logo web

10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Chris Cooper

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Chris Cooper merupakan aktor Amerika Serikat yang telah terlibat dalam banyak film Hollywood termasuk American Beauty (1999), The Bourne Identity (2002) dan Capote (2005).

Dengan pengalaman berakting dalam industri film sejak 1987, Chris Cooper diakui sebagai salah satu aktor pendukung terbaik melalui ajang Academy Award dan Golden Globe Awards.

Film-film yang Chris Cooper perankan sebagian besar mendapat ulasan positif dari para kritikus. Sepuluh judul di antaranya kami rekomendasikan untukmu sebagai tontonan di akhir pekan nanti. Inilah pilihan film Chris Cooper yang wajib untuk kamu tonton. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. American Beauty

American Beauty

Film Chris Cooper berjudul American Beauty (1999) meraih rating 8,3 di imdb dari 1,2 juta user. Film ini juga membawa pulang lima piala Oscar, termasuk Best Pictures, Best Director dan Best Cinematography.

Film ini mengisahkan tentang seorang Lester Burnham, seorang eksekutif di bidang periklanan yang mengalami krisis paruh baya saat tergila-gila pada sahabat dari putrinya, Jane, yang masih remaja. Lester mulai tergila-gila pada sahabat Jane yang bernama Angela saat bertemu di acara dansa di pertandingan bola basket di sekolah.

Lelaki paruh baya tersebut mulai memiliki fantasi seksual tentang Angela. Sang istri, Carolyn, juga mulai berselingkuh dengan saingan bisnisnya yang sama-sama sudah menikah, Buddy Kane.

Lester yang masih tergila-gila pada Angela, semakin bersemangat berolahraga setelah mendengar gadis itu bicara pada putrinya bahwa dia bersedia berhubungan seks jika Lester memperbaiki fisiknya.

Namun, masalah menjadi semakin runyam ketika Lester dituduh berhubungan seksual dengan seorang pemuda bernama Ricky oleh Frank; ayah Ricky yang diperankan oleh Chris Cooper.

2. The Bourne Identity

The Bourne Identity

The Bourne Identity (2002) adalah film Chris Cooper ber-genre action-thriller yang digarap berdasarkan novel Robert Ludlum tahun 1980. Film ini dibintangi oleh Matt Damon sebagai Jason Bourne, seorang pemuda penderita psychogenic amnesia. Alur cerita film ini akan mengajakmu mengikuti perjalanan Bourne dalam menemukan identitas di tengah clandestine conspiracy di dalam CIA.

Semua dimulai ketika seorang pemuda asal Amerika ditemukan oleh pelayan Italia terombang-ambing di Laut Mediterania. Pria itu dirawat dalam keadaan hilang ingatan.

Dia kemudian menemukan sebuah kode di bawah kulitnya yang merujuk pada sebuah brankas di bank di Zurich. Di sana dia menemukan beberapa barang salah satunya paspor dengan nama Jason Bourne.

Setelah kepergian Bourne dari bank, seorang petugas menghubungi Operation Treadstone, program operasi rahasia CIA yang dikepalai oleh Alexander Conklin.

Karakter Conklin diperankan oleh Chris Cooper itu kemudian mengeluarkan peringatan untuk menangkap Bourne dan menugaskan tiga agen untuk membunuhnya.

3. The Town

The Town

Drama kriminal berjudul The Town (2010) menjadi penampilan Chris Cooper selanjutnya dalam sebuah film. Dibintangi oleh Ben Affleck, film ini diadaptasi dari novel karya Chuck Hogan tahun 2004 berjudul Prince of Thieves.

Secara garis besar, film ini bercerita tentang seorang perampok bank yang mulai mengembangkan perasaan romantis pada salah satu korban di saat dirinya harus melakukan satu perampokan lagi.

Douglas MacRay atau Dough dan tiga sahabatnya, Jem, Gloansy dan Dez, merampok sebuah bank. Di luar rencana, Jem menyandera manajer bank bernama Claire Keesey, walau akhirnya kembali dibebaskan.

Rupanya, Claire tinggal di lingkungan yang sama dengan empat perampok itu. Dough pun mencari tahu sebanyak apa info yang diberikan Claire pada kepolisian.

Perasaan romantis antara Dough dan Claire pun muncul. Sembari terus menyembunyikan identitasnya dari Claire dan hubungannya dari para sahabat, Dough mulai khawatir. Pasalnya Claire melihat tattoo pada tubuh Jem.

Dia takut Claire bisa mengidentifikasi Jem dan mengirim mereka ke penjara, sama seperti ayahnya, Stephen MacRay. Kareakter sang ayah itu diperankan oleh Chris Cooper dan kini tengah mendekam di penjara.

4. The Patriot

The Patriot

Sebuah film Amerika ber-genre epic historical war karya sutradara Roland Emmerich, The Patriot (2000), mengambil latar belakang sebuah pedesaan di Berkeley Country, South Carolina.

Film ini menggambarkan kehidupan Benjamin Martin, seorang kolonis Amerika yang menentang perang dengan Britania Raya. Namun, dia terseret dalam Perang Revolusi saat Gabriel, salah satu dari tujuh putranya, dibunuh oleh Perwira Inggris.

Gabriel yang baru pulang dari perang melawan Inggris, ditangkap sebagai mata-mata oleh Kolonel William Tavington. Melihat saudaranya dibawa paksa, Thomas, anak Benjamin yang lain, mencoba membebaskan Gabriel. Sayangnya, Thomas ditembak oleh Tavington dan tewas.

Rumah Benjamin pun dibakar dan orang-orang Amerika yang ada di sana dieksekusi. Benjamin dan dua putranya tak bisa tinggal diam. Dia menyergap konvoi tentara Inggris yang membawa Gabriel dan membunuh mereka secara brutal.

Dalam film ini Chris Cooper berperan sebagai Brigadier General Harry Burwell, salah satu perwira komandan Benjamin dalam Perang Perancis.

5. Little Women

Little Women

Sebuah film karya sutradara Greta Gerwig berjudul Little Women (2019) ini turut dibintangi oleh Chris Cooper. Ada pula sejumlah para pemain terkenal seperti Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen, Laura Dern, dan Timothée Chalamet.

Film coming-of-age period drama ini diadaptasi dari novel tahun 1868 karya Louise May Alcott. Little Women bercerita tentang kehidupan March bersaudara yang tinggal di Concord, Massachusetts selama abad ke-19.

Tahun 1861, Jo March, putri kedua keluarga March, bertemu seorang pemuda bernama Laurie di sebuah pesta dansa. Pada pagi di hari Natal, setelah keluarga March memberikan makanan untuk tetangga yang miskin, mereka terkejut karena mendapati meja makan di rumah sudah penuh makanan.

Rupanya makanan itu dari tetangga mereka, Tuan Laurence, kakek dari Laurie yang diperankan oleh Chris Cooper. Kedekatan keluarga mereka membuat hubungan Jo dan Laurie juga dekat.

Perlahan Laurie mengembangkan perasaan untuk Jo, tapi Jo menolaknya. Kehidupan keluarga March diwarnai dengan banyak peristiwa, termasuk pernikahan tak terduga dan kematian salah satu putri mereka.

6. Adaptation

Adaptation

Melalui perannya di film Adaptation (2002), Chris Cooper mendapatkan penghargaan Best Supporting Actor di ajang Oscar 2003. Ditulis oleh Charlie Kaufman, film ini diadaptasi dari sebuah buku nonfiksi berjudul The Orchid Thief karya Susan Orlean tahun 1998. Chris Cooper sendiri berperan sebagai John Laroche; tokoh utama pencuri anggrek dalam buku karya Susan Orlean.

Ceritanya berputar pada sosok Charlie Kaufman, seorang penulis skenario sedang berjuang melawan anxiety, social phobia, depression, dan low self-esteem.

Dia dipekerjakan untuk menulis adaptasi skenario The Orchied Thief karya Susan Orlean, tetapi mengalami kesulitan karena menganggap narasi buku tersebut tidak mungkin diubah jadi sebuah film. Putus asa dengan tugasnya, Charlie pergi ke New York untuk bertemu Susan Orlean dan mendiskusikannya secara langsung.

Charlie yang terlalu canggung dan pemalu meminta ditemani oleh saudara kembarnya, Donald. Dia kemudian mulai mewawancarai Orlean, tetapi malah mendapatkan jawaban-jawaban yang mencurigakan.

7. Jarhead

Jarhead

Jarhead (2003) adalah sebuah film drama perang biografi Amerika yang diangkat dari memoar tahun 2003 karya Marinir AS Anthony Swofford. Film ini disutradarai oleh Sam Mendes, serta dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Peter Sarsgaard, Lucas Black, dan Chris Cooper.

Jarhead (2003) mengisahkan cerita hidup Swofford dan pengabdian militernya dalam Perang Teluk Persia. Tahun 1989, Swofford mengikuti pelatihan rekrutmen Korps Marinis Amerika Serikat.

Selama di militer, khususnya di Camp Pendleton, dia kesulitan sehingga berpura-pura sakit untuk terhindar dari tanggung jawabnya. Ulah Swofford menarik perhatian Sersan Staf Sykes, lalu menawarinya kesempatan mengikuti kursus penembak jitu.

Setelah pelatihan yang melelahkan, Swofford menjadi penembak jitu bersama tujuh kandidat lainnya. Unit Swofford kemudian dikerahkan sebagai bagian dari Operation Desert Shield dalam Perang Teluk.

Tapi sayangnya, sampai pertempuran berakhir, Swofford tidak menembakkan senjatanya. Di sini Chris Cooper berperan sebagai Letnan Kolonel Kazinski, komandan battalion untuk unit yang diikuti Swofford.

8. Me, Myself & Irene

Me, Myself & Irene

Me, Myself & Irene (2000) adalah sebuah film komedi hitam slapstick Amerika Serikat yang disutradarai oleh Farrelly bersaudara dan dibintangi oleh Jim Carrey dan Renée Zellweger. Chris Cooper juga turut bermain dalam film ini sebagai petugas polisi bernama Gerke yang mengejar Charlie dalam satu peristiwa pelarian.

Charlie Baileygates adalah seorang veteran polisi yang banyak dimanfaatkan orang-orang di sekitarnya, termasuk oleh sang istri, Layla. Tak lama setelah menikah, Layla bahkan sudah berselingkuh dan punya anak kembar tiga dari hubungan gelapnya itu.

Meski teman-teman sudah memperingatkannya tentang perselingkuhan Layla, ditambah fakta bahwa tiga anak kembartersebut yang tidak mirip dirinya, Charlie tetap menyangkal.

Penduduk kota sangat mencintai Charlie, tapi mereka juga terus menyiksanya selama bertahun-tahun. Perlakuan itu ‘membangunkan’ kepribadian lain di diri Charlie bernama Hank Evans.

Evans selalu muncul setiap Charlie mengalami tekanan. Berbeda dengan Charlie, Evans lebih kejam dan kasar. Dalam keadaan tidak stabil seperti itu, Charlie ditugaskan mengawal seorang wanita cantik bernama Irene.

9. A Time to Kill

A Time to Kill

Film Chris Cooper terekomendasi berikutnya yaitu A Time to Kill (1996), sebuah film karya sutradara Joel Schumacher yang dibuat berdasarkan novel John Grisham tahun 1989.

Film ini mengisahkan seorang gadis Afrika-Amerika berusia sepuluh tahun bernama Tonya Hailey yang diculik, diperkosa dan dipukuli oleh dua orang kulit putih, Billy Ray Cobb dan James Williard. Kedua pelaku membuang Tonya ke sungai, tetapi beruntung gadis itu dapat selamat.

Para pelaku pun ditangkap oleh Sheriff Ozzie Walls. Ayah Tonya, Carl Lee Hailey kecewa setelah mendengar pendapat pengacara Jake Brigance yang mengatakan bahwa kemungkinan dua orang pelaku tersebut akan bebas. Carl pun pergi ke gedung pengadilan dan melepaskan tembakan.

Akibatnya dua pelaku tadi tewas dan seorang deputi bernama Dwayne Looney (Chris Cooper) terluka hingga harus diamputasi. Carl Lee pun ditangkap dan Brigance setuju untuk membelanya.

Kasus Carl Lee ini kemudian dimanfaatkan oleh jaksa Rufus Buckley untuk mendongkrak karir politiknya. Rufus pun menuntut Carl Lee dengan hukuman mati.

10. Capote

Capote

Film Chris Cooper berjudul Capote (2005) merupakan sebuah biographical drama film tentang novelis Amerika, Truman Capote. Film ini menangkap peristiwa-peristiwa yang terjadi selama penulisan buku nonfiksi Capote tahun 1965. Dengan pujian dari para kritikus, Capote (2005) dinominasikan ke dalam lima kategori bergengsi di ajang Oscar.

Capote tertegun setelah membaca berita tentang penemuan mayat sebuah keluarga di Kansas. Dia kemudian menelepon William Shawn, editor The New Yorker, dan berencana mendokumentasikan tragedi tersebut.

Capote lalu mengajak Nelle Harper Lee, teman masa kecilnya, guna memulai rencananya. Namun, Capote mendapat hambatan karena tidak diizinkan oleh Alvin Dewey.

Karakter yang diperankan oleh Chris Cooper tersebut adalah detektif utama Biro Investigasi Kansas yang menangani kasus pembunuhan itu.

Tak lama dua pelaku pembunuhan pun tertangkap dan Capote segera terikat secara emosi dengan salah satu pelakunya yang bernama Smith. Dia ingin tragedi mengerikan tersebut menjadi sebuah buku.

Bicara mengenai film Chris Cooper, sepuluh judul dalam artikel ini tentu hanya sedikit dari karya-karya hebatnya. Namun, dari sepuluh film di atas dan peran-peran yang Cooper mainkan, kamu bisa melihat bahwa sang aktor memang salah satu pelakon jempolan di industri Hollywood yang besar.

Lalu, di antara sepuluh judul di atas, adakah film favoritmu? Atau punya film favorit lain?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram