logo web

10 Film Terbaik Demian Bichir, Aktor Bertalenta dari Meksiko

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Mungkin Demian Bichir tidak pernah menduga bahwa dia bisa merintis karir di kerasnya persaingan Hollywood. Aktor Meksiko yang lahir pada 1 Agustus 1963 ini awalnya hanyalah aktor di berbagai telenovela sejak tahun 1977. Karirnya hanya berjalan di tempat, dari telenovela satu ke telenovela lain dan beberapa film produksi negaranya sepanjang era 1980-an.

Sebenarnya Bichir sudah mendapat kesempatan bermain dalam film produksi Hollywood di tahun 1996. Sayang, film berjudul Solo yang dia bintangi hanyalah film action kelas B. Bichir kembali ke negaranya dan membintangi beberapa film yang menjaga stabilitas karirnya di perfilman Meksiko.

Hingga akhirnya kesempatan kedua datang dari Steven Soderbergh yang memilihnya untuk memerankan Fidel Castro di film biografi Che Guevara besutannya. Dan setelah itu, karir Bichir tidak terhentikan lagi di ranah perfilman Hollywood.

Lewat artikel ini kita akan mengenal sosok Demian Bichir melalui 10 film terbaik yang dibintanginya. Yuk, langsung disimak saja, ya!

1. A Better Life

A Better Life

Carlos Galindo dan putranya, Luis, mencari mobil truknya yang hilang dicuri oleh salah satu pegawai hariannya, Santiago. Bekerja sebagai tukang kebun di Los Angeles, Carlos berusaha memenuhi kebutuhan keluarganya agar bisa terus hidup di kota besar tersebut. Tidak mudah baginya untuk mencari pekerjaan lain, apalagi dia hanyalah imigran gelap di negara adidaya tersebut.

Film drama arahan Chris Weitz ini menggambarkan kesulitan hidup para imigran di Amerika Serikat, terutama para imigran gelap. Mendapat pekerjaan mapan hanyalah impian yang sulit diraih dan menjadi pekerja harian adalah hal yang patut disyukuri.

Lewat perannya sebagai Carlos yang sangat menyayangi putranya, Bichir berhasil dilirik oleh juri Academy Awards yang memasukkannya sebagai nominee di kategori Best Actor. Sejauh ini, A Better Life adalah pencapaian terbaik Demian Bichir yang justru didapatnya saat baru mulai merintis karir di Hollywood.

2. The Hateful Eight

The Hateful Eight

Major Marquis Warren datang ke sebuah pos untuk berlindung dari badai salju di Wyoming. Dia adalah seorang veteran yang kini menjadi pemburu hadiah dan membawa tiga jenazah targetnya. Terjadi perselisihan antara dirinya dengan para tamu pos itu yang juga sedang berteduh dari badai.

Dan ternyata, Bob yang mengaku sebagai penjaga pos itu, adalah salah satu personil bandit yang menyerang pos dan membunuh semua orang sejam sebelumnya. Bob dibunuh oleh Marquis saat ketahuan berbohong tentang dirinya.

Film mystery thriller bernuansa western ini adalah salah satu film terbaik karya Quentin Tarantino. Bichir mendapat peran sebagai Bob yang kemudian ketahuan jika identitas aslinya adalah Marco “The Mexican”. Sangat jarang film western memiliki alur dan gaya penceritaan seperti ini yang membuat kita harus berulang kali menontonnya baru bisa memahaminya.

3. Che

Che

Film biografi tokoh pergerakan Che Guevara ini adalah karya monumental sutradara Steven Soderbergh. Che dibagi menjadi dua bagian yang menggambarkan dua fase perjuangannya, yaitu The Argentine dan Guerilla. Karakter Che dibintangi oleh Benicio del Toro dan Fidel Castro diperankan oleh Demian Bichir.

Fase The Argentine menceritakan pertemuan Che Guevara dengan Fidel Castro dimana mereka merencanakan pergerakan 26 Juli. Dan mereka menggulingkan pemerintahan diktator Fulgencio Batista di Kuba pada 15 Oktober 1958 melalui gerakan tersebut. Film ini juga menggambarkan pertempuran Santa Clara yang menjadi kunci kemenangan gerakan ini.

Sedangkan fase Guerilla menceritakan perjuangan Che Guevara bergerilya bersama pasukan pemberontak di Bolivia. Sosok Fidel Castro muncul beberapa kali, meski tidak banyak, yang menggambarkan kepemimpinannya di Kuba dimana Che Guevara pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian di kabinetnya.

Di film ini, Demian Bichir sukses membawakan perannya sebagai Fidel Castro, baik di masa pergerakan maupun ketika sudah menjadi pemimpin negara. Kharismanya sebagai pemimpin bangsa terpancar jelas padanya dan didukung oleh penampilan fisik yang mirip dengan Fidel Castro membuatnya menjadi aktor yang patut mendapat perhatian lebih.

4. Land

Land

Miguel datang ke kabin Edee pada saat yang tepat. Saat itu Edee berada pada titik hidup terendahnya, tanpa makanan dan terjebak sendiri di tengah badai. Miguel merawat Edee dan mengajarinya kemampuan dasar untuk bertahan hidup di alam bebas. Miguel saling berbagi cerita bahwa dia juga kehilangan istri dan anaknya dalam sebuah kecelakaan.

Di film drama psikologis yang menjadi debut penyutradaraan Robin Wright ini, Bichir membawakan karakter Miguel dengan sangat baik. Kita bisa merasakan keteduhan dan ketenangan hatinya walau sebenarnya dia sendiri memiliki masalah pribadi yang baru ketahuan menjelang akhir film.

Selain itu, chemistry-nya dengan Robin Wright sangat padu membuat cerita film ini terasa mengalir lancar.

5. Godzilla vs. Kong

Godzilla vs. Kong

Walter Simmons merekrut Nathan untuk menempuh perjalanan ke Hollow Earth demi mencari sumber kekuatan yang akan digunakan untuk perangkat teknologi yang dikembangkannya. CEO Apex Cybernetics ini ternyata menciptakan Mechagodzilla secara rahasia dengan tujuan untuk memusnahkan seluruh monster yang menyerang umat manusia.

Film monster arahan Adam Wingard ini menarik karena mempertemukan Godzilla dengan King Kong untuk pertama kalinya. Karakter Walter yang dibawakan oleh Bichir berada di tengah-tengah mereka.

Awalnya Walter terlihat baik mengembangkan teknologi demi umat manusia, tapi nyatanya dia adalah sosok antagonis yang kerasukan ambisi untuk memusnahkan para monster penjaga keseimbangan alam.

6. Alien: Covenant

Alien: Covenant

Pesawat Covenant singgah ke sebuah planet dalam perjalanan mereka menuju planet Origae-6. Mereka datang karena sebuah sinyal dan informasi bahwa planet ini mirip dengan bumi. Tapi justru mereka terjebak dalam teror koloni alien yang ganas. Satu persatu dari mereka menjadi korban saat mencoba untuk pergi dari sana.

Di film sci-fi horror yang menjadi sekuel Prometheus (2012) ini diarahkan oleh Ridley Scott. Bichir mendapat peran sebagai Dan Lope, kepala keamanan Covenant yang menjadi salah satu korban keganasan alien sekaligus sebagai inang bagi kelahiran bayi alien. Meski perannya cukup kecil jika dibandingkan aktor lainnya, namun Bichir tetap tampil total.

7. Dom Hemingway

Dom Hemingway

Mr. Fontaine terkejut ketika Dom datang ke rumahnya. Dom meminta bagian dari aksi terakhir mereka yang membuatnya dijebloskan ke penjara selama 12 tahun. Dom mengejek bos kriminal ini dan juga merayu Paolina, kekasih Fontaine. Namun setelah dia meminta maaf, Fontaine akhirnya menyerahkan bagian Dom tersebut.

Dalam perjalanan pulang dari pesta, mereka semua mengalami kecelakaan dan Fontaine tewas di tempat. Di film drama kriminal dengan sentuhan black comedy ini, Bichir berperan sebagai Fontaine yang tampil penuh wibawa dan sukses mengimbangi performa prima Jude Law yang menjadi pemeran utamanya.

8. Chupa

Chupa

Chava menyambut cucunya, Alex, yang baru pertama kali mengunjunginya di Meksiko. Mantan petarung hebat pada masanya, kini dia menderita alzheimer yang terkadang membuatnya sering lupa ketika keluar rumah.

Saat Alex menemukan chupacabra di gudang, Chava mendukung Alex untuk melindungi hewan mitologi itu dari buruan siapapun juga, termasuk dari pemerintah Amerika.

Film fantasy adventure arahan Jonas Cuaron ini memiliki cerita yang menyentuh hati meski alurnya sangat familiar. Bichir sendiri tampil prima dalam membawakan karakter Chava. Dia terlihat bijaksana dan sayang kepada keluarganya. Dia memelihara anak chupacabra itu karena sebelumnya dia menabrak induknya di jalanan.

9. Machete Kills

Machete Kills

Marcos Mendez mengancam pemerintah Amerika akan menembakkan rudal nuklir apabila mereka tidak bisa menghentikan kartel narkoba dan pemerintah Meksiko yang korup. Dia menanam pemicu rudal pada jantungnya.

Jadi apabila jantung Marcos berhenti, rudal akan menembak dengan sendirinya. Marcos berhasil ditangkap oleh Machete, namun tewas dalam penyerangan yang dilakukan oleh Zaror.

Di film action exploitation arahan Robert Rodriguez ini, Bichir mendapat peran sebagai Marcos Mendez. Dia adalah mantan agen rahasia pemerintah Amerika yang mengidap kepribadian ganda setelah keluarganya dibantai oleh atasannya yang korup. Untuk menguasai pemicu di jantung Marcos, Luther merancang sebuah stoples untuk menjaganya tetap berdetak.

10. The Nun

The Nun

Father Burke diutus oleh Vatikan untuk menyelidiki kematian yang janggal di sebuah gereja di Romania. Dia ditemani oleh seorang biarawati bernama Sister Irene. Ternyata, mereka berhadapan dengan kekuatan jahat yang bernama Valak yang sudah ada sejak Zaman Kegelapan.

Di film yang termasuk ke dalam The Conjuring Universe ini, Bichir dipercaya menjadi pemeran utama, yaitu Father Burke. Dia membawakan karakter seorang pendeta spesialis pengusiran setan yang memiliki masalah pribadi. Father Burke masih merasa bersalah karena gagal melakukan praktik eksorsis yang berujung pada kematian pasiennya.

Itulah 10 film terbaik yang dibintangi oleh Demian Bichir. Meskipun sedikit terlambat dalam memulai karirnya di Hollywood, Bichir cukup pintar memanfaatkan semua kesempatan yang datang padanya. Dia kini sudah terbiasa bermain di film-film produksi besar, tapi juga tidak canggung ketika berakting di film-film indie.

Di usia yang sudah sangat matang, Bichir masih memiliki proyek film yang akan dibintanginya untuk beberapa tahun ke depan. Dan rasanya, karir cemerlangnya belum akan berakhir karena dia tentu masih ingin membuktikan kekuatan aktingnya untuk melebihi prestasinya sebagai nominee Oscar beberapa tahun silam.

Bagi yang belum begitu mengenal Damien Bichir, rasanya kalian wajib untuk menonton semua film yang direkomendasikan di atas. Dengan begitu kalian akan bisa memberikan apresiasi lebih kepada aktor yang juga masih rajin berakting di layar kaca ini. Selamat menonton.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram