logo web

10 Film Indonesia Terbaru yang Diadaptasi dari Novel

Ditulis oleh Sera Serinda A

Ide cerita dalam sebuah film bisa berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah novel. Dalam dunia perfilman, proses ini dikenal dengan istilah "enkrasi," yaitu proses mengangkat cerita dari novel ke dalam bentuk audio visual atau film.

Banyak sineas dan rumah produksi yang mengadaptasi kisah-kisah dari novel ke layar lebar, termasuk di Indonesia. Genre yang disuguhkan pun beragam, mulai dari romantis, komedi, misteri, thriller, hingga biografi.

Berikut ini kami sajikan deretan film adaptasi novel Indonesia terbaru apa saja yang wajib ditonton. Untuk mengetahuinya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

1. The Architecture of Love

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Nicholas Saputra Putri Marino
Selengkapnya →

Diangkat dari novel berjudul sama karya Ika Natassa, The Architecture of Love mengisahkan tentang pertemuan tak terduga dari seorang penulis dan arsitek asal Indonesia di kota New York.

Di tengah perjuangannya melawan writer's block, Raia (Putri Marino) memutuskan untuk mencari inspirasi di New York. Ia tinggal bersama sahabatnya, Erin, dan menjelajahi setiap sudut kota ini sambil berharap menemukan kisah yang menanti untuk dituangkan dalam karyanya.

Suatu malam, Raia bertemu dengan River (Nicholas Saputra), seorang pria yang berprofesi sebagai arsitek asal Jakarta. Keduanya perlahan menjalin persahabatan karena sering bertemu.

Namun ketika perasaan mereka berkembang, perilaku River mulai berubah. Pria itu rupanya menyembunyikan luka di masa lalu yang mengubahnya menjadi pribadi yang sekarang ini. Tapi siapa sangka, Raia hanya menetapkan perasaan pada River, tanpa menyadari bahwa ada pria-pria lain yang juga menginginkannya.

2. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Zee JKT48 Arbani Yasiz
Selengkapnya →

Ancika Mehrunisa Rabu adalah siswi SMA berusia 17 tahun yang terpaut usia cukup jauh dari Dilan, yang di tahun 1995 ini, sudah menjadi seorang mahasiswa. Pertemuan pertama keduanya di ulang tahun Kakek Ancika tidak meninggalkan kesan baik pada Ancika yang tidak suka dengan rumor tentang Dilan sebagai mantan anggota geng motor.

Anehnya setelah pertemuan ini, keduanya jadi kerap bertemu dalam berbagai situasi dan tanpa sadar, Acika serta Dilan pun perlahan jadi membangun hubungan pertemanan. Sejak awal sudah tertarik, Dilan berusaha dengan berbagai cara untuk menaklukkan hati pujaan hati barunya itu yang memiliki kepribadian jauh berbeda dari sang mantan kekasih.

Meski secara umur lebih muda, Ancika ternyata memiliki sifat yang sangat dewasa dan mandiri. Yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa Ancika tidak suka dengan konsep berpacaran. Lalu, akan seperti apa cara Dilan untuk mendapatkan hati Ancika?

Penggemar pasti sudah tahu kalau film ini merupakan sekuel dari kisah Dilan. Ia juga masih diadaptasi dari salah satu novel karya Pidi Baiq berjudul Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 yang terbit di tahun 2021.

3. Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Aghniny Haque
Selengkapnya →

Terlepas dari kontroversi PSK, mengetahui mengapa seorang individu memutuskan untuk menjalani profesi tersebut akan membuat kita bersimpati pada mereka. Tampaknya inilah benang merah yang ingin diperlihatkan Hanung Bramantyo dalam film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, yang diangkatnya dari novel karya Muhidin M. Dahlan.

Sebelum menjadi simpanan dan pelacur kelas atas, Kiran punya mimpi besar. Ia sangat ingin lulus, terutama karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Suatu hari, Kiran mendapat telepon dari Abu Darda, seorang ulama dan panutan di kelompok jemaahnya. Abu Darda menawarkan untuk menikahi Kiran dan mendukung keluarganya.

Kiran terharu dan menerima tawaran tersebut. Namun, ia segera mengetahui bahwa Abu Darda sudah memiliki dua istri. Abu Darda mengatakan bahwa dia telah menghubungi orang tua Kiran untuk mengatur pernikahan. Kiran merasa terkejut dan dikhianati, percaya bahwa Abu Darda telah melangkahi dan mengingkari janjinya.

Namun Abu Darda malah memutarbalikkan fakta dan menuduh Kiran menyebarkan kebohongan. Tuduhan ini mengubah hidup Kiran secara drastis. Dari murid pendakwah terbaik, ia menjadi buronan dan dicap sebagai musuh oleh para pemuka agama. Kisah perubahan hidup Kiran pun berubah sejak itu.

4. 172 Days

Tahun Rilis 2023
Genre ,
Sutradara
Pemeran Yasmin Napper Bryan Domani
Selengkapnya →

Film 172 Days mengisahkan perjalanan hijrah dan cinta dari Zira yang awalnya tumbuh di lingkungan jauh dari ajaran agama. Ia sering terlibat dalam kehidupan pesta, minuman keras, serta narkoba bersama teman-temannya.

Perubahan drastis dalam hidupnya dimulai ketika Zira memutuskan untuk berhijrah dan ingin mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Saat suatu hari menghadiri kajian, ia lalu bertemu dengan Amer Azzikra.

Perhatian Amer pada perubahan Zira pun mengarah pada proses ta'aruf dan pernikahan. Mereka membangun kehidupan pernikahan yang bahagia, saling mencintai, dan saling mendukung. Namun, kebahagiaan itu terhenti ketika Amer ternyata didiagnosis menderita penyakit kritis dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Mampukah Zira melalui semua cobaan ini?

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Nadzira Shafa, istri dari mendingan Amer Azzkira. Ya, kisah ini ditulis berdasarkan kisah nyata yang terjadi antara Zira dan putra dari mendiang Ustadz Arifin Ilham tersebut.

5. 24 Jam Bersama Gaspar

Tahun Rilis 2024
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Shenina Cinnamon Laura Basuki Kristo Immanuel
Selengkapnya →

Dibintangi banyak seleb ternama, 24 Jam Bersama Gaspar adalah film yang diangkat dari novel fiksi misteri berjudul sama karya Sabda Armandio tahun 2017. Karena ceritanya menarik, sutradara Yosep Anggi Noen pun percaya diri mengangkat kisah ini ke layar kaca, bahkan Netflix akan menjadi platform resmi yang pertama kali menyiarkan film ini.

Kisahnya berkutat pada seorang detektif bernama Gaspar. Setelah divonis memiliki kelainan posisi jantung, Gaspar hanya punya waktu 24 jam untuk bertahan hidup. Sang detektif kini berupaya untuk memecahkan misteri teman masa kecilnya, Kirana, yang tiba-tiba menghilang saat mereka masih anak-anak.

Penyelidikannya pun tertuju pada seorang pemilik toko perhiasan Bernama Wan Ali, yang tidak lain adalah ayah Kirana sendiri. Tak disangka, kasus ini punya skala yang sangat besar karena rupanya Wan Ali merupakan bagian dari sindikat perdagangan manusia.

Dengan penuh amarah, Gaspar pun berencana untuk melakukan sebuah perampokan pada toko Wan Ali, sebagai ajang balas dendam atas hilangnya sang sahabat.

Sri (Mikha Tambayong) hanya hidup bersama ayahnya yang sakit-sakitan. Di tengah keterbatasan ekonomi, Sri menerima tawaran pekerjaan dari keluarga Atmodjo sebagai asisten rumah tangga dengan gaji yang sangat tinggi. 

Sri tidak sendiri, ada dua perempuan lainnya yang dipekerjakan oleh keluarga tersebut, yaitu Erna dan Dini. Ketiganya kemudian diantar ke sebuah gubuk tua di pedalaman hutan. Di sana, mereka bertugas untuk memandikan Della Atmodjo (Gisellma Firmansyah), cucu dari Karsa Atmodjo (Karina Suwandi), yang terkena kutukan Sewu Dino.

Ketiga gadis itu baru menyadari bahwa mereka ternyata dijebak untuk berada di sana. Namun sayang, ketiganya tidak bisa kabur karena sudah terikat perjanjian mistis yang mengancam nyawa mereka.

Film ini sendiri diangkat dari sebuah cerita yang viral di media sosial karya SimpleMan, dan digarap menjadi sebuah film dengan arahan sutradara Kimo Stamboel, dan penulis naskah Agasyah Karim.

7. Bismillah Kunikahi Suamimu

Tahun Rilis 2023
Genre
Sutradara
Pemeran Rizky Nazar Mikha Tambayong Syifa Hadju
Selengkapnya →

Tayang di tahun 2023, film yang diadaptasi dari kisah sebuah novel karya Vyntiana Itari ini disutradarai oleh Benni Setiawan. Mengangkat judul yang sama dengan novel aslinya, Mikha Tambayong, Syifa Hadju, dan Rizky Nazar dipercaya untuk memerankan para tokoh utamanya

Cerita bermula dengan kisah pernikahan Malik (Rizky Nazar) dan Hanna (Mikha Tambayong) yang bahagia. Mereka tengah menunggu kelahiran anak pertama mereka. Memastikan kandungannya sehat, keduanya sepakat untuk melakukan konsultasi kehamilan oleh dokter muda cantik bernama Cathy (Syifa Hadju).

Cathy sendiri ternyata sahabat SMA sekaligus mantan kekasih Malik; namun Hanna tidak terlalu memperdulikan hal itu, ia lebih mementingkan kesehatannya yang semakin menurun karena selama masa kehamilan Hanna ternyata mengidap kanker.

Tidak mau anaknya lahir tanpa ibu, Hanna pun meminta Malik menikah dengan Cathy sehingga ketiganya terlibat cinta segitiga yang rumit.

8. Gita Cinta dari SMA (2023)

Tahun Rilis 2023
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Prilly Latuconsina Yesaya Abraham Arla Ailani Chantiq Schagerl Abun Sungkar
Selengkapnya →

Pada tahun 1979, anak muda Indonesia dibuat kesengsem oleh novel karya Eddy D. Iskandar berjudul Gita Cinta dari SMA, sehingga di tahun yang sama cerita tersebut diangkat ke layar lebar oleh sutradara H. Arizal. Pada tahun 2023, Monty Tiwa tidak mau ketinggalan untuk membuat versi modern film tersebut dan merilisnya dengan judul yang sama.

Kisahnya tidak jauh beda dengan cerita dalam novel, dimana seorang gadis bernama Ratna (Prilly Latuconsina) baru saja pindah dari Indramayu ke Jakarta. Ia pun melanjutkan pendidikan SMA di sekolah barunya. Parasnya yang cantik dan humble membuat banyak orang ingin berteman dengan Ratna.

Satu waktu, Ratna bertemu dengan teman sekolahnya bernama Galih Rakasiwi (Yesaya Abraham). Galih adalah seorang siswa teladan namun karakternya dingin. Meski demikian Ratna jatuh hati pada Galih. Meski terlihat sulit untuk didekati, Ratna penasaran untuk berbicara dengan Galih dan ternyata mereka cocok hingga menjadi sepasang kekasih.

 

9. Panduan Mempersiapkan Perpisahan

Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Daffa Wardhana Lutesha
Selengkapnya →

Hubungan tanpa status bukanlah situasi yang menguntungkan, karena tidak ada komitmen yang mengikat sehingga salah satu bisa pergi begitu saja tanpa ada rasa bersalah. Hal ini yang terjadi pada pasangan Demetria (Lutesha Sadewa) dan Bara (Daffa Wardhana). Mereka menjalin hubungan itu bertahun-tahun.

Demetria atau Demi menjadi pribadi yang doyan sekali pergi secara misterius tanpa memberitahu Bara. Tidak ada kejelasan yang bisa Demi berikan pada Bara, padahal pria itu sangat mencintai Demi. Ia tidak bisa keluar dari hubungan tersebut karena terlanjur mencintai Demi sepenuh hatinya.

Lantas apa yang akan Bara lakukan untuk bisa berkomitmen dengan Demi? Kisah tersebut merupakan garis besar dari plot film berjudul Panduan Mempersiapkan Perpisahan karya Adriyanto Dewo. Ia mengangkat kisah tersebut dari novel karya Arman Dhani yang berjudul Eminus Dolere.

10. Dear Nathan: Thank You Salma

Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Amanda Rawles Jefri Nichol Ardhito Pramono Indah Permatasari
Selengkapnya →

Setelah beranjak dari SMA, Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) mulai melanjutkan pendidikan mereka ke bangku kuliah. Keduanya pun sibuk dengan rangkaian kegiatan akademis juga non-akademis. Di saat Salma mulai fokus pada kegiatan aktivisme sosial, Nathan malah sebaliknya.

Ia nekat turun ke jalan untuk ikut demonstrasi besar yang membahayakan. Salma yang mengetahui hal tersebut lantas mencoba untuk memperingati Nathan namun diabaikan hingga terjadi pertengkaran besar. Belum lagi Nathan kini dekat dengan seorang gadis lain bernama Zanna.

Zanna sendiri merupakan teman kuliah Nathan. Ia mendapat pelecehan seksual dari anggota MAPALA di kampus. Zanna berusaha untuk melaporkannya, namun Zanna tahu bahwa nantinya ia yang akan disalahkan karena pelaku merupakan anak dari dosen besar di kampusnya. Bagaimanakah Nathan akan menyikapi seluruh kejadian ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram