logo web

Inilah 10 Penyihir Terkuat di Marvel Cinematic Universe

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Perjalanan Marvel Cinematic Universe sudah menyelesaikan fase keempatnya. Sudah banyak superhero yang muncul, begitu juga dengan supervillain-nya.

Kekuatan mereka tidak hanya berasal dari kecanggihan teknologi dan eksperimen kimiawi, tapi juga datang dari ilmu magis, termasuk sihir, yang tidak bisa dijabarkan secara logika lewat rumus sains sekalipun.

Sejak kehadiran film Doctor Strange, kita dibuat tertarik dengan ilmu magis dan sihir yang diimbangi ketinggian seni bela diri yang ditunjukkan Stephen Strange dan rekan-rekannya. Tapi, kehebatan ilmu magis mereka tidak berdaya di hadapan Scarlet Witch di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Sejauh ini, Marvel Cinematic Universe sudah memperkenalkan ragam ilmu magis, baik yang dimiliki superhero maupun juga supervillain. Tapi, siapa yang terkuat di antara mereka? Artikel berikut akan memaparkan para penyihir terkuat dari berbagai jenis ilmu magis yang ada di jagat Marvel ini.

1. Wanda Maximoff

daftar penyuhir terkuat marvel_Wanda Maximoff_

Bersama saudara kembarnya, Pietro Maximoff, Wanda sempat menjadi lawan Avengers. Namun, setelah menyadari niat jahat Ultron, mereka berdua menyeberang dan menjadi pembela kebenaran. Wanda adalah salah satu penyihir terkuat di jagat Marvel, bahkan Doctor Strange pun tidak mampu melawannya.

Wanda memiliki ilmu sihir yang komplit. Dia memiliki kekuatan psionic sebagai efek dari eksperimen Hydra menggunakan Mind Stone padanya. Akibatnya, dia bisa melakukan teleportasi, meramal, kekuatan telekinesis, telepati, juga mempengaruhi pikiran, jiwa dan emosi orang lain.

Dia bisa menembakkan ledakan energi berwarna merah yang memiliki kekuatan besar dan bisa membuat kerusakan parah. Dia juga bisa membuat perisai dari energi tersebut. Selain itu, Wanda juga bisa terbang dan berpindah tempat dengan cepat.

Setelah Chaos Magic dalam dirinya terbuka, kekuatan sihir yang dimilikinya semakin tidak tertandingi. Dia bahkan bisa membuat realitas fiktif di Westview di mana dia seolah-olah hidup bersama Vision.

Wanda juga memiliki kekuatan transmutasi yang bisa mengubah benda dan dia juga bisa menciptakan anak dengan kekuatan Hex. Saat bertarung dengan Agatha, Wanda menyerap seluruh energi lawannya itu.

Setelah mendalami kitab Darkhold, kekuatannya semakin besar lagi. Dia bisa mengirimkan makhluk dari dimensi lain, bisa masuk ke alam astral tanpa kehilangan kesadaran, teleportasi, menciptakan ilusi, memanipulasi waktu, cuaca dan elemen lainnya.

Wanda juga mengembangkan kekuatan dream-walking yang membuatnya bisa memanipulasi dirinya yang ada di semesta lain. Dengan cara ini, dia bisa membunuh seluruh anggota Illuminati di semesta tersebut. Dengan kekuatan Darkhold ini juga Wanda bisa meningkatkan kemampuan fisiknya melebihi batas kewajaran.

2. Doctor Strange

daftar penyuhir terkuat marvel_Doctor Strange_

Awalnya Stephen Strange hanyalah seorang dokter bedah syaraf yang masih belum lepas dari trauma kecelakaan mobil yang membuat tangannya sering gemetar. Dia bertemu Ancient One yang memperkenalkannya kepada ilmu Eldritch Magic.

Strange kemudian mendalami ilmu magis itu di bawah arahan Ancient One dan Karl Mordo, serta ditemani oleh Wong. Setelah melindungi bumi dari serangan Dormammu, Doctor Strange menjadi anggota Masters of the Mystic Arts. Dia menguasai semua ilmu Eldritch Magic dalam level tertinggi.

Doctor Strange bisa menciptakan Tao Mandala dalam ukuran besar yang digunakan sebagai perisai. Dia juga bisa membuka portal yang membawanya menuju lokasi sesuai keinginannya, bahkan hingga menembus dimensi lain.

Dia bisa menciptakan sihir berdasarkan mantra, seperti ketika Peter Parker meminta pertolongannya untuk menghapus ingatan orang-orang yang mengenalnya. Namun, karena terganggu saat merapal mantra, portal dari berbagai semesta menjadi terbuka.

Dia dapat menembakkan ledakan energi untuk melawan musuh-musuhnya. Doctor Strange juga menguasai ilmu sihir Mirror Dimension yang suka membuat lawannya kebingungan apabila tersekap di dalamnya. Tak ketinggalan, dia bisa melepaskan jiwanya untuk masuk ke dimensi astral.

Menguasai ilmu transmutasi, Doctor Strange mampu mengubah benda apapun menjadi benda lain, seperti saat dia mengubah secangkir teh menjadi segelas bir yang bisa mengisi ulang sendiri.

Selain itu, dia bisa menerbangkan dirinya, menggunakan kekuatan telekinesis, teleportasi, dan memanipulasi api. Bisa dibilang, hampir semua ilmu sihir dia kuasai dan menjadikannya salah satu penyihir terhebat di jagat Marvel.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Doctor Strange, Sang Penyihir Agung & Berpengaruh

3. Loki

daftar penyuhir terkuat marvel_Loki_

Meski Loki hanya anak angkat Odin dan Frigga, tapi mereka berdua mengasuh dan mendidiknya seperti anak sendiri serta tidak membedakan perlakuan mereka dengan Thor.

Bahkan Frigga banyak mengajarkan ilmu sihir yang dia miliki kepada Loki. Hasilnya, Loki lebih piawai dalam menggunakan ilmu magis tersebut daripada Thor yang mewarisi kekuatan dewa dari Odin.

Loki bisa menciptakan manipulasi ilusi yang menipu alam pikiran lawannya, bahkan para Avengers pun sering terkecoh olehnya. Dia juga bisa menyerupai orang lain untuk mengelabui atau mengorek informasi. Dia paling sering menyerupai para anggota Avengers.

Loki juga bisa menduplikasi dirinya menjadi banyak. Biasanya sihir ini dia pergunakan di dalam pertarungan. Dia mampu mempengaruhi kejiwaan orang lain sehingga bisa menuruti perintah atau kemauannya, seperti yang dia lakukan kepada Erik Selvig. Dia juga bisa menghilangkan atau memunculkan benda sebagai bagian dari ilusi.

Sebagai anak dari Laufey, Raja Frost Giant, Loki memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan kekuatan yang besar. Oleh karena itu, dalam pertarungan, Loki juga sulit untuk dikalahkan. Hidup Loki berakhir di tangan Thanos setelah dia menyerahkan Tesseract.

4. Wong

daftar penyihir terkuat marvel_Wong_

Wong adalah rekan Doctor Strange di mana mereka sama-sama mempelajari ilmu Eldritch Magic. Dia adalah anggota Masters of the Mystic Arts yang pernah menjaga perpustakaan Kamar-Taj dan dipercaya menjadi pengurus New York Sanctum.

Wong menduduki kursi Sorcerer Supreme saat Doctor Strange menghilang akibat ulah Thanos melakukan Blip. Meski terlihat tidak meyakinkan, Wong adalah salah satu penyihir terkuat dan berpengalaman di kalangan Eldritch Magic. Semua dia dapat karena mulai menuntut ilmu sejak muda dan patuh pada semua tugas yang dibebankan padanya.

Dia hafal dengan berbagai mantra tanpa harus membuka buku, sebagai hasil pengalamannya menjadi petugas perpustakaan Kamar-Taj. Dan, sama seperti Doctor Strange, dia juga bisa membuat Tao Mandala dalam ukuran besar yang digunakan sebagai perisai.

Menggunakan Sling Ring, Wong bisa membuat portal untuk berpindah lokasi, bahkan masuk ke dimensi lain. Wong juga bisa membuat senjata, contohnya pedang, dengan menggunakan energi sihirnya.

Dan tidak lupa, dia juga menguasai ilmu Mirror Dimension untuk menjebak lawannya. Kelebihan Wong yang tidak dimiliki oleh Doctor Strange adalah keahlian bela diri yang tinggi dan piawai dalam menggunakan berbagai senjata.

5. Frigga

daftar penyihir terkuat marvel_Frigga_

Frigga adalah istri Odin dan ibu dari Thor. Dia adalah pemuka sihir di Asgard di mana Frigga mempelajari ilmu magis ini sejak kecil di bawah asuhan para penyihir. Frigga kemudian menjelma menjadi penyihir dengan kekuatan besar yang berguna di dalam pertempuran bangsa Asgard.

Sebagai seorang penyihir, Frigga memiliki banyak kemampuan magis dalam level tinggi. Dia bisa mengubah suatu benda menjadi benda yang lain, seperti bunga menjadi katak. Ilmu sihir ini dia ajarkan kepada Loki yang pernah digunakannya untuk mengubah Thor menjadi katak.

Selain itu, Frigga juga bisa menciptakan ilusi. Dia bisa muncul berupa bayangan kepada siapa saja untuk mengirimkan pesan, bahkan dia bisa menyerupai orang lain untuk menipu musuhnya. Sayang, dia tewas dibunuh ole Algrim, Dark Elf kepercayaan Malekith.

6. Ancient One

daftar penyihir terkuat marvel_Ancient One_

Ancient One adalah penyihir tertinggi Eldritch Magic. Dia adalah Sorcerer Supreme di Masters of the Mystic Arts dan telah menjaga bumi berabad lamanya.

Dia menerima Stephen Strange sebagai muridnya atas saran dari Karl Mordo. Salah satu muridnya, Kaecilius, mendalami ilmu sihir Dark Dimension di bawah pengaruh Dormammu. Dalam pertarungan akhir, Ancient One terluka parah. Meski sudah coba diobati, nyawanya tidak bisa diselamatkan lagi.

Sebagai guru dari para master Eldritch Magic, dia memiliki ilmu yang sama dengan para muridnya. Ancient One hafal seluruh mantra, menciptakan portal dengan Sling Ring, bisa menembus dimensi lain, dan membuat Tao Mandala sebagai perisai diri.

Sempat menyerap kekuatan Dark Dimension, membuat Ancient One hidup abadi. Dia juga bisa melengkungkan realita dan menjebak lawannya di Mirror Dimension, serta memindahkan jiwanya ke dimensi astral. Dia juga bisa memanipulasi waktu dan bisa mengintip masa depan yang akan terjadi.

7. Agatha Harkness

daftar penyuhir terkuat marvel_Agatha Harkness_

Agatha Harkness adalah seorang penyihir Dark Magic dari kota Salem. 330 tahun silam, dia pernah hendak digantung mati oleh warga karena mempraktikkan ilmu hitam. Dia membantai seluruh warga juga para penyihir lain, termasuk ibunya sendiri. Dia kemudian terpengaruh oleh kekuatan jahat dari kitab Darkhold.

Dia menyambut kedatangan Wanda di Westview dan menjalin persahabatan. Padahal dia mengincar kekuatan Chaos Magic yang dimiliki oleh Wanda. Namun, saat hendak menyerap kekuatan Wanda, justru yang terjadi adalah sebaliknya, kekuatan miliknya yang diserap Wanda.

Layaknya penyihir Dark Magic lain, Agatha memiliki kekuatan ilmu hitam berdasarkan mantra. Dia memiliki umur yang panjang, bisa memanipulasi energi, menyerap energi, meledakkan energi, telekinesis dan memanipulasi jiwa orang lain.

Agatha juga bisa terbang, membaca pikiran orang, mengubah benda, teleportasi, menciptakan jimat dan mendeteksi energi lawan. Dalam tingkatan yang lebih tinggi, Agatha juga mampu menghidupkan orang yang sudah mati. Dia menjadi lawan Wanda di serial WandaVision dan akan hadir lagi di serial Agatha: Coven of Chaos.

8. Karl Mordo

daftar penyihir terkuat marvel_Karl Mordo_

Karl Mordo adalah salah satu anggota Masters of the Mystic Arts yang mengajukan Stephen Strange untuk berguru kepada Ancient One.

Setelah mengalahkan Kaecilius dan Dormammu, tidak seperti Doctor Strange dan Wong yang senang, Mordo justru merasa kecewa. Dia merasa ilmu sihir membuat dunia tidak seimbang yang membuatnya memutuskan pergi dari Masters of Mystical Art.

Seperti penyihir Eldritch Magic lainnya, Karl Mordo bisa membuat Tao Mandala sebagai perisai diri. Dia memiliki cambuk yang menjadi senjata utama.

Kemampuan lainnya adalah hafal banyak mantra, bisa menyerap kekuatan lawan, menciptakan portal dengan Sling Ring, menembus berbagai dimensi, dan bisa berjalan di udara menggunakan Vaulting Boots of Valtorr.

Setelah meninggalkan Masters of the Mystic Arts, Karl Mordo selalu memburu para penyihir, termasuk Doctor Strange. Sementara di semesta lain, Earth-838, Karl Mordo adalah Sorcerer Supreme dan salah satu anggota dewan Illuminati.

9. Tina Minoru

daftar penyihir terkuat marvel_Tina Minoru_

Tina Minoru adalah seorang penyihir dari New York. Dia mempelajari ilmu Eldritch Magic dan menjadi salah satu anggota Masters of the Mystic Arts yang berbasis di kotanya. Tapi, kemudian dia mempelajari ilmu sihir dari Dark Dimension yang membuatnya menjadi jahat.

Dia adalah pendiri Wizard, perusahaan teknologi yang berafiliasi dengan kelompok supervillain bernama PRIDE, di mana Tina adalah salah satu anggotanya.

Tina memiliki Staff of One, sebuah tongkat sihir yang dia curi dari akademi tempatnya mempelajari ilmu sihir. Nantinya tongkat ini dia wariskan kepada putrinya, Nico Minoru.

Selain memiliki kekuatan penyihir pada umumnya, seperti merapal mantra dan memiliki tongkat sihir, Tina juga menguasai sihir melalui darah dan juga ilmu hitam. Dia juga bisa menembus ke dimensi lain dengan bantuan putrinya. Selain itu, Tina juga adalah ahli bela diri dan pengusaha ulung.

10. Morgan le Fey

daftar penyihir terkuat marvel_Morgan le Fey_

Morgan le Fay adalah penyihir cantik yang hidup sejak masa pemerintahan King Arthur. Dia terjebak di Dark Dimension selama berabad-abad lamanya. Dia bekerja sama dengan Tina Minoru untuk mencuri tongkat Staff of One, tapi dia dikhianati dan dikembalikan ke Dark Dimension.

Kehadirannya kali kedua disebabkan keberhasilan memanipulasi pikiran Nico Minoru. Morgan sempat berkuasa dan mengambil alih Wizard dari Tina. Namun, berkat kolaborasi Runaways dan PRIDE, sekali lagi Morgan berhasil dipukul mundur kembali ke Dark Dimension.

Sebagai penyihir dengan ilmu Dark Magic, kekuatannya sangat besar, apalagi dia adalah ratu ilmu hitam.

Dia ahli telepati, menciptakan ilusi, manipulasi energi dan jiwa, bisa sembuh dengan cepat, membuka portal, komunikasi lewat cermin, teleportasi, menciptakan api, telekinesis, dan menyerap senjata ke tubuhnya. Aksinya bisa disaksikan di serial Runaways season 3.

Itulah para penyihir terkuat yang ada di Marvel Cinematic Universe. Sebenarnya di dalam semesta Marvel ini ada banyak ilmu magis yang digunakan oleh para superhero dan supervillain, tapi tidak serta-merta membuat mereka menjadi sosok penyihir.

Seperti Moon Knight, kekuatannya berasal dari ilmu Divine Magic yang di dapat dari Khonshu, sang dewa bulan bangsa Mesir Kuno.

Lalu ada Shang-Chi yang mewarisi ilmu Ta Lo Magic dari ibunya, Ying Li. Meski mereka mewarisi ilmu magis yang menjadi kekuatan utamanya, tapi mereka tidak dikategorikan sebagai penyihir.

Jadi menurut kalian, siapa penyihir terkuat di Marvel Cinematic Universe? Apakah nanti akan muncul lagi penyihir lain yang semakin meramaikan dunia sihir Marvel? Kita tunggu saja apa yang akan disajikan nanti.

Sebelumnya, kita tonton saja dulu film dan serial yang menghadirkan para penyihir dengan seluruh kekuatan dahsyatnya ini. Selamat menyaksikan!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram