logo web

15 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Dion Wiyoko

Ditulis oleh Linda

Dion Wiyoko merupakan aktor keturunan Tionghoa yang namanya melejit melalui film “Serigala Terakhir.” Sebelumnya, Dion mengawali karirnya sebagai model di sejumlah majalah nasional. Kemudian, Dion mencoba peruntungannya di sinetron dan FTV.

Bermodalkan wajah tampan khas oriental dan akting yang baik, Dion Wiyoko berhasil menjadi salah satu aktor terkenal di Indonesia.

Sempat menjadi host di acara televisi “My Trip My Adventure” kini Dion lebih fokus menjalani karirnya di dunia perfilman. Terbukti aktor tampan ini sudah membintangi puluhan judul film layar lebar. Nah, Showpoiler sudah mengumpulkan 15 film Dion Wiyoko terbaik yang wajib Anda tonton.

1. Cek Toko Sebelah 2

Cek Toko Sebelah 2

Jadi film penutup tahun, Starvision Plus akhirnya merilis Cek Toko Sebelah 2 (2022) pada 22 Desember 2022. Film garapan Ernest Prakasa ini akan mengisahkan kehidupan Koh Afuk dengan kedua putranya.

Dion Wiyoko kembali didapuk sebagai pemeran utamanya dan berperan sebagai Yohan. Berbeda dengan film pertamanya, Yohan akan dihadapkan dengan masalah rumah tangga yang lebih pelik.

Berawal dari sang ayah yang berkata ingin memiliki cucu, ternyata hal ini malah jadi masalah rumit dalam rumah tangganya bersama Ayu. Ternyata sang istri malah menolak untuk memiliki anak.

Awalnya Yohan tidak memiliki masalah dengan keputusan sang istri. Namun semakin lama Yohan memahami kenapa Ayu tidak ingin memiliki anak dan ia berusaha membuat istrinya percaya diri bahwa ia bisa jadi ibu yang baik.

2. Teka-Teki Tika

Teka-Teki Tika

Saat menonton Teka-Teki Tika (2022) sudah bisa dipastikan kalau kamu bakalan merasa bingung sendiri. Bukan karena alur ceritanya yang tidak jelas, tapi kamu bakalan bingung mencari tahu identitas asli dari sosok Tika yang diperankan Sheila Dara Aisha.

Apalagi saat berbagai rahasia keluarga Budiman dibuka begitu saja oleh Tika, sampai-sampai membuat keributan tak terduga. Dalam film garapan Ernest Prakasa ini Dion Wiyoko terpilih untuk memerankan salah satu peran terpenting. Ia akan berperan sebagai Arnold Limanto, yaitu anak pertama dari keluarga Budiman Limanto.

Arnold sedang menanti kelahiran anak pertamanya bersama sang istri yang bernama Laura Limanto. Namun kecurigaan memuncak, saat Tika mengatakan bahwa anak itu bisa saja bukan anaknya Arnold.

3. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Kembali bekerjasama dengan Ernest Prakasa, kali ini Dion Wiyoko didapuk sebagai pemeran pendukung dalam film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019). Aktor tampan ini akan berperan sebagai Kevin, yaitu manajer riset kosmetik dan pimpinan Rara.

Kevin adalah salah satu orang yang memandang buruk Rara, karena perempuan itu gendut dan penampilannya dianggap tidak cocok dengan pekerjaan.

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019) mengisahkan seorang perempuan bernama Rara. Terlahir dari seorang model cantik tahun 90-an, Rara tumbuh sebagai gadis gemuk dengan kulit gelap.

Ia sangat berbeda dengan ibu dan adiknya yang cantik. Hal inilah yang membuat Rara kerap didiskriminasi oleh lingkungan, hingga membuat gadis ini merasa pesimis dengan penampilannya.

4. Susi Susanti: Love All

Susi Susanti: Love All
Tahun Rilis 2019
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Laura Basuki Dion Wiyoko

Beradu akting dengan Laura Basuki, Dion Wiyoko akan berperan sebagai sosok pebulutangkis legendaris Indonesia yaitu Alan Budikusuma. Dalam film ini Alan diceritakan sebagai salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia yang berjuang di masa yang sama dengan Susi Susanti. Kerap bertemu semasa latihan, kisah cinta diantara keduanya pun berkembang.

Susi Susanti: Love All (2020) adalah film biopik dan olahraga yang mengisahkan perjalanan hidup seorang Susi Susanti. Legenda bulutangkis Indonesia dan dunia yang dikagumi banyak orang.

Tidak mudah bagi Susi Susanti untuk bisa mencapai kesuksesan. Sejak usianya masih muda, Susi harus dihadapkan dengan masalah ekonomi, mengorbankan masa muda untuk latihan dan hanya fokus pada pertandingan.

5. Lampor: Keranda Terbang

Lampor: Keranda Terbang

Beralih ke film bergenre horor, kali ini kita akan membahas Lampor: Keranda Terbang (2019). Kembali beradu akting dengan Adinia Wirasti, film garapan Guntur Soeharjanto ini sangat direkomendasikan lho.

Dion Wiyoko akan berperan sebagai Edwin, yaitu sosok suami dari Netta yang diperankan Adinia Wirasti. Edwin mengikuti Netta ke kampung halaman sang istri untuk menyampaikan pesan mendiang mertuanya.

Namun sesampainya mereka di desa tersebut, penduduk desa malah menatap mereka dengan sinis. Pasalnya, masyarakat desa beranggapan Edwin dan Netta membawa bencana untuk desanya.

Apalagi fakta kalau bapak Netta pernah mengikuti aliran sesat membuat mereka semakin marah. Belum lagi teror dari lampor atau setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang meneror mereka.

6. Terbang: Menembus Langit

Terbang: Menembus Langit

Terbang: Menembus Langit (2018) adalah film yang dipersembahkan untuk memperingati 20 tahun terjadinya Kerusuhan 1998. Film garapan Fajar Nugros ini mengisahkan seorang pria bernama Onggy yang terlahir dari keluarga sederhana, namun memiliki mimpi yang luar biasa.

Film ini akan dibintangi oleh Dion Wiyoko, Laura Basuki, Baim Wong dan Chew Kin Wah sebagai pemeran utamanya. Dion Wiyoko akan berperan sebagai Onggy yang memutuskan untuk keluar dari Kalimantan. Setelah mendapatkan restu dari sang ayah, pria muda ini memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Surabaya.

Berbekal nila-nilai kehidupan dari ayahnya, Onggy mulai merintis berbagai usaha agar ia tidak kekurangan uang. Salah satu semangat hidupnya selain sang ayah adalah sosok sang istri Candra yang menemaninya dari titik terbawah hingga ia bisa menggapai kesuksesan.

7. The Gift

The Gift

The Gift (2018) adalah film yang bakalan bikin kamu menangis haru dan sangat tersentuh. Film garapan Hanung Bramantyo ini mengisahkan hidup penyandang tunanetra yang jarang tersentuh para sineas.

Film ini akan dibintangi oleh Reza Rahadian, Ayu Shita dan Dion Wiyoko sebagai pemeran utamanya. Dion Wiyoko akan berperan sebagai Arie, yaitu kekasih dari Tiana yang mengajak sang kekasih ke panti. Arie sendiri adalah sosok yang ramah dan mudah bergaul dengan banyak orang.

Ia dekat dengan banyak orang di panti, namun hal inilah yang menimbulkan masalah. Pasalnya, keputusannya membawa sang kekasih Tiana ke panti malah membuat gadis itu bingung. Ternyata Tiana diam-diam mulai merasa nyaman dan jatuh cinta pada seorang tunanetra bernama Harun.  

8. Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah menjadi salah satu film nasional terlaris di tahun 2016. Film garapan Ernest Prakasa ini melibatkan Dion Wiyoko sebagai salah satu tokoh sentral dalam film ini.

Jalan cerita Cek Toko Sebelah sangat ringan karena mengangkat fenomena dalam kehidupan sehari-hari, di mana orang tua menyekolahkan anaknya setinggi mungkin, tetapi ujung-ujung si anak diminta untuk meneruskan usaha orang tua.

Erwin (Ernest Prakasa) menjadi seorang pekerja kantoran yang sukses. Sementara Yohan (Dion Wiyoko), kakak Erwin, tidak memiliki pekerjaan tetap. Konflik terjadi ketika ayah mereka, Koh Afuk (Chew Kinwah) menunjuk Erwin yang karirnya sedang melambung sebagai penerusnya.

Berbagai kelucuan serta drama pelik mewarnai film Dion Wiyoko yang satu ini. Cek Toko Sebelah berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 2,6 juta selama penayangannya di bioskop.

9. Serigala Terakhir

Serigala Terakhir Film Dion Wiyoko

Film Dion Wiyoko yang satu ini merupakan film bergenre drama kriminal yang berhasil meraih sejumlah nominasi di Piala Citra FFI 2009. Serigala Terakhir juga merupakan film yang membuat nama Dion Wiyoko mulai diperhitungkan.

Film ini mengisahkan tentang persahabatan beberapa pemuda kampung, Ale (Fathir Muchtar), Jarot (Vino G. Bastian), Lukman (Dion Wiyoko), Sadat (Ali Syakieb), dan Jago (Dallas Pratama).

Persahabatan mereka terpecah ketika Jarot ditangkap polisi karena menyelamatkan Ale saat ada orang yang ingin membunuhnya. Mirisnya, selama Jarot mendekam di penjara tak satupun sahabatnya yang datang menjenguk.

Setelah bebas dari penjara, Jarot bergabung dengan gembong narkoba yang merupakan musuh Ale cs. Pembalasan dendam mulai terjadi bergantian. Ale maupun Jarot jadi saling menyakiti satu sama lain.

10. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar

Beradu akting dengan Chelsea Islan, Dion Wiyoko tampil dengan sempurna dalam film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Di sini, Dion memerankan sosok Alva, kekasih yang akhirnya menjadi suami Merry Riana.

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini menceritakan tentang perjuangan Merry (Chelsea Islan), gadis Indonesia yang nekat pergi ke Singapura seorang diri pada saat Kericuhan Mei 1998 terjadi.

Perjuangan Merry untuk bisa bertahan hidup sekaligus berkuliah di Singapura tidak mudah. Sampai akhirnya, Merry bertemu dengan Alva (Dion Wiyoko), cowok yang tadinya cuek tetapi justru mau membantu dirinya dan berhasil memenangkan hatinya.

11. Air & Api

Air & Api

Air & Api adalah sebuah film drama dengan sentuhan komedi di dalamnya. Film ini bercerita tentang kehidupan petugas pemadam kebakaran yang dituntut untuk siaga dalam kondisi darurat. Namun, film ini juga membubuhkan kisah cinta dan konflik yang terjadi antar petugas damkar.

Tiga orang petugas damkar senior, Gito (Desta), Rojak (Judika), dan Abdur (Abdur Asryad) bertugas melatih anggota damkar baru. Anggota baru yang mereka latih adalah Radit (Tarra Budiman) yang dipaksa ayahnya menjadi petugas damkar dan Dipo (Dion Wiyoko), anak pebisnis yang terobsesi menolong banyak orang.

Konflik yang terjadi di sini adalah ketika Radit naksir Sisi (Enzy Storia), petugas damkar cantik. Namun, Sisi justru naksir kepada Dipo yang sudah memiliki kekasih. Mereka justru saling bertengkar satu sama lain ketika ada musibah besar yang membutuhkan pertolongan mereka. Akankah tim damkar ini bisa berdamai kembali?

12. London Love Story

London Love Story

Kalau Anda fans setia film London Love Story, Anda pasti mengetahui bahwa film tersebut merupakan salah satu film Dion Wiyoko. Ya, Dion Wiyoko sempat memerankan tokoh Bima dari film London Love Story yang pertama.

Bima adalah cowok yang selalu mengejar cinta Caramel (Michelle Ziudith). Meskipun selalu ditolak oleh Caramel, Bima justru semakin penasaran. Di satu sisi, Dave (Dimas Anggara) juga dikejar-kejar oleh Adelle (Adila Fitri), cewek yang pernah ditolong Dave pada saat ingin bunuh diri.

Sampai akhirnya takdir mempertemukan mereka berempat dan membuka rahasia yang tersimpan selama setahun. Apakah hubungan Bima, Caramel, Dave, dan Adelle? Temukan jawabannya di London Love Story.

13. Abdullah & Takeshi

Abdullah & Takeshi

Selanjutnya, ada sebuah film komedi yang dimainkan oleh Dion Wiyoko, Kemal Palevi, dan Nasya Marcella. Jalan cerita film ini cukup unik karena mengisahkan tentang bayi yang tertukar.

Bayi keturunan Arab dibesarkan oleh keluarga Jepang dan diberi nama Takeshi (Kemal Palevi). Sementara bayi keturunan Jepang dibesarkan oleh keluarga Arab dan memiliki nama Abdullah (Dion Wiyoko).

Yang menarik, kedua anak yang tertukar ini bertemu karena mereka kuliah di kampus yang sama. Keduanya juga sama-sama tertarik pada Indah (Nasya Marcella). Abdullah dan Takeshi yang merupakan musuh bebuyutan kini kembali bersaing untuk mendapatkan Indah.

14. Sundul Gan: The Story of Kaskus

Sundul Gan The Story of Kaskus

Totalitas seorang Dion Wiyoko sebagai seorang aktor dibuktikan dalam film Sundul Gan: The Story of Kaskus. Untuk memerankan tokoh Ken, salah satu pendiri forum online terbesar di Indonesia “Kaskus”, Dion rela menaikkan berat badannya agar lebih mirip dengan tokoh aslinya.

Dalam film ini, Dion beradu peran dengan Albert Halim yang menjadi Andrew “Mimin” Darwis. Film ini cukup inspiratif karena mengupas tentang perjalanan Ken dan Andrew dalam membangun Kaskus. Jatuh bangun mereka dalam membangun Kaskus bisa Anda saksikan dalam film Sundul Gan: The Story of Kaskus.

15. Winter in Tokyo

Winter in Tokyo

Diadaptasi dari novel karya Ilana Tan dengan judul yang sama, Winter in Tokyo merupakan film drama romantis yang pengambilan gambarnya banyak dilakukan di Jepang. Dalam film ini, Dion Wiyoko memerankan Kazuto Nishimura.

Sinopsis Winter in Tokyo menceritakan tentang Keiko (Pamela Bowie), gadis keturunan Indonesia-Jepang yang menyimpan rasa pada cinta pertamanya saat masih remaja. Sejenak, Keiko lupa akan cinta pertamanya setelah bertemu Kazuto (Dion Wiyoko), yang menjadi tetangga di apartemennya.

Namun, saat Keiko dan Kazuto semakin dekat, Akira (Morgan Oey) yang merupakan cinta pertama Keiko hadir kembali. Insiden terjadi ketika Kazuto mengalami kecelakaan dan kehilangan sebagian memorinya saat di Tokyo. Yang diingat oleh Kazuto hanyalah kehidupannya di New York dan cintanya pada Iwamoto Yuri (Kimberly Ryder).

Dari sejumlah film Dion Wiyoko yang tayang di dunia perfilman nasional, kumpulan film inilah yang terbaik dan menunjukkan Dion sebagai pemeran utamanya. Adakah film Dion Wiyoko yang Anda sukai dan ingin segera ditonton dalam waktu dekat?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram