logo web

20 Film dengan Karakter Psikopat Terbaik di Dunia

Ditulis oleh Gerryaldo

Psikopat (psychopath) adalah salah satu jenis penyakit kejiwaan yang biasanya memiliki karakteristik seperti kebiasaan anti-sosial hingga tidak adanya empati. Dalam perkembangannya, istilah psikopat cenderung identik dengan pelaku kriminal. Dalam catatan kejahatan di seluruh dunia, mayoritas pelaku pembunuhan, terutama yang sadis, adalah seorang psikopat.

Kelainan jiwa seorang psikopat selalu menjadi tema yang menarik untuk diangkat ke dalam film oleh para sineas. Banyak film yang menampilkan sosok psikopat dengan segala perilaku aneh dan kelicikannya dalam membunuh atau berbuat kejahatan. Bahkan, beberapa di antara mereka mampu memainkan pikiran lawannya, terutama para korban, detektif, dan pihak kepolisian.

Berikut ini kami pilihkan daftar film yang menampilkan karakter psikopat kelas atas dengan pemikiran dan perilaku gila mereka. Film-film ini melintasi berbagai generasi, dari tahun 60-an hingga beberapa tahun terakhir. Simak daftarnya berikut!

1. Saw

Saw_Poster (Copy)

Sepertinya kebanyakan penggemar akan setuju ya kalau film Saw ada di urutan pertama film psikopat paling sadis yang pernah tayang. Pelaku ikoniknya bernama John Kramer atau yang dikenal dengan Jigsaw. Ia mulai memainkan jebakan mautnya pada dua orang pria, Adam Stanheight (Leigh Whannell) dan Lawrence Gordon (Cary Elwes).

Adam yang seorang fotografer dan Gordon yang adalah ahli onkologi terperangkap di sebuah kamar mandi kotor dengan tubuh terantai pipa. Apabila ingin selamat, mereka harus menyelesaikan teka-teki jahat Jigsaw. Hal ini dilakukan oleh Jigsaw untuk memberi keduanya "pelajaran" atas perbuatan mereka yang merugikan sejumlah korban.

2. Hush

Sinopsis-Hush (Copy)

Memilih hidup sendiri di dalam rumah tengah hutan belantara, seorang penulis tuna-rungu, Maddie Young (Kate Siegel), malah tertimpa sial. Seorang pembunuh sadis (John Gallagher Jr.) membunuh tetangganya, lantas mengincarnya tanpa alasan yang jelas. Psikopat tersebut mengatakan bahwa ia melihat wanita sebagai objek permainannya.

Maddie dalam segala keterbatasannya mencoba untuk mempertahankan diri selama mungkin. Meski harus tertusuk, tergores, terluka dan adu jotos dengan pelaku, Maddie tetap berjuang untuk mengalahkan pria psikopat tersebut supaya tidak ada lagi korban lainnya. Usaha Maddie tidak sia-sia, ia pun berhasil memenangkan pertandingan.

3. Orphan

Sinopsis-Orphan

Pasangan John (Peter Sarsgaard) dan Kate (Vera Farmiga) baru saja mengadopsi anak ketiga mereka bernama Esther (Isabelle Fuhrman). Impian mereka berdua adalah menjadi satu keluarga indah dan bahagia. Namun, tanpa mereka tahu, ternyata Esther bukan anak manis yang selama ini mereka kira.

Esther merupakan seorang psikopat wanita dewasa berumur 33 tahun yang mengalami kondisi bernama hipopituitarisme, kondisi yang membuat jaringan tubuhnya tak berkembang dan stuck seperti anak kecil. Kini Esther mulai membahayakan keluarga John dan Kate. Mengetahui hal tersebut, Kate pun bangkit melawan Esther yang berbahaya.

4. Split

Split

Memiliki masa kecil yang traumatis, Kevin Wendell Crumb (James McAvoy) tumbuh menjadi seorang pria yang berjuang dengan gangguan identitas disosiatif (DID). Ada 24 identitas alter dalam dirinya yang kerap berubah sepanjang waktu. Karakter bernama ‘Barry’ lah yang selama ini menjaga Kevin supaya alter lain tidak muncul mengganggunya.

Namun, Dr. Karen (Betty Buckley) curiga bahwa selama ini alter ‘Dennis’ yang berbahaya telah menyamar menjadi ‘Barry’ sepanjang sesi pengobatan. Apa yang ditakutkan pun terjadi, ‘Dennis’ menculik 3 gadis dan mengurungnya. Di saat yang sama, perang batin antara banyak alter membuat Kevin jadi berbahaya dan mulai membunuh korbannya.

5. Black Phone

The Black Phone_Poster (Copy)

Finney Shaw (Mason Thames) adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang jadi korban penculikan seorang psikopat gila bertopeng. Pelaku mengurung Finnet di sebuah rubanah. Finney sangat ketakutan karena yakin bahwa kelak dirinya pasti dibunuh. Dalam ketakutannya itu, Finney dibuat kaget oleh suara telepon yang berdering.

Finney merasa aneh karena sambungan kabel telepon itu terputus namun telepon tetap bisa berdering. Finney pun mengangkat telepon dan mulailah terdengar suara-suara dari para korban yang dibunuh oleh sang psikopat. Mereka semua bertekad untuk membantu Finney keluar dari rubanah dan mencegahnya mengalami nasib yang sama seperti mereka.

6. Ready or Not

Sinopsis-Ready-or-Not

Grace (Samara Weaving) sangat senang bisa menikah dengan pria kaya raya bernama Daniel (Adam Brody) dan disambut keluarga barunya. Namun sebelum benar-benar diterima dalam keluarga La Domas, Grace diminta untuk mengikuti tradisi keluarga turun temurun, di mana ‘orang baru’ harus bermain bersama seluruh keluarga untuk inisiasi. 

Grace menganggap itu sebagai hal yang lucu dan mau mengikutinya. Namun, tanpa sepengetahuannya, Grace akan dijadikan sebagai korban dalam upacara keluarga La Domas yang bertujuan untuk mempertahankan kemakmuran keluarga mereka.

Aturan permainannya sangat mudah, Grace hanya perlu bersembunyi sebaik mungkin, dan jika salah satu anggota keluarga menemukannya, ia kalah—yang berarti Grace akan menjadi korban yang diserahkan dalam ritual mengerikan itu.

7. Misery

Misery_Poster (Copy)

Annie Wilkes (Kathy Bates) merupakan seorang perawat yang tergila-gila akan karakter bernama Misery di dalam novel roman karya penulis Paul Sheldon (James Caan). Di satu hari yang bersalju, Paul mengalami kecelakaan dan Annie menolongnya. Begitu tahu yang ditolong adalah penulis kesukaannya, Annie senang dan merawat sepenuh hati.

Namun, begitu mengetahui bahwa karakter Misery akan dihilangkan oleh Paul karena ingin menulis karya baru, Annie yang lembut berubah jadi psikopat gila. Ia menghajar Paul dan membuatnya lumpuh sementara, lantas memaksa Paul menuliskan sebuah novel khusus Misery dengan kisah yang dinarasikan oleh Annie.

8. American Psycho

American Psycho_Poster (Copy)

Patrick Bateman (Christian Bale) adalah seorang bankir investasi di New York yang kaya raya. Dari penampakannya, Patrick terlihat sebagai pria baik, namun sedikit orang-orang tahu kalau Patrick ternyata adalah seorang psikopat yang suka membunuh teman dan kolega yang lebih sukses darinya.

Perbuatan itu bahkan berkembang menjadi aktivitas membunuh secara acak dengan motif tidak jelas. Satu waktu, Patrick akhirnya mengakui perbuatannya, namun semua orang bingung karena korban-korban yang diakuinya sudah dibunuh, ternyata masih hidup. Patrick pun mulai hilang akal apakah kejahatannya itu hanya khayalan atau benar terjadi.

9. Scream

Scream_Poster (Copy)

Sydney (Neve Campbell) memiliki kehidupan remaja yang damai di kota Woodsboro. Namun setelah kematian Ibunya yang mengenaskan, semuanya berubah. Sydney mulai mendapatkan ancaman dari pembunuh ibunya. Kehidupan Sydney pun mulai berantakan, ia susah percaya mana orang baik dan mana orang jahat.

Pembunuh psikopat tersebut dikenal sebagai ghostface killer yang ternyata doyan juga membunuh orang lain selain Sydney. Hal tersebut membuat kota Woodsboro gempar dan menganggap Sydney adalah kutukan. Lelah akan semua hal tersebut, kini Sydney mencoba membalikkan keadaan dengan membunuh si ghostface gila.

10. Final Girl

Final Girl__

Veronica (Abigail Breslin) baru saja pindah ke sebuah kota kecil di mana dirinya didekati beberapa pria, yakni Jameson (Alexander Ludwig), Daniel (Logan Huffman), Shane (Cameron Bright) dan Nelson (Reece Thompson). Veronica merasa tersanjung, para pria itu pun mengundang Veronica ke sebuah pesta kecil di hutan.

Saat berada di hutan, para pria itu meminta Veronica ikut dalam sebuah permainan. Veronica terkejut bukan main begitu tahu kalau keempatnya adalah psikopat yang suka memburu gadis remaja dan membunuhnya. Kini Veronica adalah salah satunya. Untungnya, para pria tersebut tidak mengetahui kalau Veronica lebih pintar dari mereka.

11. Fresh

Fresh Movie_Poster (Copy)

Noa (Daisy Edgar-Jones) merupakan seorang gadis single yang sudah bosan seorang diri. Pada suatu hari, ia tak sengaja bertemu dengan pria tampan bernama Steve (Sebastian Stan) dan jatuh hati padanya. Steve pun membuat Noa nyaman dan memutuskan untuk menjadi sepasang kekasih. Steve bahkan mengajak Noa berlibur.

Begitu sampai di pondok peristirahatan Steve yang menawan, Noa dibuat pingsan dan ketika bangun Noa sadar ia telah dikurung di rubanah. Mencoba menyelidiki apa yang terjadi, Noa dibuat ketakutan setengah mati, lelaki yang ia suka ternyata seorang psikopat sadis yang menjual organ tubuh wanita segar pada lelaki kaya raya yang sama gilanya.

12. The Menu

The Menu 2022_Poster (Copy)

Mendapatkan undangan last minute untuk makan malam mewah di sebuah pulau pribadi milik chef terkenal, Margot (Anna Taylor-Joy) tidak berharap apa-apa selain makan enak dengan ‘pacar’ dadakannya, Tyler (Nicholas Hoult). Namun begitu sampai di tempat, Margot mulai merasakan ada yang janggal pada koki dan staf restoran tersebut.

Benar saja, sang koki, Slowik (Ralph Fiennes), mengurung mereka di dalam restoran untuk satu alasan. Bukan hanya untuk menikmati hidangan dari sang koki saja, namun ada event terselubung yang bertujuan untuk memurnikan jiwa mereka yang dianggap ‘kotor’. Merasa ada yang tidak beres, Margot pun berusaha keluar dari tempat itu sebelum terlambat.

13. Pet

Pet_Poster (Copy)

Seth (Dominic Monaghan) merupakan pria manis. Hidupnya yang sepi membuat dirinya menghabiskan waktunya untuk bekerja di tempat penampungan hewan setiap hari. Pada satu kesempatan, ia bertemu dengan gadis cantik bernama Holly (Ksenia Solo) dan entah bagaimana, gadis itu memercik hati Seth sampai ia tergila-gila.

Berulang kali Seth berusaha untuk mendapatkan hatinya, namun ia selalu gagal. Tak mampu membendung perasaannya, rasa suka Seth berubah menjadi obsesi dan membuat dirinya hilang akal. Ia menculik Holly, memasukkannya ke kandang dan mengurusnya bak hewan yang ia rawat selama ini. Mampukah Holly menyelamatkan diri dari Seth?

14. Get Out

Get Out_Poster (Copy)

Chris (Daniel Kaluuya) memiliki seorang kekasih bernama Rose (Allison Williams). Mereka sepakat untuk bertemu dengan keluarga Rose di kediaman orang tuanya di pinggiran kota. Begitu Chris datang, ia disambut dengan sangat baik oleh keluarga Rose. Chris merasa bahwa pilihan menjalin hubungan dengan Rose adalah keputusan yang tepat.

Bersantai di kediaman orang tua Rose membuat Chris nyaman, namun saat bertemu seorang pria hitam lainnya dan meneriaki Chris untuk segera keluar, keadaan mulai menjadi tidak nyaman. Chris merasakan ada yang aneh dengan keluarga kekasihnya itu, sampai puncaknya ia tahu bahwa dirinya akan digunakan sebagai persembahan untuk kultus mereka.

15. Greta

Greta_Poster (Copy)

Frances (Chloë Grace Moretz) menemukan sebuah tas di dalam kereta bawah tanah saat dalam perjalanan pulang. Niat baiknya pun muncul untuk mengembalikan tas itu kepada pemiliknya bernama Greta (Isabelle Huppert), seorang guru piano eksentrik asal Prancis yang menyukai teh dan musik klasik. 

Frances merasa nyaman saat berada di dekat Greta mengingat ia baru saja kehilangan ibunya. Keduanya menikmati waktu bersama. Namun begitu Greta menjadi sangat posesif dan membahayakan, Frances sadar bahwa ada yang tidak beres dengan Greta dan berusaha menjauh. Meski begitu, Greta rupanya tak pernah melepaskan Frances.

16. The Call

The Call 2013_Poster (Copy)

Jordan (Halle Berry) merupakan operator 911 yang baru saja sembuh dari traumanya. Ia tidak sengaja membiarkan korban yang meminta bantuan padanya tewas terbunuh. Begitu kembali bekerja, ia mendapatkan telepon dari seorang gadis, Casey (Abigail Breslin) yang diculik dan meminta bantuannya persis seperti yang ia alami dulu.

Melawan rasa traumanya, Jordan pun membantu Casey untuk bisa ditemukan oleh seluruh dispatcher 911. Jordan yang berjanji akan menyelamatkan Casey, bahkan harus terjun sendiri ke lapangan. Di saat yang lain hilang harapan, Jordan mulai investigasinya sendiri. Ia ternyata menghadapi psikopat gila yang berbahaya.

17. House of Wax

House of Wax_Poster (Copy)

Wade (Jared Padalecki) dan pacarnya, Carly (Elisha Cuthbert), bersama beberapa temannya sedang dalam perjalanan menuju pertandingan sepak bola sekolah. Di tengah perjalanan, mobil yang mereka kendarai mengalami kempes ban tepat ketika mereka melewati daerah bernama Ambrose. Karena itu, mereka mencari bantuan di salah satu gedung yang masih terbuka.

Gedung itu merupakan museum patung lilin lokal bernama Trudy’s House of Wax. Begitu masuk ke dalam bangunan yang menyeramkan dan tampak terbengkalai itu, mereka semua sadar bahwa seluruh karya patung lilin itu terbuat dari mayat manusia yang dikelola oleh saudara kembar gila yang kini memburu mereka.

18. Se7en

Se7en_Poster (Copy)

Detektif William (Morgan Freeman) baru saja akan pensiun ketika sebuah kasus pembunuhan mengerikan terjadi. Ia pun terpaksa harus turun tangan dibantu dengan Detektif baru, David (Brad Pitt). Di tengah penyelidikan, keduanya mendapat petunjuk bahwa kasus tersebut adalah serangkaian pembunuhan yang rumit dan penuh misteri.

Semakin jauh mereka melakukan investigasi, keduanya sadar bahwa mereka berurusan dengan seorang pembunuh berantai bernama John Doe (Kevin Spacey) yang membunuh korbannya atas 7 dosa yang mereka lakukan: kesombongan, ketamakan, iri hati, kemarahan, hawa nafsu, kerakusan dan kemalasan. Akankah William dan David berhasil menangkap psikopat gila ini?

19. Run

Run_Poster (Copy)

Diane (Sarah Paulson) memiliki seorang putri bernama Chloe (Kiera Allen) yang lahir secara prematur; akibatnya, Chloe memiliki banyak masalah kesehatan yang membuatnya harus mendapatkan perhatian ekstra dari sang Ibu. Begitu mulai beranjak remaja, Chloe merasa ada yang aneh pada keposesifan Ibunya tersebut.

Mencari tahu apa yang terjadi, Chloe dibuat tercekat dengan kenyataan bahwa Ibunya sendiri yang telah membuat dirinya lumpuh dan tak berdaya dengan meminumkan banyak obat pada Chloe sejak dulu. Lebih parahnya lagi, ternyata Diane bukanlah ibu kandungnya. Mengetahui Diane seorang psikopat, Chloe pun berusaha melarikan diri.

20. Ma

Ma Olivia Spencer_Poster (Copy)

Sue Ann (Octavia Spencer) merupakan seorang wanita paruh baya yang kesepian. Pada satu kesempatan, ia berteman dengan sekelompok remaja dan menawarkan mereka tempat untuk berpesta di rubanah kediamannya. Namun, ada syarat yang harus mereka patuhi, salah satunya adalah memanggilnya 'Ma'.

Ma pun jadi populer di kalangan siswa yang ingin berpesta di kediamannya. Namun, perlahan para remaja itu merasa Ma jadi sangat posesif dan berubah menjadi wanita sadis yang mengurung para remaja untuk tinggal bersamanya. Kelompok remaja tersebut pun saling bantu untuk melepaskan diri dari cengkeraman Ma.

Itulah 20 film dengan karakter psikopat terbaik. Penampilan seorang psikopat memang tidak langsung terlihat mengalami gangguan kejiwaan. Terkadang mereka terlihat baik, tetapi ternyata di balik itu dia adalah seorang pembunuh sadis.

Dalam kehidupan nyata, sosok ini selalu ada dengan jumlah korban yang cukup banyak dengan metode pembunuhan yang bervariasi. Oleh karena itu, saat menonton film-film ini, penting untuk tetap menjaga pikiranmu positif, sehingga tidak akan terpengaruh oleh perilaku dan pemikiran negatif menyimpang akibat penyakit kejiwaan yang ditampilkan sang psikopat di film.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram