logo web

10 Drama Terbaik Victor Chatchawit, Jadi Guru Hingga Berandalan

Ditulis oleh Syuri K.N.

Chatchawit Techarukpong punya nama Tionghoa Victor Zheng 鄭逸祥, tapi kita bisa memanggilnya Victor saja. Kenapa ia memiliki nama Tionghoa? Karena ternyata ia terlahir dari ayah berkebangsaan Taiwan dan ibu kewarganegaraan Tiongkok. Tapi, ia lahir dan besar di Prachuap Khiri Khan, selatan Thailand.

Victor memulai karier di industri hiburan dengan mengikuti audisi di kompetisi menyanyi dalam negeri, sebut saja Teen Superstar, The Star dan Academy Fantasia. Sayang, Victor enggak pernah lolos mengikuti audisi acara survival tersebut. Walau begitu, bukan berarti Victor enggak bisa bernyanyi, mungkin belum hoki saja.

Barulah ketika ia menandatangani kontrak dengan GMMTV, Victor debut menjadi penyanyi dengan single "เราเลือกความรักได้เสมอ" (Rao Lueak Khwam Rak Dai Samoe). Itu merupakan soundtrack Room Alone 401-410 (2014), lakorn yang Victor perankan.

Kali ini, Showpoiler mau membahas apa saja series paling menarik yang pernah Victor Chatchawit perankan. Berikut di antaranya.

1. The Gifted (2018)

The Gifted (2018)

Serial yang satu ini sangat populer di kalangan penikmat lakorn. Cerita yang menarik, plus diperankan oleh aktor-aktris muda berbakat, membuat The Gifted (2018) mendapat popularitas tinggi hingga luar negaranya sendiri. The Gifted sebenarnya diangkat dari novel berjudul sama karya SandOtnim/Dhammarong Sermrittirong.

Dari novel itu sebenarnya pernah dibuat serial juga, The Gifted (2015). Tapi serial The Gifted yang tahun 2018 ini enggak ada hubungannya dengan yang tahun 2015 yang berupa film. Berlatarkan SMA Ritdha Wittayakom yang punya kelas reguler dan juga kelas 'Program Berbakat'.

Program kelas khusus itu hanya bisa diisi oleh anak-anak istimewa. Bukan anak pintar, karena anak-anak pintar akan masuk kelas A. Kelas berbakat berisi anak-anak yang punya bakat supernatural. Pang Parawet (Nanon Korapat), anak yang dibilang 'ketinggalan' dalam pendidikan justru masuk ke kelas Berbakat.

Itu membuat sahabatnya yang sangat pintar, iri padanya. Pada awalnya anak-anak Program Berbakat merasa senang karena bakat terpendam mereka bisa diasah. Tapi, kemudian mereka menyadari kalau mereka dikumpulkan untuk kepentingan pemimpin sekolah mereka.

Saking suksesnya, The Gifted sampai dibuat sekuelnya yang berjudul The Gifted: Graduation dua tahun setelah series yang pertama rilis. Di sini Victor masih berperan sebagai Guru Pom Porama.

2. Fleet of Time

Fleet of Time

Diangkat dari novel Cina "Fleet of Time" karya Jiu Ye Hui, ini adalah sebuah drama romantis yang mengangkat kisah lima orang sahabat: Win (Bank Thiti), Fang (Pattie Ungsumalynn), Cheaw (Victor Chatchawit), King (Jomjam Suphitcha), dan Yae (Best Nathasit).

Ada di sekolah yang sama membuat lima remaja itu menjadi sangat dekat. Mereka tumbuh bersama di Bangkok pada tahun 1980-an. Tapi persahabatan mereka ternoda ketika di antara Win dan Fang tumbuh perasaan satu sama lain. Cheaw juga selama ini diam-diam menyukai Fang.

3. Water Boyy

Water Boyy

Water Boyy: The Series sebenarnya diangkat dari Water Boyy: The Movie (2015). Dua tahun kemudian, GMMTV membuat serialnya. Versi serialnya ini dibintangi oleh Earth Pirapat sebagai Waii dan New Thitipoom sebagai Apo.

Serial ini mengangkat kisah anak-anak klub renang yang terancam dibubarkan karena enggak memberikan prestasi apapun selama beberapa tahun ke belakang. Tapi, tentunya ada bumbu romansa dari Waii dan Apo, serta dari teman-teman mereka seperti Fah (White Nawat), Pan (Piglet Charada), Min (Victor Chatchawit), dan Wan (Fon Sananthachat).

Di sini diceritakan Min dan Wan memiliki kisah asmara. Padahal di dunia nyatanya, Piglet dan Victor berpacaran sungguhan, loh~

4. U-Prince: The Badass Baker

d

Nah, lewat serial ini Piglet dan Victor cinlok alias cinta lokasi, kemudian berpacaran sungguhan. Dan sekarang pada tahun 2023, mereka sudah berstatus tunangan. The Badass Baker merupakan sub cerita dari U-Prince, serial pendek yang mengangkat kisah romansa anak-anak kuliahan.

Ada yang temanya tentang hukum, politik, dan untuk The Badass Baker tentu saja ceritanya tentang pembuat kue. Dash (Victor Chatchawit), mahasiswa Fakultas Seni Kuliner, adalah juru masak yang sangat berbakat. Ia sedang mencari tempat tinggal baru. Temannya, T-Rex, membantu Dash untuk menemukan apartemen baru.

Dash merasa cocok dengan apartemen itu, tapi ternyata ada syaratnya. Ia harus berbagi apartemen itu dengan seorang roommate, René (Piglet Charada).

René adalah mahasiswi Fakultas Seni dan penulis novel. Ia pemalas dan berjiwa bebas. Jadinya René dan Dash enggak akur sama sekali. Walau begitu, seiring waktu yang mereka habiskan bersama, perasaan lain tumbuh di antara mereka. Victor (sebagai Dash) juga muncul lagi di U-Prince: The Lovely Geologist (2016).

5. Double Savage

Double Savage

Double Savage, dari judulnya saja sudah terbayang kalau serial ini pasti ada aksi laganya. Serial ini berfokus pada kakak beradik Li (Baitoei Zuvapit), Pakorn (Ohm Pawat) dan Pawin (Perth Tanapon). Mereka bertiga keturunan Tionghoa dan merupakan pedagang secara turun menurun.

Li, Pakorn dan Pawin saling menyayangi dan melindungi sebagai kakak beradik. Keluarga mereka memang sangat harmonis. Tapi, entah mengapa Ko Beng, sang ayah, enggak pernah membela Pakorn dalam hal apapun. Pakorn tampak seperti anak pungut jika dibandingkan dengan Li dan Pawin.

Mungkin karena Pakorn terlahir pada masa resesi, sehingga saat itu seluruh keluarga sedang kesulitan dalam hal ekonomi. Pakorn pun dicap sebagai pembawa sial oleh ayahnya. Sementara Pawin terlahir pada masa pemulihan. Perdagangan mulai kembali lancar, sehingga ia dianggap sebagai anak pembawa rezeki.

Suatu ketika ada Asalha a.k.a Ah (Foei Patara), pencuri yang secara enggak sengaja membuat Pakorn terlibat masalahnya. Akhirnya rasa kasih antara tiga saudara Li, Pawin, dan Pakorn pun pecah. Di sini, Victor Chatchawit berperan sebagai Mek, tangan kanan Ah.

6. Midnight Motel

midnight motel e

Berbeda dari semua peran yang pernah Victor bawakan, di Midnight Motel ia berakting sebagai pebisnis. Tapi, ia bukan pebisnis hebat. Ia dikenal sering gagal ketika melakukan transaksi. Ia hanya dikenal karena June (Mew Sirilapas), istrinya, lebih powerful darinya.

Pat Peerapat (Victor Chatchawit) merupakan pelanggan tetap Kat (Jan Ployshompoo), gadis panggilan yang bisa disewa lewat aplikasi buatan Mote (Off Jumpol) dan Doi (Louis Thanawin). Kat, Mote dan Doi sedang berusaha menarik Pat untuk menjadi investor app mereka. Tapi, tiba-tiba saja Pat ditemukan telah tewas di kamar hotel mereka.

7. Room Alone

Room Alone

Room Alone merupakan serial yang menjadi saksi debut Victor dalam dunia akting. Serial ini mengisahkan tentang Jaegun (Bifern Anchasa), Terk (Victor Chatchawit), Tul (Toptap Jirakit), View (Mek Jirakit), dan masih banyak lagi. Jangan kaget melihat banyak jajaran cast-nya, karena serial ini memang memiliki multiple main protagonist.

Mereka adalah penghuni kamar 401 hingga 410 di sebuah dorm campuran. Menariknya, mereka sama-sama tinggal sendiri dan diam-diam merasa kesepian. Bagi mereka, media sosial menjadi satu-satunya cara untuk terhubung dan menghilangkan rasa sepi.

Namun, pada kenyataannya, kesepian mereka enggak bisa hilang begitu saja. Bagaimanakah cara anak-anak muda ini keluar dari zona nyaman dan menemukan kehangatan dari orang di sekitar mereka? Serial ini memiliki sekuel, yakni Room Alone Season 2 (2015).

8. Revenge from the Past

Revenge from the Past

Phing (Marie Broenner) seorang wanita muda yang gemuk, tapi imut dan baik hati. Ia juga kaya raya, yang membuat Foei (Art Pasut) dan Nisa (Bee Namthip) merencanakan agar Foei merayu dan menikahi Phing demi kekayaannya. Naas, saat mengetahui niat buruk dua orang itu, Phing terbunuh.

Hanya saja, ternyata Phing enggak meninggal secara kekal. Ia dihidupkan kembali dalam wujud wanita yang langsing dan cantik. Kini Ia bisa membalaskan dendam pada Foei dan Nisa dengan menggunakan identitas baru, yaitu sebagai perempuan bernama May. Victor Chatchawit berperan sebagai Han, supporting role di sini.

9. Drag, I Love You

Drag, I Love You

Drag queen show sangat populer di Thailand. Dan serial ini mengangkat tema pentas tersebut. Noona (Grace Karnklao) adalah saudari kembar dari Nadia (masih diperankan oleh Grace), wanita penghibur nomor satu.

Ketika Nadia ditemukan tewas di Mambo Cabaret, tempat kerjanya, Noona berusaha mencari tahu dalang dibalik kematian saudarinya. Bersama dengan Prabsuek (Luke Ishikawa), seorang polisi yang galak.

Mereka bekerja sama untuk menemukan kebenaran tentang pembunuhan Nadia. Di sini, Victor Chatchawit berperan sebagai Tanu, rekan kerja petugas Prabsuek.

10. 46 Days

46 Days

Serial ini bercerita tentang Ying Ying (Baifern Pimchanok), idola internet yang enggak terlalu populer. Ia jatuh miskin ketika dituduh sebagai pembohong oleh penggemarnya. Padahal selain membiayai dirinya sendiri, ia juga harus menghidupi sahabat masa kecilnya, Noina (Mild Lapassalan), yang menjadi kreditur atas hutangnya sendiri.

Noina diberitahu peramal kalau ia akan menikah tahun ini. Ia pun berharap Dokter Korn (Nonkul Chanon), yang sempurna tanpa cela dan karier yang hebat, yang akan menjadi jodohnya. Satu-satunya masalah adalah, dalam 46 hari ke depan, Korn akan menikah dengan kekasihnya, Wisa, selebriti yang sangat terkenal.

Namun, Ying Ying dan Noina mengetahui calon pengantin ini menyembunyikan rahasia. Misi 'melindungi pria itu dan membebaskannya dari pengantin iblis untuk menikahi seorang bidadari' pun dimulai. Jika misi ini berhasil diselesaikan, Ying Ying akan terbebas dari semua hutang yang dimiliki Noina.

Namun, ada satu rintangan lagi, Dokter Pat (Off Jumpol), teman dekat Dokter Korn, terus mengawasi setiap gerak-gerik mereka. Nantikan apakah misi 46 hari ini akan berhasil menghancurkan pernikahan tersebut pada akhirnya. Victor Chatchawit berperan sebagai supporting role di sini dengan nama karakter Warut.

Selain berakting dan bernyanyi, Victor juga MC kondang, loh. Pada tahun 2015, Victor menjadi pembawa acara di beberapa program televisi seperti Oishi Hitz List, Proteen bersama co-MC Off Jumpol, pembawa acara di belakang panggung untuk Asia's Got Talent Season 1, dan acara traveling WOW! Thailand.

Sementara sebagai host regular, Victor pernah didapuk untuk membawakan acara School Rangers pada tahun 2018. Ia menjadi host tetap hingga 50 episode sebelum digantikan oleh White Nawat. Hebat sekali skill Victor di dunia hiburan ini, ya? Apa, nih, series Victor favorit kamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram