logo web

20 Film Adaptasi Komik Marvel Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Marvel Comics adalah perusahaan penerbitan komik yang didirikan pada tahun 1939 dengan nama Timely Publications. Kemudian di awal 1950an, berubah menjadi Atlas Comics. Lalu pada tahun 1961 berubah lagi menjadi Marvel Comics.

Dalam perjalanannya, Marvel Comics selalu bersaing dengan DC Comics dalam melahirkan dan mempopulerkan karakter-karakter superhero mereka masing-masing.

Di dunia perfilman Hollywood, Marvel sendiri terlambat untuk mengadaptasi komik-komiknya ke dalam film layar lebar, sedangkan DC Comics sudah lebih dulu sukses dengan film Superman dan Batman. Baru di akhir 1990an, film-film Marvel mulai eksis dan terus berkembang serta meraih kesuksesan yang lebih daripada saingannya.

Untuk itu, pada ulasan kali ini showpoiler.com akan mengulas 20 franchise film layar lebar terbaik produksi Marvel Studios. Apa sajakah film adaptasi komik Marvel terbaik tersebut?

1. Deadpool 

Deadpool-2016 (Copy)

Wade Wilson (Ryan Reynolds) adalah seorang mantan anggota Pasukan Khusus. Setelah mengambil pensiun dini, ia mengubah pekerjaannya menjadi seorang tentara bayaran. Ia merasa hidupnya jadi lebih mudah, bahkan ia bisa menghabiskan waktu dengan kekasihnya. Namun hidup Wade berubah berantakan.

Seorang ilmuwan jahat bernama Ajax (Ed Skrein) menangkap Wade dan mulai menyiksa juga membuatnya menjadi objek percobaannya sehingga ia berubah menjadi seorang yang ganas dengan selera humor mengerikan. Berhasil kabur, kini Wade yang sudah Deadpool memburu orang-orang yang menghancurkan hidupnya.

2. Daredevil 

Marvel’s Daredevil

Film yang diadaptasi oleh Marvel lainnya datang dari karakter Daredevil. Karakter ini muncul saat malam hari tiba dan dirinya merupakan pahlawan yang membalaskan kejahatan dengan tidak kenal ampun. Saat siang hari, Daredevil merupakan seorang pria biasa, bekerja sebagai seorang pengacara handal bernama Matt.

Matt sendiri adalah tunanetra, dalam kisahnya, hal tersebut disebabkan oleh kecelakaan kimia sewaktu ia masih kecil. Meski menjadi buta, Matt mendapat kekuatan pada keempat inderanya yang berfungsi secara tajam. Banyak musuh yang tidak suka dengan kehadiran Daredevil, salah satunya Bullseye (Colin Farrell).

3. Black Panther 

black panther-1_

Di tahun 2018, Marvel akhirnya mengangkat kisah salah satu pahlawannya yakni Black Panther. Sosok tersebut memiliki nama asli T’Challa, anak pertama dari Raja T’Chaka. Setelah Ayahnya meninggal, T’Challa kembali ke negara Wakanda, Afrika untuk naik takhta menggantikan T’Chaka menjadi Raja. 

Kehidupan di Wakanda begitu tenang, namun begitu musuh yang kuat tiba-tiba kembali karena mempertanyakan kelayakan T’Challa menjadi raja, seisi negara itu jadi kisruh. Kini T'Challa sebagai raja-dan-sebagai Black Panther harus terlibat dengan konflik besar yang membahayakan Wakanda juga dunia.

4. The Punisher 

The Punisher_Poster (Copy)

Frank Castle (Thomas Jane) merupakan seorang agen FBI yang aktif melawan kekerasan dan kasus kriminal besar. Ia memiliki hidup bahagia bersama keluarga kecilnya. Pada satu saat, gembong kriminal yang dipimpin oleh Howard Saint (John Travolta) menyerang Frank bersama keluarganya hingga istri dan anaknya tewas.

Begitu sembuh dari luka yang Frank alami, ia berubah dari seorang yang ramah menjadi orang berdarah dingin yang dikenal sebagai The Punisher. Karakter ini diperkenalkan Marvel sebagai antihero. Setelah menjadi sang ‘penghukum’, Frank yang ganas mulai memburu Howard dan orang-orang suruhannya.

5. Dr. Strange 

Dr. Strange_Poster (Copy)

Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) merupakan seorang ahli bedah syaraf yang kaya raya juga sangat terkenal namun sombong luar biasa. Semua yang ia bisa banggakan hilang seketika saat ia mengalami kecelakaan mobil. Hal itu membuat kedua tangannya cedera sehingga tidak berfungsi normal.

Dalam keadaan terpukul, ia terus mencari cara supaya bisa sembuh, mulai dari praktik operasi eksperimen hingga kekuatan magis. Kekuatan itu diberikan oleh seorang penyihir bernama Mordo di bawah kekuasaan Ancient One. Dr. Strange Stephen akhirnya dilatih supaya bisa sembuh dengan syarat yang mengubah hidupnya.

6. Ghost Rider 

Ghost Rider (2007)

Johnny Blaze (Nicolas Cage) merupakan seorang pemeran pengganti, ia selalu menggantikan seseorang yang harus menjadi pengendara motor handal. Sewaktu muda, Ayah Johnny menderita kanker ganas sehingga hidupnya tidak akan lama lagi, ia mencoba cara namun selalu gagal dan ia mulai hilang harapan.

Tanpa memikirkan konsekuensi, Johnny menjual jiwanya pada sosok Iblis bernama Mephistopheles. Johnny akhirnya mendapat apa yang ia mau, namun sebagai balasannya, ia harus menjadi kaki-tangan si Iblis bernama Ghost Rider untuk membawa neraka ke bumi, namun ia tidak mau sehingga muncul pertikaian.

7. Fantastic Four 

Fantastic Four (Copy)

Seorang ilmuwan bernama Reed Richards (Ioan Gruffudd) sedang membuat sebuah proyek eksperimen dengan menggunakan energi kosmik. Namun hal itu terbentur anggaran, sehingga ia membujuk mantan teman sekelasnya yang sombong, Victor von Doom (Julian McMahon). Victor pun setuju dan memulai proyeknya.

Setibanya di ruang angkasa, mereka berdua bersama astronot Ben Grimm (Michael Chiklis), seorang peneliti Sue Storm (Jessica Alba) dan pilot Johnny Storm (Chris Evans) mengalami kecelakaan fatal. Semua orang terpapar badai kosmik misterius, sehingga membuat mereka mendapatkan kekuatan super.

8. Ant-Man

Ant-Man (2015)_Poster (Copy)

Dr. Hank Pym (Michael Douglas) merupakan seorang ilmuwan, ia dikhianati oleh mantan anak didiknya, Darren Cross (Corey Stoll), sehingga ia diusir dari perusahaan miliknya sendiri. Untuk membongkar kejahatan Darren, Dr. Hank menyewa seorang pencuri ulung yang baru saja keluar dari penjara Scott Lang (Paul Rudd).

Scott menerima tawaran kerja itu karena membutuhkan uang untuk mengobati anak gadisnya yang sakit. Ia diminta untuk berubah menjadi Ant-Man oleh Dr. Hank dan dilatih untuk jadi pahlawan. Kostum yang Dr. Hank buat mampu merubah Scott menjadi seukuran semut, dengan begitu ia bisa leluasa menyelinap.

9. The Avengers

The Avengers 2012_Poster (Copy)

Seluruh negeri dibuat kacau ketika saudara Thor (Chris Hemsworth) yang jahat, Loki (Tom Hiddleston), mendapatkan akses untuk mendapatkan kekuatan tak terbatas dari kubus energi, Tesseract. Menanggapi hal tersebut, direktur SHIELD, Nick Fury (Samuel L. Jackson), memulai upaya perekrutan pahlawan super.

Perekrutan tersebut berhasil dan membentuk satu tim bernama Avenger yang terdiri dari Iron Man (Robert Downey Jr.), Captain America (Chris Evans), Hulk (Mark Ruffalo), Thor (Chris Hemsworth), Black Widow (Scarlett Johansson), dan Hawkeye (Jeremy Renner). Mereka diminta untuk mengalahkan ancaman Loki.

10. X-Men

film trilogi terbaik_X-Men (Copy)

X-Men merupakan kumpulan anak-anak dengan kemampuan luar biasa yang dilatih untuk menggunakan kekuatan super mereka untuk digunakan sebagaimana mestinya. Seluruh anak di sini mendapatkan kekuatan itu sejak lahir karena mewarisi genetik yang unik dari para orang tua mereka turun-temurun.

Dipimpin oleh seorang Profesor bernama Charles Xavier (Patrick Stewart), anak-anak mulai bertumbuh kembang dan kekuatan yang dimiliki jadi semakin besar. Hal ini membuat resah orang banyak karena tidak ada yang menerima mereka apa adanya, sehingga pertempuran pun terjadi. Film X-Men sendiri sudah banyak versinya.

11. Guardians of the Galaxy

Guardians of the Galaxy Vol.2 (2017)

Peter Quill (Chris Pratt) dikenal sebagai petualang luar angkasa yang punya sense of humor buruk bahkan kadang membuat banyak pihak kesal padanya. Di satu kesempatan, Peter mencuri sebuah benda bernama Orb yang merupakan penampung Power Stone, salah satu dari enam Infinity Stone.

Orb tersebut sudah diincar oleh Ronan (Lee Pace), ini membuat Peter diburu besar-besaran. Guna mendapatkan bantuan, Peter pun bergabung dengan Rocket (Bradley Cooper) yang Groot (Van Diesel) yang menyerupai pohon, Gamora (Zoe Saldaña) yang penuh teka-teki, dan Drax (Dave Bautista) yang penuh dendam.

12. Iron Man

Iron Man (Copy)

Tony Stark (Robert Downey Jr.) merupakan seorang biliuner dan penemu jenius yang membuat banyak hal canggih sehingga dirinya terkenal. Dari banyak temuannya, Tony Stark membuat sebuah senjata yang hendak diuji coba. Naas, sekelompok teroris kaliber menculik Tony dan memaksanya membuat senjata lainnya.

Alih-alih membuat senjata, Tony Stork pun membuat perangkat lain yang tidak kalah dahsyat dari senjata yang diinginkan oleh para teroris. Perangkat itu adalah baju lapis baja dengan sistem kelas wahid, dengan perangkat itu, Tony Stark siap menjungkirbalikkan para penculiknya dan ia pun bisa bebas dari kurungan.

13. Captain America

Steve Roger (Chris Evans) dilahirkan dengan kondisi yang membuat dia kecil dan kurus kering, hal ini selalu membuat iba semua orang. Namun pada tahun 1941, ketika dunia sedang dalam pergolakan perang, Steve ingin sekali ikut bergabung membela negara, meski demikian pihak militer menolaknya karena perawakannya itu.

Mencari cara lain, Steve Roger pun mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan militer dengan syarat menjadi kelinci percobaan program eksperimen yang membuat para tentara menjadi lebih kuat. Eksperimen itu berhasil, sehingga Steve menjadi tentara super bernama Captain America yang siap berperang.

14. Spider-Man

Spiderman No Way Home_3 Spidey (Copy)

Film ini mengisahkan karakter bernama Peter Parker (Tobey Maguire), seorang mahasiswa yang hidupnya serba pas-pasan, cenderung kikuk, bahan rundung, dan segala kemalangan yang menimpanya. Satu kali, sekolah Peter mengadakan perjalanan edukasi ke sebuah lab dengan bermacam eksperimen.

Sebuah laba-laba kabur dari kandangnya dan segera menggigit Peter. Hal itu mengubah Peter secara genetis bahkan memberikan kekuatan super bak laba-laba. Ia bisa menempel di manapun. Peter yang mendapatkan kekuatan besar itu lantas bersumpah untuk menggunakan kemampuannya untuk memerangi kejahatan.

15. Blade

Blade (Copy)

Pada tahun 1967, seorang wanita yang tengah mengandung diserang oleh vampir hingga tewas, beruntung anak bayinya masih terselamatkan. Namun bayi tersebut mengalami kelainan, ia menjadi manusia setengah fana dan setengah abadi. Beranjak dewasa, ia pun berusaha mencari keberadaan para vampir.

Ia ingin membasmi semua vampir di dunia karena hendak menuntut balas dendam atas kematian ibunya. Dalam pengajarannya, ada sekelompok  vampir berteknologi modern yang sedang mencari golongan darah khusus guna memanggil dewa jahat yang berperan penting dalam rencana menghabisi umat manusia.

16. Thor

Thor

Odin (Anthony Hopkins) merupakan seorang Raja para Dewa Norse. Ia memiliki anak, salah satunya adalah Thor (Chris Hemsworth). Mengingat usianya yang semakin senja, ia pun akan segera mewarisi tahta Asgard pada Thor. Namun di hari penobatannya, Thor melakukan aksi brutal saat musuh para dewa datang ke istana.

Odin marah besar dan mengusir Thor ke bumi sebagai hukumannya. Melihat hal tersebut, adik dari Thor, Loki (Tom Hiddleston) memanfaatkan kesempatan untuk merencanakan kejahatan di Asgard, dan hendak memimpin sebagai Raja. Mengetahui hal itu Thor berusaha kembali ke Asgard untuk menghentikannya.

17. Hulk

anggota illuminati marvel_Hulk_

Sebuah penelitian eksperimen yang dilakukan oleh seorang peneliti genetika, David Banner (Nick Nolte) untuk memperbaiki DNA manusia berakhir gagal. Ia malah terpapar radiasi gamma. Melanjutkan hidupnya, ia malah mewariskan DNA mutan kepada anaknya Bruce Banner (Eric Bana) membuatnya serba sulit.

Bruce menjadi punya kemampuan untuk bertransformasi menjadi makhluk hijau besar dengan kekuatan ekstra yang mampu membuat militer turun tangan. Kekasih Bruce, Betty (Jennifer Connelly) tahu tentang perubahan kekasihnya ini, namun dia tidak masalah mengingat Bruce berubah demi membela kebenaran.

18. The Eternals

The Eternals_Poster (Copy)

Pada zaman dahulu kala, hiduplah sepuluh makhluk kuat yang disebut Eternals. Mereka dikirim ke Bumi untuk melawan para perusak yang dikenal dengan nama Deviants. Seiring berjalannya waktu ke masa kini, para Eternals akhirnya tahu tujuan misi mereka hadir di bumi yakni mempersiapkan bumi untuk kuat melawan bahaya.

Bahaya tersebut datang dari makhluk langit yang masih ada hubungannya dengan para Deviants. Membutuhkan bantuan, sebagai dari Eternals kembali ke planet mereka untuk memperingatkan ancaman Deviants sedangkan yang lainnya tetap menjaga bumi. Pertikaian besar pun terjadi, siapa yang akhirnya menang?

19. The Marvels

captain marvel-4_

Vers (Brie Larson) merupakan seorang anggota Starforce di planet Hala. Ia menderita amnesia saat cedera dalam pertempuran antar galaksi antara bangsanya sendiri dengan bangsa Skrull. Vers pun langsung ditangkap oleh Skrulls dalam sebuah misi dan dibawa ke bumi. Ia hidup di bumi dengan banyak ingatan misterius.

Ia lantas bertemu dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson) pemimpin SHIELD yang mengetahui bahwa Vers memiliki identitas asli sebagai Carol Danvers. Nick membantu Vers untuk mengungkap apa yang terjadi tentang perang antar bangsanya dan Skrull, temuan itu malah membuat Vers mendapatkan kekuatan super.

20. Black Widow

black widow florence pugh

Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) dan Yelena Belova (Florence Pugh) yang merupakan mantan Black Widows bersatu untuk mengalahkan sebuah organisasi rahasia yang terlibat dalam pencucian otak terhadap banyak wanita muda dan mengendalikan mereka untuk dijadikan sebagai pembunuh bayaran sadis.

Saat melakukan penyelidikan, keduanya menemukan fakta bahwa pemimpin Red Room yakni Dreykov (Ray Winstone) masih hidup dan melanjutkan operasi mereka memanipulasi para Black Widow. Dengan bantuan rekan-rekan Natasha dan Yelena yang lain mereka bersatu untuk menjungkirbalikan Dreykov beserta Red Room.

Itulah beberapa franchise film produksi Marvel yang merupakan adaptasi dari komik-komik terbitan Marvel sendiri. Mayoritas superhero Marvel memiliki selera humor yang baik dan seperti bersahabat dengan anak-anak karena mereka juga tampil dengan warna-warna cerah.

Formula seperti ini sepertinya akan dipertahankan dan semoga saja tidak membuat bosan para moviegoers. Baiknya kita tunggu proyek-proyek film selanjutnya dari Marvel Studios. Dari daftar film adaptasi komik Marvel di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram