logo web

20 Rekomendasi Film Thriller Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Film thriller sudah pasti jadi salah satu genre yang paling disukai oleh para penggemar film setelah horor. Hal ini dikarenakan film thriller menawarkan pengalaman menonton yang seru. Ditambah lagi dengan plot, setting, penggunaan musik dan alur yang memacu adrenalin bak menaiki roller coaster.

Seni dari film thriller itu sendiri ya memang membuat para penontonnya terkesima atas tayangan yang breathtaking. Contohnya bisa kita ambil dari artikel berikut ini, yang memperlihatkan bagaimana ketegangan bisa kalian rasakan dari film thriller terbaik mulai dari tahun 1990-an sampai saat ini. Judul-judul film ini menawarkan ketegangan terbaik bagi para penontonnya. Simak daftarnya, yuk!

1. Plane

Plane 2023_Poster (Copy)

Brodie Torrance (Gerard Butler) merupakan seorang pilot dari maskapai TrailBlazer. Pada malam tahun baru, ia harus bertugas bersama kru lainnya untuk terbang ke Honolulu dari Singapura. Tak lama setelah take off, pesawat mereka tersambar petir dan harus mendarat darurat di sebuah pulau misterius.

Pulau tersebut ternyata Pulau Jolo yang berbahaya karena dikuasai oleh militan yang benci pemerintah. Keberadaan Brodie dan yang lain pun kini terancam, mereka bersama seorang kriminal yang diekstradisi ke Kanada bernama Louis (Mike Colter) saling bantu untuk menyelamatkan para penumpang.

2. AKA

AKA_Poster (Copy)

Adam Franco (Alban Lenoir) merupakan seorang agen operasi khusus yang menyamar untuk pemerintah Perancis. Ia mendapat tugas untuk melenyapkan seorang panglima perang Sudan, Al Tayeb (Kevin Layne). Untuk memuluskan jalannya, ia menyusup ke dalam sindikat kejahatan yang dipimpin oleh gangster Victor Pastore (Eric Cantona).

Adam membuktikan bahwa dirinya setia pada Victor. Ia pun berteman baik dengan salah satu anggota gengster dan bonding dengan anak Victor. Saat berhasil mendapat informasi tentang Al Tayeb, Adam malah menemukan informasi bahwa senator yang menugaskan untuk menghabisi Al Tayeb lah yang bersalah. Apa yang akan dilakukan Adam setelah mengetahui fakta ini?

3. Missing

Missing_Poster (Copy)

June (Storm Reid) adalah seorang gadis berusia 18 tahun yang mempunyai hubungan cukup renggang dengan Ibunya, Grace (Nia Long). Hal itu terjadi lantaran Grace memutuskan untuk berpacaran dengan Kevin (Ken Leung) pasca sepeninggalan suaminya. Meski demikian, June tetap menyayangi Ibunya.

Satu ketika, Grace dan Kevin memutuskan untuk berlibur ke Kolombia. Namun di hari mereka seharusnya pulang, June tidak dapat menemukan Ibunya dan juga Kevin. Panik, June mencoba mencari keberadaan Ibunya menggunakan kecanggihan teknologi dan kepintaran June dalam bersosial media. Akankah June bertemu Ibunya kembali?

4. Bullet Train

Bullet Train_Poster (Copy)
Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Brad Pitt
Review Baca di sini

Di dalam sebuah kereta peluru di Tokyo, seorang anak dari seorang Yakuza tewas. Hal ini membuat sang Yakuza hendak mencari siapa pelaku pembunuh anaknya. Di saat yang sama, beberapa pembunuh bayaran sedang berada di kereta itu juga untuk mencuri 1 koper berisi uang yang disinyalir berada di kereta tersebut. Salah satu pembunuh bayaran yang dimaksud adalah Ladybug (Brad Pitt).

Ketika kekacauan terjadi, Ladybug harus mati-matian melindungi diri dan pembunuh bayaran lainnya, seperti Lemon (Brian Tyree Henry) sampai Tangerine (Aaron-Taylor Johnson). Sebelum kereta sampai di Kyoto dan para Yakuza hendak melumat siapa pun pembunuh yang tersisa, Ladybug kudu cepat keluar menyelamatkan diri dari kereta peluru itu.

5. Old

Old_Poster (Copy)

Sepasang suami istri, Guy (Gael García Bernal) dan Prisca (Vicky Krieps) sedang dalam proses cerai. Tidak mau anak-anak mereka sedih mendengar hal itu, mereka pun mengajaknya untuk berlibur di Anamika Resort. Sesampainya di resort, mereka segera menuju pantai tersembunyi di mana beberapa tamu lainnya hadir juga di sana.

Naas, sebuah kejadian mengerikan terjadi. Di saat mereka menghabiskan waktu dengan berenang atau mengeksplor pantai, secara misterius usia mereka dengan cepat bertambah. Bahkan, anak-anak mereka kini telah berusia dewasa dengan pemikiran yang masih anak-anak. Mereka pun tidak bisa keluar dari pantai itu. Apa yang sebenarnya terjadi?

6. The Hunt

The Hunt_Poster (Copy)

Sebuah grup yang dipimpin oleh wanita bernama Athena (Hilary Swank) memiliki anggota orang-orang jetset di Amerika. Mereka ingin sekali ‘bermain’ sekaligus balas dendam terhadap para penyebar rumor buruk tentang Athena.

Sekelompok orang itu pun dipilih dan diculik ke kediaman para jetset tersebut. Ada belasan orang yang akhirnya dilepas untuk diburu oleh mereka dengan sadis. Namun mereka salah perhitungan, ada salah satu orang bernama Crystal (Betty Gilpin) yang kuat bertahan dan kini hendak menyerang balik mereka semua.

7. Fractured

Fractured_Poster (Copy)
Tahun Rilis 2019
Genre
Sutradara
Pemeran Sam Worthington
Review Baca di sini

Sekembalinya dari pesta Thanksgiving, Ray (Sam Worthington) bersama sang istri Joanne (Lily Rabe) dan putri mereka, Peri (Lucy Capri) hendak pulang. Di tengah perjalanan, mereka berhenti sebentar di rest area. Naas, Peri terjatuh ke parit beton setelah Ray berusaha menyelamatkannya dari anjing liar yang hendak menyerang.

Ray dan Joanne segera pergi ke rumah sakit untuk mengobati Peri. Begitu berpisah dengan Joanne dan Peri yang hendak diperiksa, Ray tidak lagi bisa bertemu dengan mereka. Ray bingung mengapa mereka tidak ada di dalam daftar pasien.

Ray pun berusaha mencari keluarganya, tapi para staff rumah sakit berkata bahwa Joanne dan Peri tidak pernah datang. Apa yang sebenarnya terjadi?

8. Get Out

Get Out_Poster (Copy)

Chris (Daniel Kaluuya) dan Rose (Allison Williams) merupakan sepasang kekasih. Setelah cukup lama berpacaran, Rose pun mengundang Chris untuk bertemu dengan orang tuanya. Begitu bertemu, Chris merasa dirinya terlalu dimanja, namun ia berpikir itu adalah upaya mereka menghadapi hubungan antar-ras putri mereka.

Begitu waktu bergulir, mulai ada rasa janggal yang Chris rasakan. Semua berawal ketika dirinya melihat para pembantu di kediaman keluarga Rose yang merupakan kulit hitam.

Setelah itu, serangkaian penemuan aneh lain akhirnya membawa Chris pada sebuah kebenaran yang disembunyikan oleh keluarga Rose: keluarga ini ternyata sudah lama memasok mayat orang kulit hitam untuk keperluan kultus mereka.

Mengetahui rahasia besar ini, Chris pun berusaha untuk keluar dari kediaman keluarga kekasihnya tersebut karena kini posisinya juga terancam sebagai pria kulit hitam. Berhasilkah Chris keluar dengan selamat? Saksikan film Get Out untuk mengetahui jawabannya!

9. World War Z

World War Z_Poster (Copy)

Saat hendak mengantar anaknya sekolah, Gerry (Brad Pitt) yang merupakan mantan penyidik PBB beserta istrinya, Karin (Mireille Enos) terjebak kemacetan panjang. Tak lama, kekacauan pun terjadi, banyak orang yang saling serang dan berubah menjadi pribadi yang tidak terkontrol; mereka bahkan saling menggigit satu sama lain.

Evakuasi besar-besaran pun dilakukan dan beruntung Gerry sekeluarga selamat. Pemerintah pun meminta Gerry untuk membantu mereka mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Gerry akhirnya mendapat misi penting bersama para anggota militer lain, dan akhirnya ia tahu bahwa sebuah virus zombie tengah menyerang umat manusia.

Gerry sekarang harus menghadapi kenyataan yang mengerikan ini dan bergabung dalam perang melawan para zombie yang akan menyerang umat manusia.

10. SAW X

Saw X_Poster (Copy)

Mengidap kanker otak stadium akhir membuat John Kramer (Tobin Bell) mencoba untuk mengikuti sebuah program medis eksperimental di Meksiko untuk dapat menyembuhkannya. Begitu seluruh tindakan selesai, John menyadari bahwa semua yang dialami itu palsu. Oknum dokter yang menanganinya adalah sekelompok con-artitst.

John segera memberi pelajaran kepada lima orang yang telah berani menipunya dengan harapan tidak ada lagi dokter-dokter seperti mereka yang berkeliaran bebas menipu orang banyak.

Untuk menebus kesalahan mereka, kelimanya harus mengikuti permainan dengan melibatkan jebakan maut yang sudah dirancang oleh John Kramer. Mampukah mereka mengikutinya?

11. Wolf Creek

Wolf Creek_Poster (Copy)

Di tahun 1999, turis asal Inggris yakni Liz Hunter (Cassandra Magrath), Kristy Earl (Kestie Morassi) dan Ben Mitchell (Nathan Phillips) melakukan perjalanan ke beberapa tempat di Australia. Sampai satu ketika, mobil mereka bermasalah, untungnya mereka dibantu oleh pria misterius bernama Mick (John Jarratt).

Merasa terbantu, mereka pun tidak menolak ketika Mick mengundang ketiganya untuk mampir ke kampnya yang ada di Wolf Creek Park. Malang, keputusan itu merupakan hal paling salah yang mereka ambil. Mereka tidak tahu bahwa Mick adalah psikopat gila. Mereka dibius dan penyiksaan sadis pun dimulai.

12. The Pledge

The Pledge_Poster (Copy)

Jerry Black (Jack Nicholson) merupakan seorang pensiunan detektif. Begitu menghadiri pesta perpisahannya, ia dimintai tolong untuk menyelidiki pembunuhan seorang anak. Jerry pun segera menginvestigasi kasus tersebut.

Di tengah pencarian, seorang tersangka yang cacat mengakui perbuatannya tapi tewas bunuh diri. Meski demikian, Jerry merasa ada yang aneh sehingga ia kembali meneliti kasus tersebut.

Akhirnya Jerry menemukan bahwa tersangka sebelumnya bukanlah pelaku sesungguhnya. Jerry pun mulai mencari kembali siapa pembunuh sebenarnya, namun obsesinya itu malah membuat hidup Jerry jadi berantakan.

13. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project_Poster (Copy)

Heather Donahue, Joshua Leonard, Michael C. Williams merupakan mahasiswa jurusan film. Mereka bertiga melakukan perjalanan ke sebuah kota kecil untuk menginvestigasi dan mengumpulkan rekaman dokumenter mengenai penyihir Blair yang legendaris. Hal itu dilakukan sebagai projek kuliah kerja mereka.

Selama beberapa hari, mereka mewawancarai warga lokal mengenai keberadaan dan informasi terkait penyihir pembunuh itu. Namun, langkah yang mereka ambil untuk mendukung kebenaran kisah sang penyihir malah membawa mereka dalam situasi mengerikan di mana ketiganya tersesat di hutan dan mulai mengalami hal mengerikan.

14. Daylight

Daylight_Poster (Copy)

Kit Latura (Sylvester Stallone) merupakan mantan Kepala Layanan Medis Darurat Kota New York yang kini bekerja sebagai supir pribadi. Begitu mengantar tamunya dan hendak melewati terowongan bawah sungai Holland, ledakan besar terjadi dan menutup kedua sisi terowongan; menjebak para penyintas di dalamnya.

Ledakan tersebut terjadi akibat limbah yang tertabrak oleh mobil pencuri yang dalam pengejaran polisi. Di saat pemerintah putus asa karena tidak ada jalan masuk, Kit mencoba seorang diri untuk menyelamatkan para penyintas. Namun usaha itu sangat sulit, ia harus bisa keluar sebelum terowongan itu runtuh oleh air. Apakah usaha Kit akan berhasil?

15. Johnny Mnemonic

Johnny Mnemonic_Poster (Copy)

Johnny Mnemonic (Keanu Reeves) merupakan seorang kurir data. Ia memiliki pekerjaan untuk mengirimkan data super rahasia yang ditanamkan ke dalam otaknya. Satu hal yang pasti, apabila data tersebut tidak ‘ditarik’ dalam waktu 48 jam, Johnny akan tewas bersama data tersebut sehingga tidak ada kebocoran informasi.

Suatu ketika, kelompok gangster yang dipimpin oleh Shinji (Denis Akiyama) dan seorang pengusaha bernama Takahashi (Takeshi) mencari data yang dimiliki Johnny dan mulai melakukan pengejaran terhadapnya. Johnny pun berusaha melarikan diri dan harus segera mencari cara agar bisa menarik data-data di otaknya itu sebelum waktunya habis.

16. Speed

Speed 1994_Poster (Copy)

Di hari yang cerah, sebuah bus dalam kota bernomor 2525 diinformasikan telah ditanam sebuah bom oleh pelaku pemboman, Howard Payne (Dennis Hopper), yang sebelumnya pernah berurusan dengan anggota NYPD, Jack Traven (Keanu Reeves). Ambil langkah, Jack pun menyusul bus itu sebelum terlambat.

Bom akan aktif apabila kecepatan bus mencapai 50 km/jam, namun begitu bus menurunkan kecepatannya di bawah angka tersebut maka bom akan meledak. Jack yang berhasil masuk ke dalam bus mencari cara agar bisa menyelamatkan seluruh penumpang, termasuk Annie (Sandra Bullock), penumpang yang membantunya.

17. Jurassic Park

Jurassic Park_Poster (Copy)

John Hammond (Richard Attenborough) merupakan seorang multi-milyuner yang membuat sebuah tempat penangkaran luar biasa di sebuah pulau bernama Isla Nublar. Penangkaran itu memiliki tempat pengembabiakan telur segala jenis dinosaurus lewat modifikasi DNA yang diambil dari fosil-fosil terpendam.

Ahli paleontologi Alan Grant (Sam Neill), Ellie Sattler (Laura Dern) serta ahli matematika Ian Malcolm (Jeff Goldblum) diundang ke tempat penangkaran tersebut untuk melihat-lihat dan meyakinkan mereka bahwa fasilitas tersebut aman. Naas, sebuah kesalahan fatal membuat para dinosaurus lepas dari penangkaran dan memburu seisi Isla Nublar.

18. Patriot Games

Patriot Games_Poster (Copy)

Jack Ryan (Harrison Ford) merupakan mantan analis CIA. Satu ketika, ia berhasil menghentikan sebuah serangan teroris di London dan membunuh salah satu anggotanya. Bahkan, pelacakan yang mengarah kepada pemimpin kelompok teroris itu berhasil dilakukan. Geram, teroris itu pun mulai menggencarkan aksi balas dendam.

Aksi tersebut dilakukan oleh Sean Miller (Sean Bean), ia bersumpah untuk menghabisi Jack Ryan. Ia pun merencanakan lebih banyak serangan dan menargetkan keluarga Ryan. Mengetahui hal itu, Ryan bergabung kembali dengan CIA untuk menangkap mereka. Mampukah Ryan mengemban tugas tersebut?

19. Sleeping with The Enemy

Sleeping with The Enemy_Poster (Copy)

Laura Burney (Julia Roberts) telah menikah dengan Martin (Patrick Bergin). Namun, pernikahan mereka kacau balau akibat Martin yang selalu memperlakukan Laura dengan kejam. Tidak tahan, Laura pun memalsukan kematiannya supaya bisa melarikan diri dari Martin. Ia pindah ke Iowa dan mengganti identitasnya.

Di tempat tinggalnya kini, Laura mencoba beradaptasi dengan segala hal. Begitu mulai bisa mengikuti alur hidupnya yang baru, Laura jatuh hati pada seorang guru lokal, Ben Woodward (Kevin Anderson). Sementara itu, Martin ternyata menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Laura belum meninggal dan mulai mencarinya. Apa yang akan terjadi pada kisah mereka?

20. Misery

Misery_Poster (Copy)

Paul Sheldon (James Caan) merupakan seorang novelis terkenal. Dalam satu perjalanan, ia mengalami kecelakaan mobil. Beruntung ia dibantu oleh seorang mantan perawat bernama Annie Wilkes (Kathy Bates) yang ternyata penggemar berat dari Paul. Annie segera membawa Paul ke kediamannya untuk penyembuhan.

Tingkah Annie lantas berubah total menjadi seorang psikopat ketika mengetahui bahwa Paul akan membunuh karakter-karakter favoritnya dari novel-novel laris Paul. Paul kaget bukan main ketika Annie jadi orang yang sadis. Ia segera menyusun rencana untuk melarikan diri sebelum Annie melakukan hal-hal gila lain padanya.

Menjadi sebuah tugas besar bagi para sineas untuk mampu menghadirkan suasana tegang di setiap film yang mereka buat. Namun dari kesepuluh film di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa film-film thriller itu berhasil dihadirkan para sineas dengan cara yang apik sehingga kita sebagai penikmat film bisa ikut merasakan thrills. Selamat menyaksikan!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram