logo web

Wibu Wajib Tahu! Inilah 10 Fakta Menarik dari One Piece Film: Red

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

One Piece Film: Red merupakan film yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Film ini merupakan film ke-15 dari seri film One Piece.

Pengumuman film ini telah disampaikan sejak 21 November 2021. Sementara, film ini baru ditayangkan perdana pada 22 Juli 2022 di Jepang dan sudah bisa ditonton di bioskop Jepang pada 6 Agustus 2022.

Jadi, sangat wajar kalau film ini sangat dinantikan oleh para penggemar One Piece. Namun, bagi para penonton di Indonesia, film ini baru saja bisa ditonton pada 21 September 2022. One Piece Film: Red ini dibuat untuk merayakan ulang tahun manga One Piece yang ke-25. 

Nah, kali ini Showpoiler akan mengulas fakta menarik mengenai One Piece Film: Red. Berikut ini 10 fakta menarik One Piece Film: Red yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Sinopsis & Review One Piece Film: Red, Kisah Uta dan Shanks

1. Film One Piece Terlaris

fakta one piece red_Film One Piece Terlaris_

Seperti sudah diketahui sebelumnya, One Piece Film: Red merupakan film ke-15 yang diadaptasi dari seri manga One Piece. Sejak ditayangkan perdana, film ini telah menarik banyak perhatian para penggemarnya.

Sejauh ini, One Piece Film: Red telah mendapatkan penghasilan kotor lebih dari 15 miliar yen, terhitung sejak 20 September 2022. Dan ini menjadikan film One Piece terlaris dan melampaui rekor film One Piece Film: Z

Selain menjadi film One Piece terlaris, film ini juga menjadi film terlaris di tahun 2022 di Jepang. Film terlaris ke-13 pada sepanjang masa di Jepang dan salah satu film terlaris di dunia.

2. Kolaborasi Goro Taniguchi, Oda Eichiiro dan Tsutomu Kuroiwa

fakta one piece red_Kolaborasi Goro Taniguchi, Oda Eichiiro dan Tsutomu Kuroiwa_

Sebelum membuat One Piece Film: Red ini, Oda Eiichiro sempat meminta dua hal pada produser Toei Animation. Pertama, Oda Eiichiro meminta untuk disutradarai oleh orang yang belum terlibat dalam seri anime. Sedangkan permintaan yang kedua adalah untuk memberikan ‘peran penting bagi karakter wanita’.

Hingga akhirnya sutradara untuk film ini jatuh pada Goro Taniguchi yang merupakan teman lama Oda Eiichiro. Goro Taniguchi sebelumnya pernah menjadi sutradara pada OVA One Piece: Defeat The Pirate Ganzak!.

Oda sendiri mengatakan kalau Goro Taniguchi merupakan orang pertama yang ‘menghidupkan’ karakter Luffy. Dan pada film kali ini, Goro Taniguchi kembali ingin mengekspresikan One Piece yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Oda Eiichiro juga terlibat lebih banyak dalam pembuatan One Piece Film Red. Pada film ini, ia menjadi produser eksekutif, sehingga bisa memantau terus perkembangan pembuatan filmnya. Dan ini adalah film ke-3 yang diproduseri langsung oleh Oda Eiichiro setelah One Piece Film: Z dan One Piece Film Gold

Selain Goro Taniguchi dan Oda Eiichiro, film ini juga digarap juga oleh Tsutomu Kuoiwa selaku penulis skenario.

Sebelumnya Tsutomu Kuoiwa juga pernah menjadi penulis skenario untuk film One Piece Film Gold. Bahkan, produser dari Toei Animation, Shinji Shimizu, mengucapkan terima kasih pada Tsutomu Kuroiwa karena telah membuat permintaan kedua Oda Eiichiro terwujud dengan baik.

3. Uta Bukanlah Anak Shanks

fakta one piece red_Uta Bukanlah Anak Shanks_

Pada trailer film ini, para penggemar sempat digegerkan dengan ucapan Luffy yang mengatakan kalau Uta adalah putri dari Shanks. Tentu hal ini pun membuat semua karakter dalam film ikut terkejut, termasuk para petinggi Angkatan Laut hingga para Pemerintahan Dunia.

Namun, setelah cerita berlanjut, barulah identitas Uta yang sesungguhnya terungkap. Meski Uta disebutkan sebagai anak Shanks, tapi nyatanya ia bukanlah anak kandung Shanks. Uta ditemukan oleh Shanks muda di dalam sebuah peti harta karun. 

Nah, sejak saat itulah Uta sudah dianggap sebagai putri sendiri oleh Shanks. Sehingga, Luffy pun mengatakan kalau Uta adalah anaknya Shanks. 

4. Alasan Dibuatnya Karakter Uta

fakta one piece red_Alasan Dibuatnya Karakter Uta_

Dari 14 film One Piece, Uta memang karakter wanita pertama yang dibuat Oda sebagai karakter utama atau inti cerita. Nah, kamu bisa mengetahui karakter penting lain yang ada dalam film ini di artikel 11 Karakter Penting dalam One Piece Film: Red yang Perlu Kamu Tahu.

Bagi kamu yang sudah sering menonton film One Piece pasti tahu betul kalau kebanyakan karakter utama yang menjadi inti cerita biasanya adalah karakter laki-laki legendaris. Seperti karakter Shiki, Z, Gild Tesoro dan Douglas Bullet, yang merupakan karakter dari lima film terakhir One Piece.

Oda mengakui, ia membuat karakter Uta karena merasa bosan menggambar pria tua legendaris. Oleh karena itulah Oda menciptakan karakter Uta dan ingin mengembangkan karakter wanita utama sebagai gantinya. Alasan simpel inilah yang membuat Oda membuat karakter Uta.

5. Clue Masa Lalu dan Bocoran Kekuatan Shanks

fakta one piece red_Clue Masa Lalu dan Bocoran Kekuatan Shanks_

Shanks adalah karakter terkenal yang cukup misterius. Bagi pengikut anime One Piece, tentu sering bertanya-tanya siapa Shanks sebenarnya. Terlebih sempat ada cerita mengenai Shanks yang bertemu dengan para Pemimpin Dunia.

Di film ini, ada bocoran sedikit tentang masa lalu Shanks. Sama seperti Uta, Shanks juga waktu kecil ditemukan oleh Gol D. Roger di kotak harta karun.

Ada yang mengatakan kalau Shanks berasal dari keluarga ‘Fearland’. Ada juga yang menyebutkan kalau Shanks merupakan salah satu dari tenryuubito yang banyak ditakuti orang-orang.

Namun, identitas Shanks yang sesungguhnya masih belum terungkap jelas. Masih banyak spekulasi-spekulasi mengenai asal usul Shanks ini.

Tapi, yang pasti Shanks bukanlah bajak laut biasa dan kemungkinan besar berasal dari Keluarga Fearland. Dan 20 orang dari keluarga Fearland tersebut adalah orang-orang yang membentuk Pemerintah Dunia.

Selain sekilas masa lalu Shanks, dalam film ini juga sedikit ada bocoran mengenai kekuatan Shanks yang sesungguhnya. Kekuatan yang dimiliki oleh Shanks ini bahkan membuat Angkatan Laut takut. Dan terbukti, di film ini Shanks disebut sebagai pemilik haki terkuat yang membuatnya bisa melihat masa depan lebih jauh. 

Terlihat pada adegan ketika Shanks menantang orang-orang yang hendak mengancam ‘keluarganya’. Ia tak gentar akan melawan Angkatan Laut, bahkan Kizaru dan Fujitora pun sampai mulai berkeringat ketika melihat kemampuan Shanks. Dan ini menjelaskan kalau Shanks merupakan pemilik Haki yang kuat.

6. Jurus Terbaru Luffy

fakta one piece red_Jurus Terbaru Luffy_

Pada film ini juga muncul clue sangat besar yang berkaitan dengan jurus milik Luffy. Dalam manga, sebenarnya jurus terbaru ini telah diperlihatkan. Tapi jika dalam seri anime, jurus ini belum pernah diperlihat sama sekali karena tampaknya masih agak jauh sampai ke episode tersebut.

Jurus terbaru milik Luffy ini dikenal dengan Gear 5. Saat melihat jurus Gear 5 ini, kamu akan dibuat terkagum-kagum karena kekuatannya yang sangat besar. Pada saat menggunakan jurus ini, tubuh Luffy pun sedikit berubah dan cenderung menjadi berwarna putih.

Setidaknya, sekarang para penggemar bisa melihat transformasi Luffy yang menakjubkan dan dianimasikan pertama kali di layar lebar. Sehingga tidak perlu menunggu animenya untuk melihat perubahan terbaik Luffy saat. One Piece Film: Red ini telah menganimasikan adegan perubahan Gear 5 milik Luffy dengan epik.

7. Banyak Clue yang Belum Diceritakan di Seri Anime

fakta one piece red_Banyak Clue yang Belum Diceritakan di Seri Anime_

Selain jurus Gear 5 yang merupakan jurus terbaru Luffy, ada juga sedikit bocoran tentang masa depan Luffy. Jika kamu mengikuti manganya, pasti sudah mengetahui clue tersebut. Sebuah clue yang cukup blak-blakan disebutkan oleh salah satu karakter di film ini ketika bertemu dengan Luffy. 

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam film ini juga terungkap sedikit mengenai masa lalu Shanks dan kekuatan yang dimilikinya. Lalu, ada juga clue yang berhubungan dengan Coby dan Big Mom. 

Kemudian, ada bocoran kemampuan kekuatan kru bajak laut Topi Jerami yang ditampilkan di film ini. Seperti kekuatan baru milik Robin, Nami dan lain sebagainya.

8. Penampilan Jinbei Setelah Jadi Kru Bajak Laut Topi Jerami

fakta one piece red_Penampilan Jinbei Setelah Jadi Kru Bajak Laut Topi Jerami_

Bagi pengikut anime One Piece, pastu sudah tahu kalau Jinbei merupakan karakter yang menjadi kandidat kru bajak laut Topi Jerami. Hanya saja jika dalam anime, Jinbei belum sah menjadi kru Topi Jerami karena satu dan lain hal. Meskipun Jinbei sudah menyatakan mau bergabung dengan kru Topi Jerami.

Namun, secara mengejutkan, dalam film ini Jinbei telah muncul sebagai anggota kru Topi Jerami. Dan ia ikut berlayar bersama dengan kru Topi Jerami. Sehingga, kemungkinan besar One Piece Film: Red ini mengambil latar setelah peristiwa di Arc Wano. 

Sedangkan bagi yang mengikuti manga One Piece, kehadiran Jinbei dalam film ini bukanlah hal yang aneh. Berhubung cerita di manga lebih cepat dibandingkan cerita di animenya.

9. Penampilan Perdana Anggota Pemerintahan Dunia

fakta one piece red_Penampilan Perdana Anggota Pemerintahan Dunia_

Selain Jinbei, pada film ini pun untuk pertama kalinya menampilkan lima tetua Pemerintah Dunia. Dan yang menjadi menarik karena Big Mom dan Bajak Laut Rambut Merah pun ikut muncul juga dalam film ini.

Dalam film ini terlihat jelas kalau lima tetua Pemerintah Dunia ‘mengawasi’ Uta, terutama karena kekuatan yang dimilikinya. Selain itu, mereka kemungkinan besar ada kaitannya juga dengan kemunculan Shanks dalam film ini.

10. Pengisi Suara Uta Saat Bernyanyi

fakta one piece red_Pengisi Suara Uta Saat Bernyanyi_

Seperti diketahui kalau Uta diceritakan sebagai karakter seorang diva yang dicintai banyak orang karena suaranya yang indah. Di balik suara Uta yang bagus, tenryata ada seorang penyanyi hebat yang mengisi suaranya ketika bernyanyi. 

Dia adalah Ado, seorang penyanyi muda yang menyanyikan tujuh lagu sekaligus untuk One Piece Film: Red ini. Ado berkolaborasi dengan Yasutaka Nakata, Mrs. GREEN APPLE, Vaundy, FAKE TYPE, Hiroyuki Sawano, Yuta Orisaka dan Hata Motohiro dalam pembuatan lagu tersebut.

Lagu yang terkenal dalam film ini adalah lagu berjudul New Genesis yang menjadi opening song. Sementara untuk ending song-nya adalah Kaze no Yukue, lagu yang dinyanyikan Uta ketika bersama Shanks dan Luffy.

Lagu-lagu yang dinyanyikan Ado juga menjadi hits semenjak pertama kali diputar. Dan lagu New Genesis berhasil menduduki puncak tangga lagu global, baik dari Apple Music, Oricon dan music chart lainnya.

Nah, itulah 10 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang One Piece Film: Red. Selain 10 fakta di atas, apakah kamu menemukan fakta lain mengenai film ini? Boleh kamu tuliskan juga di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram