logo web

20 Film India Terbaik Bergenre Action, Seru & Memacu Adrenalin

Ditulis oleh Suci Maharani R

Para pencinta film mungkin sudah tak asing lagi dengan film hollywood, film yang diproduksi di Amerika. Selain itu ada juga yang tak kalah fenomenal yaitu film yang sering kita dengar namanya sebagai film bollywood, yakni film yang diproduksi di India.

Film bollywood terkenal dengan soundtrack film, tarian dan drama percintaaan yang seringkali kita lihat dalam produksi filmnya. Namun adapula film bollywood bergenre action yang juga banyak digemari dan laku keras di pasaran.

Kualitas para aktor laga, cerita film, dan pengambilan gambar yang memukau membuat film genre action dari bollywood juga tak boleh dilewatkan begitu saja. Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa film action India yang bisa menjadi pilihan untuk kamu.

Baca juga: Daftar Film India Terbaik Sepanjang Masa

1. Pathaan

Pathaan

Pathaan (2023) jadi salah satu film aksi dan thriller India yang sangat dinantikan. Bayangkan saja, Shah Rukh Khan dan John Abraham akan berhadapan untuk pertama kalinya.

Pasangan aktor ternama ini bikin penonton penasaran, kira-kira seberapa mempesonanya duet King Khan dan aktor spesialis film laga ini. Selain dibintangi dua aktor papan atas India, film ini juga dibintangi oleh Deepika Padukone.

Disutradarai oleh Siddharth Anand ini mengisahkan usaha agen rahasia RAW dan seorang polisi untuk menangkap kartel narkoba terbesar. Jim dikenal sebagai gembong narkoba yang kerap meresahkan masyarakat. Tidak mudah untuk menangkap Jim, bahkan Pathaan hampir meregang nyawa saat berhadapan dengan penjahat satu ini.

2. Shehzada

Shehzada

Shehzada (2023) sementara ini menjadi pesaing kuat dari Pathaan (2023) sebagai film aksi dengan jumlah penonton terbanyak di tahun 2023.

Diproduksi oleh T-Series Films, film aksi dan komedi ini digarap dengan baik oleh sutradara Rohit Dhawan. Belum lagi kemistri kuat dari pasangan Kartik Aaryan dan Kriti Sanon tidak pernah gagal bikin penonton terhibur. Film ini mengisahkan seorang pemuda bernama Bantu, ia dikenal sebagai preman pasar yang selalu diabaikan oleh sang ayah.

Ternyata pria itu bukan ayah kandungnya, Bantu akhirnya mengetahui bahwa dirinya adalah putra dari seorang jutawan. Saat berniat untuk mengejar gadis impiannya, Bantu harus berhadapan dengan orang-orang yang ingin mencelakainya.

3. Kuttey

Kuttey

Kuttey (2023) menjadi film aksi dan thriller India yang wajib banget untuk ditonton. Diproduksi oleh T-Series, film ini bakalan digarap oleh sutradara Aasmaan Bhardwaj.

Tapi yang bikin filmnya menarik, deretan aktor papan atas India menampilkan akting terbaik mereka. Mulai dari Tabu, Arjun Kapoor, Naseeruddin Shah, Radhika Madan hingga Konkona Sen Sharma hadir dalam film ini.

Mengisahkan sebuah aksi pencurian, sekelompok polisi korup merencanakan untuk melakukan aksi perampokan. Mereka menyabotase sebuah van dan berniat untuk mencuri sebuah mesin ATM.

Sialnya, mereka tidak sengaja bertemu dengan perampok lain hingga aksi mereka jadi kacau. Kini para penjahat saling memperebutkan uang yang ada dalam ATM seperti anjing yang kelaparan.

4. Faraaz

Faraaz

Bergenre aksi dan thriller, Faraaz (2022) menjadi salah satu film aksi India yang seru untuk ditonton. Film garapan sutradara Hansal Mehta ini menyajikan alur yang menegangkan.

Meski dibintangi oleh aktor pendatang baru, aksi beladiri yang ditampilkan justru terlihat luar biasa. Juhi Babbar, Aamir Ali, Aditya Rawal dan Zahan Kapoor justru tampil dengan sempurna di film debutnya.

Faraaz (2022) mengisahkan aksi terorisme yang terjadi di sebuah kafe yang berada di Dhaka. Para pengunjung yang berada berakhir menjadi sandera dan mengalami berbagai macam hal yang tidak menyenangkan. Bahkan nyawa beberapa orang hampir saja melayang, lalu bagaimana cara mereka untuk menenangkan para teroris?

5. Big Dhamaka

Big Dhamaka

Beralih ke film berbahasa Telugu, Big Dhamaka (2022) menjadi salah satu film aksi yang wajib masuk dalam watchlist mu. Disutradarai oleh Trinadha Rao Nakkina, film bergenre aksi dan komedi ini dijamin bikin penontonnya terhibur.

Apalagi penampilan ciamik dari aktor kawakan seperti Ravi Teja dan Sree Leela, keduanya memang highlight utamanya. Mengisahkan seorang pebisnis sukses bernama Anand Charavarthy yang berusaha mempertahankan kursi CEO dari pengusaha kejam bernama Jayam Pakshitap.

Di tempat lain ada Swami seorang pengangguran cerdas yang wajahnya sangat mirip dengan Anand Charavarthy. Dari sinilah keduanya bekerjasama untuk menjatuhkan Jayam Pakshitap.

6. Ram Setu

Ram Setu

Bergenre aksi dan petualangan, kali ini Akshay Kumar Didapuk sebagai pemeran utama dalam film Ram Setu (2022). Film ini sangat direkomendasikan, karena jarang-jarang India membuat film petualangan dan aksi seperti ini.

Disutradarai oleh Abhishek Sharma, filmnya juga bakalan dibintangi oleh Jacqueline Fernandez, Nushrratt Bharuccha dan Satya Dev. Dr. Aryan Kulshreshtra adalah seorang ilmuwan dan arkeologi yang diketahui tidak mempercayai adanya tuhan.

Namun pemikirannya berubah pasca ia melakukan penelusuran keberadaan mitologi yang dikenal dengan nama Ram Setu. Banyak teka-teki yang harus dilaluinya hingga ia menyadari bahwa ada kekuatan jahat yang berusaha memusnahkan pilar warisan India tersebut.

7. Vikram Vedha

Vikram Vedha

Jarang-jarang Saif Ali Khan dan Hrithik Roshan bisa beradu akting dalam satu frame yang sama. Buat kamu para penggemar film Bollywood, Vikram Vedha (2022) memang tidak boleh dilewatkan.

Disutradarai oleh Pushkar–Gayathri, kisahnya diadaptasi dari film Tamil berjudul sama. Film ini juga akan dibintangi oleh Radhika Apte, Rohit Saraf dan Yogita Bihani sebagai pemeran pendukungnya. Adapun filmnya mengisahkan tentang usaha seorang inspektur polisi untuk membekuk sekelompok gangster.

Vikram berusaha mati-matian untuk mengejar dan menangkap seorang gangster paling terkenal dan ditakuti banyak orang yaitu Vedha. Dengan mudahnya Vedha mempermainkan Vikram, kira-kira bisakah Inspektur Vikram menangkap musuhnya itu?

8. Shamshera

Shamshera

Bagi para penggemar aktor tampan Ranbir Kapoor, Shamshera (2022) menjadi salah satu film yang harus banget kamu tonton. Bergenre aksi dan kolosal, film garapan Karan Malhotra ini menyuguhkan plot yang intense dan aksi pertarungan yang kejam.

Shamshera dikenal sebagai seorang pencuri bagi para orang kaya, namun bagi rakyat miskin ia adalah dewa yang membawa kemakmuran. Pasalnya, hasil curiannya selalu ia bagikan untuk memakmurkan rakyat.

Pasca Shamshera tewas mengenaskan di tangan Daroga Shuddh Singh, sang putra yang bernama  Balli berusaha meneruskan perjuangannya dan membalaskan dendam atas kematian sang ayah.

9. Khuda Haafiz: Chapter 2 Agni Pariksha

Khuda Haafiz: Chapter 2 Agni Pariksha

Vidyut Jammwal akhirnya bisa menunjukkan kemampuan akting terbaiknya lewat film Khuda Haafiz: Chapter 2 Agni Pariksha (2022). Film bergenre aksi dan thriller yang disutradarai oleh Faruk Kabir ini berhasil memukau kritikus film India.

Times of India dan News 18 memberikan nilai 3.5/5. Film ini dinilai memiliki porsi aksi dan emosi yang pas dan bikin penonton sangat enjoy. Meneruskan film pertamanya, Sameer Choudhary dan Nargis Choudhary mencoba bangkit dari trauma dan depresi atas tragedi masa lalu.

Mereka mengadopsi seorang putri, namun anak itu ditemukan tewas mengenaskan. Tak terima anaknya dibunuh dengan cara keji, Sameer berusaha membalas dendam pada pihak kepolisian dan mengejar cucu dari Nyonya Thakur yang begitu berkuasa.

10. K.G.F: Chapter 2

K.G.F: Chapter 2

K.G.F: Chapter 2 (2022) adalah film yang sangat dinantikan oleh para penggemar film aksi India. Masih dibintangi oleh Yash, film garapan sutradara Prashanth Neel ini memang bikin penasaran.

Pasalnya, film ini akan dibintangi deretan nama besar Bollywood seperti Sanjay Dutt dan Raveena Tandon. Selain itu, para kritikus film juga mengomentari bahwa film ini memiliki aksi, akting dan sinematografi yang keren.

Adapun K.G.F: Chapter 2 (2022) masih mengisahkan Rocky yang kini jadi pemilik Kolar Gold Fields. Meski memiliki posisi tertinggi, ternyata hidup Rocky masih belum tenang.

Banyak orang yang ingin menjatuhkannya, baik musuh lama maupun musuh baru. Tak hanya itu, Rocky juga dihadapkan dengan berbagai masa lalu yang terus mengejar dan mengganggunya.

11. RRR

RRR

RRR (2022) memang berhasil menyihir para penggemar dan banyak sekali kritikus film India. Film garapan sutradara S. S. Rajamouli ini memang dipenuhi dengan aski dan sinematografi yang memukau.

Apalagi filmnya akan dibintangi oleh N. T. Rama Rao Jr, Ram Charan, Ajay Devgn, Alia Bhatt dan beberapa selebriti populer di Bollywood.

Adapun RRR (2022) mengisahkan dua revolusioner legendaris India, yaitu Alluri Sitarama Raju dan Komaram Bheem.

Demi memperjuangkan kemerdekaan India, mereka melakukan perjalanan panjang, hingga berhadapan dengan British Raj dan Nizam dari Hyderabad. Kesulitan pun mendatangi mereka, ketika pemerintahan Inggris semakin berkuasa atas India.

12. Ek Villain Return

Ek Villain Return

Ek Villain Return (2022) bisa dikatakan sebagai salah satu film aksi yang paling diantisipasi di tahun 2022. Film garapan sutradara Mohit Suri ini, memang menyuguhkan cerita, akting dan aksi yang enjoyable untuk ditonton.

Belum lagi pairing yang fresh banget dari John Abraham, Arjun Kapoor, Disha Patani dan Tara Sutaria memang layak untuk dinantikan. Film ini mengisahkan teka-teki mengenai pembunuh smiley yang menjadikan wanita muda sebagai korbannya.

Seorang putra dari konglomerat bernama Gautam, tiba-tiba dituduh sebagai pembunuh smiley pasca video buatan kekasihnya viral. Justru Gautam mencari pembunuh smiley yang sesungguhnya, demi menyelamatkan sang kekasih yaitu penyanyi ternama bernama Aarvi Malhotra.

13. An Action Hero

An Action Hero

Belakangan ini Ayushmann Khurrana memang rajin membintangi film aksi dan thriller. Kali ini sang aktor didapuk sebagai pemeran utama dalam film aksi dan komedi berjudul An Action Hero (2022).

Film produksi T-Series dan Colour Yellow Productions ini memang sangat menghibur. Ayushmann Khurrana akan beradu akting dengan Aanand L. Rai yang juga menyuguhkan aksi laga yang luar biasa.

Semua ini berawal dari syuting film, seorang bintang Bollywood bernama Maanav tidak sengaja menabrak seorang pria. Tak terima melihat adiknya tewas begitu saja, Bhoora bersumpah akan membalas dendam. Entah apa yang terjadi, Maanav dan Bhoora malah terlibat dalam kekacauan hingga mereka menyadari status masing-masing.

14. Beast

Beast

Film aksi India lainnya yang bisa dikatakan luar biasa adalah Beast (2022). Film yang diproduksi oleh Sun Pictures ini akan disutradarai oleh Nelson. Sedangkan Vijay, Pooja Hegde dan Selvaraghavan akan didapuk sebagai pemeran utamanya.

Film ini memang mendapatkan komentar yang beragam, tapi pencapaian komersialnya membuat film ini masuk dalam jajaran box office. Film aksi dan komedi ini mengisahkan Veera, mantan anggota RAW yang memilih pensiun dini.

Berusaha menghilangkan traumanya, Veera bekerja sebagai satpam di bawah perusahaan milik Preeti. Di hari pertamanya bekerja di sebuah mall, ia dikagetkan dengan sekelompok orang bertopeng. Mereka membajak mall dan menyandera seluruh pengunjung. Apakah Veera akan diam saja?

15. Baaghi

Baaghi

Berbicara soal film bergenre action, maka Baaghi (2006) tidak boleh sampai tidak masuk dalam list ini. Pasalnya film yang dibintangi oleh Tiger Shroff dan Shraddha Kapoor ini akan membawa kamu pada petualangan penuh aksi yang berbahaya.

Film ini mengisahkan Ronnie (Tiger Shroff) yang harus berhadapan dengan putra dari gurunya sendiri yang bernama Raghav (Sudheer Babu). Demi bisa membalaskan fitnah dan penghinaan yang diterimanya, Ronnie berusaha meningkatkan kemampuannya untuk melawan juara martial art itu.

Apalagi kenyataan bahwa mantan kekasihnya yang bernama Sia (Shraddha Kapoor) juga diculik dan disekap oleh Raghav. Meski tahu jalannya tidak akan mudah, Ronnie tetap berusaha semaksimal mungkin menyelamatkan Sia dan membalas Raghav.

16. Kesari

Kesari

Beralih ke film yang diangkat dari kisah nyata, ada Kesari (2019) film yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Parineeti Chopra. Ditulis dan disutradarai sendiri oleh Anurag Singh, film ini akan membawa kamu merasakan ketegangan suasana Perang di Benteng Saragarhi yang penuh aksi.

Tepatnya di tahun 1897 India telah dikuasai oleh Kerajaan Inggris yang ingin memperluasnya hingga ke Afghanistan. Benteng Saragarhi sebenarnya bukanlah benteng yang besar, melainkan sebuah pos kecil yang dijadikan pusat penyampaian pesan untuk dua benteng lainnya.

Awalnya Ishar Singh (Akshay Kumar) adalah seorang pejuang yang angkuh dan hanya hidup untuk komunitasnya sendiri. Ia dikirim untuk mendisiplinkan prajurit disana, tapi ia dihadapkan dengan pertempuran melawan pasukan Afghanistan.

17. Major

Major

Beralih ke film bergenre biografi dan aksi, Major (2022) menjadi salah satu film aksi terbaik Bollywood. Film yang disutradarai oleh Sashi Kiran Tikka ini, menyuguhkan kisah perjuangan yang bikin penonton deg-degan.

Pasalnya, film ini akan mengisahkan detik-detik menegangkan saat Mayor Sandeep Unnikrishnan menjadi martir dalam tragedi penyerangan Mumbai tahun 2008.

Film ini akan dibintangi oleh deretan nama populer, mulai dari Adivi Sesh, Prakash Raj, Sobhita Dhulipala, Saiee Manjrekar dan masih banyak lagi.

Filmnya sendiri menitikberatkan pada kehidupan Mayor Sandeep Unnikrishnan hingga ia meregang nyama di tahun 2008. Salah satu prajurit terbaik India ini dengan berani mengorbankan dirinya untuk menghentikan teroris yang menyerang Taj Hotel.

18. Don

Don

Film Don adalah film India bergenre action yang dirilis tahun 2006. Dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Priyanka Chopra. Film ini berhasil memukau para penggemar film laga bollywood.

Betapa tidak, aktor dan aktris yang bermain, pengambilan gambar, soundtrack film, dan ending yang tak terduga membuat film ini banyak menerima tanggapan positif.

Film yang berdurasi 171 menit ini bercerita tentang seorang pria bernama Vijay diperankan Shahrukh Khan yang direkrut oleh pihak kepolisian untuk menyamar sebagai Don yaitu ketua sindikat penyelundup narkoba kelas internasional.

Semuanya menjadi kacau saat polisi yang merekrutnya tewas, dan Vijay harus mempertahankan hidupnya sendiri tanpa bantuan orang lain.

19. Ghajini

Ghajini

Ghajini (2008) adalah film aksi dan thriller India yang disutradarai oleh A. R. Murugadoss. Film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan Asin ini, remake dari film Memento yang digarap oleh Christopher Nolan.

Film aksi ini berhasil mendapatkan penghasilan yang luar biasa sejak awal penayangannya. Bahkan para kritikus film India memberikan banyak sekali pujian akan alur, aksi dan sinematografinya. Adapun Ghajini (2008) mengisahkan mengenai Sanjay Singhania yang mengalami anterograde amnesia.

Pasca kejadian mengenaskan yang dialaminya bersama sang kekasih, Sanjay kini dipenuhi dengan denda. Pria ini berusaha mencari penjahat bernama Ghajini yang sudah membunuh sang kekasih secara brutal dan membuatnya kehilangan ingatannya setiap 15 menit.  

20. Uri: The Surgical Strike

Uri The Surgical Strike_

Vihaan Shergil memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi Mayor demi menjaga ibunya yang terkena alzheimer. Di sisi lain teroris Pakistan menyergap pangkalan militer Uri di Kashmir, Kapten Karan Kashyap menjadi korban dan saksi mata saat itu. Karena keadaan darurat ini, Vihaan terpaksa kembali bertugas untuk membalas dendam pada para teroris.

Pasalnya Kapten Karan Kashyap adalah teman masa kecil sekaligus saudara dari iparnya. Bersama pasukannya Vihaan berusaha mencari tahu dimana para teroris ini bersembunyi.

Dibantu seorang agen RAW (intelijen India) serta dibawah penangguhan Penasihat Keamanan Nasional dan Menteri. Vihaan melakukan operasi militer untuk memusnahkan para teroris yang menyerang pangkalan militer Uri.

Nah, itulah beberapa film bollywood yang bisa jadi rekomendasi bagi Anda pengemar film laga. Film manakah yang mungkin belum sempat Anda tonton? Apabila ada film action lain yang menjadi favorit Anda, jangan ragu untuk membagikan di kolom komentar yaa.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram