tersebut, salah satu teman sekelas Satoru yang bernama Kayo Hinazuki diculik dan dibunuh, namun pelakunya tidak pernah ditemukan. Satoru menyadari bahwa pelaku penculikan Kayo mungkin berhubungan dengan pelaku pembunuhan ibunya di masa depan.

Berjudul asli Boku dake ga Inai Machi, anime bertema time travel ini diadaptasi dari manga karya Kei Sanbe. Saking populernya, Erased berhasil difilmkan sekaligus dibuat serial live-action. Anime ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka merangkai puzzle misteri.

13. Assassination Classroom

Tahun Rilis 2015
Genre ,
Sutradara
Pemeran Jun Fukuyama Nobuhiko Okamoto Mai Fuchigami
Selengkapnya →

Walau punya judul yang terdengar menegangkan, kamu akan terkejut dengan twist yang disuguhkan Assassination Classroom. Tak hanya mengajarkan tentang taktik “membunuh” yang benar, film ini juga mengedukasi penonton tentang penyelesaian berbagai masalah dalam kehidupan, utamanya dalam kegiatan belajar mengajar.

Suatu hari, terjadi ledakan yang membuat bulan berubah bentuk menjadi sabit. Sesosok makhluk aneh yang mirip gurita mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Makhluk itu bahkan mengumumkan rencananya untuk menghancurkan dunia pada bulan Maret tahun berikutnya.

Meskipun tak ada kekuatan militer yang bisa melawan makhluk tersebut, pemerintah menjanjikan hadiah sepuluh miliar yen bagi siapa pun yang bisa membunuhnya. Anehnya, makhluk ini, yang kemudian dijuluki Koro-Sensei, justru ingin menjadi guru di SMP Kunugigaoka, terutama bagi siswa kelas 3-E.

Para siswa di kelas itu kemudian mencoba mencari cara untuk membunuh gurunya tersebut, dengan harapan dapat menyelamatkan dunia sekaligus mendapatkan hadiah uang yang dijanjikan.

14. Tokyo Magnitude 8.0

Tahun Rilis 2009
Genre ,
Sutradara
Pemeran Satomi Hanamura Yumiko Kobayashi Yuko Kaida
Selengkapnya →

Seorang murid SMA, Mirai Onozawa, sedang berada Pulau Buatan Odaiba di Tokyo bersama adik laki-lakinya, Yuuki, untuk menghadiri sebuah pameran robot. Ketika pameran berlangsung, tiba-tiba gempa bermagnitudo 8.0 terjadi dan menghancurkan banyak bangunan, termasuk Menara Tokyo dan Rainbow Bridge.

Semua orang juga panik dan berlarian keluar dari gedung. Mirai dan Yuuki pun berusaha menyelamatkan diri. Di tengah kebingungan mereka, seorang pengendara motor, Mari Kusakabe, berusaha membantu kedua saudara itu untuk kembali ke rumah mereka di Setagaya, Tokyo Barat. Apakah Mirai dan Yuuki bisa kembali ke rumah dengan selamat?

Tokyo Magnitude 8.0 menggambarkan kesedihan dan keputusasaan manusia ketika sebuah bencana alam besar terjadi. Meski begitu, mereka berusaha untuk tetap bertahan hidup bersama orang yang mereka sayangi, bahkan saling bekerja sama untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

Anime arahan Masaki Tachibana ini juga memiliki grafis yang menakjubkan dan bahkan diakui oleh para kritikus karena memenangkan Excellence Award dalam 13th Japan Media Arts Festival untuk Divisi Animasi mereka.

15. Plastic Memories

Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Yasuaki Takumi Sora Amamiya
Selengkapnya →

Anime satu ini cukup underrated, padahal kisahnya sangat menyentuh dengan artwork indah yang disuguhkannya. Kisahnya berpusat pada seorang pemuda berusia 19 tahun, Tsukasa Mizukagi.

Setelah gagal masuk perguruan tinggi, Tsukasa memutuskan untuk bekerja. Usahanya pun terbayarkan ketika ia resmi menjadi pegawai di Sion Artificial Intelegence Corporation.

Perusahaan ini menciptakan robot super canggih yang disebut “Giftia” yang sangat mirip dengan manusia. Namun, para Giftia memiliki umur maksimal 9 tahun 4 bulan saja. Setelah itu, mereka akan kehilangan ingatan dan menjadi liar.

Tsukasa ditugaskan untuk mengumpulkan para Giftia yang sudah mencapai batas umur mereka. Tugas ini pun mempertemukannya dengan Giftia cantik bernama Isla, yang sangat berpengalaman dalam mengumpulkan para Giftia tua. Dan ketika perasaan terhadap Isla muncul di hatinya, Tsukasa sadar bahwa umur Isla pun tidak akan lama lagi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram