logo web

15 Rekomendasi Film Idris Elba yang Menarik untuk Ditonton

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Idrissa Akuna Elba atau yang lebih dikenal sebagai Idris Elba merupakan seorang aktor Hollywood yang lahir pada 6 September 1972. Idris Elba tak hanya menekuni bidang akting, tapi juga menjadi seorang produser, rapper, penulis, dan juga DJ.

Di sepanjang karirnya, aktor tersebut tercatat sudah membintangi puluhan film dan serial TV sejak tahun 90-an. Dan dari sekian banyak film yang sudah ia bintangi, setidaknya ada beberapa film yang tak boleh kalian lewatkan.

Kumpulan film ini terdiri dari berbagai genre, memiliki cerita yang menarik, dan memiliki rating yang cukup tinggi. Berikut rekomendasi film Idris Elba yang dijamin dapat menghibur kalian.

Baca juga: Film Terbaik dan Terpopuler yang Dibintangi Emma Watson

1. Zootopia

Zootopia

Judy Hopps datang ke Zootopia untuk menjadi polisi. Dia bertugas di bawah arahan Chief Bogo yang menyepelekannya dan menempatkannya sebagai petugas parkir.

Judy kemudian bersedia menjalani tugas berat namun diberikan ultimatum oleh Chief Bogo untuk mengundurkan diri apabila tidak menyelesaikannya dalam waktu 48 jam.

Ternyata kasus yang ditangani Judy bukanlah perihal penyerangan hewan predator saja, melainkan konspirasi dari pejabat pemerintahan yang ingin membuat kekacauan.

Di film animasi ini Idris Elba mengisi suara karakter Chief Bogo, seekor kerbau Afrika yang menjadi kepala polisi di Kantor Polisi Zootopia 1st Precinct. Suaranya yang tebal dan dalam sangat cocok dengan karakter yang dibawakan.

2. Beasts of No Nation

Beasts of No Nation

Perang saudara pecah di sebuah negara di Afrika. Agu yang masih kecil terpaksa menjadi tentara pemberontak di bawah pimpinan Commandant. Mereka bergerilya di dalam hutan dan bergerak membumihanguskan kota demi kota untuk diduduki. Tapi sejak Commandant kecewa pada pimpinannya, dia membawa pasukannya bersembunyi di tambang emas tanpa tujuan.

Di film drama perang karya Cary Joji Fukunaga ini, Idris Elba membawakan karakter Commandant dengan sangat apik. Kita bisa melihat ketegasan dan kesan eksentrik yang menjurus kepada gangguan mental.

Dia membentuk pasukan yang terdiri dari para bocah dan beberapa diantaranya pernah dia perkosa. Tidak ada lagi norma dan moral dalam pasukannya yang membuat dirinya ditinggal pergi oleh pasukannya.

Beasts of No Nation yang tayang perdana di Venice International Film Festival ini menjadi original film pertama Netflix. Merupakan adaptasi novel karya Uzodinma Iweala, film ini wajib kalian tonton.

3. The Jungle Book

The Jungle Book

Kehidupan Mowgli di dalam rimba bersama sekelompok serigala yang membesarkannya seketika terancam dengan kehadiran Shere Khan. Kebenciannya terhadap bangsa manusia membuatnya berambisi untuk memangsa Mowgli. Ternyata Shere Khan adalah pembunuh orang tua Mowgli dan membuatnya berani melawan sang raja hutan itu demi membalaskan dendam.

Pemilihan Idris Elba untuk mengisi suara Shere Khan sangatlah tepat. Karakter antagonis berupa harimau Benggala yang menebar rasa takut di dalam rimba ini berhasil tampil intimidatif berkat suara berat yang khas miliknya. Film karya Jon Favreau ini menjadi adaptasi cerita anak karya Rudyard Kipling yang terbaik, yang sukses menghidupkan kisah Mowgli dalam versi live-action.

4. The Suicide Squad

The Suicide Squad

Harley Quinn, Bloodsport, Peacemaker dan beberapa supervillain lainnya dari penjara Belle Reve ditugaskan oleh Amanda Waller ke sebuah negara kecil dengan rahasia besar, Corto Maltese. Dibagi menjadi dua tim, Bloodsport memimpin tim yang menyusup dengan selamat sementara tim lain masuk ke dalam jebakan militer negara tersebut.

Tugas mereka adalah meruntuhkan laboratorium rahasia bernama Jotunheim. Mencari jalan untuk bisa masuk ke tempat itu, mereka justru menemukan rahasia keji pemerintah Amerika yang menggunakan warga negara setempat sebagai bahan eksperimen yang melibatkan sesosok alien jahat.

Bloodsport yang diperankan oleh Idris Elba dipaksa untuk memimpin tim demi membebaskan putrinya dari hukuman. Kombinasinya dengan Peacemaker sangat apik, meski akhirnya Bloodsport berkelahi dengan rekannya itu karena dia dianggap mengkhianati kerja tim. Idris Elba tampil apik dan powerful di film superhero DC ini.

5. Molly's Game

Molly's Game

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang mantan atlet ski bernama Molly Bloom yang gagal mengikuti Olimpiade karena mengalami cedera. Setelah mengakhiri karirnya sebagai atlet, ia berganti profesi menjadi pemain poker hingga berhasil meraih kesuksesan. Akan tetapi, ia akhirnya harus berurusan dengan FBI karena diduga terlibat perjudian ilegal dengan mafia.

Dalam film ini, Idris Elba memerankan tokoh Charlie Jaffey yang bertindak sebagai pengacara Molly. Charlie sendiri termasuk pengacara elit dan mahal di New York. Setelah mempelajari kasus Molly dengan detail, Charlie setuju menjadi pengacaranya karena menganggap Molly tidak melakukan kesalahan berat. 

Idris Elba mengaku tertarik dengan karakter Charlie Jaffey karena ia termasuk tipe pengacara yang baik dan tidak naif. Di sisi lain, Idris Elba sendiri melakukan tugasnya dengan sempurna di film “Molly’s Game”, ia bahkan diganjar dengan berbagai pujian dari kritikus film yang menganggap aktingnya sangat luar biasa.

6. Star Trek Beyond

Star Trek Beyond

Kapten James T. Kirk (Chris Pine) dan kru kapal USS Enterprise yang masih menjalankan misi mendadak diserang oleh kelompok alien yang dipimpin oleh Krall (Idris Elba). Krall membunuh banyak orang dan menculik beberapa kru Eterprise. Kapten Kirk pun berusaha menyelamatkan rekan-rekannya dan memburu Krall yang ternyata memiliki identitas lain.

Tokoh antagonis Krall dipercayakan kepada Idris Elba yang memang sudah beberapa kali berperan sebagai penjahat. Idris Elba antusias membintangi film "Star Trek Beyond" bukan hanya karena film ini termasuk salah satu film legendaris, tapi ia juga tertarik pada sosok Krall itu sendiri.

Idris Elba menganggap Krall sebagai sosok penjahat dengan latar belakang masa lalu yang rumit. Aktor tersebut juga berpendapat bahwa setiap tokoh antagonis selalu punya alasan tersendiri kenapa ia melakukan kejahatan, begitu juga dengan Krall yang memiliki motif kuat kenapa dirinya menentang Federasi.

7. The Harder They Fall

The Harder They Fall

Ketika Nat Love mengetahui Rufus Buck dibebaskan dari penjara, dia mengumpulkan semua temannya untuk melakukan aksi balas dendam. Namun menaklukkan musuh yang telah membunuh orang tua Nat ini tidaklah mudah, Rufus juga memiliki kelompok yang terdiri dari para koboi sadis. Akhirnya terjadilah pertempuran di kota yang telah dikuasai oleh Rufus.

Film western dengan koboi Afrika-Amerika ini memiliki gaya penuturan dan visual yang dinamis. Meski durasinya cukup panjang, namun kita tidak akan dibuat bosan menontonnya, terutama dengan kekuatan akting Idris Elba sebagai Rufus sang penjahat kharismatik dan Jonathan Majors sebagai Nat. Kisahnya memang fiktif, namun para karakternya berdasarkan tokoh nyata yang pernah hidup di akhir era 1800an.

8. Concrete Cowboy

Concrete Cowboy

Cole dikirim ke Philadelphia untuk tinggal bersama ayahnya, Harp. Pemuda berjiwa pemberontak ini lambat laun mulai menjalin tali kekerabatan dengan komunitas koboi dimana Harp adalah salah satu anggotanya.

Dia mulai mengerti bahwa sikap keras Harp kepadanya demi membuat dirinya terhindarkan dari berbagai pengaruh negatif di lingkungan tersebut, salah satunya narkoba.

Film drama karya Ricky Staub ini memang memiliki tempo yang cukup lambat dan alur cerita yang tenang. Namun performa akting Idris Elba dan Caleb McLaughlin sangat apik.

Mereka tampil meyakinkan sebagai ayah dan anak yang tidak dekat satu sama lain. Film Netflix adaptasi novel karya Greg Neri ini juga menyorot komunitas nyata koboi Afrika-Amerika yang ada di dalam kota Philadelphia.

9. Prometheus

Prometheus

Peneliti Elizabeth (Noomi Rapace) dan Charlie (Logan Marshall-Green) menemukan petunjuk di luar angkasa tentang asal-usul manusia. Berdasarkan petunjuk tersebut, dibentuklah sebuah tim ekspedisi ke luar angkasa menggunakan pesawat Prometheus. Tapi bukannya menemukan jawaban, tim ini justru berhadapan dengan hal yang mengerikan.

Idris Elba sendiri mengaku bahwa ia sangat antusias terlibat dalam film ini karena ia mengagumi sang sutradara, Ridley Scott, yang terkenal dengan film "Alien" (1979). Aktor tersebut dipercaya memerankan tokoh Janek, si kapten kapal Prometheus. Menurut Idris Elba, Janek adalah seorang kapten dengan karakter yang tangguh dan bertanggung jawab. 

Janek sebenarnya tidak memiliki terlalu banyak peran di film tersebut. Ia hanya bertugas menjadi pilot yang mengantarkan kru ke tempat tujuannya. Namun saat keadaan terdesak, Janek harus membuat keputusan besar demi menyelamatkan orang-orang yang berada di dalam kapalnya. 

10. Thor

Thor

Thor (Chris Hemsworth) merupakan sosok dewa sekaligus putra dari Odin yang tak lain adalah Raja Asgard. Karena suatu masalah, Odin mendepak Thor bersama dengan palu Mjolnir miliknya ke bumi, tapi palu tersebut telah diberi mantra bahwa hanya orang yang pantas yang bisa mengangkat dan menggunakan palu tersebut.

Idris Elba sendiri berperan sebagai Heimdall, si penjaga gerbang Bifrost yang merupakan jembatan penghubung Asgard dan bumi. Heimdall adalah sosok yang kuat, berpihak pada kebenaran, serta bisa melihat dan mendengar apapun yang terjadi di Asgard maupun bumi. Idris Elba sebagai Heimdall juga muncul di sekuel-sekuel Thor dan beberapa film Avengers.

11. Pacific Rim

Pacific Rim

Pacific Rim bercerita tentang serangan monster Kaiju yang keluar dari samudra pasifik dan mulai menghancurkan bumi. Untuk melawannya, manusia menciptakan robot raksasa Jaeger yang dikendalikan dua orang pilot. Perlawanan yang dilakukan oleh umat manusia tidak mudah karena Kaiju terus bermunculan dan banyak Jaeger yang mengalami kerusakan.

Di film ini, Idris Elba berperan sebagai Stacker Pentecost yang merupakan pemimpin program Jaeger. Ia memiliki putri adopsi bernama Mako (Rinko Kikuchi) yang ingin menjadi pilot Jaeger, tapi Pentecost tidak pernah mengabulkan keinginan Mako karena menganggapnya terlalu berbahaya. 

Pentecost sendiri merupakan mantan pilot Jaeger yang digambarkan punya sifat berani, tegas, sekaligus bijaksana. Ia juga diceritakan mengalami sakit akibat radiasi dari robot Jaeger generasi pertama.

12. Three Thousand Years of Longing

Three Thousand Years of Longing

Dalam perjalanannya di Istanbul, Alithea menemukan sosok jin yang menawarinya tiga permintaan untuk dikabulkan sebagai ganti kebebasannya. Sarjana kesepian ini awalnya tidak percaya dengan Djinn. Namun setelah makhluk yang diciptakan dari api itu menceritakan tiga kisah dalam hidupnya, Alithea justru jatuh cinta padanya. Tiga permintaan dikabulkan dan Djinn bisa bebas kembali ke alamnya.

Film drama romantis ini memang memiliki nuansa fantasi yang kental, terutama cerita cinta antara manusia dan jin. Namun pelintiran dari alur cerita mirip Aladdin ini cukup unik untuk dinikmati, apalagi ditambah dengan polesan efek visual yang tampil apik. Selain itu, chemistry Tilda Swinton dan Idris Elba cukup padu yang membuat kita terikat dengan jalan ceritanya.

13. Hobbs & Shaw

Hobbs & Shaw

Film spin-off "Fast & Furious" ini berpusat pada tokoh Luke Hobbs (Dwayne Johnson) dan Deckard Shaw (Jason Statham). Adik Shaw, Hattie, merupakan agen MI6 yang terpaksa menyuntikkan virus ke tubuhnya. Hobbs dan Shaw yang tak pernah akur akhirnya harus bekerja sama menyelamatkan Hattie sekaligus mengalahkan musuh kuat bernama Brixton.

Brixton yang diperankan oleh Idris Elba ternyata bukanlah musuh biasa yang mudah dikalahkan. Ia termasuk penjahat yang telah mengalami modifikasi sehingga menjadi manusia super dengan kekuatan luar biasa.

Idris Elba sendiri sudah sering berperan sebagai tokoh antagonis sehingga ia tak kesulitan memerankan sosok Brixton. Ia mampu menggambarkan Brixton yang kuat, tangguh, sekaligus terlihat bengis ketika melawan Hobbs dan Shaw.

14. Mandela: Long Walk to Freedom

Mandela: Long Walk to Freedom

Film ini dibuat berdasarkan autobiografi Nelson Mandela yang terbit tahun 1995 dan menceritakan kehidupan sang tokoh sejak ia masih kecil, beranjak remaja, hingga dewasa. Film ini juga menyoroti tentang pendidikan Nelson Mandela sekaligus pengalamannya dipenjara selama 27 tahun sebelum akhirnya menjadi Presiden Afrika Selatan.

Idris Elba dipercaya untuk memerankan Nelson Mandela yang sudah dewasa. Dalam sebuah wawancara, Idris Elba mengaku kalau awalnya ia enggan memerankan tokoh besar seperti Mandela karena takut membuat kesalahan. Namun setelah berdiskusi dengan sutradara, Idris Elba menyadari bahwa ini adalah suatu kehormatan dan ia tak mau melewatkannya.

Idris Elba pun dianggap mampu memerankan Nelson Mandela dengan baik. Hal ini terbukti dengan masuknya nama Idris Elba di jajaran nominasi Best Actor di ajang Golden Globe Awards yang digelar tahun 2014. Selain itu, aktor ini juga mendapatkan pujian dari sejumlah kritikus film yang sepakat bahwa akting Idris Elba terlihat powerful.

15. Luther: The Fallen Sun

Luther: The Fallen Sun

John Luther harus membebaskan dirinya dari penjara demi mengejar seorang pembunuh berantai yang sadis. Detektif cerdas namun suka melanggar kode etik hukum ini sudah mengetahui identitas sang pembunuh yang menebar ancaman kepada korbannya dengan menggunakan kesalahan mereka. Dalam satu kesempatan, sang pembunuh membuat seisi London menjadi panik dengan aksi bunuh diri massal.

Para penggemar serial Luther tentunya akan menyambut dengan hangat film Netflix ini. Idris Elba kembali memerankan karakter Detektif John Luther yang memiliki banyak metode unik dan tidak sesuai prosedur kepolisian dalam mengungkap sebuah kasus.

Namun tidak ada misteri yang disuguhkan di film ini karena identitas pembunuhnya sudah diketahui di awal film. Kita hanya disuguhkan usaha Luther membekuknya.

Lewat beberapa film di atas, Idris Elba berhasil membuktikan kemampuannya di bidang akting. Tak hanya mendapatkan pujian dari para kritikus dan penonton film, sang aktor juga kerap masuk nominasi dan memenangkan sejumlah penghargaan. Dari daftar di atas, film Idris Elba yang mana yang sudah kalian tonton?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram