logo web

11 Fakta Menarik Film Shang-Chi and the Legend of the 10 Rings

Ditulis oleh Siti Hasanah

Shang-Chi merupakan film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama yang super hero-nya berasal dari Asia. Karakter Shang-Chi diperankan oleh Simu Liu. Shang-Chi adalah seorang master kung fu.

Di film ini diceritakan Shang-Chi bertahun-tahun berusaha untuk menjauhkan diri dari organisasi kriminal ayahnya yang bernama Ten Rings. Namun, akhirnya dia harus menghadapi iblis di masa lalunya.

Mungkin kehadiran Shang-Chi sang master kung fu di film MCU mungkin masih baru, tapi di Komik Marvel, sang master kung fu ini sudah ada sejak lama.

Pertama kali Shang-Chi muncul di Special Marvel Edition #15 pada Desember 1973. Masih banyak fakta lain seputar superhero Asia dari Marvel ini. Inilah 10 fakta Shang-Chi and the Legend of the 10 Rings.

1. Budget Filmnya Lebih Kecil Dibandingkan Film MCU yang Lain

Bujet Filmnya Lebih Kecil Dibandingkan Film MCU yang Lain

Pembuatan film Shang-Chi hanya menghabiskan $150 juta. Bujet ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan film MCU yang lain. Yang bisa menyaingi bujet Shang-Chi adalah film Captain America: The First Avenger, Ant-Man dan The Incredible Hulk.

Ada beberapa alasan mengapa bujet film Shang-Chi tidak besar. Pertama, film ini tidak menggunakan bintang-bintang tenar Hollywood. Ini berarti Marvel Studios tak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membayar pemain.

Marvel Studios tidak harus membayar sekitar $60 juta lebih untuk salah satu bintangnya, seperti yang mereka lakukan pada Robert Downey Jr. ataupun Scarlett Johansson.

Selain itu, film Shang-Chi juga menerima insentif pajak sebesar $50 juta dari pemerintah Australia karena film tersebut pengambilan gambarnya dilakukan di Australia.

2. Shang-Chi Diusulkan Tampil di The Avengers

Shang-Chi Diusulkan Tampil di The Avengers

Tahukah kamu ternyata kemunculan Shang-Chi dalam Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings bukanlah kemunculan pertamanya di Marvel Cinematic Universe? Faktanya, karakter Shang-Chi pernah diusulkan untuk jadi bagian dari The Avengers yang dirilis tahun 2012.

Mantan presiden perusahaan media China DMG Entertainment, Chris Fenton, berbicara dalam bukunya yang berjudul "Feeding the Dragon” tentang Shang-Chi. Ternyata Marvel Studios pernah mengajukan sebuah ide kepada DMG.

Sebagai imbalan atas pembiayaan, menurut situs hiburan Bleeding Cool, DMG bisa membuat adegan pasca-kredit khusus untuk "The Avengers" yang tayang di China.

Adegan tersebut akan digunakan untuk memunculkan karakter potensial. Saat itu pilihannya antara Mandarin atau Shang-Chi. Tim Chris Fenton merasa Shan-Chi adalah pilihan yang tepat karena dia orang baik dan seorang pahlawan.

Adapun Mandarin adalah karakter jahat yang jadi musuh Iron Man. Tim ini juga memikirkan reaksi 'Kementerian Propaganda’ Cina ketika melihat adegan ini.

Sayangnya, kemudian muncul konflik sehingga adegan ini tidak bisa diwujudkan. Akan tetapi, ide tadi merupakan indikator awal kemunculan Shang-Chi di MCU.

3. Tiga Pemeran di Film Shang-Chi Pernah Muncul di Crazy Rich Asians

Tiga Pemeran di Film Shang-Chi Pernah Muncul di Crazy Rich Asians

Tiga pemeran di film Shang-Chi ternyata pernah bermain bareng dalam film Crazy Rich Asian. Penonton yang pernah menyaksikan film fenomenal Asia yang dirilis tahun 2018 ini pasti akan ingat dengan Awkwafina yang berperan sebagai Peik Lin, teman eksentrik Rachel Chu.

Di film Shang-Chi, dia berperan sebagai Katy, sahabat Shang-Chi semenjak SMA. Ada juga Michelle Yeoh. Di Crazy Rich Asians dia berperan sebagai Eleanor Young, ibu dari Nicholas Young yang sangat intimidatif.

Di Shang-Chi pun dia memerankan sosok keibuan dengan berperan sebagai Ying Nan. Dia adalah bibi Shang-Chi dan Xialing.

Yang terakhir adalah Ronny Chieng. Di film Crazy Rich Asians dia berperan sebagai Edison Cheng, sepupu Nicholas Young yang sangat peduli dengan citranya. Dalam film Shang-Chi, dia berperan sebagai Jon Jon yang merupakan tangan kanan Xialing.

4. Tony Leung Membuat Kevin Feige Speechless

Tony Leung Membuat Kevin Feige Speechless

Tony Leung merupakan mega bintang asal Hongkong yang serba bisa. Dia terkenal karena perannya dalam film klasik romantis yang berjudul In The Mood For Love serta Infernal Affairs, yang menjadi dasar untuk pembuatan remake The Departed.

Shang-Chi merupakan film Hollywood pertama Tony Leung. Orang yang sangat senang dengan kehadiran Tony Leung itu adalah Kevin Feige. Sang produser Marvel mengatakan bahwa dia merasa beruntung karena Tony Leung memilih mereka.

Feige sangat tergila-gila dengan aktor Hong Kong tersebut sampai-sampai dia tak bisa berkata apa-apa ketika pertama kali berjumpa. Dia mengatakan kalau Tony Leung adalah "bintang dunia yang langsung dikirim dari langit."

5. Kecelakaan Bus Itu Benar-Benar Terjadi

Kecelakaan Bus Itu Benar-Benar Terjadi

Untuk yang belum menonton film Shang-chi, kamu bisa menyaksikan trailer-nya. Di situ terdapat adegan saat Shang-Chi berkelahi di dalam bus. Saat Katy berusaha untuk mengerem bus, bus itu menabrak truk dan mengakibatkan banyak mobil yang rusak.

Salah satu pengguna grup Facebook Subtle Asian Trait, mengunggah video di balik layar adegan kecelakaan bus tersebut.

Video itu membuktikan bahwa adegan itu nyata dan bukan karya CGI. Tak mengherankan jika adegan khusus ini menerima pujian dari penggemar dan kritikus.

6. Shang-Chi Hampir Memiliki Adik Laki-Laki

Shang-Chi Hampir Memiliki Adik Laki-Laki

Karena Shang-Chi fokus pada cerita tentang hubungan dengan keluarga Shang-Chi, salah satu bagian yang sangat menarik dari film ini yaitu reuni Shang-Chi dengan saudara perempuannya. Xu Xialing merupakan saudara perempuannya yang terasing.

Namun, sebenarnya Shang-Chi tidak direncanakan untuk mempunyai saudara perempuan. Pada perkembangan ceritanya, sebenarnya dia pernah akan mempunyai seorang saudara laki-laki.

Destin Daniel Cretton, sang sutradara, mengatakan bahwa ide saudara laki-laki lebih dipengaruhi oleh cerita dari buku komik Shang-Chi.

Tak hanya berhenti di situ, dalam diskusi pengembangan awal, sang sutradara juga memiliki ide yang lebih liar. Dia mengubah karakter saudaranya menjadi seperti monster.

7. Shang-Chi Tidak Mempunyai Kekuatan Super

Shang-Chi Tidak Mempunyai Kekuatan Super

Mungkin Shang-Chi adalah tokoh superhero Marvel. Akan tetapi, sebenarnya, dia tidak mempunyai kekuatan super. Tidak ada serum super soldier, gigitan laba-laba radioaktif, maupun paparan gamma yang terjadi pada Shang-Chi. Dia hanya berlatih seni bela diri untuk waktu yang lama.

Lagi pula, Shang-Chi memang tidak butuh kekuatan super. Sebagai master kung fu terhebat, Shang-Chi dapat bertahan melawan superhero, makhluk bermutasi gamma juga dewa, termasuk Ares yang merupakan Dewa Perang Yunani.

Tak hanya itu, Shang-Chi juga mampu mengelak, menangkis, serta menangkap peluru yang berasal dari senapan mesin. Bahkan Shang-Chi mampu menghasilkan kecepatan serta kekuatan manusia super hanya dengan cara memusatkan perhatian pada chi-nya sendiri.

8. Shang-Chi Merupakan Superhero Asia Pertama Marvel

Shang-Chi Merupakan Superhero Asia Pertama Marvel

Kalau kamu pengikut setia film-film MCU, pasti kamu akan ingat kalau di film-film tersebut pernah muncul beberapa karakter Asia, misalnya saja karakter Wong dari Doctor Strange.

Ada juga Ned dari seri Spiderman. Namun, Shang-Chi merupakan pemeran utama dalam film superhero Asia Marvel dan itu baru pertama kali terjadi. Karakter Shang-chi ini diperankan oleh Simu Liu.

Menurut situs CBR, template untuk karakter Shang-Chi adalah Bruce Lee. Pada sekitar tahun 80-an, awalnya mendiang Stan Lee, penulis komik Marvel, menginginkan Brandon Lee, putra Bruce Lee, untuk memerankan karakter Shang-Chi.

Namun, akibat kecelakaan yang merenggut nyawa Brandon, dia tidak pernah mempunyai kesempatan untuk memerankan karakter tersebut. Menurut penerus Stan Lee di Marvel, Roy Thomas, Shang-Chi dirancang khusus untuk tampak dan terasa seperti Bruce Lee.

9. Pemeran Waipo Merupakan Gadis Bond Cina Pertama

Pemeran Waipo Merupakan Gadis Bond Cina pertama

Waipo adalah salah satu karakter di film Shang-Chi. Dia merupakan nenek dari karakter Katy yang diperankan oleh Awkwafina.

Karakter yang diperankan oleh Tsai Chin ini mungkin merupakan karakter minor dalam film tersebut. Namun Tsai Chin adalah dia seorang aktris legendaris memiliki banyak pengalaman pertama.

Tsai Chin pernah menjadi gadis Bond Cina pertama. Dia membintangi 2 film James Bond, yaitu You Only Live Twice (1967) serta Casino Royale (2006). Tsai Chin juga merupakan siswa asal Tionghoa pertama di Sekolah Drama Rada London.

Selain itu, dia juga merupakan aktris Tionghoa pertama dalam pertunjukan West End. Film Tsai Chin yang populer lainnya adalah The Joy Luck Club dan Memoirs of A Geisha.

10. Untuk Perannya, Awkwafina Belajar Memanah

Untuk Perannya, Awkwafina Belajar Memanah

Awkwafina yang berperan sebagai Katy di film Shang-Chi. Walaupun karakternya tidak mempunyai kekuatan atau cincinnya sendiri, Katy terlihat cukup antusias dengan panahan.

Salah satu adegan ketika Katy menggunakan busur dan anak panah dalam film itu adalah ketika dia dan grupnya membela Ta Lo dari Penghuni dalam Kegelapan. Awkwafina mengatakan kalau sebenarnya dia belajar memanah khusus untuk mempersiapkan adegan tersebut.

11. Bekerjasama dengan Kingsley Menjadi Puncak Karir Sang Sutradara

Bekerjasama dengan Kingsley Menjadi Puncak Karir Sang Sutradara

Destin Daniel Cretton, sang sutradara begitu tergila-gila dengan Ben Kingsley setelah keduanya berbicara di telepon. Rupanya hubungan keduanya berlanjut menjadi hubungan kerja di lokasi syuting dan selama proses produksi film tersebut.

Sang sutradara kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan kekagumannya pada sang aktor. Dia mengatakan bahwa menonton karya jenius ini merupakan hal terpenting dalam hidupnya.

Walaupun sudah jelas aktor Ben Kingsley tak memerlukan arahan apa pun, keduanya memperlihatkan kerja sama yang baik dan tim yang hebat.

Itulah 11 fakta Shang-Chi And The Legend Of The 10 Rings, film MCU yang memiliki karakter superhero Asia pertama. Karakter Shang-Chi sendiri banyak terinspirasi dari aktor juga master kung fu ternama, Bruce Lee.

Meski baru diperkenalkan di tahun 2021, karakter Shang Chi sebenarnya sudah jadi bagian dari MCU dalam komik Marvel. Apakah kamu juga termasuk yang berharap agar karakter Shang-Chi bergabung dengan karakter superhero MCU lainnya di film?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram