logo web

10 Drama Mix Sahaphap Wongratch, Dokter Hewan yang Jago Akting

Ditulis oleh Syuri K.N.

Kamu penggemar Sahaphap Wongratch atau yang lebih akrab dipanggil Mix? Walau belum lama ada di dunia hiburan Thailand, nama Mix langsung melejit lewat serial debutnya, A Tale of a Thousand Stars.

Cowok kelahiran 22 Juli 1998 ini sebenarnya merupakan mahasiswa Ilmu Kedokteran Hewan di Universitas Chulalongkorn, loh. Jadi, ketika pertama kali memulai syuting drama, dia masih sibuk dengan tugas kuliah. Tapi, Mix tetap bisa meneruskan pendidikannya dengan baik.

Biasanya untuk mencapai popularitas di Thailand, aktor memulai dari peran kecil, tapi Mix berhasil mendapatkan main role sejak awal debutnya. Lalu, serial yang dimainkannya juga sangat sukses, yang membuat Mix terus maju sebagai aktor yang dapat diperhitungkan di entertainment Thailand.

Penasaran Mix sudah bermain di drama apa saja? Showpoiler telah merangkum 10 serial Mix Sahaphap di bawah ini. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Moonlight Chicken

Moonlight Chicken_

Moonlight Chicken merupakan bagian dari Midnight Series, proyek mini series GMMTV yang tayang di akhir 2022 hingga awal 2023. Total ada tiga sub judul, yakni Midnight Motel, Dirty Laundry, dan Moonlight Chicken yang diperankan oleh Mix ini.

Lagi-lagi di serial boys love kali ini Mix dipasangkan dengan Earth Pirapat. Mereka selalu dijadikan onscreen couple dalam beberapa serial karena chemistry antara keduanya sangat kuat. Serial Moonlight Chicken sangat dinanti-nanti oleh penggemar EarthMix karena sudah dikabarkan sejak tahun 2021, namun baru ditayangkan tahun 2023.

Moonlight Chicken bercerita tentang Jim (Earth Pirapat), seorang pria sederhana berusia 30 tahunan. Dia bekerja dengan menjajakan nasi ayam hainan di kedainya yang mungil. Walau enggak mendapatkan banyak keuntungan dari kedainya, Jim enggak menyerah dan tetap memasak nasi hainan setiap malamnya.

Suatu malam, Jim mendapatkan pelanggan yang tertidur di meja karena mabuk. Dia anak muda bernama Wen. Malam yang mempertemukan mereka mengubah hidup keduanya. Dalam waktu singkat, mereka mengembangkan perasaan yang mendalam satu sama lain. Masalahnya, Wen bukan pria lajang.

Wen (Mix Sahaphap) sudah berkomitmen dengan kekasihnya, namun dia berselingkuh dengan Jim. Walau mengetahui ini salah, enggak satu pun dari keduanya dapat berhenti memikirkan satu sama lain.

Bukan hanya kisah JimWen, Moonlight Chicken juga akan menceritakan dua pasangan lainnya, yaitu kisah Alan, pacar Wen dan juga kisah Li Ming, keponakan Jim. Akan sekompleks apa serial Moonlight Chicken? Kamu harus menontonnya daripada penasaran.

2. A Tale of Thousand Stars

A Tale of Thousand Stars

Ini dia serial penanda awal mula karir akting Mix, 1000 Stars. Drama ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Bacteria. Selain menjadi debut Mix, ATOTS menjadi awal onscreen couple EarthMix muncul. Karena kesuksesan drama ini, Earth dan Mix masih sering dipasangkan di banyak proyek lainnya.

Berarti chemistry Earth dan Mix enggak tergoyahkan, ya, sampai GMMTV sering membuat mereka bekerja bersama. Anyway, ATOTS mengisahkan sebuah desa terpencil di Utara Thailand, Pha Pun Dao. Di sana enggak ada sekolah resmi apalagi guru.

Itu membuat Torfun Chareonpon (Aye Sarunchana), seorang mahasiswi asal Bangkok, memutuskan untuk menjadi guru sukarela bagi anak-anak Pha Pun Dao. Naas, saat tengah kembali ke Bangkok, Torfun tewas karena tertabrak mobil.

Semasa hidupnya, Torfun sempat mendaftar sebagai donor organ jikalau dia meninggal dunia. Dan, jantungnya pun ditransplantasi pada seorang pemuda bernama Tian Sopasitsakun (Mix Sahaphap) yang memang membutuhkan donor sesegera mungkin.

Tian penasaran bagaimana orang tuanya bisa mendapatkan donor dengan cepat, dan jantung yang ada di dalam tubuhnya ini milik siapa. Tian mencari ke sana kemari dan akhirnya dia tahu, jantung ini milik Torfun. Mengunjungi kediaman Torfun, Tian berhasil menyelamatkan buku harian mendiang sebelum dibuang oleh bibinya.

Lewat buku harian itu, Tian mempelajari kehidupan Torfun yang sederhana namun penuh makna di Pha Pun Dao. Merasa bersalah dan berterimakasih, Tian si anak orang kaya yang arogan dan manja pun nekat pergi ke desa tersebut sebagai guru pengganti Torfun.

Di sanalah dia bertemu Phupha Viriyanon (Earth Pirapat), pemimpin forest ranger Pha Pun Dao. Awalnya mereka sering terlibat cek-cok, tapi kemudian mereka jadi semakin akrab. Tian pikir dia deg-degan tiap dekat Phupha karena Torfun menyukai pria itu. Tapi, akhirnya dia mengerti kalau dia sendiri yang menyukai Phupha.

Buat yang ingin tahu kelanjutan hidup PhupaTian seperti apa setelah ATOTS, bersenang hatilah, karena GMMTV membuat serial omnibus bertajuk Our Skyy 2. Serial ini terdiri kelanjutan dari 8 couple paling populer dari series GMMTV beberapa tahun ke belakang. Salah satunya ya Tian dan Phupha dari A Tale of Thousand Stars!

3. Cupid's Last Wish

Cupid's Last Wish (2022)_

Korn Thapakorn Chaiphitak (Earth Pirapat) dan Win Sawin Warodom (Mix Sahaphap) sudah bersahabat sejak kecil walau datang dari status sosial yang berbeda. Korn anak biasa-biasa saja, sementara Win anak pemilik peternakan paling luas dan paling sukses di Thailand. Selain menjadi teman dekat Win, Korn juga bekerja di peternakan ayah Win.

Setelah dewasa, konflik muncul di antara Korn dan Win. Sebab, ayah Win memasukkan nama Korn ke dalam surat wasiat, bahwa Korn akan mendapatkan persenan saham peternakan. Padahal Korn kan bukan keluarga, sedekat apapun dia dengan keluarga Warodom.

Win jadi berpikir kalau Korn mendekatinya dan juga keluarganya selama 22 tahun ke belakang hanya demi uang. Dia langsung mengusir Korn pergi setelah pembacaan wasiat dari mendiang ayahnya. Setahun kemudian, peternakan enggak menghasilkan sebagus ketika dipimpin oleh ayah Win. Itu membuat Win sebagai penerus sangat stres.

Apalagi ketika mengetahui adiknya, Lin Lalin Warodom (Jan Ployshompoo) diam-diam masih suka berhubungan dengan Korn. Marah besar, Win mengajak Lin bertemu dengan Korn, enggak peduli saat itu malam hari dan tengah hujan deras. Benar saja, mobil yang dikendarai Win kecelakaan. Dia dan Lin cedera hebat, bahkan Lin sampai koma.

Anehnya, kok tubuh Win yang ada di ICU, ya? Saat bercermin, Win menyadari kalau dia terbangun di tubuh Lin! Ya, mereka bertukar tubuh. Jadi, yang sebenarnya koma itu Lin tapi di tubuhnya sendiri. Untuk bisa kembali ke tubuh asli masing-masing, Win harus memulai perjalanan mengumpulkan air suci dari 4 kuil yang berbeda dalam waktu 7 hari.

Tapi, perjalanan itu enggak mudah tentu saja, apalagi Win bepergian seorang diri dengan tubuh Lin yang seorang perempuan. Itu enggak aman! Korn menawari untuk menemani Win, tapi Win menolak. Walau begitu, Korn bersikeras dan akhirnya mereka berkeliling Thailand melalui perjalanan darat bersama-sama.

Dapatkah petualangan ini mengubah arah hubungan mereka yang tadinya bermusuhan menjadi baik kembali? Kalau kamu ingin tahu kelanjutan kisah KornWin, kamu bisa menontonnya di mini series Magic of Zero: Zero Supporter.

4. Magic of Zero: Zero Supporter

Magic of Zero Zero Supporter 5_

Seperti yang sudah disinggung di atas, ya, Magic of Zero ini mengandung keberlanjutan hubungan Korn dan Win. Sebenarnya Magic of Zero merupakan antologi pendek yang terdiri dari tiga cerita. Satu cerita original, dan dua cerita lanjutan dari couple yang sudah ada. Salah satunya Korn dan Win dari Cupid's Last Wish.

Di Zero Supporter, Korn diceritakan akan segera membuka toko roti miliknya sendiri di Bangkok. Win memutuskan untuk meninggalkan peternakan demi mendukung kekasihnya itu dan tinggal bersama, supaya enggak LDR-an lagi. Namun, di tengah kekacauan proyek baru Korn, sebagian rasa manis yang dulu mereka miliki mulai mengikis.

Korn merasa Win enggak mengerti kalau dia sedang sibuk dan lelah setelah bekerja dan mengurus bisnis. Sementara Win sakit hati karena Korn seakan-akan mengejek dia gendut karena terlalu banyak makan, padahal 'cuma' seharian di rumah saja. Keduanya bertengkar hebat, hingga terjadi kecelakaan yang menyebabkan mereka bertukar tubuh.

Korn terpaksa hidup sebagai Win, begitu pula sebaliknya, hingga mereka berhasil kembali ke tubuh masing-masing. Setelah bertukar tubuh, akhirnya Korn dan Win mengerti kesulitan yang mereka alami beberapa hari ke belakang. Itu membuat mereka lebih memahami satu sama lain dan hubungan mereka jadi lebih erat daripada sebelumnya.

5. The Jungle

hunter_

Diadaptasi dari novel The Jungle : Pa / La / Rak karya baison, ada sebuah bar bernama Rendezvous. Bukan bar biasa yang bisa dikunjungi semua orang, Rendezvous adalah sebuah bar rahasia yang terletak di Thong Lor! Rendezvous jadi tempat berkumpul 'The Jungle', sekelompok pemuda tampan yang sering 'berburu'.

Ya, seperti di hutan, para pria itu senang berburu. Mereka enggak pernah mencintai dan enggak akan menjalin hubungan serius dengan siapapun. Berhati-hatilah untuk enggak jatuh cinta pada mereka-mereka yang enggak punya hati.

Ada Hack (Krist Perawat), Pine (Off Jumpol), Phethai (Lee Thanat), Nathee (Luke Ishikawa), dan Nannam (Nanon Korapat). Mereka adalah cowok-cowok pematah hati wanita. Lalu, Mix Sahaphap jadi apa? Dia berperan sebagai Hunter si barista. Misterius banget, ya, karakternya Mix?

6. Our Skyy 2

Tian Sopasitsakun_

Seperti yang sudah dibahas di atas, Our Skyy Season 2 merupakan kumpulan cerita dari beberapa couple yang serialnya pernah menjadi hits pada masanya. GMMTV pernah merilis Our Skyy pertama pada tahun 2018 yang terdiri dari lima couple onscreen berikut.

Ada PickRome "Secret Love: Puppy Honey", InSun (My Dear Loser), TeeMork "'Cause You're My Boy", KaoPete "Kiss Me Again", dan ArthitKongpob "SOTUS". Nah, pada tahun 2023, GMMTV membuat Our Skyy musim kedua yang terdiri dari delapan cerita! Lebih banyak dari musim sebelumnya, nih.

Beberapa di antaranya ada couple 'lama' tapi ada juga couple 'baru' yang serialnya baru tayang tahun 2022-2023. Mereka adalah PhuphaTian "A Tale of Thousand Stars", PatPran "Bad Buddy", KhabkluenDaonuea "Star and Sky: Star in My Mind".

Lalu ada couple 'baru', yakni Nuengdiao dan Palm "Never Let me Go", Chay dan Gun "A Boss and a Babe", Talay dan Puen "Vice Versa", Akk dan Ayan "The Eclipse", terakhir Tin dan Gun "My School President". Buat yang kangen sama aksi Mix dan Earth sebagai Tian dan Phupha, wajib banget mantengin Our Skyy musim kedua ini, deh!

7. Fish Upon the Sky

Fish Upon the Sky (2021) mix

Serial ini diangkat dari novel berjudul sama karya JittiRain, pengarang yang sama untuk Theory of Love (2019), 2Gether (2020), Vice Versa (2022), dan Be My Favorite (2022). FUTS alias Fish Upon the Sky mengisahkan Pi Pattawee (Phuwin Tangsakyuen) yang naksir mahasiswa terpopuler Jurusan Allied Health Sciences, Mueang Nan (Mix Sahaphap).

Tapi, karena merasa enggak percaya diri dengan penampilannya, dia enggak berani mendekati Mueng Nan. Apalagi di sekitar Mueng Nan selalu ada Mork Sutthaya (Pond Naravit) yang sok ganteng dan sok paling jago basket. Teman-teman Pi pun membantunya melakukan perubahan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Ketika Pi akhirnya memiliki keberanian untuk PDKT sama Mueng Nan, dia terus diganggu oleh Mork, yang dia anggap sebagai saingan cintanya. Pi berusaha mengungguli Mork dalam segala hal untuk mendapatkan perhatian Mueng Nan, Tapi dia selalu berakhir kalah.

Anehnya, Pi malah memiliki perasaan yang berbeda terhadap Mork. Hal ini membuat segalanya menjadi lebih rumit dari seharusnya. Jadi Pi sebenarnya suka sama yang mana, sih?

8. Vice Versa

Vice Versa mix_

Vice Versa adalah cerita yang unik, karena membahas tentang 'semesta lain' dan menggabungkan banyak sekali serial GMMTV lainnya di dalam satu series. Menceritakan Talay (Sea Tawinan) dan Puen (Jimmy Jitaraphol) yang 'mati' kemudian terbangun di universe lain dan di tubuh orang lain.

Mereka pun terpaksa hidup menggunakan identitas tubuh orang itu hingga menemukan cara untuk pulang. Lalu, Mix jadi apa di serial ini? Uniknya, Mix menjadi dirinya sendiri, bukan identitas/karakter dari serial yang pernah dia mainkan. Yup, Mix menjadi Drh. Mix Sahaphap Wongratch yang muncul di episode 9 dan 10.

9. Half

Half (2021)_

Kalau drama yang satu ini berbeda dari serial lainnya yang pernah Mix mainkan. Sebab, ini merupakan short story, atau penggambaran cerita, dari sebuah lagu.

Jadi, ceritanya ada dua anak SMA yang sebelumnya enggak saling mengenal. Talay (Mix Sahaphap) dan Whale (Earth Pirapat) bertemu dan jadi kenal karena ketidaksengajaan. Whale hendak kabur dari sekolah dengan memanjat pagar. Enggak melihat ada Talay di balik pagar, tubuh Whale pun menindih Talay.

Insiden itu membuat kaki Talay sampai harus digips. Entah kenapa tapi Talay jadi ikut dihukum seperti Whale, padahal dia korban. Tapi, karena Whale merasa bersalah, dia mengerjakan hampir semua hukuman yang diberikan pada mereka, seperti membersihkan kelas dan kantin sekolah.

Semakin hari, mereka jadi kian dekat, bahkan sampai berbagi cerita tentang keluarga dan kehidupan masing-masing. Tanpa sadar, mereka saling menyayangi satu sama lain. Hingga suatu ketika di pesta kostum, Whale merasa cemburu dengan kedekatan Talay dengan wanita. Dia pun melipir dari pesta untuk menyendiri.

Talay mencari dan menghampiri sahabatnya yang berdiam diri di tempat sepi. Saat itu Whale mencium Talay dengan paksa dan membuat Talay marah.. juga bingung. Whale pun pergi dan enggak pernah menampilkan wajahnya di hadapan Talay lagi.

Talay yang terlambat menyadari perasaannya sangat sedih dan rindu pada Whale. Dia menyimpan bekas gips kakinya. Dia bahkan membuka kedai 24 jam di rumahnya karena khawatir juga berharap Whale akan pulang kepadanya suatu saat nanti. Lalu, apakah WhaleTalay akan bersatu kembali?

Kamu bisa menyaksikan cerita awalnya di NEW JIEW - ครึ่งชีวิต (ทั้งจิตใจ) [The Story]. Kemudian melihat sambungan ceritanya di video musiknya, NEW JIEW - ครึ่งชีวิต (ทั้งจิตใจ) [Official MV].

10. 55:15 Never Too Late

em_

Drama terakhir yang ada Mixnya adalah 55:15 Never Too Late. Cerita serial ini sangat menarik, yaitu tentang 5 teman SMA yang sebenarnya sudah berusia 55 tahun. Tapi, mereka semua tiba-tiba kembali berusia 15 tahun. Walau begitu, mereka enggak datang ke masa lalu, hanya mereka saja yang kembali muda!

Serial ini diperankan oleh Nanon Korapat sebagai San Seksan, Piploy Kanyarat sebagai Jaya Janiya, Khaotung Thanawat sebagai Paul Songpol, Kay Lertsittichai sebagai Amonthep, dan View Benyapa sebagai Jarunee. Lalu, Mix jadi apa?

Dia berperan sebagai guest star saja, menjadi dirinya sendiri, Mix Sahaphap Wongratch. Enggak sendiri, Mix muncul bersama Earth sebagai Earth Pirapat Watthanasetsiri. Ceritanya mereka artis yang sedang jumpa fans gitu. Kamu bisa menemukan kameo EarthMix di episode 8 [1/4].

Selesai sudah pembahasan 10 serial terbaik Mix Sahaphap dari Showpoiler. Dilihat dari sepak terjangnya, sepanjang karir Mix selalu di serial BL, ya. Kecuali serial terbarunya di tahun 2023, The Jungle.

Semoga ke depannya Mix bisa lebih explore dan kebagian proyek yang lebih menantang, ya, supaya aktingnya juga bisa lebih terasah. Apa, nih, drama Mix Sahaphap favorit kamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram