logo web

10 Film Dan Stevens Terbaik yang Harus Kamu Tonton

Ditulis oleh Syuri K.N.

Dan Stevens, aktor Inggris yang serba bisa dan sangat berbakat, telah memikat penonton di seluruh dunia dengan penampilannya yang karismatik dan kemampuan aktingnya yang luar biasa. Dari period drama, film thriller yang mencekam, hingga kisah fantasi, Dan Stevens telah memamerkan kemultigunaannya di layar perak.

Dan dikenal mampu menghidupkan beragam karakter, karena proyek filmnya enggak stuck di satu warna saja. Di dalam artikel ini, Showpoiler menyelami dunia filmografi Dan Stevens untuk memberi tahu kamu penampilan film terbaiknya. Scroll terus sampai habis, ya!

1. Beauty and the Beast

Beauty and the Beast Dan Stevens_

Dalam adaptasi live-action dari dongeng Disney yang begitu dicintai banyak orang, "Beauty and the Beast," Dan Stevens memberikan kehidupan ke dalam karakternya, Beast.

Meskipun tersembunyi di balik lapisan CGI, suara Stevens yang tegas dan penampilan aktingnya yang penuh nuansa, berhasil membuat para penonton berempati pada perjuangan Beast untuk menemukan cinta dan mematahkan kutukan yang mengurungnya.

Dan Stevens berhasil menangkap esensi karakter dengan keseimbangan antara keganasan dan kerentanan, membuat penampilannya sebagai Beast benar-benar berkesan. Di film musikal rilisan tahun 2017 ini, Beast beradu peran dengan Emma Watson yang membawakan karakter Belle.

2. The Guest

The Guest 2014 Dan Stevens

Dari drama romansa fantasi, kita beralih ke film aksi. Ini adalah salah satu film yang benar-benar melambungkan nama Dan Stevens ke dalam sorotan. "The Guest" disutradarai oleh Adam Wingard, di mana Dan Stevens berperan sebagai David Collins, seorang mantan tentara yang penuh teka-teki.

Mengaku sebagai teman mendiang putra mereka, ia menyusup ke dalam kehidupan keluarga yang sedang berduka. Dan Stevens sebagai David Collins berhasil menggambarkan perubahan penokohan yang intens. Karena David berubah dari ramah menjadi mengancam seiring berjalannya plot.

Spencer (Leland Orser) dan Laura Peterson (Sheila Kelley), tengah berduka karena anak sulung mereka, Caleb, gugur di medan perang Afghanistan. Suatu hari mereka dikunjungi David Collins, yang mengaku sebagai mantan sersan Angkatan Darat Amerika Serikat sekaligus sahabat Caleb.

David pun diterima dengan baik di keluarga Peterson. David bahkan mengakrabkan diri dengan Luke dan Anna, adik dari Caleb. Pada awalnya David tampak seperti sosok kakak pengganti bagi Luke (Brendan Meyer) dan Anna (Maika Monroe).

Tapi, kemudian terjadi kekerasan hingga pembunuhan yang membuat Anna curiga, lalu menelepon pangkalan militer untuk mengonfirmasi siapa David sebenarnya.

3. I'm Your Man

"I'm Your Man" memiliki judul asli bahasa Jerman "Ich bin dein Mensch". Film komedi romantis ini menyelami kompleksitas cinta dan hubungan manusia dengan robot. Dan Stevens memberikan penampilan yang luar biasa sebagai Tom, sebuah Android yang dirancang untuk menjadi pasangan yang sempurna.

Plot-nya mengingatkan pada film Thailand "AI Love You" (2022), ya? Karena kisah cinta antara komputer atau artificial intelligence dan manusia memang cukup sering diangkat menjadi film. Premis "I'm Your Man" mengangkat cerita seorang arkeolog bernama Alma Felser (Maren Eggert) yang tinggal bersama Tom sebagai bagian dari eksperimen.

Interaksi antara dirinya dan Tom menantang keyakinannya dan memicu emosi yang enggak terduga. Film ini mengeksplorasi batas-batas yang kabur antara kecerdasan buatan dan hubungan yang tulus.

Penggambaran Dan Stevens sebagai Tom menampilkan pertumbuhan, kesadaran diri, dan chemistry dengan Alma yang diperankan oleh Maren Eggert. Alma menjadi bagian dari komite etik yang memutuskan apakah robot-robot seperti Tom bisa diproduksi massal dan diberi hak asasi manusia atau enggak.

4. A Walk Among the Tombstones

A Walk Among the Tombstones

Pada tahun 1991, Detektif Matthew Scudder alias Matt (Liam Neeson) disebut sebagai pegawai yang enggak bisa diandalkan. Matt memasuki bar dan memesan minuman keras ketika dua orang bersenjata masuk dan membunuh bartendernya. Matt menembak kedua penyerang itu, tapi pengemudi mereka melarikan diri.

Time skip ke tahun 1999, seorang pecandu narkoba bernama Peter Kristo (Boyd Holbrook) mengunjungi Matt. Peter meminta Matt yang sudah pensiun untuk membantu saudaranya, Kenny Kristo (Dan Stevens) yang seorang pengedar narkoba.

Kenny memberi tahu Matt bahwa saat ini istrinya diculik, dan para penculiknya meminta uang tebusan yang sangat banyak. Tapi, walau sudah diberi tebusan, istri Kenny ditemukan dalam kondisi tewas mengenaskan dengan tubuh terpotong-potong.

Kenny meminta tolong pada Matt untuk membantu menemukan para pembunuh istrinya, karena ia ingin membalas dendam. Akhirnya Matt pun setuju, dan perjalanan mereka dimulai sekarang.

5. Apostle

Apostle

Dalam film horor Gareth Evans, "The Apostle," Dan Stevens memberikan penampilan yang luar biasa sebagai Thomas Richardson. Thomas adalah pria yang sedang dalam misi berbahaya untuk menyelamatkan saudarinya dari sekte agama misterius pada tahun 1905.

Thomas melakukan perjalanan ke sebuah pulau terpencil untuk menyelamatkan saudarinya. Sekte religius misterius yang menculik adik Thomas meminta tebusan dengan mengancam keselamatan sang adik.

Dan Stevens sebagai Thomas Richardson berhasil mempertontonkan keputusasaan, tekad, dan gejolak internal saat berusaha mengungkap rahasia gelap yang bersembunyi di dalam sekte yang terisolasi tersebut.

6. Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga

Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga

"Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga" adalah film komedi musikal yang disutradarai oleh David Dobkin. Berlokasi di kota kecil Húsavík, Islandia, Lars Erickssong (Will Ferrell) dan Sigrit Ericksdóttir (Rachel McAdams) yang bersahabat sejak kecil bermusik bersama dalam band bernama Fire Saga.

Kegiatan mereka enggak disukai oleh Erick, ayah Lars yang sudah menduda, juga oleh ibu Sigrit yang mengatakan kalau mereka enggak akan pernah sukses. Sebenarnya band Fire Saga memenangkan Kontes Lagu Eurovision.

Namun, di bar setempat, satu-satunya lagu yang ingin didengar penonton adalah lagu yang bahkan liriknya enggak masuk akal. Di sini, Dan Stevens berperan sebagai Alexander Lemtov, penyanyi flamboyan yang mewakili Rusia dalam kontes musik Eurovision.

Suatu hari, Alexander mengundang Lars dan Sigrit ke pesta di rumahnya, yang dihadiri oleh banyak mantan kontestan Eurovision. Alexander dan Sigrit menghabiskan malam bersama, begitu juga Lars dan Mita, mantan kontestan lainnya. Konflik antara Lars dan Sigrit semakin memanas ketika Lars berpikir Alexander dan Sigrit sedang PDKT.

7. Blithe Spirit

Blithe Spirit

Dalam film komedi "Blithe Spirit," Dan Stevens membawa pesona dan bakat komedinya ke dalam peran Charles Condomine. Film ini mengisahkan kesialan Charles, seorang penulis yang belum terkenal. Suatu hari, ia mengundang seorang cenayang ke rumahnya untuk melakukan pemanggilan arwah.

Ia berharap dapat menemukan inspirasi untuk novel barunya yang bertema horor. Namun, keadaan berubah menjadi lucu ketika pemanggilan arwah—secara enggak sengaja—memanggil hantu istri Charles yang telah meninggal, Elvira (diperankan oleh Leslie Mann). Arwah Elvira yang jahil mendatangkan malapetaka dalam kehidupan Charles.

Dan Stevens bersinar dalam penggambarannya sebagai seorang suami yang kebingungan dan terjebak di antara dua dunia. Dengan dialog jenaka dan akting penuh semangat, "Blithe Spirit" menampilkan kemampuan akting Dan Stevens dalam menavigasi kerumitan gabungan genre komedi-romantis-supernatural dengan mudah.

8. The Rental

The Rental

Charlie (Dan Stevens) menyewa sebuah rumah terpencil di Pantai Oregon untuk liburan akhir pekan. Enggak sendiri, ia pergi bersama istrinya, Michelle (Alison Brie); saudaranya, Josh (Jeremy Allen White); dan pacar Josh sekaligus mitra bisnis Charlie, Mina (Sheila Vand).

Setibanya di lokasi, mereka bertemu dengan penjaga rumah, Taylor (Toby Huss), yang bertingkah aneh dan mengeluarkan pernyataan rasis terhadap Mina. Setelah kondisi tenang, Mina, Josh, dan Charlie mengonsumsi ekstasi sementara Michelle tidur.

Josh kemudian pingsan di sofa, sementara Mina serta Charlie berciuman dan melakukan hubungan badan di kamar mandi. Keesokan paginya, Charlie dan Mina sepakat untuk melupakan apa yang terjadi dan enggak menceritakannya kepada pasangan masing-masing.

Saat mandi, Mina menyadari ada sebuah kamera tersembunyi yang diinstal di sana. Ia memberi tahu Charlie dan panik, bahwa hubungan mereka semalam pasti terekam kamera tersebut. Mereka berasumsi kalau Taylor si penjaga rumah lah yang telah memasang kamera itu.

Mengkonfrontasi Taylor, terjadi perselisihan sengit antara ia dan Mina. Josh berpikir kalau Taylor menyerang kekasihnya dan menghajar Taylor hingga pingsan.

Enggak lama setelah itu, pria bertopeng masuk dan membunuh Taylor yang tergeletak pingsan. Enggak ada yang melihat si pembunuh, hingga Josh lah yang dituduh sebagai pelaku, karena Taylor dianggap meninggal akibat luka pemukulan yang dilakukan Josh.

9. Night at the Museum 3

Night at the Museum 3

Dalam film keluarga penuh petualangan "Night at the Museum: Secret of the Tomb," Dan Stevens bergabung dengan lineup para pemeran sebagai Sir Lancelot, ksatria legendaris Meja Bundar. Secara keseluruhan, film ini mengisahkan tentang pameran ajaib di American Museum of Natural History yang kembali 'hidup'.

Kali ini, Larry Daley (diperankan oleh Ben Stiller) memulai petualangan keliling dunia untuk menyelamatkan kekuatan mistik museum yang dijaganya. Di tengah kekacauan yang terjadi, Dan Stevens membawa kehadirannya yang karismatik dari ksatria ke dalam peran Sir Lancelot, menyuntikkan film ini dengan humor dan aksi yang mengagumkan.

Dengan penampilannya yang penuh semangat, Dan Stevens menambahkan dimensi baru yang menarik penonton ke dalam dunia magis "Night at the Museum." Karakternya, walaupun minor, menciptakan momen yang enggak terlupakan bagi para penonton dari segala usia.

10. The Call of the Wild

The Call of the Wild

Berlatarkan tahun 1890-an, "The Call of the Wild" mengangkat kisah yang penuh semangat tentang Buck, seekor anjing besar yang baik hati. Kehidupannya yang riang dan bebas hancur ketika ia dicuri dari rumahnya di Santa Clara County, California. Akibatnya, anjing itu dideportasi ke utara untuk dijual di Skagway, Alaska.

Saat itu sedang marak perburuan emas di Klondike, sehingga anjing-anjing kereta luncur yang tangguh sangat diminati. Buck, seekor anjing yang seumur hidupnya dimanja oleh majikannya, enggak bisa mengikuti pelatihan seperti anjing-anjing lainnya. Ia dipaksa berjuang untuk bertahan hidup.

Hingga akhirnya ia dibawa oleh pemilik terakhirnya, John Thornton, ke dekat Lingkaran Arktik. Semua pengalaman hidup dan lokasi ia berada sekarang membuat Buck semakin bergantung pada naluri primitifnya. Di film yang diangkat dari novel ini, Dan Stevens berperan sebagai Hal.

Itulah sepuluh filmografi Dan Stevens yang luar biasa. Dari diskografinya, jelas bahwa Dan Stevens sangat versatile. Ia bisa berperan sebagai pembunuh, penyanyi flamboyan, seorang suami, seorang pangeran yang dikutuk jadi monster, bandar narkoba, hingga tokoh raja dari sejarah asli.

Memilih satu film terbaik Dan Stevens mungkin akan sulit. Tapi, bisa dibilang penampilannya di "The Guest" dan "Beauty and the Beast" lah yang paling memukau. Apa kamu setuju?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram