logo web

10 Film Christopher Nolan Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Gerryaldo

Christopher Edward Nolan atau yang lebih dikenal dengan nama Christopher Nolan sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta film. Ia merupakan seorang sutradara yang telah banyak menyutradarai film-film box office. Ia telah memulai karir filmnya sejak tahun 1989 dan disebut menjadi salah satu sutradara yang paling berpengaruh di abad 21.

Film-film yang disutradarai Christopher Nolan biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Ia biasa membuat konsep-konsep yang filosofis dan mengeksplor konstruksi waktu, memori, serta identitas personal manusia.

Baca Juga: 20 Sutradara Terbaik Indonesia dengan Karya yang Luar Biasa

Nolan juga sering membuat film dengan akhir cerita yang tidak bisa ditebak oleh para penontonnya. Ini membuat film Nolan banyak diminati penikmat film dan selalu ditunggu. Karya-karya film Nolan juga berhasil membuatnya meraih 26 nominasi dan tujuh kemenangan piala Oscar.

Sepanjang karirnya, Christopher Nolan telah menyutradarai sepuluh film dengan beragam genre. Simak yuk ulasan tentang film karya Christopher Nolan yang sangat menarik untuk ditonton berikut ini!

1. Oppenheimer

Oppenheimer_Poster (Copy)

J. Robert Oppenheimer yang diperankan oleh Cillian Murphy, adalah seorang ilmuwan Amerika yang terkenal dengan kecerdasannya, namun memiliki sifat sombong luar biasa.

Pada saat yang sangat penting, dia meluncurkan penemuan inovatif dengan konsekuensi besar yakni bom atom yang menjadi senjata paling mematikan dalam perang.

Namun, kegembiraan yang dirasakan Robert saat meluncurkan ciptaannya hanya berlangsung singkat, dengan cepat rasa itu menghilang dan menjadi rasa takut yang mendalam.

Oppenheimer sepenuhnya memahami implikasi berbahaya dari penemuannya itu; kekuatan destruktif besar bom atom memiliki potensi untuk melenyapkan banyak nyawa.

2. Memento

Memento (2000)

Leonard Shelby (Guy Pearce) merupakan seorang penyelidik asuransi. Pada satu hari, ia dan istrinya, Catherine (Jorja Fox) diserang oleh dua orang pria tidak dikenal, Leonard dihajar habis-habisan sedangkan sang istri harus mengalami hal lebih buruk setelah diperkosa dan dicekik hingga tewas.

Akibat hal itu, Leonard mengalami kondisi amnesia anterograde yang membuat dirinya selalu mengulang ingatannya setelah 15 menit. Hal ini menghambatnya untuk mencari pelaku yang membunuh istrinya. Meski demikian, Leonard sama sekali tidak putus asa, ia terus berusaha mengungkap siapa pelakunya.

3. Insomnia

Insomnia (2002)

Pasangan Detektif Will Dormer (Al Pacino) dan Hap Eckhart (Martin Donovan) mendapat tugas untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang terjadi di sebuah kota nelayan kecil di Alaska. Saat melakukan penyelidikan, Will tidak sengaja menembak Eckhart karena mengira rekannya itu adalah pelaku yang kabur.

Alih-alih melaporkan kejadian yang sebenarnya, Will malah memberikan informasi palsu bahwa Eckhart ditembak oleh pelaku. Hal ini malah membuat Will blunder karena dia jadi menghadapi banyak tekanan. Rasa bersalah Will muncul dan selagi ia terus mengejar pelaku, akhirnya Will mengaku apa yang sebenarnya terjadi.

4. Batman Begins

Batman Begins (2005)

Sewaktu muda, Bruce Wayne (Christian Bale) mengalami nasib malang, kedua orang tuanya tewas terbunuh meninggalkannya seorang diri. Ia lantas diasuh oleh pelayan keluarga yang setia padanya, Alfred Pennyworth (Michael Caine). Setelah tumbuh besar, ia ingin sekali membalaskan dendam kedua orang tuanya.

Bruce lantas melakukan perjalanan jauh ke timur untuk belajar ilmu bela diri dari seorang guru bernama Henri Ducard (Liam Neeson). Namun selama pelatihan, Bruce mengetahui satu hal yang membuat dirinya hilang respek pada Henri dan timnya. Ia pun kembali ke kota Gotham, dan berjanji untuk melawan kejahatan di sana.

5. The Prestige

The Prestige (2006)

Pada tahun 1890-an, kota London memiliki pasangan pesulap paling tenar bernama Robert Angier (Hugh Jackman) dan Alfred Borden (Christian Bale). Pada sebuah pertunjukan, istri Robert, Julia (Piper Perabo) malah tewas dalam tangki air, membuat keduanya menjadi musuh bebuyutan untuk waktu yang lama.

Di satu masa, Robert menciptakan sebuah trik sulap yang dikenal dengan nama The Transported Man. Saat melihat trik sulapnya sukses, Alfred pun mengikuti trik Robert. Mengetahui hal itu, perseteruan pun kembali terjadi. Hingga Robert pun membuat sebuah keputusan yang malah mengacaukan semua hal.

6. The Dark Knight

The Dark Knight (2008)

Batman (Christian Bale), jaksa wilayah Harvey Dent (Aaron Eckhart) dan letnan polisi James Gordon (Gary Oldman) bekerja sama untuk terus memerangi kejahatan terorganisir. Apalagi setelah kasus pencurian bank yang didalangi oleh Joker (Heath Ledger) terjadi di kota Gotham, membuat ketiganya memperketat penjagaan.

Joker pun akhirnya bertemu dengan para bos mafia kota Gotham dan berencana untuk membunuh Batman supaya kejahatan bisa leluasa menguasai kota. Para bos itu pun setuju. Kini Batman dijatuhi fitnah dan jadi buruan. Batman pun harus bisa kembali membersihkan kembali namanya sebagai pahlawan Gotham.

7. Inception

Inception (2010)

Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pencuri profesional. Ia melakukan aksinya dengan cara yang tidak biasa. Dom memiliki kemampuan langka, yang mampu memasuki mimpi seseorang dan mencuri rahasia mereka dari alam bawah sadar. Hal ini jelas membuat banyak agen pertahanan ketar-ketir.

Mendengar hal itu, perusahaan spionase paling terkenal di dunia segera bekerja keras untuk membuat teknologi berbagi mimpi yang dikenal dengan Inception, untuk menangkap dan menggagalkan aksi Dom. Para agen yang ditugaskan pun mulai melakukan penyelidikan dengan melewati banyak lapis mimpi.

8. The Dark Knight Rises

The Dark Knight Rises (2012)

Jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart) meninggal dengan mewariskan Dent Act; sebuah undang-undang yang memberikan kekuasaan pada polisi untuk memberantas kejahatan terorganisir di Kota. Meski demikian, kejahatan tetap saja terjadi disana. Apalagi saat Bane (Tom Hardy) yang ingin menghancurkan Gotham.

Batman pun tidak tinggal diam, ia segera melawan. Meski sempat kalah, ia bertarung kembali melumpuhkan Bane dan timnya yang ganas.

Hingga pada satu waktu, Bane menggunakan bom besar yang mengancam banyak nyawa. Batman pun mengorbankan diri untuk membuang bom itu dan meledak bersamanya.

9. Interstellar

Interstellar (2014)

Masa depan Bumi tidak baik-baik saja, ini membuat banyak pihak mencari cara bagaimana supaya Bumi selamat dan kehidupan manusia tetap berlangsung. Jawaban pun didapat oleh seorang fisikawan NASA yang brilian, Profesor Brand (Michael Caine), untuk ‘mengangkut’ penduduk Bumi ke tempat aman.

Ada 3 planet yang jadi calon rumah baru umat manusia. Guna menyelidiki mana kandidat yang paling cocok, maka Profesor Brand mengirim pilot NASA, Cooper (Matthew McConaughey) untuk melakukan inspeksi bersama timnya, lewat lubang cacing. Mampukah Cooper dan timnya menemukan planet yang dimaksud?

10. Dunkirk

Dunkirk (2017)

Pasukan Adolf Hitler melakukan penyerangan besar-besaran selama pertempuran Perancis tahun 1940. Hal ini membuat sekitar 300.000 tentara gabungan dari banyak negara jadi ‘terpukul’ mundur hingga terdampar di sebuah wilayah pantai berpasir di kota Dunkirk. Mereka harus bertahan hidup selama mungkin disana.

Malangnya, tidak ada pasokan makanan dan minuman yang cukup untuk memenuhi kebutuhan para tentara itu. Mereka pun mendapatkan harapan setelah operasi dynamo dilaksanakan, operasi yang melibatkan banyak pasukan untuk mengevakuasi para tentara dari Dunkirk sebelum serangan dari Jerman muncul.

Itulah film-film karya Christopher Nolan yang sukses di pasaran dan membuatnya menjadi salah satu sutradara terbaik di dunia. Jadi, adakah diantara film-film tersebut yang sudahkamu tonton? Manakah film Christopher Nolan yang menjadi favorit kamu? Silakan bagikan kesanmu terhadap film-film Christopher Nolan tadi di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram