showpoiler-logo

8 Fakta Menarik Anime Orient yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Orient merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Shinobu Ohtaka. Animenya menceritakan kisah petualangan seorang pemuda bernama Musashi bersama temannya Kojirou. Saat kecil, mereka pernah berjanji bahwa ketika mereka dewasa, mereka akan menjadi seorang samurai. 

Namun, pada saat itu gelar samurai atau bushi merupakan hal yang tabu dan tidak disukai oleh masyarakat yang menyembah iblis. Meskipun begitu, Musashi diam-diam tetap melatih dirinya untuk tumbuh menjadi lebih kuat agar bisa cepat menjadi seorang samurai.

Bagi yang baru mengikuti anime ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak fakta menarik anime Orient dari Showpoiler ini!

1. Perpaduan Jepang Zaman Dulu dan Jepang Modern

fakta orient_Perpaduan Jepang Zaman Dulu dan Jepang Modern_

Anime ini mengambil cerita mengenai samurai. Akan tetapi, hal menarik pada cerita Orient adalah latarnya yang menggabungkan antara Jepang zaman dulu dan Jepang Modern. 

Hal tersebut bisa dilihat dari segi visual yang menggabungkan karakter dan latar tempat yang masih terlihat tradisional. Namun, beberapa peralatan sudah menggunakan peralatan modern, khususnya kendaraan seperti motor.

Jika biasanya para samurai menggunakan kuda untuk dinaiki ketika bepergian, di anime ini justru jarang, bahkan tak ada samurai yang menunggangi kuda. 

Sementara, untuk mesin penggerak motor yang digunakan oleh para samurai ini dihasilkan dari batu khusus. Yaitu serpihan batu berasal dari tubuh iblis yang telah dikalahkan. Selain motor, ada juga kendaraan yang sekilas mirip dengan helikopter yang sama-sama menggunakan serpihan batu iblis.

2. Nama dan Klan Diambil dari Nama Samurai Terkenal

fakta orient_Nama dan Klan Diambil dari Nama Samurai Terkenal_

Jika kalian mengetahui tentang sejarah Jepang, pasti tidak akan asing dengan nama-nama karakter di anime ini yang terdengar mirip seperti nama samurai asli. Nama-nama pada karakter di anime ini memang terinspirasi dan diambil dari nama samurai yang terkenal di Jepang. 

Seperti karakter utama yang bernama Musashi, Kojirou Kanemaki dan Tsugumi Hattori. Lalu ada Naotora Takeda, Hideo Kosameda, Shunrai Yamamoto dan masih banyak lagi.

Mereka semua merupakan samurai-samurai yang terkenal di Jepang dan merupakan seorang ahli pedang. Akan tetapi, nama-nama karakter ini sedikit berbeda dari nama asli samurai Jepang, karena hanya nama marganya saja yang sama.

Selain nama para karakternya yang serupa dengan nama samurai Jepang. Ada juga penyebutan beberapa Klan yang terkenal. Seperti klan dari Takeda, Uesugi, Hideo dan masih banyak lagi.

Nama klan tersebut merupakan nama klan yang cukup terkenal di kalangan para samurai di Jepang. Bahkan, merupakan nama-nama klan besar.

3. Karya Mangaka Ohtaka yang Berbeda dari Biasanya

fakta orient_Karya Mangaka Ohtaka yang Berbeda dari Biasanya_

Orient merupakan karya dari mangaka Ohtaka yang berbeda dari biasanya. Ohtaka sendiri mengaku, kalau Orient merupakan karya yang berbeda dari beberapa manga yang pernah dia buat.

Ohtaka juga mengatakan, kalau dia telah membuat sekitar 50% perbedaan dari karya-karya sebelumnya. Dia mencoba membuat hal yang baru sembari mencari sesuatu yang lain dari kemampuan yang dimilikinya.

Selain itu, iblis-iblis yang muncul di anime Orient memiliki bentuk-bentuk yang unik. Sang mangaka mengatakan kalau dia mendapatkan inspirasi desain iblis tersebut dari binatang mitos yang ada dari beberapa negara Asia Timur. Khususnya negara Jepang dan China. 

Selain itu, visual iblis yang muncul di anime ini digambarkan dengan menambahkan simbol dan gaya yang sama seperti dalam citra Buddhis. Misalnya seperti adanya tanduk, taring dan cakar.

4. Bukan Sekedar Anime Aksi

fakta orient_Bukan Sekedar Anime Aksi_

Meski merupakan anime aksi, tapi anime ini tidak hanya menceritakan adegan pertarungan. Justru hal yang jauh lebih menarik adalah konflik karakter dan sisi gelap kemanusiaannya. 

Mengambil latar Neo Sengoku, dengan konflik yang dialami karakternya hampir terkait dengan kehidupan di zaman modern ini. Kisah masa lalu Musashi juga Kojiro yang tampak kelam akibat perundungan yang dilakukan oleh masyarakat. Oleh sebab itulah, cerita pada anime ini terkesan nyata. 

5. Karakter Utama Diisi oleh Voice Actor Berpengalaman

fakta orient_diisi VA berperngalaman_

Pengisi suara Musashi yang merupakan karakter utama dalam anime ini diisi oleh voice actor terkenal, Yuma Uchida. Yuma Uchida sudah pernah mengisi berbagai karakter dalam anime-anime terkenal. Dia telah bergelut di dunia voice actor sejak tahun 2013.

Sudah banyak karakter yang diisi oleh suaranya mulai dari anime maupun film anime. Beberapa anime terkenal yang pernah diisikan oleh suaranya adalah The File of Young Kindaichi Returns, Gundam, Uta no Prince-sama, Classroom Crisis, ReLIFE, The Disastrous Life of Saiki K.2, Tokyo Ghoul:re, Fruits Basket dan masih banyak lagi.

Sementara untuk film anime, Yuma Uchiha pernah mengisi karakter yang ada di film anime I Want to Eat Your Pancreas, Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai, Kono Sekai no Tanoshimikata: Secret Story Film, Fruits basket: Prelude dan Tensei Shitara Slime Datta Ken Movie: Guren no Kizuna-hen.

6. Musashi, Salah Satu Samurai dengan Pedang Terkuat

fakta orient_Musashi Salah Satu Samurai dengan Pedang Terkuat_

Meski bukan keturunan Samurai, tapi Musashi memiliki kekuatan dan semangat seorang samurai yang sangat besar. Bahkan, Musashi memiliki kemampuan Black Sword Soul dan Red Sword Soul. Kedua kemampuan itu membuatnya bisa membunuh iblis dengan mudah.

Namun, untuk mencapai kemampuan sempurna, Musashi masih harus terus berlatih. Dan berkat kemampuannya itu, Musashi juga menjadi incaran beberapa musuh yang berusaha merebut kekuatannya.

7. Kojiro, Keturunan dari Samurai yang Kuat

fakta orient_Kojiro, Keturunan dari Samurai yang Kuat_

Kojiro Kanemaki merupakan salah satu karakter utama dalam anime ini. Dia adalah sahabat dari Musashi yang merupakan pewaris keluarga Kanemaki. Kojiro merupakan seorang keturunan samurai yang terkenal dengan kekuatannya.

Sayangnya, Kojiro sendiri tidak terlalu mengetahui lebih jauh mengenai asal usul ayahnya itu. Bersama dengan Musashi, Kojiro berusaha mencari tahu lebih jauh mengenai ayahnya yang dicurigai merupakan seorang samurai terkenal. Terlebih lagi, Dewi Obsidian yang pernah muncul dalam diri Musashi tampak mengenal ayahnya Kojiro.

8. OST Dinyanyikan oleh Grup Musik Ternama

fakta orient_OST Dinyanyikan oleh Grup Musik Ternama_

Setiap anime tentunya selalu diiringi oleh original soundtrack (ost). Biasanya, ost tersebut langsung melekat dengan image anime bersangkutan.

Break Out merupakan lagu pembuka anime ini yang dibawakan oleh boyband terkenal bernama Da-ice. Sementara untuk lagu penutupnya yang berjudul Naniiro dibawakan oleh penyanyi terkenal Wataru Hatano.

Selain untuk anime Orient, Da-ice juga pernah menyanyikan lagu untuk seri Kamen Rider. Sementara Wataru Hatano, pernah mengisi ost untuk anime Jujutsu Kaisen, Fairy tail, One Punch Man, Bleach, Honey and Clover, Ouran High School Host Club dan masih banyak lagi. 

Nah, itulah 8 fakta menarik dari anime Orient yang perlu kamu ketahui. Bagi yang penasaran dengan alur ceritanya, kamu bisa membaca ulasan Orient musim pertama hingga ulasan Orient musim kedua ini.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram