logo web

Suka Misteri? Inilah 20 Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Film dengan bumbu misteri memang selalu menarik untuk diikuti, apalagi bila ada tokoh detektif di dalamnya. Penonton biasanya akan dibuat penasaran dengan teka-tekinya dan ikut menebak-nebak ending cerita. Apakah kamu salah satunya?

Nah, kalau kamu suka dengan film-film semacam ini, Showpoiler punya banyak rekomendasi buatmu, lho! Mulai dari film tentang psikopat jenius hingga film yang berdasarkan kisah nyata, inilah rekomendasi film bertema detektif yang wajib banget untuk kamu tonton!

Baca juga: 20 Film Misteri Terbaik di Dunia yang Penuh Teka-Teki

1. The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs (1991) (Copy)

Daftar ini dibuka dengan salah satu film yang sangat populer, yaitu The Silence of the Lambs. Film ini bercerita tentang seorang agen FBI bernama Clarice Starling (Jodie Foster) yang bertugas memecahkan kasus pembunuhan yang dilakukan Buffalo Bill.

Untuk membongkar misteri pembunuhan tersebut, Clarice harus mengorek informasi dari Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hokpkins), seorang psikiater sekaligus psikopat jenius yang mendekam di sebuah penjara rumah sakit jiwa.

Film ini sendiri diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Thomas Harris. Secara keseluruhan, “The Silence of the Lambs” merupakan film psikologi thriller yang penuh teka-teki dan menegangkan. Tak heran bila film ini memborong piala Oscar di tahun 1992 silam.

2. Knives Out

Knives Out

Benoit Blanc menyelidiki kematian Harlan Thrombey di rumahnya. Dia langsung mengumpulkan semua orang yang diduga terlibat dalam peristiwa ini, termasuk seluruh anak-anak Harlan hingga pengurus rumahnya.

Perebutan harta kekayaan menjadi faktor utama dugaan Blanc kepada anak-anak Harlan. Dan ternyata, keputusan Harlan untuk mewariskan hartanya kepada pihak lain adalah pilihan yang tepat.

Knives Out memperkenalkan sosok detektif swasta yang jeli dalam sikap santainya, Benoit Blanc. Dugaan awal Blanc terhadap anak-anak Harlan yang merencanakan pembunuhan ayah mereka sangat tepat.

Hanya saja Blanc perlu menemukan bukti kuat untuk menyelaraskan dugaan tersebut. Dengan ketelitian dan permainan pikiran yang dilakukannya, pada akhirnya kebenaran terungkap juga.

Film ini mengejutkan banyak pihak yang tidak menduga bagusnya kualitas cerita karangan Rian Johnson dalam menuturkan kasus perdana Benoit Blanc. Kesan misteri dari premis klisenya tetap terjaga, peliknya investigasi berjalan rumit namun menghibur, hingga konklusi yang dipenuhi twist menjadi faktor utama film yang menjadi nominee Best Original Screenplay di ajang Oscar ini.

Film sekuelnya, Glass Onion: A Knives Out Mystery (2022), melanjutkan petualangan Benoit Blanc memecahkan kasus berikutnya. Berbeda dengan film pertamanya dimana kita baru mengetahui pelaku pembunuhan sebenarnya di akhir film, Rian Johnson kali ini mengambil langkah berbeda dalam memaparkan kasus pembunuhan di pulau terpencil di Yunani ini.

Sosok antagonisnya sudah diketahui sejak pembunuhan pertama oleh Blanc. Hanya saja, pengungkapan motif pelakunya yang menjadi fokus utama film ini. Kelebihan Glass Onion dari Knives Out adalah deretan pemeran papan atas yang tampil apik dalam membawakan karakter masing-masing. Sementara dari sisi misteri pengungkapan kasus, masih unggul film pertamanya.

Sekali lagi Rian Johnson berhasil masuk nominee Best Adapted Screenplay di Academy Awards yang membuktikan kualitas naskah olahannya yang bagus. Netflix masih memegang lisensi kisah Benoit Blanc untuk satu film lagi yang sedang dalam tahap perencanaan.

3. Se7en

Se7en (1995) (Copy)

Film Se7en berkisah tentang dua orang detektif beda generasi. William Somerset (Morgan Freeman) adalah detektif senior yang bekerja sama dengan detektif muda bernama David Mills (Brad Pitt). Keduanya kemudian bekerja sama memecahkan kasus pelik tentang pembunuhan berantai.

Setelah diselidiki lebih jauh, kedua detektif ini sadar bahwa pembunuhan dilakukan berdasarkan pada 7 dosa besar manusia (sombong, serakah, iri, nafsu, marah, malas, dan rakus). Penyelidikan pun mengarah pada seorang psikopat bernama John Doe yang ternyata sudah menyiapkan rencana khusus untuk detektif yang mengejarnya.

4. Memento

Memento (2000) (Copy)

Selanjutnya ada film Memento yang merupakan salah satu masterpiece dari sutradara kenamaan Christopher Nolan. Film ini berpusat pada tokoh laki-laki bernama Leonard (Guy Pearce) yang ingin balas dendam pada pembunuh istrinya.

Leonard pun mengalami kesulitan karena ia sendiri mengalami hilang ingatan jangka pendek. Jadi untuk membantunya mengingat sekaligus memecahkan teka-teki soal apa yang sebenarnya terjadi, Leonard harus membuat catatan, mengambil foto setiap tempat bahkan membuat tato di tubuhnya sendiri.

Secara premis, film ini mungkin tampak sederhana karena hanya menceritakan seorang laki-laki yang balas dendam. Yang membuat “Memento” menarik adalah permainan alurnya yang maju-mundur.

Bila biasanya penonton film akan bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, film ini justru akan membuat kalian berpikir, “Apa yang terjadi sebelumnya?”.

5. Vertigo

film tentang detektif vertigo

Selain Psycho (1960), sutradara Alfred Hitchcock juga menggarap film ber-genre serupa berjudul Vertigo yang dirilis tahun 1958 silam. Film ini mengisahkan tentang seorang mantan detektif bernama John Ferguson (James Stewart) yang menderita acrophobia dan vertigo setelah mengalami insiden kecelakaan saat bertugas.

Scottie, panggilan akrab dari John Ferguson, kemudian direkrut jadi detektif pribadi oleh Gavin Elster (Tom Helmore), rekan satu kampusnya. Bukan untuk mengejar penjahat, melainkan menguntit sang istri, Madeleine (Kim Novak).

Gavin curiga sesuatu telah terjadi pada istrinya yang kerap bertingkah aneh. Akhrinya Scottie menerima tawaran pekerjaan yang tak biasa ini. Ia mengikuti Madeleine kemana saja. Lalu, apa yang akan terjadi pada mereka? Saksikan langsung kelanjutan kisahnya dalam film Vertigo.

6. Chinatown

Chinatown

Film detektif tidak selalu mengusung tema penyelidikan pembunuhan. “Chinatown” adalah film detektif dengan concern masalah yang berbeda. Film ini menceritakan tentang seorang detektif bernama J. J. Gittes (Jack Nicholson) yang disewa untuk mengungkap dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh seorang pengusaha, Hollis Mulwray (Darrell Zwerling).

Istri Mulwray, Evelyn (Faye Dunaway) menugasi Gittes untuk menguntit sang suami. Pada mulanya, Gittes tidak mendapati hal yang mencurigakan. Mulwray melakukan aktivitas biasa seperti layaknya pebisnis lain.

Namun, ketika Mulwray bertemu dengan wanita muda yang bukan istrinya dan berita itu tersebar melalui media, Gittes sadar bahwa kemungkinan besar Mulwray dijebak.

Penyelidikan yang dilakukan Gittes semakin intens dan mendalam. Sang detektif curiga bahwa Evelyn sebenarnya sedang menutupi sesuatu. Ditambah lagi Gittes yang tadinya hanya bertugas menyelidiki soal perselingkuhan kini jadi tahu urusan pribadi dan bisnis Mulwray.

7. L.A Confidential

film thriller terbaik la confidential

L.A. Confidential adalah film tentang 3 detektif yang memiliki gaya serta sifat berbeda dalam melakukan penyelidikan terhadap kasus pembunuhan berantai yang mereka tangani. Film ini diadaptasi dari novel berjuduL serupa karya James Ellroy.

Film L.A Confidential disutradarai oleh Curtis Hanson (Chasing Mavericks) ini mengambil setting di tahun 1950-an kala kepolisian Amerika Serikat mengalami krisis akibat kasus korupsi serta dunia perfilman Hollywood yang sarat akan tindak kriminal.

FYI,  L.A. Confidential sukses merebut Piala Oscar di kategori Best Supporting Actress dan Best Adapted Screenplay. Film dengan durasi 138 menit ini dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Kevin Spacey, Russell Crowe, Guy Pearce hingga aktris Kim Basinger. Pendapatan box office film L.A Confidential mencapai USD 126 juta, lho.

8. Fargo

Fargo

Jerry Lundegaard (William H. Macy) berprofesi sebagai seorang salesman mobil. Di tengah kondisinya yang mengalami kesulitan keuangan, muncul ide gila di benak Jerry untuk pura-pura menculik istrinya agar bisa meminta uang tebusan senilai 1 juta USD.

Akhirnya, Jerry menyewa dua orang kriminal, Carl Showalter (Steve Buscemi) dan rekannya Gaear Grimsrud (Peter Stormare), untuk melancarkan niatnya.

Sayangnya, niat penculikan tersebut justru menjadi petaka tatkala terjadi pembunuhan atas dua orang yang tidak berdosa. Seorang polisi wanita yang tengah hamil 7 bulan, Marge Gunderson (Frances McDormand), menyelidiki kasus ini untuk mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

9. Prisoners

film tentang detektif prisoners

Prisoners bercerita tentang kisah hilangnya dua putri dari keluarga Dover saat mereka bertamu di rumah sahabat ayahnya, Franklin Birch (Terrence Howard). Dua putri Kellen Dover (Hugh Jackman) menghilang secara misterius ketika mereka sedang keluar rumah untuk jalan-jalan dan menghampiri sebuah mobil.

Setelah kedua anak Dover dinyatakan menghilang, penyidikan pun berjalan. Detektif yang bertugas saat itu, Loki (Jake Gyllenhaal) belum mampu memecahkan kasus penculikan misterius itu. Namun, belakangan diketahui kalau seorang pria bernama Alex Jones ada di dalam mobl yang dihampiri anak Kellen Dover.

Kurangnya bukti membuat pria itu dibebaskan dari tuduhan penculikan. Tak puas dengan hasil penyidikan tersebuut, Kellen Dover mencoba memecahkan misteri penculikan anaknya sendirian.

Dan Loki, sang detektif, kembali melanjutkan penyidikan. Akankah kasusnya berhasil ditangani? Saksikan kisah seru nan menegangkan dari Dover dan Loki di film Prisoners, ya.

10. Shutter Island

Shutter Island (2010) (Copy)

Film garapan sutradara Martin Scorsese ini menjadi salah satu film misteri dengan twist terbaik yang sukses membuat penonton bertanya-tanya hingga akhir. Shutter Island berkisah tentang seorang marshal bernama Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) dan temannya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), yang pergi ke rumah sakit jiwa Ashecliffe di Pulau Shutter.

Keduanya pergi ke sana untuk menyelidiki kasus hilangnya pasien bernama Rachel Solando. Setibanya di sana, Teddy menemukan banyak kejanggalan, apalagi Dr. Cawley yang merupakan kepala psikiater di sana menolak memberikan informasi detail tentang rumah sakit.

Teddy terus melakukan penyelidikan dan nekat masuk ke Bangsal C yang sebenarnya dilarang untuk dimasuki. Ia lalu menemukan sedikit informasi bahwa Ashecliffe adalah rumah sakit yang sering melakukan eksperimen aneh dan berbahaya, termasuk lobotomi terhadap pasien.

Teddy pun mulai mencurigai semua orang, sampai ia harus berhadapan dengan masalah yang lebih besar lagi dan tidak pernah ia duga sebelumnya.

11. Mulholland Drive

Mulholland Drive

Gadis muda dan cantik, Betty (Naomi Watts) memiliki impian untuk bisa menjadi selebriti. Bermodalkan keberanian, Betty pergi ke Los Angeles dan tinggal di apartment milik bibinya yang juga berprofesi sebagai artis.

Sesampainya di Los Angeles, Betty bertemu dengan seorang gadis yang amnesia karena kecelakaan mobil yang dialaminya. Perasaan iba membuat Betty memutuskan membantu gadis tersebut mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya sembari tetap mengejar kariernya di dunia entertainment.

12. Mystic River

Mystic River (2003) (Copy)

Film Mystic River berkisah tentang tiga orang laki-laki yang merupakan teman semasa kecil, yaitu Sean, Dave, dan Jimmy. Sean (Kevin Bacon) adalah seorang detektif, Jimmy (Sean Penn) merupakan mantan narapidana dan memiliki 3 anak, sedangkan Dave (Tim Robbins) memiliki masa lalu kelam karena pernah diculik dan mengalami pelecehan seksual.

Ketiga sahabat ini hidup terpisah selama bertahun-tahun setelah insiden penculikan Dave, tapi mereka kembali bertemu saat putri Jimmy ditemukan tewas terbunuh. Sean berusaha menyelidiki kasus ini dan Dave menjadi satu-satunya orang yang paling dicurigai sebagai pembunuhnya.

Film garapan Clint Eastwood ini sukses mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film. Mystic River bahkan memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk dua buah piala Oscar di tahun 2004.

13. Zodiac

Zodiac (2007) (Copy)

Satu lagi film yang diangkat dari kisah nyata, Zodiac dibuat berdasarkan kasus pembunuhan berantai yang benar-benar terjadi di San Fransisco pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970.

Sang pelaku menjuluki dirinya sebagai Zodiac dan sering mengirimkan surat ke berbagai media massa untuk mengejek polisi. Tapi, sampai saat ini identitas Zodiac masih belum juga terungkap.

Film Zodiac sebenarnya diangkat dari novel non-fiksi karya Robert Graysmith yang terbit tahun 1986. Film Zodiac berkisah tentang si penulis novel itu sendiri, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), yang merupakan seorang kartunis di media The Chronicle.

Robert jadi sangat terobsesi dengan kasus Zodiac sejak si pembunuh berantai itu mengirim surat ke tempatnya bekerja. Robert yang penasaran kemudian berusaha mengungkap identitas si pelaku.

Tak sendiri, ia dibantu oleh seorang jurnalis bernama Paul Avery (Robert Downey Jr.) yang bertugas meliput kasus Zodiac, serta Inspektur David Toschi (Mark Ruffalo) yang pernah menyelidiki kasus tersebut.

14. Inside Man

Inside Man

Jauh sebelum serial Money Heist mengusung tema perampokan sekaligus penyanderaan di sebuah bank, Inside Man yang rilis di tahun 2006 ini sudah lebih dulu mengangkat tema serupa. Sekelompok perampok yang dipimpin oleh pria cerdas, Dalton Russell (Clive Owen), merampok bank di Wall Street dan Broadway.

Perampokan yang dibarengi dengan penyanderaan puluhan orang itu terjadi sangat dramatis. Para perampok tak bisa keluar karena bangunan bank dikepung oleh polisi. Kedua kubu sama-sama bersikeras bertahan. Seorang polisi diutus sebagai negosiator tapi para perampok tetap tak bergeming.

Akhirnya, kepala bank mengutus seorang detektif yang dipercaya menjadi negosiator untuk mengurus Russell dan komplotannya.

15. Gone Baby Gone

Gone Baby Gone (2007) (Copy)

Film berikutnya adalah Gone Baby Gone yang bercerita tentang penyelidikan kasus hilangnya seorang anak perempuan bernama Amanda. Meski sudah dibantu oleh polisi, ibu Amanda akhirnya memutuskan untuk menyewa dua detektif swasta, yaitu Patrick (Casey Affleck) dan kekasihnya yang bernama Angie (Michelle Monaghan).

Penyelidikan tentang Amanda pun tidak berjalan mulus, apalagi kasus ini jauh lebih kompleks dari sekadar kasus anak hilang biasa. Patrick dan Angie juga harus berhadapan dengan pengedar narkoba, pedofil, serta fakta-fakta lain di luar dugaan. Bahkan gara-gara kasus ini, Patrick dan Angie sampai berselisih paham sehingga hubungan pribadi mereka terancam kandas.

16. Sherlock Holmes

Sherlock Holmes (2009) (Copy)

Siapa yang tak kenal dengan Sherlock Holmes? Detektif terkenal di dunia fiksi ini pernah dibuatkan filmnya pada tahun 2009 lalu dan diperankan oleh Robert Downey Jr.

Film ini bercerita tentang Sherlock Holmes dan sang partner, Dr. John Watson (Jude Law), yang berhasil meringkus seorang pembunuh sekaligus ahli ilmu hitam bernama Lord Blackwood (Mark Strong). Lalu Lord Blackwood akhirnya dihukum mati, tapi dirinya sempat berjanji bahwa ia akan bangkit dari kematian untuk melanjutkan aksinya.

Sherlock Holmes tentu tidak mempercayainya, apalagi Watson yang juga seorang dokter sudah mengonfirmasi bahwa Blackwood benar-benar telah mati pasca menjalani hukuman gantung.

Tapi Lord Blackwood menepati janjinya dan pembunuhan kembali terjadi. Banyak yang percaya bahwa pembunuhan itu benar-benar dilakukan oleh Lord Blackwood dan melibatkan ilmu hitam. Sherlock Holmes yang tidak percaya dengan ilmu hitam tentu tidak tinggal diam dan berusaha membongkar misteri pembunuhan tersebut.

FYI,  kelanjutan kisahnya dapat disaksikan di sekuel film Sherlock Holmes yang berjudul Sherlock Holmes: A Game of Shadows, dirilis tahun 2011 silam. Dan film ketiganya, Sherlock Holmes 3, dirilis tahun 2021.

17. Insomnia

film tentang detektif insomnia

Selain Memento, Christopher Nolan juga menggarap film Insomnia. Film ini memuat kisah tentang detektif Will Dormer (Al Pacino) dan Hap Eckhart (Martin Donovan) yang menyelidiki pembunuhan seorang gadis di kota kecil di Alaska.

Ketika mencoba menangkap pembunuh gadis itu, Dormer malah berselisih dengan rekannya, Hap. Dan parahnya lagi, Will Dormer menembak Hap secara tak sengaja karena ia mengira kalau yang ia tembak adalah pelaku pembunuhan gadis itu. Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Will Dormer selanjutnya?

18. The Pale Blue Eye

The Pale Blue Eye

Detektif Augustus Landor yang sudah pensiun diminta kesediaannya untuk mengusut kasus kematian salah satu kadet di akademi militer. Dia kemudian dibantu oleh salah satu kadet, Edgar Allan Poe, yang kelak akan menjadi seorang penulis terkenal. Penyelidikan mereka membuat Edgar nyaris menjadi korban ritual sesat. Ternyata pelakunya adalah salah satu dari mereka berdua.

Film mystery thriller karya Scott Cooper ini merupakan adaptasi novel karya Louis Bayard yang menggunakan tokoh nyata Edgar Allan Poe dalam sebuah kisah fiktif. Sebagai penggemar sejati karya-karya Edgar Allan Poe, Cooper dan Bayard menuturkan jalan ceritanya dengan menukil banyak referensi dari sang penulis.

Atmosfer film yang kelam semakin menambah pekat misteri kasusnya. Akting Christian Bale sebagai sang detektif dan Harry Melling sebagai Edgar Allan Poe cukup apik dan padu. Kita dibuat terkejut ketika terbuka fakta pelaku pembunuhan sebenarnya dan adanya peniru yang memanfaatkan situasi ini.

19. Luther: The Fallen Sun

Luther: The Fallen Sun

John Luther harus membebaskan dirinya dari penjara demi mengejar seorang pembunuh berantai yang sadis. Detektif cerdas namun suka melanggar kode etik hukum ini sudah mengetahui identitas sang pembunuh yang menebar ancaman kepada korbannya dengan menggunakan kesalahan mereka. Dalam satu kesempatan, sang pembunuh membuat seisi London menjadi panik dengan aksi bunuh diri massal.

Para penggemar serial Luther tentunya akan menyambut dengan hangat film Netflix ini. Idris Elba kembali memerankan karakter Detektif John Luther yang memiliki banyak metode unik dan tidak sesuai prosedur kepolisian dalam mengungkap sebuah kasus. Namun tidak ada misteri yang disuguhkan di film ini karena identitas pembunuhnya sudah diketahui di awal film. Kita hanya disuguhkan usaha Luther membekuknya.

20. Murder on the Orient Express

Murder on the Orient Express

Pembunuhan terhadap John Cassetti terjadi di kereta api mewah Orient Express. Dalam perjalanan, Detektif Hercule Poirot menggelar penyelidikan terhadap kematian gangster terkenal sekaligus penculik dan pembunuh tersebut. Seluruh penumpang di dalam kereta menjadi tersangka utama dan tugas Poirot adalah mengungkap siapa pelaku pembunuhan sebenarnya.

Hercule Poirot adalah salah satu karakter detektif terkenal yang diciptakan oleh Agatha Christie yang hadir dalam beberapa novelnya. Film yang diarahkan oleh Kenneth Branagh ini, dimana dia juga berperan sebagai Hercule Poirot, merupakan versi terkini yang tampil dalam ritme dinamis. Meski dianggap tidak menerjemahkan novelnya dengan baik, film ini sukses secara finansial.

Film keduanya berjudul Death on the Nile (2022). Hercule Poirot mengusut tuntas pembunuhan seorang wanita kaya di atas kapal yang mengarungi Sungai Nil. Dia mewawancarai semua orang yang ada di kapal itu hingga menemukan pelaku pembunuhan serta motif di balik aksinya.

Didukung oleh deretan bintang papan atas, salah satunya adalah Gal Gadot, film ini kembali memikat hati kita dengan investigasi khas detektif yang digelar oleh Hercule Poirot.

Memasukkan beberapa unsur baru dan sudut pandang berbeda, kualitas film ini setara dengan film pertamanya namun memiliki pendapatan yang lebih rendah. Film ketiga, A Haunting in Venice, sedang dipersiapkan.

Itulah kumpulan film bertema detektif yang wajib kalian tonton. Kalau kalian penggemar cerita misteri dan punya rekomendasi film detektif lainnya, jangan ragu berbagi dengan yang lain dan tuliskan judulnya di kolom komentar, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram