logo web

10 Film Horor Indonesia Terbaik Adaptasi Kisah Nyata

Ditulis oleh Suci Maharani R

Industri perfilman Indonesia memang tidak pernah lepas dari yang namanya film bergenre horor. Tapi film horor akan terasa lebih menegangkan, jika kisahnya diadaptasi dari kisah nyata.

Dalam kehidupan sehari-hari kisah mistis yang menyeramkan, sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Entah itu kisah mengenai mitos, sosok astral, kisah mengenai tempat angker dan lainnya.

Kisah nyata tadi kerap dijadikan sebagai ide cerita atau adaptasi oleh banyak sutradara dan penulis cerita di Indonesia. Sebut saja Danur Trilogi (2018-2020), yang kisahnya diadaptasi dari novel buatan Risa Saraswati. Lalu di tahun 2022, KKN Di Desa Penari (2022) menjadi film yang diadaptasi dari kisah nyata terpopuler di Indonesia.

Sebenarnya, ada banyak sekali film horor Indonesia yang diadaptasi dari kisah nyata. Mau tahu ada film apa saja? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. KKN Di Desa Penari

film horor indonesia dari kisah nyata-1_

Menjadi film horor paling populer di Indonesia, KKN Di Desa Penari (2022) memang terasa sangat mistis. Alasannya karena film ini diadaptasi dari kisah nyata yang dibagikan oleh akun Twitter @SimpleMan. Kisah ini memang viral banget, bahkan banyak orang yang mencari tahu di mana lokasi aslinya dan foto-foto dari para korbannya.

Adapun KKN Di Desa Penari (2022) mengisahkan kegiatan KKN lima mahasiswa di sebuah desa terpencil di dalam hutan. Proses KKN ini tidak berjalan lancar, pasalnya mereka kerap diganggu oleh sesosok hantu penari yang menyesatkan beberapa anggota mereka.

Alhasil dua anggota dari grup KKN ini tidak bisa kembali ke rumah mereka, karena sudah terlanjur bersekutu dengan jin bernama Badarawuhi.

2. Danur

film horor indonesia dari kisah nyata-2_

Danur (2017-2019) adalah film yang diadaptasi dari novel yang dibuat oleh seorang indigo bernama Risa Saraswati. Novel ini merupakan kumpulan kisah nyata saat Risa bertemu dengan kawan-kawan tak kasat matanya. Dalam film besutan sutradara Awi Suryadi, sosok Risa Saraswati diperankan dengan sangat baik oleh Prilly Latuconsina.

Adapun filmnya mengisahkan kehidupan Risa, yang awalnya merasa tidak nyaman sebagai anak indigo. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan roh anak kecil yang akhirnya menjadi kawan-kawannya.

Dalam kehidupannya, Risa kerap bertemu dengan berbagai sosok roh berenergi jahat. Gadis ini berusaha menyelamatkan sahabat kecilnya dan orang-orang tersayangnya dari gangguan roh jahat tersebut.

3. Asih

film horor indonesia dari kisah nyata-3_

Tidak berbeda dengan Danur (2017-2019), Asih (2018-2020) adalah spin-off yang diangkat dari novel karya Risa Saraswati.

Bedanya, dalam film ini sudah tidak lagi mengisahkan mengenai pertemuan Risa dengan sosok Asih. Tapi film ini lebih fokus pada kisah Asih, yang kerap mengganggu keluarga lain jauh sebelum kisah Danur (2017-2019) terjadi.

Adapun filmnya mengisahkan mengenai sosok hantu bernama Asih, yang selalu berusaha menculik bayi dari keluarganya. Sebenarnya sosok Asih memiliki kisah kelam semasa hidupnya, ia pergi merantau ke kota tapi tertipu oleh seorang pria.

Asih yang kala itu mengandung di luar nikah, memilih untuk membunuh anaknya sendiri dan bunuh diri dengan rasa penyesalan yang sangat dalam.

4. Ivanna

film horor indonesia dari kisah nyata-4_

Tak hanya Asih (2018-2020), di tahun 2022 MD Pictures dan Pichouse Films bekerjasama untuk membawa kisah Ivanna Van Djik ke layar kaca. Ivanna (2022) adalah film yang lagi-lagi diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati. Ivanna Van Djik adalah seorang gadis dari Hindia Belanda, yang dibunuh oleh bangsanya sendiri pasca dikhianati oleh pribumi.

Roh Ivanna yang tidak tenang, sangat membenci orang-orang berdarah melayu dan selalu ingin balas dendam. Dalam film yang dibintangi oleh Caitlin Halderman, Ivanna akan menjadi sosok hantu yang meneror keluarganya.  

5. Gasing Tengkorak

film horor indonesia dari kisah nyata-5_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Jose Poernomo
  • Pemeran: Nikita Willy, Rendi Bragi, Voke Victoria, Aswin Fabanyo, Farahdiba Ferreira, Vebby Palwinta, Diva Azaria
  • Produksi: Dee Company, MD Pictures, Pichouse Films

Gasing Tengkorak (2017) adalah film yang disutradarai oleh Jose Poernomo dan mendapuk Nikita Willy sebagai pemeran utamanya.

Fyi, Gasing Tengkorak adalah sebuah cerita mistis yang berasal dari tanah Minang lho. Dulunya, permainan ini tidak sembarang dimainkan oleh orang-orang dan katanya gasing tengkorak hanya digunakan oleh dukun untuk melakukan santet.

Adapun filmnya menceritakan Veronica, seorang artis papan atas yang memutuskan untuk mencari ketenangan hidup.

Tinggal di sebuah villa yang indah dan mewah, perlahan-lahan Veronica merasakan ada hal tak kasat mata yang mengganggunya. Hingga ia tersadar, jika Gasing Tengkorak yang dilihatnya berputar dan hal ini bisa mengancam hidupnya.

6. Keluarga Tak Kasat Mata

film horor indonesia dari kisah nyata-6_

Siapa yang baru sadar kalau film Keluarga Tak Kasat Mata (2017) ternyata diadaptasi dari kisah nyata? Film ini mengadaptasi kejadian mistis yang dirasakan oleh karyawan sebuah perusahaan iklan yang ditulis oleh Bonaventura Genta di forum Kaskus.

Adapun film garapan Hedy Suryana ini mendapuk Deva Mahenra, Miller Khan dan Ganindra Bimo sebagai pemeran utamanya.

Filmnya sendiri mengisahkan Genta dan kawan-kawannya yang pindah ke kantor baru mereka. Namun sejak saat itu, genta kerap mengalami kejadian-kejadian mistis terutama di malam hari.

Mereka berusaha mencari tahu ada apa di rumah tersebut, sampai meminta bantuan seorang indigo. Ternyata rumah ini menyimpan peristiwa tragis yang terjadi kepada satu keluarga di masa lalu.

7. Si Manis Jembatan Ancol

film horor indonesia dari kisah nyata-7_

Kisah Si Manis Jembatan Ancol memang populer banget di tahun 90-an, yang dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozy Syahputra.

Kisah Maryam dalam sinetron ini memang berasal dari kisah nyata yang sudah berkembang sejak zaman penjajahan Belanda. Saking terkenalnya kisah ini kerap diadaptasi menjadi sinetron hingga film, salah satunya Si Manis Jembatan Ancol (2019).

Adapun filmnya mengisahkan Maryam, yang secara brutal dibunuh oleh suaminya sendiri setelah ketahuan dekat dengan pria lain.

Roy adalah pria brengsek, yang kala itu hanya ingin mengambil harta sang istri dan teman prianya untuk membayar hutannya. Sejak saat itulah, Mariam yang tidak rela mati dengan cara tidak wajar, membalas dendam kepada sang suami.

8. Terowongan Casablanca

film horor indonesia dari kisah nyata-8_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: Nanang Istiabudi
  • Pemeran: Ardina Rasti, Asha Shara, Nino Fernandez, Aldiansyah Taher, Jupiter Fourtissimo
  • Produksi: Indika Entertainment

Urban legend Jakarta satu ini memang dipenuhi dengan misteri yang sangat menakutkan. Terowongan Casablanca menjadi salah satu tempat paling mistis dan angker, bagi masyarakat Jakarta.

Alasannya, karena banyak orang yang mengaku melihat sosok kuntilanak di dalam terowongan tersebut. Kalau dilihat dari silsilahnya, ternyata terowongan ini dibangun di atas tanah makam milik pemerintah.

Kisah menyeramkan yang terjadi di terowongan tersebut diangkat menjadi sebuah film oleh Nanang Istiabudi. Dibintangi oleh sederet selebriti ternama di masanya, film ini akan membuat para penonton merinding dengan sosok kuntilanak yang meneror orang-orang.

9. Hantu Jeruk Purut

film horor indonesia dari kisah nyata-9_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Koya Pagayo
  • Pemeran: Angie, Sheila Marcia, Samuel Zylgwyn, Valia Rahma, Renny Umari, Yulia Widyastuti, Ferry Irawan
  • Produksi: Indika Entertainment

Urban legend Jakarta lainnya yang tidak kalah menyeramkan juga diangkat menjadi sebuah film yang berjudul Hantu Jeruk Purut (2006). Film ini mengadaptasi kisah mengenai sosok hantu pastur tanpa kepala, yang kerap bergentayangan di sekitar TPU Jeruk Purut.

Adapun filmnya mengisahkan seorang novelis yang meninggal dunia, saat ia sedang menulis kisah hantu di TPU Jeruk Purut.

Tak ingin novelnya terbengkalai, pihak penerbit meminta penulis lain untuk meneruskan riset mengenai sosok hantu tersebut. Dari sinilah teror dari hantu pastur tanpa kepala mulai mendatangi sang novelis pengganti tersebut.

10. Rumah Kentang the Beginning

film horor indonesia dari kisah nyata-10_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemeran: Luna Maya, Christian Sugiono, Jajang C. Noer, Epy Kusnandar, Dewi Natalia, Davina Karamoy
  • Produksi: Hitmaker Studios

Beralih ke film yang diproduksi oleh Hitmaker Studios, kali ini mereka mengadaptasi urban legend di Bandung yang cukup menyeramkan. Rumah Kentang (2012) mengadaptasi kisah seorang bayi yang sengaja di masuk ke dalam kuali rebusan kentang oleh pengasuhnya.

Dari pengakuan yang melewati rumah tersebut, selalu tercium aroma rebusan kentang hingga melihat sosok berwajah hancur di sana.

Adapun filmnya mengisahkan Adrian dan sang istri Sophie, memilih untuk kembali ke rumah masa kecil sang istri. Sudah lama tidak ditinggali, Sophie tidak menyangka bahwa rumah itu menyimpan berbagai macam misteri menakutkan.

Berbagai kejadian mistis kerap dirasakan oleh mereka, hingga salah satu warga akhirnya mengungkapkan kisah tragis di rumah tersebut.

Inilah beberapa film horor Indonesia populer yang kisahnya diadaptasi dari kejadian nyata. Film-film di atas tidak hanya mengisahkan mitos yang berkembang di kalangan masyarakat.

Namun, kisahnya benar-benar dibuat semirip mungkin dengan kejadian aslinya, meski selalu ada sisi dramatisir. Kira-kira dari beberapa list film di atas, film mana saja yang paling membuat kamu merinding?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram