logo web

Inilah 10 Film Donald Sutherland yang Terbaik & Ikonik

Ditulis oleh Syuri K.N.

Ada banyak pemeran 'kakek-kakek' yang ikonis di Hollywood, sebut saja Harrison Ford, Wendell Pierce, Kurt Russell, dan Morgan Freeman. Yang satu ini juga enggak kalah beken, Donald Sutherland.

Walau usianya sudah enggak muda lagi, dan ia banyak tampil di layar lebar sebagai 'orang sepuh', sebenarnya ia sudah berakting semenjak masih muda! Aktor yang memiliki tiga anak ini debut pada tahun 1960-an. Sepanjang karir televisi dan filmnya, Donald dikenal sebagai aktor serba bisa.

Donald memiliki kemampuan spesial dalam bersiul yang sangat dikenal oleh pengikutnya. Bahkan bakatnya itu ia gunakan di film MASH (1970), di mana ia bersiul sangat keras hingga dapat terdengar dari jauh. Sebenarnya film yang diperankan Donald sudah enggak bisa dihitung jari saking banyaknya.

Tapi, Showpoiler berhasil merangkum sepuluh film Donald Shuterland terbaik yang harus kamu tonton. Berikut daftarnya.

1. Mr. Harrigan's Phone

Mr. Harrigan's Phone_Light Horor (Copy)

Film berdurasi 1 jam 46 menit ini ber-genre drama dan horor. Ada pertemanan yang enggak biasa dari seorang bocah dan bapak-bapak. Mereka adalah Craig (Colin O'Brien) yang bekerja untuk seorang pensiunan pengusaha, John Harrigan (Donald Sutherland). Craig bertugas membacakan buku untuk John tiga kali seminggu.

Pada tahun 2008, atau lima tahun setelah kejadian itu, Craig dan John sudah seperti teman karib. Suatu ketika, Craig memenangkan lotere yang sangat besar. Ia juga mendapatkan ponsel pertamanya dari John. Dengan uang lotere yang dia dapatkan, dia juga membeli sebuah ponsel untuk John agar mereka bisa bertukar kabar.

Usia enggak ada yang tahu, John meninggal dunia enggak lama setelah itu. Craig sangat sedih karena kehilangan teman baiknya. Karena enggak ada lagi yang akan menggunakan ponsel itu, Craig memasukkan ponsel John ke dalam peti matinya. Craig diberi tahu bahwa John meninggalkan sejumlah uang yang sangat besar untuknya sebagai wasiat.

Mengetahui hal itu, Craig menelepon ponsel John untuk berterimakasih. Anehnya, ketika terbangun pada pagi hari, Craig menerima pesan singkat dari nomor HP John! Tapi pesan itu enggak terbaca, hanya berupa kalimat aneh. Ayah Craig menenangkannya, mengatakan kalau itu mungkin hanya eror saja.

Namun, keanehan enggak berakhir. Di sekolah, Craig diserang lagi oleh Kenny, pem-bully-nya. Craig pun lagi-lagi menelepon nomor ponsel John dan curhat tentang hal itu. Esok harinya, Kenny ditemukan telah tewas dengan dugaan dia terjatuh dari jendelan kamarnya ketika akan menyelinap keluar.

2. Ad Astra

Ad Astra Donald Sutherland

Kali ini Donald Sutherland bermain di film science fiction berjudul Ad Astra sebagai Thomas Pruitt. Film ini berpusat pada astronot bernama Roy McBride (Brad Pitt). Dia melakukan perjalanan ke tepi luar tata surya.

Bukan demi proyek interstellar, tapi untuk menemukan ayahnya yang hilang di luar angkasa. Di perjalanan, dia menyadari ada misteri yang mengancam kelangsungan hidup planet Bumi.

3. The Hunger Games

The Hunger Games snow

Bisa dibilang ini adalah franchise film terpanjang yang pernah Donald perankan. Soalnya enggak cuma di satu film, tapi ia juga hadir di tiga film selanjutnya. Yakni The Hunger Games: Catching Fire (2013), The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014), dan The Hunger Games: Mockingjay – Part 2 (2015).

Sampai artikel ini dibuat pada Mei 2023, trailer untuk prequel The Hunger Games—The Ballad of Songbirds & Snakes (2023)—sudah dirilis. Pada akhir video, ada suara Donald Sutherland, masih sebagai Coriolanus Snow, presiden Panem.

Belum ada keterangan apakah ia akan muncul sebagai kameo, atau pihak The Hunger Games hanya menggunakan rekaman suaranya saja. Karena The Ballad of Songbirds & Snakes merupakan kisah ketika Snow masih muda, miskin, dan lugu, sebelum berubah menjadi presiden yang keji dan licik.

4. The Mechanic

The Mechanic Donald Sutherland

Donald memang paling sering main di film aksi, loh, teman-teman Showpoiler. Salah satunya adalah The Mechanic. Aktor utamanya adalah Jason Statham yang memerankan Arthur Bishop, seorang mekanik, yang sebenarnya bukan seorang menanik.

Sebab, Arthur merupakan pembunuh bayaran. Bukan yang ecek-ecek juga, melainkan yang elit! Ia dikenal mampu menyapu bersih targetnya sampai enggak bersisa. Semua berjalan lancar dan Arthur selalu senang melakukan pekerjaannya, hingga mentor dan teman dekatnya, Harry McKenna (Donald Sutherland), dibunuh.

Arthur pun melakukan sesuatu yang enggak pernah dia lakukan sebelumnya. Enggak ada yang membayarnya, enggak ada yang menyewanya, tapi dia mencari siapapun dalang di balik pembuhuan Harry. Dan, tentu saja Arthur akan menghabisi mereka semua.

5. The Italian Job

The Italian Job  Donald Sutherland

Film aksi Donald Sutherland selanjutnya adalah The Italian Job. Di sini, ia berperan sebagai John Bridger. Jika di The Mechanic ia menjadi pemeran pendukung, di sini Donald merupakan pemeran utamanya! Ada sebuah organisasi heist yang dipimpin oleh John Bridger (Donald Sutherland) dan Charlie Croker (Mark Wahlberg).

Mereka akan melakukan pencurian terakhir berupa emas batangan senilai $35 juta dari sebuah bank di Venesia, Italia. Akan tetapi, walau mereka berhasil mendapatkan emas-emas itu, salah satu anggota mereka berkhianat. Steve (Edward Norton) menginginkan semua hasil jarahan untuk dirinya sendiri dan membunuh rekan-rekannya.

Akan tetapi, enggak semuanya mati. Ada beberapa anggota yang bertahan hidup. Charlie dan kawan-kawan mencari Stece hingga ke Los Angeles untuk membalas dendam.

6. Forsaken

Forsaken

Bagaimana jadinya anak dan bapak bermain film yang sama? Pastinya para penonton excited banget melihat chemistry keduanya, bukan? Ya, Forsaken diperankan oleh ayah-anak kandung, Kiefer Sutherland dan Donald Sutherland.

John Henry Clayton (Kiefer Sutherland) kembali ke rumahnya dengan harapan dapat memperbaiki hubungannya dengan sang ayah, Rev. Samuel Clayton (Donald Sutherland). Saat ia tiba, geng lokal tengah meneror kota tersebut.

John bisa saja menyelamatkan kota, karena dulu ia merupakan pembunuh bayaran. Tapi, ia sudah taubat sekarang. Lalu, keputusan apa yang akan ia ambil selanjutnya?

7. The Puppet Masters

The Puppet Masters donald

Ada UFO mendarat di Bumi! Tepatnya ada di Pedesaan Iowa. Andrew Nivens (Donald Sutherland), pemimpin Badan Intelijen Pusat rahasia yang menyelidiki aktivitas di luar Bumi, mengirimkan dua agen untuk menyelidiki lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

Akan tetapi, kedua agen tersebut menghilang enggak lama setelah sampai ke lokasi. Andrew pun pergi ke sana langsung bersama dengan agen Sam Nivens (Eric Thal) yang merupakan putranya, Jarvis, dan Dr. Di. Ketika melihat dengan mata kepala mereka sendiri, memang ada yang enggak beres di sana.

Orang-orang di sekitar tampak enggak memiliki emosi apapun. Setelah diteliti, ternyata di punggung orang-orang terdapat makhluk seperti siput, yang disinyalir sebagai alien yang membuat mereka enggak menunjukkan emosi apapun lagi.

8. Ordinary People

Ordinary People (1980)

Ordinary People merupakan film coming-of-age yang tayang pada tahun 1980. Donald Sutherland berperan sebagai Calvin Jarrett, seorang ayah muda yang memiliki putra berusia remaja. Setelah kematian anaknya yang lain, keluarga Jarrett sangat terpuruk.

Ditambah putra mereka yang tersisa jatuh depresi, tentunya kondisi tersebut sangat berat untuk seluruh anggota keluarga. Tahukah kamu, lewat aktingnya di film ini, Donald mendapatkan nominasi Academy Award. Akan tetapi yang memenangkan piagam justri filmnya sebagai Film Terbaik pada tahun 1981.

9. Don't Look Now

Don't Look Now (1973)

Kalau film ini dirilis pada tahun 1973. Walau lawas, film ini merupakan salah satu karya Donald yang paling dikenang. Berdurasi 1 jam 50 menit, film ini membawakan kisah John (Donald Sutherland) dan Laura Baxter (Julie Christie), pasangan yang berbahagia.

Ketika sedang berada di Venesia, mereka bertemu sepasang kakak beradik yang sudah lanjut usia. Salah satu dari mereka mengaku sebagai cenayang. Ia bersikeras telah melihat arwah putri keluarga Baxter yang baru saja tenggelam berada di sekitar mereka.

Laura tertarik untuk melakukan kegiatan supernatural demi terkoneksi lagi dengan putri mereka, tapi John menolak ide tersebut.

10. Bear Island

Bear Island donald

Terakhir, ada film Bear Island. Larsen (Hagan Beggs) senang menyendiri. Ia tinggal di lanskap arktik dalam sebuah tenda seorang diri, tanpa siapapun menemani. Mendapat firasat buruk, ia bergegas pulang untuk mencoba mengirim sinyal radio darurat ke kapal Morning Rose. Namun, terlambat karena ia terbunuh tepat sebelum sinyal terkirim.

Morning Rose merupakan ekspedisi multinasional ilmuwan PBB yang bertujuan ke Pulau Beruang yang terpencil. Mereka sengaja datang untuk mempelajari tentang perubahan iklim. Tim ini dipimpin oleh ilmuwan asal Jerman, Otto Gerran (Richard Widmark), dan wakilnya Hartman (Lawrence Dane).

Di dalam tim itu juga ada psikiater asal Norwegia, Heddi Lindquist (Vanessa Redgrave) dan psikiaer Lechinski (Christopher Lee) dari Kutub Utara. Donald Sutherland berperan sebagai ahli biologi asal Amerika, Frank Lansing.

Dalam setiap perannya, Donald Sutherland telah menunjukkan kemampuan akting yang luar biasa. Karirnya yang panjang telah membawa banyak film yang enggak terlupakan ke layar lebar. Jadi, apa film Donald yang paling berkesan buatmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram