logo web

Inilah 5 Film Indonesia Terbaik yang Disutradarai Kimo Stamboel

Ditulis oleh Suci Maharani R

Kimo Stamboel mungkin menjadi nama sutradara, penulis skenario hingga produser film ternama di Indonesia. Pria kelahiran tahun 1980 ini sebenarnya sudah cukup banyak membantu berbagai projek film ternama di Indonesia.

Salah satu ciri khas dari sutradara Timo Stamboel, ia kerap membuat film horor yang memiliki unsur gore. Sebut saja Ratu Ilmu Hitam (2019) yang tidak hanya menegangkan tetapi juga memiliki banyak sekali adegan sadis yang menyeramkan.

Hal serupa juga ia praktekan dalam film Ivanna (2022), film horor yang kisahnya diambil dari novel karya Risa Saraswati.

Meski tidak terlalu sadis, tapi adegan-adegan gore ini berhasil membuat para penontonnya bergidik ngeri.

Kali ini Showpoiler akan mengajak kamu untuk menelisik, film-film apa saja yang pernah disutradarai oleh Kimo Stamboel. Sudah pada penasaran dong? Yuk, intip informasi lebih lengkapnya yang bisa kamu dapatkan hanya di bawah ini.

1. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Film pertama yang harus kita bahas, tentu saja ada Ratu Ilmu Hitam (2019) yang sukses bikin penonton Indonesia bergidik ngeri.

Dibintangi oleh sejumlah nama selebriti populer di Indonesia, sebut saja Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Ari Irham hingga Adhisty Zara.

Tak hanya itu, Kimo Stamboel benar-benar membuat seluruh setnya dilengkapi dengan properti dan setting yang mengerikan.

Filmnya sendiri mengisahkan tiga keluarga yang berkunjung ke panti asuhan tempat mereka tumbuh. Awalnya mereka hanya ingin mengunjungi pengasuh panti, yaitu pak Bandi yang sakit keras.

Siapa sangka bahwa kehadiran mereka di sana malah membawa berbagai teror ilmu hitam dari seseorang yang dendam kepada mereka.

Kesuksesan Ratu Ilmu Hitam (2019) memang membahagiakan bagi Kimo Stamboel. Tapi dibalik semua ini, ada kisah unik saat Kimo Stamboel merasa gugup bekerjasama dengan Joko Anwar.

Sang sutradara mengaku tegang, ketika mengetahui Joko Anwar menjadi penulis skenario filmnya. Ia merasakan ada banyak pressure, tapi untungnya Joko Anwar kerap memberikannya semangat dan masukan.

2. Ivanna

Ivanna

Film selanjutnya yang akan kita bahas adalah Ivanna (2022), film garapan Kimo Stamboel yang digadang-gadang sukses dipasaran.

Film yang diproduksi oleh MD Entertainment ini, memang spin off dari Danur Universe yang yang wajib banget kamu tonton. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh nama-nama yang tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya.

Ivanna (2022) memang agak berbeda dengan kebanyak film horor lainnya, karena sentuhan gore Kimo Stamboel bikin penonton bergidik ngeri.

Meski tidak ekstrim seperti film Ratu Ilmu Hitam (2019), hanya sentuhan ini bikin filmnya khas Kimo Stamboel banget. Apalagi gaya storytelling yang dipilih oleh Kimo Stamboel juga bisa dikatakan baru dan sangat cerdik.

Adapun Ivanna (2022) mengisahkan pengalaman Ambar dan adiknya yang bernama Dika, saat mereka tinggal di Panti Jompo di Bandung.

Siapa sangka mereka akan berhadapan dengan sosok hantu gadis Belanda yang dendam terhadap pribumi.

Ambar dan seluruh orang yang tinggal di panti jompo, harus berusaha menyelamatkan nyawa mereka dari hantu Noni Belanda tanpa kepala itu.

3. DreadOut

DreadOut

DreadOut (2019) menjadi film bersimbah darah lainnya yang disutradarai oleh Kimo Stamboel. Fyi, film ini juga menjadi kerjasama pertama, bagi Kimo Stamboel dan Caitlin Halderman dalam sebuah film.

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh sederet selebriti muda seperti Jefri Nichol, Marsha Aruan, Irsyadillah, Susan Sameh dan Ciccio Manassero.

Adapun filmnya mengisahkan sekelompok anak SMA yang sedang membuat siaran langsung mengenai sebuah apartemen kosong.

Bermodal nekat, keenam anak ini tiba-tiba saja menemukan perkamen kuno yang terbuat dari kulit binatang. Ternyata hal ini malah menggiring mereka masuk ke gerbang neraka yang dipenuhi dengan hal-hal mengerikan.

Dibalik pembuatan film ini, ternyata Kimo Stamboel memang sudah tertarik dengan game DreadOut yang diulas oleh Youtuber bernama PweDiePie.

Ia merasa kisah ini sangat unik, karena siapa yang tidak akan menjerit saat melihat sosok pocong membawa celurit? Sejak saat itu ia semakin serius untuk menjadikan DreadOut sebagai sebuah film.

4. Jailangkung 3

Jailangkung 3
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror
  • Produksi: Sky Media, Legacy Pictures
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemeran: Titi Kamal, Dwi Sasono, Syifa Hadju, Muzakki Ramdhan

Jailangkung 3 (2022) menjadi salah satu film horor yang paling dinantikan oleh para penonton Indonesia. Dibintangi oleh Titi Kamal, Dwi Sasono, Syifa Hadju dan Muzakki Ramdhan, film garapan Kimo Stamboel ini kerap maju-mundur mengumumkan tanggal tayang.

Film garapan Sky Media dan Legacy Pictures ini memang bikin penasaran banget, karena kisah klasik ini akan digarap dengan formula yang berbeda.

Mengadaptasi folklor yang sudah sangat melegenda di Indonesia, tentu saja Kimo Stamboel merasa ada tekanan tinggi.

Makanya ia berusaha untuk membuat kisahnya terasa klasik, tetapi tidak akan membuat penontonnya bosan. Itulah kenapa ia berusaha meningkatkan unsur supranatural yang terjadi dalam satu keluarga yang terkena sial.

Adapun Jailangkung 3 (2022) mengisahkan liburan sebuah keluarga yang tiba-tiba mencekam, saat anak bungsu mereka menghilang.

Seluruh anggota keluarga berusaha untuk mencari keberadaan si anak bungsu, hingga mereka masuk ke sebuah desa asing.

Tidak ada jejak manusia di sana, tapi mereka menemukan sebuah Jailangkung yang membuat teror yang dialami semakin menggila.

5. Bunian

Bunian
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Horror
  • Produksi: Merah Production, Theater 14
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemeran: Ferry Tobing, Rinrin Marinka, Ananias Lukitoadi, Virra Dewi, Mitchell Hutabarat

Bunia (2004) menjadi film pertama bagi Kimo Stamboel untuk memulai karirnya sebagai seorang sutradara.

Film horor satu ini diproduksi oleh Merah Production dan Theater 14, yang secara perlahan akan membuat kamu merasa takut.

Film ini memang tidak dibintangi oleh selebriti terkenal, tapi Ferry Tobing dan Rinrin Marinka berhasil memberikan kengerian yang pas.

Sementara itu filmnya mengisahkan, Andra yaitu seorang mahasiswa jurnalistik di Sydney yang sedang mencari tempat tinggal.

Awalnya ia hidup dengan sangat baik, tetapi rumah yang ditempatinya semakin lama terasa semakin aneh. Ia kerap melihat penampakan yang membuat Andra merasa ketakutan, teman-teman kampusnya berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Meski sudah memulai debutnya sejak tahun 2004, film yang digarap oleh sutradara Kimo Stamboel memang belum banyak.

Tetapi film yang dibuatnya tidak pernah gagal memberikan rasa ngeri kepada para penontonnya. Kalau menurutmu, kira-kira film mana yang paling menakutkan?   

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram