logo web

10 Film Horor Indonesia Terbaru dan Terseram di 2024

Ditulis oleh Gerryaldo

Film horor sering disebut sebagai pengganti kardio atau olahraga ringan karena diyakini bisa membakar kalori sekaligus memacu adrenalin. Makanya tak heran kalau horor jadi salah satu genre film yang diminati oleh banyak orang, terutama di kalangan anak muda.

Di Indonesia sendiri, minat terhadap film horor cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyak film genre horor yang dilahirkan insan perfilman Indonesia hampir setiap bulannya. Bahkan, banyak film horor klasik yang kembali di-remake untuk memberikan tingkat ketegangan yang lebih intens, sehingga lebih bisa dinikmati penonton di era modern.

Lantas, ada film horor Indonesia terbaru apa saja yang rilis di tahun ini? Langsung saja simak daftar berikut!

1. Temurun

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Yasamin Jasem Bryan Domani
Selengkapnya →

Bagaimana jadinya bila ternyata warisan keluargamu malah mendatangkan petaka bagimu? Tak menyenangkan, bukan? Tapi inilah yang dialami dua tokoh utama kita dalam film Temurun. Film yang diproduseri oleh Prilly Latuconsina dan Umay Shahab ini mengangkat kisah horor dengan tema keluarga dan warisan.

Di tengah trauma dan duka atas kematian ibunya, kakak-beradik Sena dan Dewi tiba-tiba dijemput ayahnya yang telah lama meninggalkan mereka ke kota. Mereka dibujuk untuk menjadi pewaris perusahaan keluarga mereka di kota yang berfokus pada pengelolaan daging.

Namun, alih-alih mendapat kebahagiaan dengan kehidupan baru tersebut, Sena dan Dewi malah mendapatkan teror aneh saat tiba di rumah itu. Keduanya ternyata terperangkap dalam kejanggalan warisan turun temurun keluarganya. Lalu, berhasilkah mereka keluar dari belenggu warisan keluarga yang penuh petaka ini?

2. Possession: Kerasukan

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Darius Sinathrya Carissa Perusset
Selengkapnya →

Disutradarai oleh Robby Ertanto, film ini ternyata adalah remake dari film Perancis berjudul sama yang mengudara pada tahun 1981. Uniknya, Possession: Kerasukan tak hanya menyajikan kisah mistis, namun juga menyentil isu patriarki.

Kisahnya berpusat pada apa yang dialami Faris dan keluarganya. Sebagai tantara, Faris baru saja kembali dari tugas militernya selama berbulan-bulan. Sayangnya ketika ingin melepas “rindu”, Faris malah disambut dengan permintaan cerai dari istrinya, Ratna.

Hal ini pun membuat Faris curiga ada laki-laki lain di belakang perubahan perilaku aneh Ratna, dan ingin mencari tahu berbagai kemungkinan, termasuk kemungkinan perselingkuhan. Namun, apa yang sebenarnya terjadi ternyata di luar bayangan Faris.

Beberapa orang terdekatnya mengatakan bahwa Ratna tengah dirasuki oleh setan, sehingga istrinya itu mengalami perubahan perilaku menjadi sangat aneh. Lantas, bagaimanakah akhir dari kisah Ratna dan Faris?

3. Vina : Sebelum 7 Hari

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Nayla D. Purnama Lydia Kandou Delia Husein Yusuf Mahardika
Selengkapnya →

Terinspirasi dari kisah nyata, film ini mengangkat tragedi yang menggemparkan Indonesia pada tahun 2016 silam. Kisah tragis seorang gadis bernama Vina yang menjadi korban tindakan amoral yang dilakukan sebuah geng motor di Cirebon, Jawa Barat.

Tubuh Vina (Nayla D. Purnama) ditemukan terbujur kaku di jalan layang. Hal ini mengundang spekulasi kecelakaan lalu lintas oleh pihak kepolisian. Namun, nenek dari Vina menolak untuk percaya.

Firasat sang nenek pun terbukti. Setelah penyelidikan lebih lanjut, ditemukan fakta bahwa Vina menjadi korban perundungan dan kekerasan brutal sebuah geng motor.

Tak terima dengan kematian yang tak adil, arwah Vina pun bangkit. Kini Vina bertekad menguak kebenaran sebelum tujuh hari kematiannya.

4. Menjelang Ajal

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Shareefa Daanish Daffa Wardhana Caitlin Halderman
Selengkapnya →

Setelah rampung dengan Pemandi Jenazah; Hadrah Daeng Ratu kembali produktif dengan menjadi sutradara film horror keduanya di tahun 2024 ini, Menjelang Ajal. Film yang dibintangi Shareefa Danish, Daffa Wardhana, dan Caitlin Halderman ini akan membawa kita pada kisah menyeramkan ketika manusia membuat perjanjian berbahaya dengan jin.

Sebagai seorang ibu tunggal, Sekar berjuang keras menghidupi ketiga anaknya dengan membuka warung nasi. Namun, belakangan ini makanan yang disajikannya selalu cepat basi, bahkan sebelum sempat dinikmati pelanggan.

Keresahan Sekar membawanya ke Mak Ambar, seorang dukun ternama di desanya. Mak Ambar dikenal mampu mendatangkan pelanggan dengan jimat magisnya. Sekar berharap jimat Mak Ambar bisa menyelamatkan warungnya.

Namun, ketika Mak Ambar tiba-tiba meninggal dunia, Jin yang sebelumnya membantu Mak Ambar dalam ritualnya kini menginginkan balasan dari Sekar. Setiap malam, Jin itu merasuki Sekar, menyiksanya dan mengancam akan mengambil nyawanya. Melihat keanehan ibunya, tiga anak Sekar pun berusaha untuk menyelamatkannya.

5. Siksa Kubur

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Reza Rahadian Faradina Mufti
Selengkapnya →

Siksa Kubur merupakan film asal Indonesia yang ditulis, diproduseri, dan juga disutradarai langsung oleh Joko Anwar. Film ini menjadi salah satu film horor Indonesia yang paling ditunggu setelah sebelumnya Joko Anwar sukses dengan film-film horor lainnya terdahulu. Kira-kira apa kisah mengerikan yang akan Joko tawarkan untuk kita?

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Sita (Faradina Mufti). Ia menolak mempercayai agama setelah kedua orang tuanya tewas dalam bom bunuh diri. Ia selalu skeptis dengan hal-hal yang ada kaitannya dengan Tuhan. Sita benar-benar dibutakan oleh rasa amarahnya, dan tujuan hidupnya adalah meyakini apa yang ia percaya.

Namun teman Sita yakni Adil (Reza Rahardian) yang bekerja di mortuarium mencoba untuk meyakinkan Sita bahwa Tuhan itu ada, agama itu nyata. Untuk membuktikannya, Sita pun mencari orang yang paling berdosa. Dan ketika orang itu meninggal, Sita mau masuk ke dalam kubur untuk membuktikan bahwa apa yang dikatakan Adil hanyalah bualan.

Begitu Sita melakukannya, Ia pun terkejut dengan apa yang terjadi. Saksikan kisah seru menegangkan selengkapnya di film Siksa Kubur!

6. Badarawuhi Di Desa Penari

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Aulia Sarah Maudy Effrosina
Selengkapnya →

Tahukah kamu kalau teror Badarawuhi sudah lama terjadi bahkan sebelum bertemu dengan rombongan KKN Ayu dan teman-temannya? Dalam film ini, sang hantu penari dikisahkan pernah menganggu kehidupan seorang gadis bernama Mila.

Karena ketakutan akan kehilangan ibunya yang tengah sakit keras, Mila gelap mata dan mencari pertolongan di luar pengobatan dokter. Alhasil, ia pergi ke dukun. Sang dukun pun memberikan petunjuk bila Mila ingin ibunya sembuh, ia harus mengembalikan gelang penari Kawaturih ke sebuah desa di timur Pulau Jawa.

Mila tentu saja menerima tawaran itu. Ia dibantu oleh dua kakak sepupunya, Yuda dan Arya, pergi ke desa yang dimaksud. Namun, yang tidak mereka sadari adalah fakta bahwa desa tersebut adalah Desa Penari, tempat Badarawuhi bersemayam.

Mila juga malah nekat mengembalikan Kawaturih tanpa menunggu sesupuh desa, Mbah Buyut. Keputusannya ini pun mendatangkan petaka karena Badarawuhi jadi menebar teror tak hanya pada Mila, tapi juga pada semua orang di sekitarnya.

7. Para Betina Pengikut Iblis 2

Tahun Rilis 2024
Genre ,
Sutradara
Pemeran Adipati Dolken Mawar Eva de Jongh Hanggini Sara Fajira Gusti Rayhan
Selengkapnya →

Di balik kedamaian Desa Potrosaran, tersembunyi rahasia kelam. Tiga orang wanita, Sumi (Mawar de Jongh), Sari (Hanggini), dan Asih (Sara Fajira), terjerumus ke dalam ilmu hitam dan menjadi pengikut iblis. Kejahatan mereka ini meresahkan penduduk desa.

Kabar ini lalu sampai ke telinga Kiai Taqim (Iang Darmawan), seorang ulama ternama. Khawatir dengan keselamatan warga, Kiai Taqim mengutus muridnya, Ahmad (Gusti Rayhan), untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah di Desa Potrosaran.

Berbekal ilmu dan keberaniannya, Ahmad pun menyusun strategi untuk melawan ketiga wanita tersebut. Namun, perjalanannya tidak mudah karena berbagai rintangan dan bahaya menghadangnya. Yang lebih mengejutkan, masa lalu Ahmad di Desa Potrosaran pun terungkap. Rahasia ini semakin mempersulit misinya.

Digadang-gadang menjadi sekuel yang lebih “sadis” dibandingkan film pertamanya, Para Betina Pengikut Iblis Part 2 menjelajahi kisah Sari, Sumi dan Asih; yang di film pertamanya baru dipertemukan pada babak akhir film. Film ini juga masih diproduksi oleh tim yang sama dengan Rako Prijanto sebagai sutradara yang dibantu Anggoro Saronto selaku penulis skenario.

8. Pemandi Jenazah

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Aghniny Haque Djenar Maesa Ayu
Selengkapnya →

Di balik profesinya yang sakral, seorang pemandi jenazah menyimpan rahasia kelam, dan film Pemandi Jenazah menyoroti fenomena ini. Film arahan Hadrah Daeng Ratu ini membawa kita mengikuti kisah dari Lela (Aghniny Haque), seorang gadis yang mewarisi tugas mulia memandikan jenazah di desanya.

Awalnya tugas ini Lela lakukan bersama ibunya, Bu Siti (Djenar Maesa Ayu), yang sudah lama menggeluti profesi tersebut. Namun, ketika sang ibu ditemukan tewas, hanya tersisa Lela yang bertugas menggantikan pekerjaan itu.

Kehidupan Lela berubah drastis saat ia melihat ibunya, Bu Siti, yang meninggal secara mendadak pada suatu malam. Ketika memandikan jenazah sang ibu, Lela menemukan keanehan di tubuh Bu Siti. Lebih anehnya lagi, setelah kematian Bu Siti, kasus kematian pun terjadi silih berganti di kampung tempat tinggal Lela. Apa yang sebenarnya terjadi?

Pemandi Jenazah diangkat dari kisah nyata dan ditulis oleh Lele Laila. Lebih dari sekadar film horor, film ini mengajak kita merenungkan makna kematian dan sisi spiritual yang tersembunyi di balik ritual memandikan jenazah.

Mak Lampir adalah sosok yang cukup populer di Indonesia. Tak banyak yang tahu bahwa sosok ini merupakan legenda asal Sumatera Barat dari seorang putri bernama Siti Lampir Maemunah yang rela mengorbankan wajahnya demi menghidupkan kembali orang yang dicintainya. Namun, karena usahanya tidak terbalas, Mak Lampir berubah menjadi sosok yang jahat.

Dalam Lampir sendiri, Kenny Gulardi berusaha menyajikan formula berbeda dari sosok Mak Lampir. Kerjasamanya dengan Gandhi Fernando dalam membuat naskah cerita membuat sosok Mak Lampir dalam film ini jadi sangat haus akan wajah yang rupawan dan keabadian.

Awal kisah filmnya dimulai ketika sepasang kekasih, Wendy dan Angga, berniat untuk mengabadikan momen indah sebelum pernikahan mereka digelar. Keduanya berencana untuk melakukan foto pre-wedding sekaligus bersenang-senang dengan teman-teman dekat mereka di sebuah vila kuno.

Sayangnya, momen indah ini berubah ketika mulai banyak terjadi kejadian aneh di vila tersebut. Rupanya vila tersebut dihuni oleh sosok Mak Lampir yang tengah mencari tumbal demi mempertahankan kecantikannya, dan kini, tumbal yang diincarnya adalah Wendy.

10. Munkar

Tahun Rilis 2024
Genre
Sutradara
Pemeran Adhisty Zara Safira Ratu Sofya
Selengkapnya →

Umbara brothers sekali lagi membuktikan kapasitasnya dalam menghasilkan film-film horor berkualitas di Indonesia. Kali ini, mereka mengangkat kisah urband legend hantu Herlina yang populer di Lamongan, Jawa Timur, ke layar kaca dalam film berjudul Munkar.

Disutradarai oleh Anggy Umbara, filmnya mengeksplorasi sisi lain kehidupan di pondok pesantren, di mana meski kegiatannya belandaskan agama, tak mustahil kejadian menyimpang terjadi di lingkungan akademis tersebut. Anggy bersama penulis naskah, Evelyn Afnilia, menitikberatkan isu perundungan dalam kisahnya.

Dikisahkan Herlina selalu menjadi korban perundungan teman-temannya di pesantren. Karena tak kuat menahan perlakuan teman-temannya, gadis itu pun berusaha kabur dari pondok. Nahas, saat kabur ia malah tertabrak truk dan meninggal dunia.

Anehnya, beberapa hari setelah dinyatakan tewas, Herlina kembali dalam keadaan sehat ke pesantren. Tapi di sinilah kengerian dimulai, Herlina yang sekarang tampak berbeda mulai menebarkan teror di pesantren sebagai pembalasan atas tindakan teman-temannya dulu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram