showpoiler-logo

10 Fakta Menarik Ozark, Serial Netflix tentang Money Laundry

Ditulis oleh Siti Hasanah

Ozark merupakan salah satu serial Netflix yang berupa drama kriminal. Serial ini dibuat oleh Bill Dubuque dan Mark Williams. Adapun para pemeran dari serial yang sudah mencapai season 4 ini adalah Jason Bateman dan Laura Linney.

Keduanya berperan sebagai suami istri bernama Marty dan Wendy Byrde. Mereka pindah ke Danau Ozarks untuk melakukan pencucian uang.

Tak hanya sebagai pemain, dalam serial ini Jason Bateman juga berperan sebagai sutradara merangkap produser eksekutif. Serial Ozark mendapatkan penerimaan yang baik dari para penonton.

Serial ini juga menerima banyak pujian, khususnya untuk penyutradaraan serta akting para pemain utamanya. Nah, mau tahu lebih banyak tentang Ozark? Cek faktanya di sini!

Baca juga: Sinopsis & Review Ozark S1, Pencucian Uang Kartel Narkoba

1. Seharusnya Jason Bateman Jadi Sutradara Utama di Season 1

Seharusnya Jason Bateman Jadi Sutradara Utama di Season 1

Para penonton mungkin hanya berpikir kalau Jason Bateman di audisi untuk jadi tokoh utama, Marty Byrde. Namun sebenarnya dia tertarik untuk menjadi sutradara season 1. Sayangnya, karena terjadi konflik pada penjadwalan, maka Jason hanya menyutradarai 2 episode pertama dan 2 episode terakhir saja.

Selain itu, awalnya Jason Bateman tidak tertarik untuk terlibat dalam serial ini sebagai pemain. Namun karena dijanjikan menjadi sutradara, dia pun akhirnya bergabung di serial Ozark.

2. Syuting Lebih Banyak Dilakukan di Atlanta

Syuting Lebih Banyak Dilakukan di Atlanta

Meski rencana awalnya pengambilan gambar akan dilakukan di daerah Danau Ozarks, Missouri, namun ternyata sebagian besar pembuatan film untuk serial ini dilakukan di Atlanta, Georgia. Pemilihan Georgia didasarkan pada tawaran keringanan pajak yang diberikan oleh negara bagian Georgia.

Beberapa tempat di Atlanta yang menjadi lokasi syuting adalah Danau Lanier dan Danau Allatoona. Kedua danau ini jadi tempat pengambilan gambar pemandangan air.

Di Danau Allatoona terdapat The Blue Cat, sebuah hotel dengan bar dan restoran yang menjadi tempat Marty Byrde melakukan pencucian uang.

Tempat lain adalah Little River Marina di Lake Allatoona. Tempat ini digunakan untuk pengambilan gambar interior dan eksterior selama beberapa episode pertama.

Beberapa lokasi syuting Ozark yang berada di Lake Allatoona lainnya adalah Victoria Harbour Marina, Williamson Bros. Bar-B-Q, Jones Bridge Park, dan restoran Silver Skillet.

Sementara itu Chateau Elan digunakan sebagai kediaman mewah karakter Calmido Del Rio atau biasa dipanggil Del oleh Marty. Tempat lain yang banyak digunakan untuk pengambilan gambar interior adalah Eagle Rock Studios yang berada di Kota Atlanta.

3. Wendy Byrde Bukan Sekedar Istri

Wendy Byrde Bukan Sekedar Istri

Awalnya, Laura Linney tak tertarik untuk berperan dalam serial ini ketika ditawari peran sebagai Wendy Byrde. Yang membuat dia berubah pikiran Jason Bateman. Ketika tahu Jason ikut dalam serial ini, dia pun berubah pikiran. Dia ingin melihat bagaimana akting Jason di sini.

Hal lain yang menarik adalah Laura sudah membuat kesepakatan dari awal dengan tim produser serial Ozark. Dirinya mau berperan sebagai Wendy hanya jika karakter Wendy lebih dari sekadar istri.

Jason Bateman yang merupakan salah satu produser menyetujui ide tersebut. Maka, karakter Wendy Byrde pun digambarkan memiliki banyak kompleksitas dan kekuatan.

4. Julia Garner Tak Mengira Bisa Dapat Peran Ruth Langmore

Julia Garner Tak Mengira Bisa Dapat Peran Ruth Langmore

Julia Garner mendapatkan kejutan yang menyenangkan saat dia mengikuti audisi untuk peran Ruth Langmore. Dia melakukan audisi di sebuah kantor audisi kecil di Kota New York.

Di tempat itu dia bisa mendengar para aktris lain melakukan audisi untuk peran tersebut. Saat giliran dia tiba, Julia diminta untuk menggunakan aksen Missouri. Untungnya dia pernah menggunakan aksen ini di film sebelumnya.

Sempat berpikir kalau audisinya gagal, ternyata Julia Garner malah mendapatkan telepon seminggu kemudian. Dia diberitahu kalau dirinya mendapatkan peran Ruth Langmore.

5. Jason Bateman Memakai Sneaker Favoritnya di Ozark

Jason Bateman Memakai Sneaker Favoritnya di Ozark

Tiap orang setidaknya mempunyai satu merek barang yang mereka gunakan ataupun beli tanpa memedulikan berapapun harganya. Barang-barang itu bisa jadi berupa pakaian, aksesoris atau sepatu olahraga.

Jason Bateman memiliki sneaker kesukaannya, yaitu New Balance. Penonton Ozark akan menyaksikan karakter Marty Byrde mengenakan merek sepatu olahraganya, New Balance.

Kolektor atau para penyuka sneaker pasti akan melihat sepatu ini dalam film juga acara TV lain yang dibintangi oleh Jason Bateman sebelumnya. Ini karena Jason selalu memakai sepatu dengan logo NB tersebut.

Dia mengenakan sepatu itu di mana-mana, di tempat kerja, bahkan di lokasi syuting. Dalam serial Ozark, dia memilih untuk mengenakan New Balance M1400DM dengan warna 'Militer Gelap'. Tampaknya model ini dibuat khusus untuk toko retail asal Amerika, J.Crew.

6. Bateman Sedih Harus Membunuh Beberapa Karakter

Bateman Sedih Harus Membunuh Beberapa Karakter

Akhirnya ada seorang produser TV yang mengerti perasaan para penonton. Kematian karakter yang mengejutkan dalam sebuah serial tak hanya membuat penonton terpaku dengan tontonannya tapi juga membuat mereka sedih.

Para penonton merasa kehilangan ketika beberapa karakter harus pergi dari layar televisi. Rupanya Jason Bateman juga merasakan hal yang sama.

Mungkin Jason Bateman adalah salah satu dari sedikit produser yang secara terbuka mengakui kalau dia paling tidak suka saat harus melakukan tindakan ini.

Membunuh karakter dalam serial drama akan tetap membuat serial jadi menarik dan tidak bisa diprediksi walaupun membuat sedih penonton.

7. Blue Cat Aslinya Sebuah Restoran

Blue Cat Aslinya Sebuah Restoran

Salah satu lokasi syuting serial Ozark yang paling terkenal adalah Blue Cat. Tempat ini merupakan bisnis pertama keluarga Byrde sesudah mereka pindah ke Ozark.

Aslinya, Blue Cat yang terkenal tersebut adalah sebuah restoran. Nama asli restoran ini adalah The Little River Sports Bar and Grill. Restoran ini berlokasi di Danau Allatoona.

Perusahaan yang memproduksi serial ini diperbolehkan untuk menambahkan beberapa bangunan, seperti kolam renang, area piknik, dan kabin yang dipakai untuk kebutuhan set.

Izin ini diperoleh karena perusahaan produksi dan pemilik restoran melakukan kerja sama berupa perjanjian sewa-menyewa.

8. Ozark Dipilih Karena Bill Dubuque Pernah Bekerja di Alhonna Resort and Marina

Ozark Dipilih Karena Bill Dubuque Pernah Bekerja di Alhonna Resort and Marina

Lokasi serial Netflix ini tidak dipilih secara kebetulan. Faktanya ternyata sang produser serial Ozark, Bill Dubuque, memiliki memori yang sangat baik tentang tempat ini.

Dulu Bill pernah bekerja di Alhonna Resort and Marina yang terletak di Missouri ketika dia masih berkuliah pada tahun 1980-an.

Pastinya Bill mengetahui seluk-beluk tempat ini sehingga dia bisa merencanakan sebuah skenario sampai detail terakhir.

Jadi, Meskipun adegan sebenarnya difilmkan di Atlanta, perencanaan skenario serta model set-nya diambil dari bangunan dan gedung yang berada di Danau Ozark, Missouri. Di daerah ini juga Bill mendapatkan inspirasi untuk penginapan Blue Cat yang muncul di season 1.

9. Peter Mullan Dipilih Secara Khusus

Peter Mullan Dipilih Secara Khusus

Jason Bateman ternyata mempunyai beberapa aktor yang dia kagumi. Salah satu aktor itu adalah Peter Mullan asal Skotlandia. Selain dikenal sebagai aktor yang garang, dia juga adalah seorang penulis dan sutradara. Dia dikenal setelah berperan dalam My Name is Joe, Children of Men, juga Westworld.

Setelah menyaksikan Peter berperan di Top of the Lake, Jason Bateman ngebet ingin Peter ikut main di Ozark. Dia dan pembuat serial Ozark secara agresif mengejar Peter, bahkan sebelum naskah serial ini selesai dibuat.

Yang sangat menarik adalah ketika Jason dan pembuat serial ini menghubungi Peter, mereka tak memiliki dialog untuk Peter di skenario tersebut. Ketika Peter menerima tawaran untuk berperan sebagai bandar narkoba lokal, mereka pun sangat berterima kasih.

10. Pesan dalam Pesan

Pesan dalam Pesan

Sebagai penonton, tentunya kita akan senang jika berhasil menebak pesan tersembunyi dalam sebuah tontonan. Kita akan sangat bangga dengan penemuan kita tersebut.

Penggemar serial Ozark pasti sudah hafal dengan adegan pembuka yang menampilkan huruf O dengan empat simbol di bagian tengahnya.

Namun tidak banyak penonton yang menyadari bahwa simbol di dalam huruf O tersebut sebenarnya berbentuk huruf Z, A, R, K. Selain itu, simbol tersebut juga memprediksi beberapa hal yang akan muncul di episode berikutnya.

Itulah 10 fakta tentang serial Netflix Ozark yang sukses meraih 32 nominasi Primetime Emmy Award. Dua di antara nominasi tersebut adalah untuk kategori Outstanding Drama Series.

Jason Bateman memenangkan kategori Outstanding Directing for a Drama Series di tahun 2019. Dia juga mendapatkan 2 nominasi Golden Globe Award untuk the Best Actor – Television Series Drama.

Sementara Julia Garner sukses meraih dua kali penghargaan secara berturut-turut untuk kategori Outstanding Supporting Actress in a Drama Series di tahun 2019 dan 2020. Sayangnya, serial ini kini sudah selesai dengan berakhirnya season 4 part 2.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram