logo web

19 Film Terbaik Alia Bhatt yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Siapa yang tidak mengenal Alia Bhatt? Sepertinya para penyuka film Bollywood pasti sudah mengenal nama ini dengan sangat baik. Kekasih dari aktor tampan Ranbir Kapoor dan putri dari sutradara, produser dan screenwriter terkenal Bollywood yaitu Mahesh Bhatt.

Alia Bhatt sendiri memulai karirnya sejak tahun 2012 lewat film buatan Karan Johar berjudul Student of The Year (2012). Karir akting Alia Bhatt memang tidak mudah, pasalnya ia harus berusaha keras untuk menunjukkan bakatnya di balik serangan haters.

Maklum saja, Alia disebut-sebut sebagai produk nepotisme yang paling banyak dihujat, padahal sangat berbakat. Pembuktiannya bisa dilihat dari berbagai penghargaan Best Actress yang didapatnya ajang penghargaan ternama.

Lalu film apa saja yang pernah dibintangi oleh Alia Bhatt sepanjang karirnya? Kali ini kita akan membahas 15 film terbaik dari Alia Bhatt yang perlu kamu ketahui, intip jawabannya di bawah ini.

1. Gangubai Kathiawadi

Gangubai Kathiawadi alia bhatt d_

Tentu saja, Gangubai Kathiawadi (2022) bisa dikatakan sebagai salah satu film terbaik yang dibintangi oleh Alia Bhatt. Dalam film biografi garapan Sanjay Leela Bhansali ini, Alia Bhatt menjelma jadi sosok PSK dan politikus yang memperjuangkan hak-hak wanita dan anak di rumah bordil.

Gangubai awalnya putri dari seorang pengacara terhormat, namun cinta malah membuatnya berakhir jadi PSK. Dijual oleh kekasihnya sendiri, Gangubai bertekad untuk mendapatkan kekuatan agar ia bisa menguasai pemilik rumah bordil.

Benar saja, wanita ini berhasil jadi sosok yang ditakuti sekaligus dihormati banyak orang. Gangubai secara konsisten memperjuangkan hak hidup dan bersosial bagi para wanita PSK dan anak-anak yang terlahir di lingkungan tersebut.

2. Darlings

Darlings alia bhatt_

Mau tahu gimana jadinya kalau Alia Bhatt jadi sosok istri yang bucin pada sang suami? Kamu bisa menyaksikannya dalam film Darlings (2022). Diproduksi oleh Red Chillies Entertainment, film ini digarap dengan sangat baik oleh Jasmeet K. Reen.

Kemistri dan akting memukau juga diperlihatkan oleh Alia Bhatt, Shefali Shah, Vijay Varma dan Roshan Mathew sebagai pemeran utamanya.

Filmnya mengisahkan Badru, seorang wanita yang begitu mencintai sang suami meski Hamza terkadang sangat temperamen padanya. Karena kecanduannya pada alkohol, sampai membuat Badru celaka hingga kehilangan calon anaknya.

Tak terima diperlakukan buruk, Badru pun melupakan cintanya dan membalas dendam untuk menyiksa sang suami dengan cara yang sama.

3. Raazi

Raazi alia bhatt w_

Raazi (2018) menjadi film terbaik Alia Bhatt yang wajib sekali untuk di tonton, pasalnya film ini benar-benar menunjukkan kualitas aktingnya.

Alia Bhatt memerankan karakter Sehmat Syed yang dikirim untuk menikahi putra pimpinan militer di Pakistan. Sehmat memerankan seorang istri dan menantu yang baik untuk keluarganya, namun seorang mata-mata untuk negaranya yaitu India.

Film ini akan membuat kamu melihat bagaimana seorang wanita dieksploitasi negaranya untuk menyalahi kodratnya. Raazi (2018) mendapatkan kesuksesan besar di box office, bahkan Rotten Tomatoes memberikan skor 100%. Banyak orang mengakui kualitas akting Alia Bhatt dengan cerita yang luar biasa penuh dengan emosi dan menegangkan.

4. Dear Zindagi

Dear Zindagi alia bhatt

Dipertemukan dengan aktor nomor satu di Bollywood, ternyata tidak membuat Alia Bhatt tegang saat dihadapkan dengan King Khan. Terbukti dengan penampilan Alia Bhatt yang sangat brilian di film Dear Zindagi (2016) memerakan karakter Kaira.

Seorang gadis yang memiliki gangguan psikologis karena sering mengalami kegagalan dalam cinta dan ketidakpercayaan diri. Pertemuannya dengan Dr. Jehangir membuatnya mendapatkan jawaban dari berbagai masalah dalam hidupnya.

Dear Zindagi (2016) mendapatkan skor 69% di Rotten Tomatoes dan kebanyakan memberikan pujian atas penampilan Bhatt dan Khan serta ceritanya yang non fairytale.

5. Gully Boy

Gully Boy alia bhatt_

Zoya Akhtar selalu memberikan film-film yang sarat akan makna, hal ini juga berlaku untuk Gully Boy (2019). Film yang menduetkan Alia Bhatt dengan Ranveer Singh ini mendapatkan kesuksesan di box office dengan penilaian 96% di Rotten Tomatoes.

Film ini mengisahkan Murad Ahmed yang ingin menjadi seorang musisi, lebih tepatnya rapper. Di balik kehidupannya yang sulit, Murad berhasil meraih mimpinya menjadi seorang rapper terkenal.

Namun, perjuangannya ini tidak mudah, pasalnya kehidupan pasang surut yang menimpanya membuat pria ini harus bekerja lebih keras.

6. RRR

RRR alia bhatt a_

Beralih ke film bergenre sejarah, kali ini Alia Bhatt didapuk sebagai salah satu pemeran utama dalam film berjudul RRR (2022). Film Telugu yang mengisahkan perjalanan dua pahlawan India ini, memang bikin penonton deg-degan.

Apalagi Alia Bhatt akan beradu akting dengan N. T. Rama Rao Jr. dan Ram Charan. Filmnya juga digarap dengan sangat baik oleh sutradara populer S. S. Rajamouli. Alia Bhatt sendiri akan memerankan karakter bernama Sita, yaitu tunangan dari Alluri Sitarama Raju.

Filmnya mengisahkan dua revolusioner India yang melakukan perjalanan yang jauh dari rumah mereka. Keduanya mencari ilmu untuk melawan penjajah Inggris di India pada tahun 1920-an. Ada banyak sekali musuh yang mereka lawan, baik para petinggi Inggris maupun orang India yang membelot.

7. Heart of Stone

Heart of Stone

Alia Bhatt debut internasional lewat film ini! Heart of Stone merupakan film aksi-petualangan yang mempertemukan Alia dengan aktris dan aktor yang sudah lebih dikenal secara global, yaitu Gal Gadot dan Jamie Dornan. Alia memang sudah memiliki belasan judul film India yang dia bintangi, tapi baru sekarang dia berakting di film Hollywood.

Walau baru kesempatan pertama, tapi Alia langsung mendapatkan peran penting dalam film ini, lho! Dia berperan sebagai Keya Dhawan, seorang ahli IT dan peretas ulung dari Pune berusia 22 tahun. Kelak, dia akan beradu kecerdasan dengan Rachel Stone (Gal Gadot) untuk mendapatkan The Heart.

The Heart adalah AI terkuat di dunia pada masa itu. The Heart mampu melacak masa lalu seseorang dan meramalkan aktivitas mereka di masa depan dengan sangat akurat. Seluruh dunia ketakutan akan penyalahgunaan AI tersebut.

Rachel, sebagai agen MI6, menyamar dan bergabung dengan Charter—perkumpulan misterius mata-mata elit yang melindungi The Heart. Ternyata, bukan hanya Rachel yang menginginkan The Heart, tapi juga Parker (Jamie Dornan), agen MI6 yang nakal, dan juga Keya Dhawan.

Sayang, menurut beberapa kritikus film, Heart of Stone kurang memiliki sensasi adrenalin. Padahal ini kan film action, tapi justru segmen aksinya kurang greget. Kalau menurut kamu, film ini oke atau so-so?

8. Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani

Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani

Film yang dikenal juga dengan judul Rocky and Rani's Love Story ini dibesut oleh produser dan sutradara Karan Johar, sosok penulis dan sutradara dibalik film romantis India terbaik sepanjang masa, Kuch Kuch Hota Hai (1998).

Kisah dimulai dengan perkenalan keluarga Rocky, yaitu Randhawa. Kanwal, kakek Rocky mengalami amnesia karena kecelakaan sewaktu muda dulu, yang membuat Kanwal menghabiskan waktu di kursi roda dan melamun seharian. Sementara nenek Rocky merupakan wanita pebisnis yang angkuh.

Dia membesarkan putranya—yaitu ayah Rocky—menjadi sama persis dengannya, keras dan menyebalkan. Sangat berbeda dari nenek dan ayahnya, Rocky (Ranveer Singh) sangat easy going, cenderung playboy malah. Dia sangat menyukai bernyanyi dan menari, yang tentunya dilarang keras oleh keluarganya.

Ketika menghadiri acara penghargaan untuk bisnis keluarga Randhawa, tiba-tiba Kanwal dengan sumringah menghampiri seorang wanita dan mencium pipinya. Seluruh keluarga Randhawa panik, namun akhirnya berusaha mencari tahu jati diri wanita itu karena berpikir dia bisa memulihkan kondisi sang kakek.

Setelah ditelusuri, wanita tersebut bernama Jamini Chatterjee, nenek dari Rani Chatterjee (Alia Bhatt), seorang pembawa berita yang terkenal. Rocky pun mendatangi Rani dengan tujuan ingin mempertemukan kakek dan nenek mereka. Pada awalnya Rani enggan, tapi akhirnya dia tertarik dengan ide Rocky.

Kanwal yang selama bertahun-tahun lumpuh dan lupa ingatan, tiba-tiba bisa berdiri dan mengingat Jamini. Dia mengingat kalau dulu pernah terlibat asmara dengan Jamini pada tahun 1978. Senang kondisi kakeknya membaik, Rocky mengajak Rani untuk sering mempertemukan kakek dan nenek mereka diam-diam.

Dalam pertemuan itu, Rocky dan Rani juga jatuh cinta. Sebelum memutuskan untuk menikah, Rocky dan Rani 'bertukar rumah' selama 3 bulan untuk saling mengerti keluarga masing-masing. Jika pada akhirnya mereka merasa tidak cocok, maka pernikahan tidak akan pernah terjadi.

9. Udta Punjab

Udta Punjab alia bhatt d_

Disandingkan dengan nama-nama aktor besar seperti Shahid Kapoor dan Kareena Kapoor, Alia Bhatt tidak tenggelam di antara mereka. Pasalnya penampilannya di film Udta Punjab (2016) tidak kalah berkelas dan total dari para aktor yang lebih senior darinya.

Di film ini Alia Bhatt memerankan karakter Bauria atau Mary Jane yang masuk dalam lingkaran penyebaran narkoba di Punjab.

Film ini mendapatkan skor tinggi yaitu 91% di Rotten Tomatoes, tapi kontroversinya juga tidak kalah menegangkan. Pasalnya film ini dinilai terlalu dewasa, bahkan memotong 89 adegan dan menyuruh menghapus kata “Punjab”.

Hal ini membuat banyak sineas di India angkat bicara memprotes, karena lembaga sensor sewenang-wenang melanggar kreativitas dunia perfilman.  

10. Sadak 2

Sadak 2 Alia Bhatt g_

Sadak 2 adalah film thriller-aksi yang merupakan kelanjutan dari film pertamanya, Sadak (1991). Film ini dibintangi oleh Sanjay Dutt (yang didapuk kembali sebagai Sadak), Alia Bhatt, dan Aditya Roy Kapur.

Tentunya film ini sangat dinantikan bagi penonton film pertamanya, sebab sutradaranya masih sama yaitu Mahesh Bhatt, dan pemeran utamanya pun masih sama, yakni Sanjay Dutt. Di film sekuel yang telah ditunggu-tunggu selama 32 tahun ini, Alia Bhatt berperan sebagai Aarya Desai, seorang wanita muda pemberontak.

Dia merasa kematian sang ibunda sangat tidak wajar, bukan karena penyakit kanker yang dideritanya, melainkan karena Gyaan Prakash, 'guru' yang dianggap sesat menurut Aarya. Karena itu, Aarya membuat petisi online untuk mencekal Gyaan, dia juga melakukan hal yang menuai kontroversi seperti membakar poster Gyaan.

Tak hanya pemberani melawan rezim, Aarya juga penuh cinta. Setelah 'membakar poster 'mendeklarasikan perang' dengan Gyaan Prakash, dia pergi ke tempat terpencil di pegunungan untuk menjemput kekasihnya, Vishal. Untuk itu, dia membutuhkan supir yang mengetahui medan yang ditempuh.

Aarya memilih Ravi Kishore Verma (Sanjay Dutt), yang kini telah lanjut usia. Setelah berpuluh-puluh tahun berlalu dari film pertama, Ravi ternyata telah kehilangan istrinya, Pooja. Dia pernah melakukan percobaan bunuh diri dan dirawat di rumah sakit. Kini, dia hanya mengurung diri di rumah dan tidak berinteraksi dengan siapa pun.

Hingga Aarya datang ke rumahnya dan menagih jasa Ravi. Aarya mengatakan dia sudah menyewa Ravi sejak tiga bulan lalu, dan dia harus melakukan pekerjaannya sekarang. Ternyata perjalanan mereka menjadi lebih mencekam ketika Aarya diburu oleh orang-orang Gyaan.

Walau hanya disewa sebagai supir, Ravi tidak ingin membiarkan Aarya dan Vishal begitu saja. Bagi Ravi, jika memang sekarang akhir hidupnya, maka dia akan sangat bangga pulang ke Pooja setelah menyelamatkan Aarya.

11. Highway

Highway alia bhatt_

Alia Bhatt sepertinya tidak pernah sembarang untuk menerima film, makannya film yang dibintanginya tidak pernah gagal. Contohnya seperti Highway (2014) yang berhasil di tayangkan di bagian Panorama dalam perhelatan Berlin International Film Festival 2014.

Film ini mengisahkan Veera Tripathi gadis yang menikmati perjalanan yang dilakukan bersama dengan para penculiknya.

Premis yang unik ini membuat banyak orang memberikan apresiasi dengan keindahan cerita dan konsistensinya. Alia Bhatt dinilai telah banyak berkembang dari seorang murid (Student of The Year) hingga menjadi gadis yang lebih matang lagi. Penampilannya sangat baik, penampilan emosi yang diberikannya terlihat alami dan terkontrol.

12. 2 States

2 States alia bhatt

Di tahun 2014, Alia Bhatt cukup produktif karena ia membintangi empat film yang semuanya sukses di pasaran. Salah satunya adalah 2 States yang memasangkannya dengan Arjun Kapoor dalam romcom yang disutradarai oleh Abhishek Varman.

Film ini mengisahkan Krish dan Ananya mendekatkan keluarganya yang memiliki perbedaan budaya. 2 States menunjukkan bagaimana dua anak muda yang ingin menikah berusaha mendekatkan diri dengan keluarga pasangan masing-masing.

Makannya, saya sangat menyarankan untuk menonton film ini jika kamu merasa kesulitan untuk mendekati calon mertua. 2 States (2014) mendapatkan rating 6.9/10 di IMDb dan menilai cerita dan penampilan aktornya sangat pas.

13. Brahmāstra: Part One – Shiva

Brahmāstra Part One – Shiva alia bhatt_

Beralih ke film bergenre superhero, Alia Bhatt akan beradu akting bersama sang suami Ranbir Kapoor dalam Brahmāstra: Part One - Shiva (2022).

Film pembuka The Astraverse ini, jadi karya prestisius bagi sutradara Ayan Mukerji dan Dharma Production. Selain itu, filmnya akan dibintangi oleh Amitabh Bachchan Nagarjuna Akkineni, Shah Rukh Khan, Dimple Kapadia dan Mouni Roy dalam film ini.

Kisahnya berputar pada sosok seorang pemuda bernama Shiva yang ternyata memiliki hubungan dengan sebuah senjata surgawi bernama Brahmāstra. Karena senjata ini, Shiva tidak sengaja membawa Isha dalam petualangan berbahaya. Pasalnya, mereka harus berhadapan dengan kekuatan kegelapan yang dikenal dengan nama Junoon.

14. Kalank

Kalank alia bhatt_

Bergenre romantis dan sangat tragis, Kalank (2019) jadi film Alia Bhatt lainnya yang wajib kamu tonton. Dari sisi cerita, memang film garapan Abhishek Varman ini terasa kurang menggugah. Namun kualitas akting dan soundtrack filmnya, dijamin bikin kamu enjoy banget saat menontonnya.

Kali ini, Alia Bhatt kembali akan beradu akting dengan Varun Dhawan, Sonakshi Sinha dan Aditya Roy Kapur. Sang aktris akan memerankan karakter bernama Roop, yaitu istri kedua dari Dev Chaudhry.

Terpaksa menikah dengan Dev, Roop hanya ingin menjamin masa depan adik-adiknya di kampung. Namun pengorbanannya ini terasa menyesakkan, ketika Roop malah jatuh cinta pada Zafar. Situasi diperumit dengan prahara antara keluarga Chaudhry dan ibu Zafar, serta konflik agama yang dipenuhi darah.

15. Kapoor & Sons

kapoor and sons alia bhatt_

Kembali bekerja sama dengan Sidharth Malhotra dibawah Dharma Productions, Kapoor & Sons (2016) mengobati rindu fans Alia dan Sid.

Film yang masuk dalam kategori super hit ini berada di jajaran box office dan meraih banyak apresiasi. Pasalnya film ini menunjukkan kehidupan keluarga yang diisi dengan kecemburuan, rahasia yang tidak mengenakan hingga orang tua yang melakukan kecurangan.

Film ini mendapatkan respon positif, dimana keselarasan cerita dan akting para pemeran utamanya sangat baik. Film ini mendapatkan skor 100% di Rotten Tomatoes dan film yang sangat disarankan ditonton oleh keluarga. Pasalnya tidak hanya menghibur, film ini juga penuh dengan pesan hidup hingga kritik sosial dengan gaya yang menyenangkan.

16. Humpty Sharma Ki Dulhania

Humpty Sharma Ki Dulhania alia bhatt_

Film yang mempertemukan kembali pasangan Student of The Year (2012), yaitu Alia Bhatt dan Varun Dhawan memang sangat dinantikan.

Film garapan Dharma Production dan sutradara Shashank Khaitan ini menjadi film terbaik dari Alia Bhatt lainnya. Film ini mengisahkan Kavya yang awalnya berniat mencari perlengkapan pernikahan di Delhi, justru bertemu dengan cintanya disana.

Humpty Sharma seorang pria yang sangat riang, sayangnya peluang pria ini untuk disukai ayahnya agaknya mustahil. Makannya baik Kavya dan Humpty berusaha mencari cara agar cinta mereka tidak di halangi dan bisa menikah.

17. Badrinath Ki Dulhania

Badrinath Ki Dulhania alia bhatt

Mengikuti kisah dari film pertamanya yaitu Humpty Sharma Ki Dulhania (2014), Badrinath Ki Dulhania (2017) adalah angsuran kedua dari Dulhania franchise. Masih dibintangi pasangan paling disukai di Bollywood, yaitu Alia Bhatt dan Varun Dhawan. Film ini memang sukses secara box office dan mendapatkan skor 80% di Rotten Tomatoes.

Film ini mengambil premis cerita klasik, dimana seorang anak laki-laki kaya raya jatuh cinta pada wanita dari kalangan biasa saja. Ketika si pria begitu menggebu-gebu untuk menikah, si wanita justru berusaha keras untuk meraih impiannya menjadi pramugari.

Film ini memang menunjukkan masalah sosial dari anak muda akan jalan hidup yang akan mereka pilih, ketika seorang wanita menjadi lebih berani.

18. Shaandaar

Shaandaar

Jika kamu sedang ingin menonton film romantis komedi khas Bollywood, saya sarankan untuk menyaksikan Shaandaar. FIlm ini berlatar belakang sebuah keluarga yang menjalankan bisnis event organizer.

Sang ayah, Bipin (Pankaj Kapur), dan putrinya Alia (diperankan oleh Alia Bhatt), dipekerjakan untuk mengatur sebuah pernikahan yang megah di sebuah kastil indah di Eropa. Calon pengantin pria, Robin Fundwani (Shahid Kapoor), merupakan bagian dari keluarga bisnis kaya raya dan eksentrik.

Di tengah-tengah persiapan menjelang pernikahan, Alia dan Robin malah membentuk ikatan yang erat yang sulit dijelaskan. Mungkin karena keduanya sama-sama pernah lupa ingatan, sehingga merasa klop satu sama lain.

Lalu, bagaimana dengan pernikahan Robin? Akankah Alia yang seharusnya menjadi WO malah merebut sang mempelai pria?

Film ini menggabungkan unsur komedi, romansa, dan drama keluarga, dengan sentuhan fantasi dan latar belakang seperti negeri dongeng karena syuting di kastil Eropa. Selain itu, fakta di balik alasan Alia dan Robin amnesia akan diungkapkan juga di dalam kisah ini. Penasaran? Yuk, tonton filmnya sekarang!

19. Student of the Year

student of the year alia bhatt

Terakhir tentu saja ada Student of the Year (2012) yang menjadi official debut dari Alia Bhatt yang tidak bisa di lewatkan di list ini. Pasalnya, meski terbilang premisnya sederhana, tidak bisa dipungkiri film ini memang sangat seru untuk disaksikan.

Mulai dari soundtrack hingga penampilan para aktornya, semuanya sangat enjoyable dan bisa menaikkan mood. Film ini menceritakan kehidupan dari para siswa St. Teresa's High School yang memperebutkan piala “Student of the Year”.

Perjuangan yang dilakukan oleh para siswa berbuah penghianatan, kecurangan hingga rasa frustasi dari perlombaan ketat ini.

Inilah daftar film populer dan terbaik dari Alia Bhatt yang harus di saksikan jika kamu adalah fansnya. Selain daftar di atas, Alia Bhatt sudah membintangi banyak film yang bisa kamu saksikan, lho.

Film-film lainnya juga tidak kalah populer dan penampilan Alia Bhatt tidak akan mengecewakanmu. Kalau versi kamu sendiri, apa film terbaik Alia Bhatt menurutmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram