logo web

10 Film Adaptasi Novel Roald Dahl yang Seru untuk Ditonton

Ditulis oleh Siti Hasanah

Roald Dahl adalah seorang penulis cerita kelahiran Wales. Orang tuanya berasal dari Norwegia. Selain dikenal sebagai penulis novel, dia juga seorang penyair dan penulis skenario.

Sebelum menjadi penulis, Roald Dahl pernah menjadi pilot pesawat tempur saat Perang Dunia Kedua. Dia bertugas di Royal Air Force. Kariernya sebagai penulis buku anak dan dewasa dimulai pada tahun 1940-an.

Karya Roald Dahl terkenal di seluruh dunia. Buku cerita anaknya banyak digemari bahkan dibuat menjadi film. Mungkin kamu pernah tahu film berjudul Matilda atau Charlie and the Chocolate Factory. Kedua film itu merupakan adaptasi dari novel Roald Dahl. Masih banyak novel Roald Dahl lainnya yang diadaptasi menjadi film. Ini nih daftar filmnya.

1. The Witches (2020)

The Witches (2020)

The Witches kembali dibuat ulang menjadi versi modern di tahun 2020. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis. Jika versi 1990 setting-nya di Inggris dan Norwegia, The Witches versi 2020 ber-setting di Alabama tahun 1960-an.

Tokoh utamanya juga berbeda. Versi 1990 adalah anak campuran Inggris-Norwegia, versi 2020 adalah seorang anak keturunan Afro-Amerika.

Film ini mengisahkan seorang anak yatim piatu yang hidup di akhir tahun 1967. Anak laki-laki yang bernama Charlie Hansen (Jahzir Bruno) pergi untuk hidup bersama neneknya, Agatha Hansen (Octavia Spencer) di pedesaan Demopolis di Alabama. Keduanya kemudian bertemu dengan para penyihir yang jahat.

Neneknya pun membawa Charlie ke sebuah resor di tepi laut. Namun kedatangan mereka berdua ke tempat tersebut berbarengan dengan kemunculan para penyihir yang akan melakukan rencana jahat. Apa yang akan terjadi pada Charlie dan Neneknya?

2. Charlie and the Chocolate Factory

Charlie and the Chocolate Factory

Setelah film adaptasi yang pertama, Willy Wonka and the Chocolate Factory, tidak memuaskan Roald Dahl, dibuatlah film adaptasi kedua yang berjudul Charlie and the Chocolate Factory.

Film ini disutradarai oleh Tim Burton. Seperti film sebelumnya, film ini juga menceritakan tentang Willy Wonka yang tiba-tiba menutup pabriknya. Kemudian dia mengumumkan membuat sebuah sayembara.

Para pemenang golden ticket akan diajak tur mengelilingi pabrik cokelat milik Willy Wonka. Golden ticket itu hanya ada di lima batang cokelat. Salah satu tiket itu jatuh ke tangan Charlie yang tinggal bersama orang tua dan kakek neneknya yang miskin.

Charlie yang ditemani kakeknya pun diajak tur berkeliling pabrik. Selama tur tersebut banyak hal terjadi pada para pemenang sayembara.

3. The BFG (2016)

The BFG (2016)
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Family, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Amblin Entertainment & Reliance Entertainment Stars
  • Pemeran: Mark Rylance, Penelope Wilton, Ruby Barnhill, Rebecca Hall, Jemaine Clement Bill Hader, Rafe Spall
  • Sutradara: Steven Spielberg

Film The BGF (2016) ini merupakan versi live-action dari The BGF (1990). The BGF (2016) ini dibuat dalam bentuk 3D. Ceritanya masih sama seperti The BGF yang sebelumnya. Film ini menceritakan petualangan Sophie yang dibawa oleh seorang raksasa ke dunianya. Di sana Sophie bertemu dengan raksasa-raksasa lain yang ukurannya lebih besar dari raksasa penculiknya.

Raksasa penculik Sophie adalah raksasa yang berhati lembut. Mereka kemudian bersahabat. Namun kehadiran Sophie tidak diinginkan oleh raksasa lainnya, seperti Bloodbottler dan Fleshlumpeater. Keduanya kemudian pergi ke London. Di sana Sophie dan BFG berusaha meyakinkan Ratu Inggris, Ratu Victoria, untuk membantu mereka menyingkirkan para raksasa jahat selamanya.

4. James and The Giant Peach

James and The Giant Peach
  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Fantasy, Animation, Kids & Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Skellington Productions & Allied Filmmakers
  • Pemeran: Paul Terry, Richard Dreyfuss, Simon Callow, Joanna Lumley, Jane Leeves, Susan Sarandon, Miriam Margolyes,Pete Postlethwaite
  • Sutradara: Henry Selick

Film musikal fantasi ini disutradarai oleh Henry Selick. Diceritakan James (Paul Terry) yang malang harus hidup bersama bibinya yang mengerikan, yaitu Spiker (Joanna Lumley) dan Sponge (Miriam Margolyes).

Namun kemudian, keberuntungan James berubah saat seorang pria misterius memberi dia "crocodile tongues" yang ajaib. James tak sengaja menumpahkan pemberian pria itu di kebunnya.

Tiba-tiba saja pohon persik di halaman rumahnya yang tandus tumbuh menjadi pohon persik terbesar di dunia. Sementara kedua bibinya menjadikan pohon itu sebagai tontonan untuk para turis, James lebih suka menjelajah ke dalam pohon.

Ternyata di dalam pohon tersebut hidup berbagai serangga. James berteman dengan semua hewan itu dan mereka ingin membantu James untuk bisa ke New York.

5. Fantastic Mr. Fox

Fantastic Mr. Fox
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Adventure, Comedy, Kids & Family, Animation
  • Produksi: 20th Century Fox Animation, Indian Paintbrush, American Empirical Pictures & Regency Enterprises
  • Pemeran: Meryl Streep, George Clooney, Bill Murray, Jason Schwartzman, Owen Wilson & Willem Dafoe
  • Sutradara: Wes Anderson

Film ini diadaptasi dari novel karya Roald Dahl yang berjudul sama. Novel ini dirilis pada tahun 1970. Fantastic Mr. Fox bercerita tentang Mr. Fox (George Clooney) dan petualangan liarnya.

Dia suka mengganggu ayam, mengambil kalkun, minum sari buah apel dan melakukan petualangan di malam hari. Namun, dia harus menyudahi kebiasaan lamanya itu karena kini dia menjadi seorang ayah.

Dia pun beralih pekerjaan dan membawa keluarganya pindah ke sebuah rumah di dalam pohon. Pengacaranya sudah mengingatkan Mr. Fox bahaya tinggal di dekat petani. Di dekat rumahnya ada Walter Boggis (Robin Hurlstone), sang peternak ayam.

Selain itu ada Nathan Bunce (Hugo Guinness) yang beternak bebek dan angsa serta Franklin Bean (Sir Michael Gambon), peternak ayam kalkun dan petani apel.

Setelah beralih profesi, Mr. Fox rindu dengan kehidupan lamanya. Dia ingin kembali mencuri ayam. Akhirnya dia melakukan lagi aktivitas lamanya bersama Kylie (Wallace Wolodarsky), seekor posum.

Perbuatan Mr. Fox membuat marah para petani. Mereka pun bermaksud untuk menangkap dirinya dan membunuhnya.

6. The BFG (1989)

The BFG (1989)
  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Drama, Animation, Family, Adventure & Fantasy
  • Produksi: Cosgrove Hall Films
  • Pengisi suara: David Jason, Angela Thorne, dan Amanda Root
  • Sutradara: Brian Cosgrove

The Big Friendly Giant alias The BGF versi film animasi ini dibuat pada tahun 1989. Film ini berkisah tentang anak berumur 10 tahun bernama Sophie (Amanda Root, pengisi suara). Dia tinggal di panti asuhan Nyonya Clonkers (Myfanwy Talog) yang kasar. Suatu hari Sophie diculik oleh seorang raksasa yang bergerak lamban.

Oleh raksasa misterius tersebut Sophie dibawa berpetualang ke tempat tinggal rahasianya, yaitu sebuah negara raksasa yang letaknya sangat jauh. Di negara itu, Sophie bahkan bertemu dengan para raksasa yang ukurannya lebih besar dari raksasa yang menculiknya. Ternyata raksasa penculiknya adalah seorang vegetarian yang berhati lembut.

Namun, lambat-laun para raksasa pemakan daging tersebut mencium keberadaan Sophie. Kalau itu terjadi, tidak ada yang bisa mencegah mereka. Hanya Ratu Inggris yang bisa menggagalkan rencana mereka. Mampukah raksasa penculik Sophie melindunginya?

7. Willy Wonka & the Chocolate Factory

Willy Wonka & the Chocolate Factory
  • Tahun Rilis: 1971
  • Genre: Kids & Family, Fantasy
  • Produksi: Wolper Pictures, Ltd & The Quaker Oats Company
  • Pemeran: Gene Wilder, Peter Ostrum, Jack Albertson, Denise Nickerson, Roy Kinnear, Dodo Denney, Julie Dawn Cole, Leonard Stone, Paris Themmen
  • Sutradara: Mel Stuart

Sebelum film Charlie and the Chocolate Factory, terlebih dulu ada film pendahulunya yang berjudul Willy Wonka and the Chocolate Factory.

Film ini bercerita tentang Willy Wonka yang memiliki sebuah pabrik cokelat. Namun tiba-tiba saja dia mengumumkan kalau dia akan mengajak 5 orang untuk tur di pabriknya. Para pemenang akan diberi kesempatan melihat semua rahasia pabriknya.

Selain itu, pemenang sayembara ini akan diberikan cokelat seumur hidupnya. Salah satu anak yang menjadi pemenang itu adalah Charlie.

Dia berasal dari keluarga miskin dan berhasil memenangkan tiket tur di pabrik Willy Wonka setelah dia membeli sebatang cokelat. Akhirnya bersama empat pemenang lainnya, Charlie berkeliling di pabrik Cokelat milik Willy Wonka.

Sepanjang tur tersebut banyak terjadi bencana ringan menimpa beberapa pemenang. Lalu bagaimana dengan Charlie? Akankah dia berhasil melalui semua rintangan selama di pabrik tersebut?

8. Matilda

Matilda
  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Comedy, Kids & Family
  • Produksi: TriStar Pictures & Jersey Films
  • Pemeran: Danny DeVito, Rhea Perlman, Embeth Davidtz, Pam Ferris, Mara Wilson
  • Sutradara: Danny DeVito

Film berjudul Matilda berkisah tentang seorang anak kecil bernama Matilda Wormwood. Dia hidup bersama orang tuanya dan kakaknya.

Matilda senang menghabiskan waktu membaca buku yang dia pinjam dari perpustakaan di dekat rumahnya. Namun orang tuanya membenci hobinya. Matilda malah disuruh menonton TV oleh ayah dan ibunya.

Ayahnya akhirnya memasukkan dia ke sekolah setelah Matilda memintanya beberapa kali. Dia menyekolahkan Matilda sebagai barter dengan mobil yang dia jual pada Ms. Trunchbull (Pam Ferris).

Di sekolah tersebut Matilda bertemu dengan Ms. Honey (Embeth Davidtz), guru yang baik hati. Dia menyadari potensi yang dimiliki oleh Matilda.

Namun sekolah itu sangat mengerikan karena memiliki kepala sekolah yang sadis, yaitu Ms. Trunchbull. Selama berada di sekolah tersebut, akhirnya Matilda mengetahui kalau dia memiliki kekuatan telekinesis. Setelah berlatih beberapa waktu, Matilda berhasil menggunakan kekuatannya untuk melawan Ms. Trunchbull dan orang tuanya.

9. The Witches (1990)

The Witches (1990)
  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Fantasy, Adventure, Kids & Family
  • Produksi: Lorimar Film Entertainment & Jim Henson Productions
  • Pemeran: Rowan Atkinson, Anjelica Huston, dan Mai Zetterling
  • Sutradara: Nicolas Roeg

Film The Witches diadaptasi dari novel Roald Dahl yang ditulis tahun 1983 dengan judul yang sama. Diceritakan seorang anak bernama Luke (Jasen Fisher) menghabiskan liburan di rumah neneknya, Helga Eveshim (Mai Zetterling), di Norwegia. Dia pergi berlibur bersama orang tuanya.

Neneknya bercerita mengenai penyihir jahat yang menculik sahabat masa kecilnya. Tiba-tiba orang tua Luke mengalami kecelakaan mobil hingga meninggal.

Akhirnya Helga pun menjadi wali Luke. Luke dan Helga kemudian pindah ke Inggris. Suatu ketika Luke didekati oleh seorang wanita. Dia berpikir kalau wanita itu adalah seorang penyihir.

Kabar buruk menimpa Luke. Neneknya, Helga, jatuh sakit. Helga pun dibawa ke dokter dan diketahui ternyata neneknya menderita diabetes.

Agar bisa pulih dari diabetes, neneknya memutuskan untuk pergi ke hotel di tepi laut seperti yang dianjurkan dokternya. Di tempat tersebut, Luke bertemu dengan bocah bertubuh gemuk bernama Bruno Jenkins (Charlie Potter).

Ketika tinggal di hotel tersebut, Luke bermasalah dengan Mr. Stringer (Rowan Atkinson) karena tikus putih peliharaannya membuat takut pacarnya.

Di hotel itu juga diselenggarakan konvensi para penyihir yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Miss Eva Ernst (Anjelica Huston). Luke mengetahui ternyata konvensi itu berencana mengubah anak laki-laki menjadi tikus.

Saat Miss Eva Ernst melihat Luke, dia menangkapnya dan mengubah Luke menjadi tikus. Apa yang akan terjadi pada Luke selanjutnya?

10. Danny the Champion of the World

Danny the Champion of the World
  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Comedy, Drama, Kids & Family
  • Produksi: Children's Film and Television Foundation (CFTVF), Thames Television, Portobello Pictures
  • Pemeran: Jeremy Irons, Robbie Coltrane, Samuel Irons
  • Sutradara: Gavin Millar

Danny the Champion of the World berkisah tentang William Smith (Jeremy Irons) dan anak laki-lakinya yang bernama Danny (Samuel Irons). Mereka tinggal di suatu tempat di Inggris.

Keduanya menjalani kehidupan yang indah. Namun, pompa bensin milik William terletak di tanah yang ingin dibeli oleh pengembang lokal, Victor Hazell (Robbie Coltrane).

Saat William menolak, para pengembang itu menggunakan inspektur pemerintah dan pekerja sosial untuk mendapatkan tanah tersebut. William dan Danny pun memutuskan untuk balas dendam terhadap Victor Hazell dan teman-temannya.

Itulah 10 film adaptasi novel Roald Dahl terbaik yang asyik untuk kamu tonton. Beberapa novel karya Roald Dahl tersebut ada yang filmnya dibuat hingga dua versi, seperti The Witches, The BGF dan Charlie and the Chocolate Factory. Meski inti ceritanya tetap sama, tapi film-film tersebut menyajikan teknologi yang berbeda atau karakter yang diubah.

Walaupun film yang paling familiar di kalangan penonton adalah Matilda dan Charlie and the Chocolate Factory, film-film adaptasi dari novel Roald Dahl lainnya pun menarik untuk ditonton. Film lain manakah yang menurutmu asyik untuk ditonton?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram