logo web

11 Film Terbaik Anthony Mackie, Pemeran The Falcon di MCU

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Dalam kariernya sepanjang dua dekade, Anthony Mackie yang lahir di New Orleans pada 23 September 1978 ini sudah kuat menancapkan namanya di industri perfilman Hollywood. Sebagai lulusan Juilliard School jurusan drama, sudah tentu dia memiliki talenta akting yang cukup mumpuni.

Memulai karier akting lewat pentas drama di tahun 2002, Mackie langsung mendapat peran sebagai sosok antagonis di film debut akting Eminem, 8 Mile (2002). Bukannya perkara mudah untuk mendapatkan peran untuk film berikutnya, butuh dua tahun bagi Mackie untuk kembali bermain dalam sebuah film.

Namun, setelah film indie Brother to Brother (2004), pintu kesuksesan terbuka lebar baginya untuk bekerja sama dengan para sineas papan atas Hollywood.

Sejak itu, laju kariernya tidak terhentikan lagi bahkan kini memegang peranan penting dalam Marvel Cinematic Universe sebagai sosok superhero Falcon. Berikut ini adalah deretan film terbaik yang pernah dibintanginya.

1. The Hurt Locker

film terbaik anthony mackie_The Hurt Locker_
Tahun Rilis 2008
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Jeremy Renner

Di film war thriller peraih Oscar sebagai Best Picture ini, Anthony Mackie menjadi salah satu anggota tim khusus penjinak bom di Baghdad, Sersan J.T. Sanborn. Dia sering berselisih paham dengan rekannya, William James, yang memiliki cara di luar prosedur dalam menjinakkan bom.

Hal ini sering membuatnya khawatir karena berhubungan dengan nyawa mereka, juga penduduk sekitar lokasi bom berada.

Performa akting Jeremy Renner, Anthony Mackie, dan Brian Geraghty sangat powerful dan meyakinkan. Sehingga wajar apabila berbagai ajang penghargaan film menempatkan mereka sebagai nominee bahkan juga membawa pulang kemenangan.

Film yang memiliki adegan ledakan bom spektakuler ini membawa Anthony Mackie menjadi nominee di Independent Spirit Awards untuk kategori Best Supporting Male.

2. The Hate U Give

film terbaik anthony mackie_The Hate U Give_

Penembakan seorang remaja kulit hitam oleh polisi kulit putih menimbulkan tensi panas di Garden Heights, terutama pada keluarga Carter.

Starr Carter yang menjadi saksi penembakan, dibawa ke persidangan untuk meluruskan tuduhan salah pada korban yang dianggap adalah anggota gangster bersenjata api. Padahal saat ditembak, dia hanya memegang sisir di tangannya.

Starr menyeret nama gang The King Lords dan pemimpinnya King yang menguasai lingkungan mereka. Ayah Starr selalu dibujuk oleh King untuk bergabung ke dalam kelompoknya, namun selalu dia tolak.

Merasa kesal, King dan anak buahnya membakar toko milik ayah Starr di mana akhirnya dia ditangkap karena tindak kejahatannya itu.

Dalam film drama tentang diskriminasi ras karya George Tillman Jr. ini, Anthony Mackie berperan sebagai tokoh antagonis yang menjadi pemimpin gang bernama King. Tatapan mata yang tajam dan wajah yang dingin nan bengis selalu diperlihatkannya di sepanjang film. Kehadirannya membuat tensi emosi cerita menjadi tinggi.

3. Half Nelson

film terbaik anthony mackie_Half Nelson_

Film drama ini menceritakan kedekatan seorang guru muda yang diperankan dengan sangat apik oleh Ryan Gosling dengan muridnya yang dibawakan oleh Shareeka Epps.

Dunne, sang guru, ingin menjauhkan muridnya itu, Drey, dari pengaruh buruk lingkungan rumahnya yang dikuasai oleh narkoba. Namun, Dan sendiri adalah seorang pecandu narkoba.

Anthony Mackie di sini berperan sebagai Frank, seorang pengedar narkoba. Dia selalu berusaha mengajak Drey yang masih berusia 13 tahun untuk menjajakan narkoba di jalanan.

Tidak seperti pengedar narkoba lainnya, Frank adalah sosok kharismatik yang ucapannya mudah mencairkan hati yang beku. Oleh karena itu, Drey pun mau mengikuti sarannya untuk terjun dalam bisnis haram ini.

Film ini memang diakui memiliki kekuatan akting para pemerannya sebagai faktor utama kualitas film. Tidak hanya Ryan Gosling yang menjadi nominee Oscar di kategori Best Actor, namun Shareeka Epps dan Anthony Mackie pun berhasil menampilkan akting memukau.

4. Captain America: The Winter Soldier

anthony mackie_Captain America The Winter Soldier_

Popularitas Anthony Mackie yang terus naik berkat penampilannya di berbagai film, mengantarkannya mendapatkan peran sebagai superhero pendamping Captain America, Falcon.

Di film ini, mereka berdua mencoba menghentikan aksi Winter Soldier yang meruntuhkan stabilitas S.H.I.E.L.D. yang juga dirusak dari dalam oleh oknum Hydra.

Di ajang Saturn Awards, Anthony Mackie masuk sebagai nominee di kategori Best Supporting Actor berkat akting natural dan powerful sebagai Falcon.

Dia meneruskan peran ini di berbagai film dan serial Marvel Cinematic Universe, seperti Avengers: Age of Ultron (2015), Ant-Man (2015), Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity War (2018), dan Avengers: Endgame (2019).

Sepeninggal Captain America, duetnya dengan Winter Soldier ditampilkan dalam bentuk serial yang tayang di Disney+, The Falcon and the Winter Soldier (2021). Saksikan aksi pertamanya sebagai Captain America baru di film Captain America: New World Order!

5. Detroit

film terbaik anthony mackie_Detroit_

Pada peristiwa kerusuhan di Detroit tanggal 23 Juli 1967, Karl Greene sedang menginap di Algiers Motel. Veteran Perang Vietnam itu menjadi saksi salah satu kejadian diskriminasi ras terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Hanya karena suara tembakan dari pistol mainan, motel itu dikepung oleh kesatuan polisi dari Michigan dan Detroit serta Pasukan Garda Nasional. Para tamu motel diperlakukan layaknya sandera dan diinterogasi, bahkan kemudian memakan beberapa korban jiwa dari orang yang tidak bersalah.

Film drama kriminal ini disutradarai oleh Kathryn Bigelow yang kembali membawa Anthony Mackie bermain di filmnya, setelah sukses bersamanya di film The Hurt Locker (2008). Bersama deretan para pemeran lainnya, performa Anthony Mackie juga menuai banyak pujian.

6. The Banker

film terbaik anthony mackie_The Banker_

Di era 1950-an, Bernard yang ingin berbisnis di bidang real estate mengajak Joe sebagai investor. Untuk menghindari sikap diskriminatif dari pihak-pihak rasis, mereka menjadikan Matt sebagai wakil untuk bernegosiasi.

Mereka sukses memiliki banyak properti di Los Angeles dan melebarkan sayap hingga memiliki bank di Texas. Namun, pihak-pihak rasis terus mengintai pergerakan mereka.

Di film drama karya George Nolfi ini, Anthony Mackie membawakan peran Bernard Garrett dengan sangat apik. Rasa optimis Bernard begitu terlihat jelas dalam ekspresi dan pembawaannya.

Berada pada kesuksesan bisnis, Bernard dan Joe akhirnya digiring ke pengadilan atas dugaan pelanggaran peraturan usaha bank dan dihukum penjara. Hanya Matt yang tidak dihukum atas pembelaannya.

Tapi Matt tidaklah berkhianat. Semua sudah direncanakan oleh mereka bertiga, di mana Bernard dan Joe menitipkan sejumlah besar uang untuk dijadikan investasi kepada Matt yang kemudian sukses sebagai pengusaha.

Saat Bernard dan Joe bebas dari penjara, mereka semua sudah memiliki properti mewah di Bahama berkat dana investasi tersebut.

7. Night Catches Us

anthony mackie_Night Catches Us_

Mantan anggota Black Panther Marcus kembali ke Philadelphia setelah menyelesaikan masa hukumannya. Dia memilih untuk tidak bergabung kembali ke organisasi tersebut dan membuatnya dijauhi oleh sebagian besar anggota masyarakat.

Dia tinggal bersama Patricia, janda dari sahabatnya, dan membantu mengasuh putrinya. Namun, gejolak diskriminasi yang tinggi memisahkan mereka.

Di film drama tentang diskriminasi warga kulit hitam di era 1970an ini, penampilan Anthony Mackie menuai banyak pujian, terutama chemistry-nya dengan Kerry Washington. Di ajang Black Reel Awards, mereka berdua sukses keluar sebagai Best Actor dan Best Actress yang membuktikan perpaduan apik mereka di dalam filmnya.

8. Synchronic

film terbaik anthony mackie_Synchronic_

Dennis kehilangan putrinya, Brianna, tanpa meninggalkan satupun jejak. Rekan sesama paramedis, Steven, curiga dengan obat synchronic yang selalu ditemukan di setiap pasien yang mereka tolong.

Nekat mencoba, ternyata obat itu membawanya kembali ke masa lalu. Steven berasumsi bahwa Brianna ada di masa tersebut dan dia berniat untuk menjemputnya dengan persediaan obat yang terbatas.

Di film sci-fi horror ini Anthony Mackie berperan sebagai Steven, petugas paramedis yang berusaha menemukan Brianna di masa lalu. Steven didiagnosa memiliki tumor otak yang membuat hidupnya kemungkinan tidak lama lagi. Dan dia mengorbankan diri agar Dennis bisa bertemu Brianna lagi.

9. Brother to Brother

anthony mackie_Brother to Brother_

Film drama indie karya Rodney Evans ini menyita perhatian karena menyajikan kisah pergerakan para seniman kulit hitam yang tergabung dalam Harlem Renaissance. Cerita film dibagi menjadi dua masa, yaitu masa kini dan era 1920an.

Kisah terhubung lewat karakter Bruce, yang merupakan pelukis sekaligus penulis dari kelompok pergerakan tersebut. Bruce menceritakan kisahnya kepada Perry di masa kini.

Perry sendiri adalah seorang mahasiswa gay yang kuliah di Columbia University. Dia mengalami masalah diskriminasi dalam komunitasnya dan menemukan pencerahan setelah bertemu dengan Bruce.

Lewat film ini kita mengenal para tokoh Harlem Renaissance, seperti Langston Hughes, Aaron Douglas, Wallace Thurman, Zora Neale Hurston, dan tentu saja Bruce Nugent.

Berkat performa aktingnya yang apik, Anthony Mackie berhasi menjadi nominee untuk kategori Best Debut Performance di ajang Independent Spirit Awards.

10. All the Way

anthony mackie_All the Way_

Film drama ini memang mengisahkan biografi Presiden Lyndon B. Johnson setelah peristiwa kematian tragis John F. Kennedy. Namun, peran beberapa tokoh di dalamnya turut andil dalam jalan cerita. Salah satu di antara mereka adalah Martin Luther King Jr. yang diperankan oleh Anthony Mackie.

Di film TV yang ditayangkan oleh HBO ini, Martin Luther King Jr. memperjuangkan persamaan hak asasi bagi seluruh warga Amerika. Lewat beberapa demonstrasi damai, peraih Nobel ini menyuarakan harapan warga kulit berwarna untuk bisa terlepas dari jerat diskriminasi.

Karena aksinya, King sering mendapat ancaman dari berbagai pihak yang tidak setuju dengannya, salah satunya dari direktur FBI, J. Edgar Hoover.

11. We Have a Ghost

anthony mackie_We Have a Ghost_

Keluarga Presley menemukan sesosok hantu di rumah baru mereka. Bukannya takut, mereka justru berteman dengan hantu yang tidak bisa bicara dan tidak tahu penyebab kematiannya itu.

Hantu ini menjadi viral karena video yang mereka unggah ke YouTube dan media sosial lainnya. Hanya Kevin yang peduli kepada Ernest sang hantu, yang membantunya mencari tahu penyebab kematiannya.

Di film horror comedy ini, Anthony Mackie menjadi kepala keluarga Presley bernama Frank. Dia sebenarnya sedang mengalami kesulitan finansial karena hutang cicilan yang banyak demi keluarganya.

Namun, dengan viralnya video Ernest sang hantu di YouTube, dia menjadikan ini sebagai ladang usaha barunya dan menginginkan Ernest tetap berada di rumah dengan menolak ide Kevin membawanya pergi.

Namun setelah semua usai, di mana Ernest diketahui mati karena dibunuh dan pelakunya sudah berhasil mereka ringkus, Frank meminta maaf kepada keluarganya. Selama ini dia merasa sudah bersikap egois dan tidak pernah mempertimbangkan saran mereka.

Walau punya premis cerita unik, sayangnya akting Anthony Mackie dalam film ini terlihat biasa saja meski dia tampak nyaman membawakannya.

Itulah deretan film terbaik yang dibintangi oleh Anthony Mackie. Termasuk salah satu aktor papan atas Hollywood dengan banyak proyek film besar yang akan jalani, sepertinya karier filmnya akan terus bersinar.

Kita berharap Mackie terus konstan untuk menampilkan performa akting yang bagus di setiap filmnya. Fans atau bukan, kalian wajib menonton semua film di atas. Selamat menyaksikan!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram