logo web

11 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi oleh Alicia Silverstone

Ditulis oleh Siti Hasanah

Alicia Silverstone adalah aktris asal Amerika dan juga seorang aktivis binatang. Debut pertama kali aktris satu ini dilakukan pada tahun 1992 lewat acara TV The Wonder Years.

Popularitasnya semakin menanjak sejak saat itu. Tidak lama setelah debutnya, Alicia tampil dalam video musik Aerosmith yang berjudul “Cryin

Penampilan Alicia Silverstone mendapat pujian dari banyak pihak. Sampai sekarang, dia tetap aktif di dunia akting dan membintangi beberapa judul film.

Pada tahun 90-an, Alicia tampil dalam film Batman & Robin. Meski film tersebut gagal, tapi tidak membuat kariernya surut. Sebaliknya, dia semakin moncer di film.

Inilah rekomendasi 11 film terbaik yang pernah dibintangi oleh Alicia Silverstone. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Clueless, Kehidupan Remaja Populer dan Kaya

1. Senior Year

Senior Year

Film komedi ini mengisahkan tentang Stephanie Conway (Rebel Wilson) yang ingin memenuhi keinginannya semasa SMA untuk menjadi populer. Kisah ini berawal dari tahun 1999 saat Stephani menggelar pesta ulang tahun.

Di momen itu ia bertemu dengan Blaine Balboa (Tyler Barnhardt), murid paling populer di sekolah. Ia bermaksud mengajak Blaine, tapi ajakan itu berujung hinaan dari Tiffany (Ana Yi Puig).

Hinaan Tiffany, pacar Blaine, membekas di memori Stephani. Itu sebabnya ia bertekad untuk menjadi siswa populer.

Ia masuk ke tim Cheerleader dan berpacaran dengan Blaine. Tahun 2002, ia berambisi untuk menjadi Prom Queen seperti Deanna Russo (Alicia Silverstone). Deanna adalah alumni sekolah Stephanie yang mempunyai kehidupan nyaris sempurna.

Suatu hari Stephanie mengalami kecelakaan akibat sabotase Tiffany. Dalam kecelakaan itu, ia koma selama 20 tahun dan terbangun saat usianya menginjak 37 tahun.

Bagi Stephanie, kejadian itu baru kemarin dan ia masih berhasrat untuk mendapatkan keinginannya yang dulu, menjadi murid populer. Itulah yang mendorong Stephanie kembali ke sekolah.

2. Clueless

Clueless
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Alicia Silverstone, Stacey Dash, Brittany Murphy, Paul Rudd
  • Sutradara: Amy Heckerling
  • Pemeran: Paramount Pictures

Cher (Alicia Silverstone) adalah seorang siswa SMA yang cantik, manja dan supel dalam bergaul. Dia dikenal sebagai mak comblang bagi dua guru yang introvert.

Bantuan Cher berhasil membuat pasangan itu resmi berpacaran. Teman Cher yang lainnya pun berhasil dijodohkan. Cher membantunya me-makeover temannya agar lebih menarik.

Akan tetapi, Cher sendiri tidak bisa menemukan pasangan untuknya. Film ini menggambarkan kelucuan dan kenaifan seorang Cher dalam cinta. Kendati pun seorang mak comblang, nyatanya Cher tidak pandai mengatur urusan cintanya sendiri.

3. The Killing of Sacred Deer

The Killing of Sacred Deer
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Produksi: Film 4, New Sparta Films, HanWays Films
  • Sutradara: Yorgos Lanthimos
  • Pemeran: Collin Farrel, Nicole Kidman, Barry Keoghan, Raffey Cassidy, Sunny Suijic, Alicia Silverstone, Bill Camp

Steven Murphy (Collin Farrel), seorang ahli bedah kardiotoraks menjalani hidup yang bahagia bersama dengan sang istri, Annie. Mereka mempunyai putra berusia remaja bernama Kim (Raffey Cassidy) dan si bungsu Bob Murphy (Sunny Suljic).

Sejak Steven memperkenalkan Martin (Barry Keoghan) pada keluarganya, rentetan kejadian aneh bermunculan. Satu per satu anggota keluarganya sakit-sakitan bahkan nyaris meninggal.

Martin dan Steven mempunyai hubungan yang aneh. Ketika itu terungkap, hal mengerikan terjadi. Di film ini Alicia Silverstone dipercaya memerankan peran Ibu Martin. Perempuan ini tidak kalah misterius.

4. Blast from the Past

Blast From the Past
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Romance, Comedy, Drama, Fantasy
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: Hugh Wilson
  • Pemeran: Brendan Fraser, Alicia Silverstone, Christopher Walken, Sissy Spacek, Dave Foley

Film satu ini mengikuti kisah Dr Calvin Weber (Christopher Walken) yang bersembunyi selama 35 tahun di sebuah tempat persembunyian korban nuklir.

Di bunker itu, ia mempersiapkan segalanya termasuk peralatan canggih yang menunjang kebutuhannya dan keluarga. Bunker tersebut akan otomatis terbuka saat dunia benar-benar aman dari serang nuklir.

Selama bersembunyi, sang istri melahirkan seorang putra yang dinamai Adam (Brendan Fraser). Sepeninggal orang tuanya, bunker terbuka dan Adam melihat dunia luar yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

Ia juga harus beradaptasi dengan dunia baru yang bebas dari nuklir. Di sini kita bisa melihat akting Alicia Silverstone sebagai Eve Rustikov.

5. Tropic Thunder

Tropic Thunder

Satu kru film tengah melakukan pengambilan gambar film perang dengan biaya besar. Di tengah proses syuting, para pemain harus merasakan perang yang sesungguhnya.

Mereka tiba-tiba diserang oleh gerombolan pengedar narkoba. Para pemain yang tidak pernah akur ini dipaksa bekerja sama untuk menyelamatkan diri dari para penjahat.

Insiden ini diawali oleh rencana sang sutradara film Tugg (Ben Stiller) yang ingin menyatukan para pemain.

Namun, ketika mereka sampai di hutan yang merupakan lokasi syuting, Tugg ditangkap oleh kelompok Flaming Dragon. Kelompok itu meminta tebusan uang sebanyak 10 juta dollar. Jika tidak, Tugg akan dibunuh.

Benn stiller di sini mempunyai posisi ganda. Dia hadir sebagai pemain sekaligus sutradara. Nah, dalam film ini, ia mengajak Alicia Silverstone untuk bermain dalam filmnya sebagai dirinya sendiri.

6. The Crush

The Crush
  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Morgan Creek Entertainment
  • Sutradara: Alan Shapiro
  • Pemeran: Cary Elwes, Alicia Silverstone, Jennifer Rubin, Kurtwood Smith

Dalam film ini Alicia Silverstone melakonkan peran Adrian Forrester. Dia masih remaja, tapi jatuh cinta pada pria yang usianya jauh lebih tua darinya.

Pria itu bernama Nick Eliot (Cary Elwes). Adrian bertemu dengan Nick saat pria itu tengah mencari tempat sewaan untuk tempat tinggal. Saat itu, perasaan istimewa tumbuh dalam hati Adrian.

Awalnya, Adrian menyukai Nick dengan wajar. Tapi, lama-lama sikapnya mengganggu Nick. Dia posesif dan mulai mencampuri urusan pribadi pria itu. Perasaan Adrian berubah menjadi obsesi yang mengubahnya jadi seorang psikopat.

7. The Lodge

The Lodge

Aiden Hall (Jaeden Martell) dan Mia Hall (Lia mchugh) sedang berkabung pasca kematian sang ibu, Laura (Alicia Silverstone) yang mendadak.

Enam bulan setelah kematiannya, Richard (Richard Armitage) mengabarkan bahwa ia akan menikah dengan seorang wanita berma Grace (Riley Keough).

Richard berharap Grace dapat dekat dengan anak-anak mereka. Maka dari itu, disusunlah sebuah rencana liburan. Richard menyewa sebuah pondok kecil di tepi sebuah pegunungan.

Namun, Richard tidak ikut serta sebab ia harus kembali ke kota untuk urusan bisnis. Rupanya liburan itu bukan momen yang menyenangkan.

Grace bukanlah sosok wanita yang penyayang. Dia punya masa lalu kelam yang mengakibatkan semua kengerian di pondok terpencil itu.

8. The Art of Getting By

The Art of Getting By
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Island Bound Productions, Mint Pictures
  • Sutradara: Gavin Wiesen
  • Pemeran: Freddie Highmore, Emma Roberts, Alicia Silverstone, Rita Wilson

The Art of Getting By menggambarkan kisah tentang seorang remaja bernama George Zinavoy (Freddie Highmore). Ia percaya pada kutipan bahwa manusia lahir sendiri, mati pun sendiri, dan segalanya adalah ilusi.

George membenci sekolah, kehidupan rumah dan teman-temannya. Ia tidak pernah mengerjakan PR. Ketika guru menerangkan pelajaran, George malah asyik menggambar.

George benar-benar seorang anti sosial. Ia tidak peduli terhadap sesama sampai akhirnya ia bertemu dengan Sally (Emma Roberts).

George mulai menemukan alasan untuk hidup dan bersemangat di sekolah. Ia juga berteman dengan anak-anak di sekolahnya. Namun, ia tidak punya keberanian untuk menyatakan perasaannya pada Sally.

The art of Getting By menggambarkan hubungan yang lucu nan romantis khas remaja. Di film ini kita bisa menyaksikan akting Alicia Silverstone sebagai Ms Herman.

9. Butter

 Butter
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Hurwitz Creative, Michael De Luca Productions, The Weinstein Company
  • Sutradara: Jim Field Smith
  • Pemeran: Jennifer Garner, Yara Shahidi, Ty Burrell, Olivia Wilde

Butter menceritakan tentang perjalanan seorang gadis kecil bernama Destiny (Yara Shahidi). Ia harus melawan wanita dewasa bernama Laura Pickler (Jennifer Garner) dalam sebuah kompetisi memahat mentega.

Destiny adalah anak angkat dari Jill Emmet (Alicia Silverstone) dan Ethan (Rob Corddy). Kisah Destiny dimulai saat ia mengunjungi Iowa State Fair dan terkesan dengan pameran pahat mentega.

Ia terkesan dengan karya Bob Pickler (Ty Burrell) juara bertahan kompetisi itu dimintai panitia untuk memberikan kesempatan pada peserta baru.

Namun, istri Bob, Laura, tidak setuju dengan usul itu. Ia kemudian memutuskan untuk ikut kompetisi dan berhadapan dengan Destiny.

10. Love’s Labour’s Lost

Love’s Labour’s Lost
  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Romance, Comedy, Musical
  • Produksi: Pathé Pictures International, Intermedia Films, Arts Council of England
  • Sutradara: Kenneth Branagh
  • Pemeran: Alessandro Nivola, Alicia Silverstone, Natascha Mcelhone, Kenneth Branagh

Raja Navarra (Alessandro Nivola) dan tiga temannya bersumpah di depan umum bahwa mereka akan belajar bersama dan berhenti mengejar wanita selama tiga tahun.

Tidak lama setelah sumpah itu terlontar dari mulut mereka, muncul putri Perancis (Alicia Silverstone) dan tiga sahabatnya yang amat cantik

Raja dan tiga temannya menjadi gundah. Sang putri dan tiga temannya adalah ujian besar akan keteguhan hati dan sumpah yang telah terlanjur diambil.

Mereka pun berupaya sekuat tenaga untuk menyembunyikan perasaan dan antusias mereka bertemu dengan putri dan tiga temannya itu.

11. Global Heresy

Global Heresy
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Comedy, Drama, Music
  • Produksi: GFT Entertainment, Ultimate Pictures, Canadian Film or Video Production Tax Credit
  • Sutradara: Sidney J, Furie
  • Pemeran: Alicia Silverstone, Keram, Peter O’Toole, Jaimz Woolvett, Joan Plowright

Juga dikenal dengan judul Rock My World, Global Heresy adalah film yang mengikuti perjalanan sebuah band rock yang telah kehilangan masa jayanya.

Band rock itu kehilangan pamor setelah pengasingan di Inggris. Alicia Silverstone bergabung dengan band itu sebagai pengganti basis mereka.

Natalie (Alicia Silverstone) punya bakat yang mumpuni untuk membawa band ini bangkit. Meskipun pamornya belum bersinar, tapi Natalie cukup membuat gebrakan yang signifikan terhadap performa band.

Ia juga menjadi pemain yang dapat menyatu dengan para pemain lainnya sehingga menciptakan suasana yang hangat.

Itulah 11 film yang telah dibintangi oleh Alicia Silverstone berdasarkan rating dan popularitas terbaik sampai terburuk di situs daring.

The Crush adalah film lainnya yang berhasil menarik perhatian penonton. Tidak hanya sineas film, musisi Amerika pun tertarik untuk mengajak Silverstone untuk tampil dalam video musiknya.

Aktris satu ini memang terkenal dengan totalitasnya dalam berakting. Inilah yang membuat para sineas senang bekerja sama dengannya. So, diantara film-film Alicia Silverstone, yang mana favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram