logo web

10 Film Terbaik yang Dipersembahkan oleh Diane Lane

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Terkenal dengan perannya sebagai Marta Kent, ibu angkat dari Clark Kent atau Superman, Diane Lane adalah salah satu aktris legendaris dengan pengalaman segudang.

Berpengalaman sejak 1979, Diane mengoleksi banyak sekali film dari berbagai genre. Diane Lane memulai debutnya di tahun 1979 dalam film A Little Romance (1979). Sebagai aktris debutan, Diane sudah dipercaya menjadi pemeran utama film tersebut.

Kesibukannya meningkat seiring waktu dan berbagai film dia hasilkan tahun demi tahun. Begitu pula dengan banyaknya penghargaan dan nominasi yang ditujukan atas namanya. Penasaran dengan film-film yang Diane Lane pernah bintangi? Kami rekomendasikan sepuluh yang terbaik untukmu!

1. Man of Steel

Man of Steel

Man of Steel (2013) adalah sebuah film superhero yang diangkat dari karakter DC Comics, Superman. Film ini merupakan reboot dari seri film Superman, yang menggambarkan asal-usul karakter tersebut, sekaligus merupakan film pertama di DC Extended Universe (DCEU). Di sini Clark Kent mengetahui bahwa dia adalah alien berkekuatan super dari planet Krypton.

Tepat sebelum Planet Krypton meledak, Krypton's supreme council chief advisor, Jor-El, menanamkan kode genetika ke dalam tubuh putranya yang masih bayi, Kal-El. Jor-El berhasil mengirim Kal-El menggunakan pesawat ruang angkasa menuju Bumi sebelum dia dibunuh oleh Jenderal Zod dalam sebuah pemberontakan.

Kal-El mendarat di Kansas dan diadopsi oleh Jonathan dan Martha Kent (Diane Lane). Mereka memberinya nama Clark Kent. Seiring bertambahnya usia, Clark mempunyai kekuatan super, tapi Jonathan ingin agar kekuatan itu tetap disembunyikan. Ayah angkat Clark itu bahkan menolak bantuan Clark saat insiden tornado menewaskannya.

Dibebani rasa bersalah atas kematian Jonathan, Clark berkeliling dunia dengan berbagai nama samaran untuk mencari tujuan hidup. Hingga kemudian dia bertemu dengan seorang reporter bernama Lois Lane.

Saat itu Lois sedang bekerja menyelidiki penemuan kapal pengintai Krypton di Canadian Arctic. Clark sendiri menyadari bahwa dirinya memang dikirim ke Bumi untuk menjadi guide.

2. Batman v Superman: Dawn of Justice 2016

Batman v Superman: Dawn of Justice 2016

Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) merupakan kelanjutan dari Man of Steel (2013) sekaligus film kedua DC Extended Universe (DCEU). Diane Lane masih berperan sebagai Martha Kent, ibu angkat Clark Kent atau Superman.

Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) adalah film live-action pertama yang menampilkan Batman dan Superman secara bersamaan. Dalam film ini, dalang kriminal Lex Luthor memanipulasi Batman untuk melawan Superman karena obsesinya.

Bruce Wayne kini menjadi seorang miliarder yang beroperasi di Gotham City sebagai Batman. Dia kerap main hakim sendiri selama dua puluh tahun dan menganggap Superman sebagai ancaman. Atas hal itu Clark Kent berusaha untuk mengungkapnya melalui artikel Daily Planet.

Situasi memanas antara Batman dan Superman terjadi ketika Wayne berencana menggunakan batu Krypton untuk melawan Superman.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Luthor yang menculik Martha Kent dan Lois untuk memancing Superman. Ketika Superman berusaha menyelamatkan keduanya, dia mengetahui kalau semua adalah ulah Luthor yang coba memanipulasinya dengan Batman.

Sayang, Superman gagal meyakinkan Batman yang terlanjur termakan hasutan Luthor. Batman berhasil melumpuhkan Superman dan hampir saja membunuhnya. Namun, ketika Superman meminta Batman menyelamatkan Martha, superhero itu sempat ragu, terutama karena nama ibu Superman sama dengan nama ibunya. Dia pun berjanji menyelamatkan Martha. 

3. Jumper

Jumper

Jumper (2008) adalah film aksi fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel tahun 1992 dengan judul yang sama karya Steven Gould. Secara singkat film Diane Lane ini bercerita tentang seorang pemuda yang mampu berteleportasi, yang dikejar oleh perkumpulan rahasia dengan niat membunuhnya.

David Rice mengetahui dirinya bisa berteleportasi saat berusia 15 tahun. Dia menggunakan kemampuan tersebut untuk melarikan diri dari rumah dan ayahnya yang kasar.

Rice lalu pindah ke New York dan di sana dia merampok bank menggunakan kemampuan teleportasinya. Delapan tahun kemudian David menjalani kehidupan yang santai dan mewah berkat kemampuannya tersebut.  

Suatu hari, Roland, seorang pemimpin Paladin memburu dan membunuh para Jumper, termasuk David Rice. Roland percaya bahwa bakat mereka bisa berubah menjadi kekejian. Roland menyerang David dengan senjata khusus untuk mengganggu kemampuan berteleportasinya, tetapi David berhasil melarikan diri.

Pengejaran terhadap David terus dilakukan oleh Roland dan tim Paladin. Ketika dia berhasil ditangkap karena masuk tanpa izin ke Colosseum, secara mengejutkan Mary (Diane Lane), datang memberikan kunci agar David bisa melepas borgolnya.

Mary membantu supaya David bisa melarikan diri sebelum Paladin kembali mengejarnya. Lalu bisakah David selamat dari mereka?

4. Trumbo

Trumbo

Trumbo (2015) adalah sebuah film drama biografi yang disutradarai oleh Jay Roach. Film ini mengikuti kehidupan penulis skenario Hollywood, Dalton Trumbo, berdasarkan biografi Dalton Trumbo tahun tahun 1977 karya Bruce Alexander Cook.

Dalton Trumbo adalah seorang penulis skenario berbakat yang mengantarkannya masuk jajaran para elit Hollywood. Namun, keanggotaannya di Partai Komunis Amerika Serikat mengundang kecaman dari tokoh-tokoh industri hiburan yang sangat anti-Soviet, seperti kolomnis Hedda Hopper dan aktor John Wayne.

Trumbo adalah satu dari 10 penulis skenario yang dipanggil untuk bersaksi di hadapan House Committee on Un-American Activities (HUAC) mengenai propaganda Komunis dalam film-film Hollywood.

Akibat kisruh tersebut Trumbo menjalani hukuman 11 bulan. Dia juga masuk dalam daftar hitam yang berakibat fatal bagi karirnya.

Trumbo dan simpatisan komunis “dibuang” dan tidak mendapat tempat di industri hiburan Hollywood. Alhasil dia dan keluarganya kesulitan karena kehilangan penghasilan. Untuk bertahan hidup dia menjual naskahnya kepada Ian McLellan Hunter.

Naskahnya tersebut memenangkan penghargaan Academy Award untuk Best Story. Trumbo juga menjual rumah tepi danau yang indah miliknya dan bekerja sebagai penulis skenario samaran untuk King Brothers Productions yang beranggaran rendah.

Lalu adakah jalan keluar bagi penderitaan Trumbo? Di sini Diane Lane berperan sebagai istri Trumbo bernama Cleo, yang bekerja membantu suaminya.

5. The Outsiders

The Outsiders

American coming-of-age crime drama film berjudul The Outsiders (1983) merupakan adaptasi dari novel tahun 1967 dengan judul yang sama karya S. E. Hinton.

Film ini bercerita tentang Darrel Curtis yang harus membesarkan dua adiknya, Ponyboy dan Sodapop Curtis, setelah kedua orangtua mereka tiada. Kehidupan remaja Ponyboy cukup berat karena dia ditindas oleh sekelompok remaja kaya “Socs”.

Suatu malam Ponyboy dan temannya, Johnny, mengantar Cherry Valance (Diane Lane) dan Marcia pulang. Kedua gadis tersebut adalah kekasih dari anak-anak Socs, Bob dan Randy.

Untuk menghindari pertengkaran mereka menjauhi kedua gadis itu. Namun, ketika malam semakin larut, Bob, Randy dan tiga anak Socs lainnya berhasil menghajar dua remaja itu.

Dalam perkelahian tersebut Bob tewas ditikam oleh Johnny. Takut akan konsekuensi hukum, Ponyboy dan Johnny melarikan diri ke Windrixville, Oklahoma, naik kereta api dan kemudian bersembunyi di sebuah gereja yang terbengkalai.

Dalam pelarian mereka dibantu oleh Dallas, yang juga berbohong pada polisi mengenai keberadaan dua remaja tersebut. Namun, sebuah catatan dari saudaranya, Sodapop, mendorong Ponyboy untuk pulang, terutama karena Cherry bersedia bersaksi atas nama mereka.

Saat membeli makanan, Johnny ingin menyerahkan diri, namun Dallas tidak setuju. Lalu apakah Pony dan Johnny akan jadi buronan selamanya?

6. Chaplin

Chaplin

Chaplin (1992) adalah sebuah film drama komedi biografi tentang kehidupan komedian Inggris, Charlie Chaplin. Film ini diadaptasi oleh William Boyd, Bryan Forbes dan William Goldman dari buku Chaplin tahun 1964 berjudul My Autobiography dan buku tahun 1985 berjudul Chaplin: His Life and Art oleh kritikus film David Robinson.

Masa kecil Chaplin hidup di dalam kemiskinan sehingga dia menyibukkan diri di dunia pertunjukan. Setelah ibunya, Hannah, kehilangan suara di atas panggung, Charlie yang berusia lima tahun menggantikannya.

Sejak ibunya dirawat di RSJ, selama bertahun-tahun, Chaplin dan saudaranya, Sydney, mendapatkan pekerjaan dari produser variety Fred Karno. Karno pula yang kemudian mengirimnya ke Amerika Serikat.

Perjalanan karir Chaplin pun dimulai, lengkap dengan petualangan asmaranya dengan wanita-wanita cantik, perselisihannya dengan J. Edgar Hoover tentang aktor/sutradara dan propaganda yang memicu dendam Hoover selama 40 tahun, dan konflik lainnya. Dalam film ini Diane Lane berperan sebagai istri ketiga Chaplin, Paulette Goddard.

7. Rumble Fish

Rumble Fish

Rumble Fish (1983) adalah film drama yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Film ini didasarkan pada novel Rumble Fish tahun 1975 karya S. E. Hinton.

Ceritanya berpusat pada hubungan antara The Motorcycle Boy, mantan pemimpin geng yang dihormati yang ingin menjalani kehidupan lebih damai, dan adik laki-lakinya, Rusty James, remaja yang ingin ditakuti seperti kakaknya.

Rusty James mendapat tantangan dari Biff Wilcox untuk berkelahi. Namun, salah satu temannya Steve mengingatkan Rusty bahwa sang kakak, "The Motorcycle Boy", tidak akan senang dengan pertarungan tersebut. Pasalnya, dia telah melarang perkelahian antar geng. Namun, Rusty James tidak peduli karena kakaknya itu telah pergi tanpa kejelasan selama dua bulan.

Suatu ketika Rusty James mengunjungi pacarnya, Patty (Diane Lane). Tanpa diduga dia bertemu Biff dan keduanya pun bertarung.

Secara mengejutkan Motorcycle Boy tiba dengan sepeda motornya. Kemunculannya mengalihkan perhatian Rusty James. Kesempatan ini dipakai Biff untuk menyerang Rusty. Motorcycle Boy yang marah adiknya diserang menabrakkan motornya ke arah Biff.

Terungkap kalau Motorcycle Boy, ternyata buta warna, sebagian tuli, dan penyendiri; sifat terakhir membuat banyak orang percaya bahwa dia gila. Motorcycle Boy juga bercerita bahwa selama perjalanan kemarin dia bertemu dengan ibu mereka yang telah lama hilang. Naas, saat keduanya tengah bersama, sebuah tembakan dilepaskan ke arah Motorcycle Boy.

8. Secretariat

Secretariat

Film Diane Lane berikutnya yang kami rekomendasikan berjudul Secretariat (2010). Film tersebut adalah film drama olahraga biografi yang diproduksi dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Ceritanya sendiri sebagian besar diadaptasi dari buku tahun 1975 karya William Nack berjudul Secretariat: The Making of a Champion.

Film ini mengisahkan kehidupan seekor kuda pacu Thoroughbred, bernama Secretariat, pemenang Triple Crown pada tahun 1973. Di sini Diane Lane berperan sebagai pemilik Secretariat bernama Penny Chenery, yang mengambil alih kandang kuda milik ayahnya yang sakit, Christopher Chenery.

Walau dia tidak memiliki pengetahuan tentang pacuan kuda, Penny dibantu oleh pelatih veteran, Lucien Laurin. Berkat bantuannya, Penny dapat menavigasi bisnis yang didominasi oleh pria. Kejayaannya memuncak ketika Penny memenangkan Triple Crown pertama dalam 25 tahun dan memiliki salah satu kuda pacu terhebat sepanjang masa.

9. Unfaithful

Unfaithful

Unfaithful (2002) adalah film thriller erotis yang disutradarai dan diproduksi oleh Adrian Lyne. Film ini diadaptasi dari film Prancis tahun 1969 berjudul The Unfaithful Wife karya Claude Chabrol.

Unfaithful (2002) bercerita tentang sebuah pernikahan yang berantakan karena sang istri terlibat perselingkuhan dengan orang asing yang ditemuinya secara kebetulan.

Pernikahan Edward dan Connie Sumner (Diane Lane), penuh kasih sayang. Mereka hidup bahagia bersama sang putra yang berusia delapan tahun bernama Charlie.

Walau bahagia, pernikahan Edward dan Connie cenderung monoton. Konflik mulai terjadi dalam keluarga ini ketika Connie yang sedang berbelanja, secara tidak sengaja jatuh bersama dengan seorang pria bernama Paul.

Paul kemudian mengundang Connie ke apartemennya untuk mengobati lututnya yang lecet. Walau sempat tak nyaman dan bergegas pergi, Connie ternyata mencatat nomor telepon Paul dan menghubunginya.

Paul lantas mengundangnya dan berusaha menggoda Connie sekali lagi, tapi lagi-lagi Connie menghindar. Namun, pada pertemuan selanjutnya, Connie tak bisa lagi menahan gairahnya.

Mereka berdua menikmati sensasi perselingkuhan mereka. Edward yang mencurigai perubahan sifat Connie menyewa detektif swasta. Dia terpukul ketika melihat foto-foto Connie dengan Paul.

Perselingkuhan tersebut membuat Connie merasa bersalah, tapi dia tidak bisa mengakhirinya; hingga suatu hari, dia melupakan Charlie di sekolah dan Edward yang emosi membunuh Paul tanpa rencana.

10. My Dog Skip

My Dog Skip

My Dog Skip (2000) adalah film ber-genre drama komedi yang disutradarai oleh Jay Russell. Film ini dibuat berdasarkan buku otobiografi dengan nama yang sama.

My Dog Ship (2000) menceritakan tentang seorang anak berusia 9 tahun, yang mendapat seekor Smooth Fox Terrier untuk ulang tahunnya; dan bagaimana anjing tersebut mengubah beberapa aspek dalam hidupnya.

Willie Morris mengenang masa kecilnya di awal tahun 1940-an ketika diwarnai oleh kehadiran anjing kesayangannya, seekor Smooth Fox Terrier yang dia beri nama Skip.

Willie adalah seorang anak laki-laki yang kesepian karena selain anak tunggal, ayahnya kasar dan sombong. Satu-satunya teman yang dia miliki adalah seorang pria yang tinggal di sebelah rumahnya, Dink Jenkins.

Ketika Dink direkrut untuk pergi berperang, Ellen (Diane Lane), sang ibu, membelikan Willie seekor anjing agar putranya itu memiliki teman. Willie dan Skip pun menjadi teman baik dengan cepat.

Ketika Willie diganggu di sekolah, Skip membantunya. Berkat Skip, Willie memiliki tiga orang teman dan seorang pacar, Rivers. Skip menemani Willie hingga akhir hidupnya.

Tak ada yang meragukan kualitas akting Diane Lane yang sudah berpengalaman sejak tahun 1980-an. Penampilannya dalam berbagai film pun mendulang banyak kekaguman. Di antara sepuluh film Diane Lane yang kami rekomendasikan, salah satunya pasti ada yang jadi favoritmu, kan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram