showpoiler-logo

20 Film India Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Suci Maharani R

Film India banyak menghadirkan tema menarik, ada tema aksi, tema cinta, tema komedi, bahkan ada juga film India dengan tema horor. Tidak sedikit pula film India dengan tema yang bercampur, misalnya komedi romantis.

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan rekomendasi 20 film India romantis yang layak ditonton. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Kuch Kuch Hota Hai

kuch kuch hota hai

Hampir semua orang sepakat kalau Kuch-kuch Hota Hai adalah film romantis yang kocak sekaligus menguras air mata. Film yang disutradarai oleh Karan Johar ini juga pernah menjadi film fenomenal di Indonesia.

Lagu-lagunya juga banyak diketahui, bukan hanya untuk penggemar film Bollywood saja tetapi juga mereka yang tidak pernah nonton film Bollywood sekalipun.

Konsep romantis, sedih, dan sekaligus menghibur itulah yang membuat film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji ini layak mendapatkan predikat film romantis terbaik.

Terlebih kisahnya juga tergolong menarik, yakni tentang dua orang sahabat, Rahul dan Anjali yang kemudian harus terpisah karena Rahul mencintai wanita lain. Anjali ternyata secara diam-diam mencintai sahabatnya sendiri.

2. Dilwale Dulhania Le Jayenge

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Bagi para pencinta film Bollywood, pasti tahu kenapa Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995) harus masuk dalam list ini. Film garapan Aditya Chopra ini, memang disebut sebagai salah satu film India paling romantis sepanjang masa.

Film ini mengisahkan hubungan percintaan yang rumit antara Simran dan Raj, yang tidak sengaja bertemu saat mereka berlibur.

Cinta mereka terhalang oleh orang tua Simran, yang sudah menjodohkannya dengan pria lain. Hal ini membuat Raj merasa patah hati, pasalnya ia bingung apakah harus tetap berusaha atau menerima keadaan seperti Simran?

3. Devdas

Devdas

Sementara untuk Devdas (2002), film satu ini memang romantis sekaligus sangat menyedihkan. Pasalnya cinta segitiga antara Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai dan Madhuri Dixit, ternyata bukanlah perkara mudah.

Tak hanya alurnya yang pelik, berbagai lagu yang menjadi soundtrack dari film ini juga sukses menjadi legenda, sebut saja Silsila dan Dola Re Dola.

Adapun filmnya mengisahkan hubungan Parvati atau Paro dan Devdas, yang terhalang oleh kasta. Merasa sakit hati, orang tua Paro menikahkan putrinya dengan seorang pria kaya untuk membalas dendam.

Hal ini membuat Devdas sangat hancur dan menjadikannya sebagai pecandu alkohol. Bahkan Chandramukhi yang jatuh cinta kepada Devdas, ternyata tidak bisa menyelamatkan pria itu untuk tetap hidup.

4. Chalte Chalte

Chalte Chalte

Chalte Chalte (2003) menjadi salah satu film yang sering banget ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi nasional Indonesia.

Film yang lagi-lagi dibintangi oleh Shahrukh Khan ini memang memiliki alur romantis, apalagi ia akan beradu akting dengan Rani Mukerji.

Adapun kisahnya bermula ketika truk milik Raj, tidak sengaja tertabrak oleh mobil milik Priya Chopra. Memiliki tujuan yang sama, akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan perjalan bersama-sama ke pernikahan teman mereka.

Hingga diam-diam benih cinta mulai tumbuh di hati mereka, sayangnya Priya saat itu sudah memiliki tunangan dan akan segera menikah. Lalu bagaimana dengan Raj?

5. Rab Ne Bana Di Jodi

Rab Ne Bana Di Jodi

Masih film yang diproduksi oleh Yash Raj Films, kali ini ShahRukh Khan akan beradu akting dengan si cantik Anushka Sharma.

Film ini berjudul Rab Ne Bana Di Jodi (2008), yang ceritanya pasti akan bikin kamu baper banget. Tak hanya alur ceritanya, berbagai soundtrack dari film ini juga memang pas banget untuk didengarkan saat bersantai.

Terpaksa disatukan dalam pernikahan, Surinder Sahni ingin membuat Taani Sahni nyaman hidup sebagai istrinya. Mengikuti saran temannya, Surinder yang culun berubah drastis menjadi pria gaul ala India dan mengubah namanya menjadi Raj.

Siapa sangka sosok Raj malah membuat Taani bingung, pasalnya wanita ini tidak menyangka bahwa pria yang dicintainya bukanlah orang lain tapi suaminya sendiri.

6. Aashiqui 2

Aashiqui 2

Tentu saja, Aashiqui 2 (2013) tidak boleh sampai terlewatkan dalam list film romantis India. Film yang dibintangi oleh Aditya Roy Kapur dan Shraddha Kapoor ini memang memiliki alur yang dramatis.

Kisah cinta Aarohi dan RJ, bikin penonton merasa frustasi dan greget melihat keduanya di layar kaca. RJ dikenal sebagai seorang penyanyi berbakat, sayang karirnya meredup karena ia kecanduan alkohol dan kerap bikin keributan.

Suatu hari RJ bertemu dan jatuh cinta kepada Aarohi, yang ia terbitkan menjadi seorang penyanyi. Namun kebersamaan ini malah membuat kondisi mental RJ makin buruk, karena banyak orang yang menghujatnya sebagai benalu bagi Aarohi.

7. Om Shanti Om

Om Shanti Om

Om Shanti Om (2007) akan menunjukkan cinta ShahRukh Khan kepada Deepika Padukone yang tidak lekang akan waktu. Inilah kisah Om Prakash yang sudah bereinkarnasi menjadi sosok Om Kapoor, seorang aktor ternama yang sangat arogan.

Hingga dalam sebuah set, ingatan kehidupan di masa lalu membuat Om teringat dengan cinta pertamanya yaitu Shanti Priya. Untuk membalaskan dendam Shanti Priya yang dibunuh dengan cara yang kejam oleh Mukesh Mehra, Om membuat sebuah permainan.

Ia berpura-pura akan memproduksi film “Dreamy Girls”, hanya untuk membuat Mukesh mengakui perbuatannya. Namun keadaan sempat menggila, ketika Mukesh akhirnya menyadari bahwa semua penampakan Shanti itu hanya akal-akalan Om Kapoor.

8. Kabhi Alvida Na Kehna

Kabhi Alvida Na Kehna

Apa yang akan kamu lakukan saat harus memilih cinta atau mempertahankan rumah tangga demi anak? Inilah yang dirasakan oleh ShahRukh Khan, saat ia dihadapkan dengan pilihan yang sangat sulit dalam hidupnya.

Dev memang sudah menikah dengan Rhea, namun ia kembali merasakan cinta saat bertemu dengan Maya yang juga sudah memiliki suami bernama Rishi.

Dev tidak bisa memungkiri, rumah tangganya dengan Rhea sudah tidak ada lagi yang namanya Cinta. Apalagi permasalahan ekonomi di antara keduanya, menjadi jurang pemisah yang sangat besar. Sama-sama terikat pernikahan, apakah Dev dan Maya bisa mendapatkan kebahagian dari cinta ini?

9. Mohabbatein

Mohabbatein

Mohabbatein adalah film yang disutradarai oleh Aditya Chopra. Film yang dirilis tahun 2000 ini mengisahkan tentang cinta tiga pemuda.

Pemuda tersebut adalah Veekram, Samir, dan Karan. Veekram tertarik dengan seorang mahasiswi bernama Sanjana. Samir menemukan cinta di sahabat kecilnya, Ishika. Dan Karan, menemukan seorang wanita bernama Kiran.

Kisah cinta mereka terbentur dengan peraturan Gurukul yang ketat, tempat ketiga pemuda belajar, terutama oleh kepala Gurukul yakni Narayan Shankar (diperankan Amitabh Bachchan).

Adalah Aryan, (diperankan Shah Rukh Khan), guru yang mencoba mendobrak peraturan di Gurukul. Aryan juga yang berperan penting dalam membuka jalinan cinta ketiga pemuda tersebut.

Kisah tiga pemuda dalam mendapatkan cintanya masing-masing serta konflik Aryan dan Narayan Shankar jadi bumbu cerita menarik sepanjang film yang dikemas menarik dan romantis ini.

Terlebih ketiga pemuda ini seolah-olah menggambarkan kisah cinta pemuda dengan berbagai latar berbeda serta kesukaan yang berbeda.

10. Rockstar

Rockstar

Jangan tertipu dengan judulnya, Rockstar (2011) adalah film romantis yang dibintangi oleh si tampan Ranbir Kapoor. Film ini bakalan disutradarai oleh Imtiaz Ali, film ini diproduksi oleh Eros International dan Shree Ashtavinayak Cine Vision Ltd. Tak sendiri, Ranbir Kapoor akan beradu akting dengan salah satu aktris populer India yaitu Nargis Fakhri.

kisahnya tentang Janadhan Jakhar atau Jordan, seorang pemuda dari Delhi yang bercita-cita menjadi seorang rockstar. Menjadikan Jim Morrison sebagai panutannya, tapi nasib malah membuat hidupnya berakhir tragis. Pasalnya sang rockstar malah kehilangan orang yang paling dicintainya dan semua ini dikarenakan kebiasaan buruknya.  

11. Dum Laga Ke Haisha

Dum Laga Ke Haisha

Dum Laga Ke Haisha (2015) adalah film romantis dan komedi yang disutradarai oleh Sharat Katariya. Dibintangi oleh Ayushmann Khurrana dan Bhumi Pednekar, film ini berhasil mendapatkan perhatian dan pujian dari kritikus film.

Selain ceritanya yang menggugah, film ini memberikan skoring dan sinematografi yang berhasil memberikan banyak penghargaan. Terkesan picisan, Dum Laga Ke Haisha (2015) adalah kisah cinta antara Prem Prakash dan sang istri yang bernama Sandhya Verma.

Sebenarnya rumah tangga mereka baik-baik saja, tapi tubuh Sandhya yang besar membuat lingkungan menghakiminya. Ingin menunjukkan bahwa cintanya pada sang istri murni dan tanpa syarat, Prem Prakash nekat mengikuti sebuah lomba lari sambil menggendong sang istri.

12. Ek Villain Returns

Ek Villain Returns

Ek Villain Returns (2022) juga agak sayang untuk dilewatkan dalam list ini. Masih digarap oleh Mohit Suri, film ini bisa dikatakan telat populer. Dibintangi oleh deretan aktor populer, pairing John Abraham, Arjun Kapoor, Disha Patani dan Tara Sutaria memang fresh.

Mereka membawakan kisah cinta dan tindak kriminal yang lebih brutal dibandingkan film pertamanya Ek Villain (2014). Karena cintanya pada Rasika, Bhairav berubah jadi sosok pembunuh berdarah dingin yang menargetkan para wanita.

Tak ingin identitasnya diketahui polisi, Bhairav sengaja membuat jebakan agar Gautam dituduh sebagai pelakunya. Nyatanya, selama ini Bhairav hanya hidup dalam fantasinya, karena Rasika sudah lama meninggal di tangannya sendiri.

13. Chandigarh Kare Aashiqui

Chandigarh Kare Aashiqui

Menjadi transgender memang tidak mudah, apalagi jika kamu mengharapkan cinta yang tulus seorang pria. Kisah cinta ini bisa kamu saksikan di Chandigarh Kare Aashiqui (2021).

Disutradarai oleh Abhishek Kapoor, film ini dibintangi oleh Ayushmann Khurrana dan Vaani Kapoor. Semua berawal ketika seorang wanita cantik bernama Maanvi Brar baru saja pindah Chandigarh.

Kehadirannya membuat Manu Manjul dimabuk kepayang dengan kecantikannya. Sosok Maanvi yang ramah tapi sulit untuk didekati, semakin membuatnya penasaran.

Setelah mereka menghabiskan malam bersama, Maanvi akhirnya mengakui bahwa ia adalah seorang transgender. Hal ini membuat Manu sangat marah, ia merasa ditipu tapi tidak bisa memungkiri bahwa ia masih mencintai Maanvi.

14. Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela

Ram-Leela

Goliyon Ki Rasleela Ram-Leela (2013) memang sayang banget untuk dilewatkan dalam list film romantis India terbaik. Menjadi kisah Romeo dan Juliet modern versi India, Sanjay Leela Bhansali membungkus kisahnya dengan nuansa yang berbeda.

Film ini terasa sangat lokal, tapi kisahnya benar-benar mirip dengan karya William Shakespeare. Pasangan Deepika Padukone dan Ranveer Singh juga berhasil menunjukkan kisah cinta mereka yang tragis sebagai Leela dan Ram.

Dua anak muda yang berasal dari keluarga yang berbeda ini awalnya berusaha untuk membangun kisah cinta sendiri. Namun karena kesalahpahaman, kisah cinta Ram dan Leela harus berakhir dengan kematian yang tragis.

15. Kal Ho Na Ho

kal ho na ho

Kal Ho Naa Ho adalah film yang disutradarai oleh Nikkhil Advani. Film ini bercerita tentang Naina (diperankan Preity Zinta) yang merasa bosan dengan hidupnya.

Naina memiliki teman bernama Rohit (diperankan Saif Ali Khan). Kehidupan Naina berubah setelah ia bertemu dengan Aman (diperankan Shah Rukh Khan).

Naina jatuh cinta dengan Aman. Aman juga demikian. Namun, ada fakta yang membuat Aman tidak bisa bersama dengan Naina dan menjodohkan Naina dengan Rohit karena Rohit mencintai Naina. Hubungan tiga orang ini jadi fokus cerita film Kal Ho Naa Ho yang tak hanya romantis tapi juga berderai air mata.

16. Vivah

Vivah_

Mencari film romantis India, Vivah (2006) tentu saja tidak boleh terlewatkan dalam list-mu. Film yang akan membawa kamu pada kisah cinta malu-malu antara Poonam dan Prem.

Kisah mereka sangat sederhana, dipertemukan dalam perjodohan dan saling jatuh cinta sejak pandangan pertama. Namun kisah manis mereka berubah menjadi kemalangan tepat di hari pernikahan keduanya.

Poonam yang berusaha menyelamatkan adiknya harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka bakar serius.

Seluruh upacara pernikahan yang bahagia berubah menjadi kesedihan dan kemalangan, namun Prem tetap teguh. Pria ini menepati janjinya untuk menikahi Poonam setelah operasi, pernikahan yang penuh haru ini pasti membuat kamu menangis.

17. Gehraiyaan

Gehraiyaan

Film romantis India lainnya yang wajib banget kamu tonton adalah Gehraiyaan (2022). Film garapan Dharma Production ini diarahkan oleh sutradara terkenal Shakun Batra.

Deepika Padukone akan beradu akting dengan deretan aktor muda. Sebut saja Siddhant Chaturvedi, Ananya Panday dan Dhairya Karwa yang baru meniti karir mereka sebagai aktor Bollywood.

Film ini mengisahkan Alisah, seorang instruktur yoga yang mengalami anxiety selama berpacaran dengan Karan. Pertemuannya dengan sahabat kecilnya Tia, membawanya pada cinta terlarang dengan Zain yang tidak lain adalah tunangan Tia. Harus diakui, mereka bisa merasakan cinta tanpa syarat tapi sampai kapan kisah cinta terlarang ini bertahan?

18. Ae Dil Hai Mushkil

Ae Dil Hai Mushkil

Film romantis india lainnya adalah Ae Dil Hai Mushkil. Film yang disutradarai oleh Karan Johar ini bercerita tentang Ayan Sanger ( diperankan Ranbir Kapoor ) yang bercerita tentang bagaimana lagu-lagu yang ia ciptakan lahir.

Film ini kemudian membawa kisah balik pada saat Ayan bertemu dengan Alizeh Khan (diperankan Anushka Sharma). Pertemuan kedua insan ini yang kemudian membawa keduanya berpetualang dan liburan di Eropa, mulai dari London sampai Paris.

Kisahnya juga bercerita tentang banyak hal yang romantis dan tentu saja lucu. Terlebih lagu-lagu yang ada di film dengan durasi 157 menit ini enak didengar.

19. Khoobsurat

Khoobsurat

Khoobsurat (2014) menjadi film romantis India lainnya yang bikin para penontonnya senyum-senyum sendiri. Dibintangi oleh Fawad Khan dan Sonam Kapoor, film yang diproduksi Walt Disney Pictures ini adalah remake dari film berjudul sama yang populer tahun 80-an. 

Filmnya mengisahkan seorang fisioterapi cantik bernama Mili yang pusing dengan usaha sang ibu untuk mencarikannya jodoh. Hingga suatu hari Mili tiba-tiba dipanggil oleh keluarga Kerajaan Rajasthan untuk merawat sang Raja.

Sejak pertama kali datang, Mili merasakan kebiasaan hidup yang sangat berbeda dengan keluarganya. Kesulitannya semakin bertambah, saat Mili tidak sengaja jatuh cinta pada sang pangeran mahkota yang bernama Vikram Singh Rathore.

20. Badhaai Do

Badhaai Do

Badhaai Do (2022) adalah film India romantis India yang cukup kontroversial. Pasalnya film ini mengisahkan dua pasangan LGBT yang disutradarai oleh Harshavardhan Kulkarni.

Kali ini Rajkummar Rao dan Bhumi Pednekar akan didapuk sebagai pemeran utamanya. Kisahnya bermula ketika seorang anggota polisi bernama Shardul Thakur mengajak seorang guru bernama Shuman Singh untuk menikah.

Bukan karena cinta, justru mereka menikah hanya untuk terlepas dari pertanyaan keluarga dan melindungi orientasi seksual masing-masing.

Tidak banyak orang yang tahu kalau Shardul Thakur adalah seorang gay dan Suman Singh adalah seorang lesbian. Namun rahasia pasangan ini terbongkar ke seluruh keluarga, kira-kira bagaimana Shardul dan Suman menghadapinya?

Selain 20 film India romantis tersebut, masih banyak film romantis India lainnya yang layak ditonton. Namun, menurut penulis, 20 film tersebut adalah film romantis yang layak ditonton, terutama dengan pasangan Anda.

Selain film romantis, India juga menggarap beberapa genre film bagus lainnya, salah satunya adalh 10 Film India Tentang Pendidikan ini yang bisa bikin penonton terharu!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram