logo web

20 Film India Bergenre Thriller yang Mesti Kalian Tonton

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Bagi sebagian orang, film India memang tak lepas dari cerita penuh drama dengan kisah percintaan yang mengharukan. Namun, industri Bollywood kini sudah berkembang karena menawarkan cerita beragam genre yang bisa dinikmati oleh penontonnya.

Beberapa film dari India memberikan skenario plot twist lewat genre thriller yang kini menjadi tontonan menarik dan menegangkan. Saat ini, tentunya banyak sekali film-film Bollywood yang menggunakan konsep cerita thriller tersebut untuk memberikan tontonan yang lebih variatif.

Nah, di bawah ini Showpoiler akan mengulas kumpulan film India bergenre thriller yang dapat kamu tonton semua.  Untuk kamu yang penasaran ingin melihat daffar rekomendasinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 20 Film India Bergenre Action, Seru dan Memacu Adrenalin

1. Mili

Mili

Mili (2022) menjadi salah film thriller India yang tidak boleh kamu lewatkan. Film garapan Mathukutty Xavier ini adalah remake dari film Malayalam garapan Helen.

Film ini menjadi kerjasama Janhvi Kapoor dengan sang ayah Boney Kapoor. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Mili Naudiyal, gadis muda yang sedang mempersiapkan dirinya untuk bersekolah ke luar negeri.

Sambil mempersiapkan diri, Mili bekerja paruh waktu di restoran cepat saji bernama Doon’s Kitchen. Suatu malam, Mili terkunci di freezer restoran.

Berada di ruangan bersuhu -18 derajat, Mili harus mencari cara agar ia tetap bisa hidup hingga keesokan harinya. Di tempat lain, ayah Mili merasa cemas karena sang putri belum juga pulang ke rumah. Apakah Mili bisa melewati malam itu dengan selamat?

2. Khuda Haafiz: Chapter 2 – Agni Pariksha

Khuda Haafiz: Chapter 2 – Agni Pariksha

Khuda Haafiz: Chapter 2 – Agni Pariksha (2022) adalah film India yang bakalan bikin kamu menangis tersedu-sedu. Bayangkan saja, gimana rasanya melihat putri kesayanganmu dilecehkan dan dibunuh dengan cara yang sangat sadis.

Hal inilah yang terjadi pada putri angkat dari pasangan Sameer Chaudhary dan Nargis Chaudhary, pasangan yang memulai hidup baru justru ditimpa musibah besar.

Khuda Haafiz: Chapter 2 – Agni Pariksha (2022) adalah film bergenre aksi dan thriller yang diproduksi oleh Panorama Studios, Action Hero Films dan Cinergy.

Film ini masih disutradarai oleh Faruk Kabir dan menghadirkan deretan karakter baru. Selain Vidyut Jammwal dan Shivaleeka Oberoi, film ini dibintangi juga oleh Dibyendu Bhattacharya, Sheeba Chaddha hingga Rajesh Tailang.

3. Monica, O My Darling

Monica, O My Darling

Film yang dibintangi oleh Rajkummar Rao memang tidak pernah jauh dari genre komedi. Namun Monica, O My Darling (2022) juga menyuguhkan kisah yang terasa menegangkan.

Film original Netflix India ini disutradarai oleh Vasan Bala dan diproduksi oleh Matchbox Shots. Rajkummar Rao akan beradu akting dengan dua aktris cantik India yaitu Radhika Apte dan Huma Qureshi.

Berfokus pada Jayant Arkhedkar, seorang pria muda yang memiliki obsesi gila. Bayangkan saja, ia berusaha membuat skenario pembunuhan sempurna untuk mengelabui polisi.

Saat prakteknya, Jayant mengalami banyak kesulitan hingga satu persatu rencananya hancur. Padahal, Jayant melakukan skenario ini karena ia ingin menggapai sebuah prestasi besar.

4. Runway 34

Runway 34

Runway 34 (2022) memang bikin jantung berdetak lebih kencang. Bagaimana tidak, kisah seorang pilot yang berusaha untuk mendaratkan pesawat dalam badai.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata. Ajay Devgan akan menyutradarai sekaligus jadi pemeran utamanya. Ia akan beradu akting dengan Rakul Preet Singh, Boman Irani, Angira Dhar dan Aakanksha Singh.

Kisahnya bermula ketika tindakan Captain Vikrant Khanna mendaratkan pesawatnya di bandara Trivandrum menimbulkan banyak masalah.

Sang kapten dituduh melakukan percobaan pembunuhan pada penumpang pesawatnya, karena nekat memilih opsi pendaratan berbahaya. Tak hanya itu, Captain Vikrant Khanna juga dituduh menggunakan obat-obatan terlarang dan mabuk saat bekerja.

5. Anek

Anek

Kalau film satu ini menunjukkan bagaimana mata-mata India yang dikirim untuk membangun kesepakatan damai dua pemerintahan separatis.

Film ini akan dibintangi oleh aktor populer India, ada Ayushmann Khurrana, Manoj Pahwa hingga Kumud Mishra. Aman adalah salah satu agen khusus di kepolisian dengan pangkat yang cukup tinggi.

Agen Aman mendapatkan perintah untuk turun kelapangan, ia diminta seberapa besar kerusuhan yang terjadi di daerah Timur Laut India.

Agen Aman menyamar menjadi Joshua dan berusaha masuk dalam kelompok separatis tersebut. Ia mempelajari permasalah apa yang terjadi dan memikirkan cara untuk mendamaikan kelompok separatis dengan pemerintahan India.

6. Mom

Mom_

Mom (2017) film yang membawa kamu melihat perjuangan seorang ibu untuk memberikan keadilan pada putrinya. Berbeda dari kebanyakan film Bollywood, kamu akan disuguhkan perasaan tegang yang luar biasa dan intense.

Kisahnya bermula ketika Devki berusaha membalas semua penjahat yang telah melecehkan putrinya Arya, yang kini terbebas dari jerat hukum. Meski bukan ibu kandung, Devki mencintai Arya segenap jiwa dan raganya, sama seperti putri kandungnya.

Wanita ini nekat bermain kotor di belakang kepolisian, dengan bantuan seorang detektif swasta. Balas dendamnya mungkin berhasil, tapi Devki tidak menyadari ada bahaya lain yang mengintainya. Apakah Devki bisa membuat semua pelaku membayar yang telah mereka lakukan pada Arya?

7. The Girl on the Train

The Girl on The Train

The Girl on The Train (2021) dari judulnya saja pasti sudah tidak asing, film ini memang remake dari film yang dibintangi oleh Emily Blunt. Diperankan oleh Parineeti Chopra dan disutradarai oleh Ribhu Dasgupta, versi Indianya tidak kalah menegangkan lho. Film ini akan membawa penonton merasakan sulitnya kehidupan Mira Kapoor.  

Setelah kecelakaan yang dialaminya, Mira kehilangan keluarga, anak, pekerjaan hingga kepribadiannya. Tapi Mira mendapatkan kebahagian setelah melihat hidup Nushrat di balik jendela kereta.

Keadaan menjadi tidak terkontrol setelah Mira dituduh menjadi pembunuh Nushrat. Wanita ini tidak bisa mengingat apa yang terjadi karena pengaruh alkohol dan amnesia pasca kecelakaan, benarkah Mira pelakunya?

8. Chehre

Chehre_

Chehre (2021) merupakan adaptasi dari novel Jerman 1956 berjudul A Dangerous Game oleh Friedrich Dürrenmatt. Film ini sempat menuai kontroversi, karena penampilan dari Rhea Chakraborty yang sedang terlilit skandal pembunuhan dan narkoba.

Tapi filmnya memang menegangkan, kisahnya bermula ketika Sameer Mehra terjebak dengan empat orang pensiunan profesional hukum. Di sana para orang tua kerap memainkan sebuah game unik, yaitu membuat reka ulang kasus dan pengadilan.

Sameer ikut bermain dan berperan sebagai terdakwa, tapi permainan berjalan lebih menegangkan. Ketenangannya sirna setelah ia sadar bahwa salah satu orang dalam permainan berprofesi sebagai algojo. Ia jadi terdakwa atas pembunuhan mantan bosnya. Apakah ini hanya sekedar game atau pengadilan yang sesungguhnya?

9. Mumbai Police

Mumbai Police

Seorang polisi bernama Antony Moses mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkan dirinya kehilangan sebagian ingatannya. Namun sebelum kecelakaan itu terjadi, Moses sudah memberitahu kepada ipar laki-lakinya, Kombes Polisi Farhan, bahwa dirinya sudah menyelesaikan kasus pembunuhan yang menimpa Asisten Komisari Aaryan John Jacob.

Sayangnya, sebelum Moses berhasil mengungkapkan nama pembunuhnya, ia mengalami kecelakaan tersebut dan hilang ingatan. Untuk memulihkan ingatannya, Farhan menceritakan kepada Moses tentang masa lalunya beserta kasus pembunuhan yang menimpa Aaryan. Moses kemudian tetap menangani kasusnya itu sembari mengumpulkan ingatannya yang hilang satu persatu.

10. Hotel Mumbai

Hotel-Mumbai1 (Copy)

Hotel Mumbai (2018) adalah film India-Australia-Amerika yang terinspirasi dari dokumeter Surviving Mumbai 2009. Premisnya mengangkat kejadian serangan teroris yang terjadi di Taj Mahal Place Hotel, Mumbai tahun 2008.

Selain dibintangi para aktor ternama, film ini mendapatkan respon positif dengan 72% penilaian dari 204 ulasan di Rotten Tomatoes.

Film ini berkisah tentang Arjun yang baru saja diterima bekerja di Taj Mahal Palace Hotel di bawah arahan koi Hemant Oberoi. Di malam Arjun sedang bertugas, tiba-tiba saja serangan teroris kelompok Lashkar E-Taiba terjadi.

Malam itu Arjun berusaha menyelamatkan para tamu dari rencana penyanderaan, apakah ia bisa menyelamatkan para tamunya?  

11. Maanagaram

Maanagaram

Kota Chennai bukanlah sebuah tempat yang bersahabat bagi Sri, pada malam pertamanya berada di kota tersebut ia langsung mengalami berbagai masalah karena bertemu dengan orang-orang yang kasar.

Di satu sisi, Sundeep merupakan pria tangguh, dan kurang ajar, ia lalu merasa bahwa Kota Chennai adalah tempat yang tepat untuk dirinya. Sundeep sebenarnya jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Regina yang memiliki sikap periang dan menyenangkan.

Suatu ketika, ada sebuah kasus penculikan yang melibatkan mereka semuanya. Sri, Sundeep, dan Regina lalu terjebak dalam situasi yang bisa mengancam keselamatan masing-masing, dan mereka harus berhadapan dengan para gangster serta polisi yang tidak bermoral.

12. State of Siege: Temple Attack

State of Siege_

Film lainnya yang didasari dari kejadian nyata, State of Siege: Temple Attack (2021) yaitu operasi penyelamatan di Kuil Akshardham tahun 2002. Film ini merupakan standalone sequel dari State of Siege: 26/11 (2020) yang dibintangi oleh aktor Akshaye Khanna.

Film ini memang sangat populer dan mendapatkan apresiasi tinggi, karena dianggap sebagai penghargaan pada tentara NSG India. Mayor Hanut Singh adalah pemimpin pasukan komando NSG India, pria ini mengalami PTSD setelah misi penyelamatan putri menteri.

Tapi tugas memanggilnya untuk menghadapi empat teroris yang menyerang kuil Krishna Dham Mandir. Bagaimana Mayor Hanut Singh mengatasi masalah pribadinya di tengah-tengah tugas menyelamatkan banyak penduduk?

13. Pihu

Sinopsis Pihu

Pihu (2018) film yang akan membuat kamu dipenuhi dengan rasa khawatir, tegang sampai terbawa mimpi. Bukan film thriller penuh aksi, darah, atau pembunuhan sadis, film ini hanya memperlihatkan bagaimana anak berusia dua tahun bertahan hidup. Dari beberapa kabar, film ini diambil dari kisah nyata yang terjadi di Delhi tahun 2004 silam.

Pihu berusaha membangunkan ibunya, namun tidak ada respon sama sekali. Anak ini bertahan hidup hanya dengan mengikuti kebiasaannya setiap hari bersama sang ibu. Pihu hampir meminum cairan pembersih lantai hingga hampir membuat rumahnya terbakar.

14. Haseen Dilruba

Haseen Dilruba_

Bagaimana jadinya jika pengantin baru bukannya menikmati honeymoon tapi malah terlibat dalam pembunuhan? Hal inilah yang dirasakan oleh Rani dan Rishu, pasangan suami istri yang ternyata memiliki banyak masalah dan ketidakcocokan.

Dimulai ketika Rani melihat rumahnya hancur karena sebuah ledakan, saat memeriksa hanya ada sisa tangan sang suami dengan tato namanya. Polisi menyelidiki kasus ini dan menemukan adanya keanehan pada Rani, apalagi fakta perselingkuhannya dengan sepupu suaminya.

Kecurigaan polisi makin dalam ketika mengetahui bahwa Rani hobi membaca novel misteri karya Dinesh Pandit. Apakah Rani dan selingkuhannya benar-benar dalang di balik ledakan yang membunuh Rishu?  

15. Drishyam

Drishyam

Drishyam bercerita tentang seorang suami bernama Vijay Salgaonkar yang mempunyai usaha layanan TV Kabel. Ia menikah dengan Nandini, dan memiliki dua anak perempuan bernama Anju serta Anu.

Suatu hari, seorang pemuda bernama Sameer mempunyai rekaman Anju yang sedang mengganti baju. Ia lalu memintanya untuk menemui dirinya jam 11 malam agar video tersebut tidak disebarkan.

Saat menemui Sameer di tempat yang telah ditentukan, Anju merasa kesal karena Sameer meminta sesuatu yang tidak pantas. Ia lalu memukul Sameer hingga tersungkur tewas.

Esok harinya, Vijay mengetahui perbuatan yang telah dilakukan putrinya itu. Vijay lalu menyusun rencana untuk menghilangkan semua bukti kematian Sameer agar tidak mengarah kepada keluarganya.

16. TE3N

TE3N

John Biswas adalah seorang kakek yang selalu rutin datang ke kantor polisi karena ingin menemukan pelaku pembunuh cucunya Angela yang meninggal 8 tahun lalu. Karena minimnya bukti, inspektur polisi Sarita Sarkar sangat kesulitan untuk memecahkan peristiwa pembunuhan tersebut.

Beberapa waktu kemudian, peristiwa penculikan dan pembunuhan terjadi lagi. Setelah diselidiki, kejadian tersebut ternyata mempunyai pola yang sama terhadap kasus yang terjadi kepada Angela.

Inspektur Sarita lalu meminta bantuan Pastor Martin untuk memecahkan kasus ini. Martin memberikan sedikit petunjuk kepadanya. Sarita beserta John langsung melakukan investigasi bersama-sama.

17. Ugly

Ugly_

Sutradara Anurag Kashyap tidak bisa dianggap remeh, pasalnya film-filmnya selalu memiliki makna tersendiri. Ugly (2013) film yang akan membuat kamu sadar seberapa serakahnya manusia yang ada di dunia ini.

Kisah ini dimulai ketika seorang anak hilang akibat dari kelalaian orang tuanya, pencarian anaknya ini justru mendatangkan masalah baru.

Mereka menyadari bagaimana sistem kepolisian begitu meyulitkan, bahkan ada intrik dan kepentingan pribadi di sini. Sejumlah orang sengaja meminta tebusan atas anak yang hilang demi kekayaan pribadinya, sementara yang lainnya berusaha membalasakan dendam.

18. Kahaani

Kahaani

Sebuah serangan gas beracun secara tiba-tiba menyerang kereta metro Kolkata, dan membunuh penumpang yang ada di dalamnya. Dua tahun setelah kejadian itu, seorang insinyur bernama Vidya Bagchi tiba di Kolkata setelah berjalan cukup panjang dari Kota London.

Di kota tersebut ia berusaha mencari suaminya, Arnab Bagchi, yang menghilang tanpa kabar. Dalam pencariannya, ia dibantu oleh seorang polisi bernama Satyoki “Rana” Sinha.

Keduanya lalu pergi ke kantor Pusat Data Nasional (NDC) untuk mencari dokumen-dokumen berisikan latar belakang Arnab. Namun, mereka lalu dikejar-kejar oleh seorang pembunuh bayaran, Bob Biswas, yang ditugaskan untuk mencuri informasi tentang Arnab Bagchi.

19. Special 26

Special 26

Film ini didasarkan pada sebuah kisah nyata tentang perampokan di sebuah Gedung Opera yang ada di Kota Bombay (Mumbai) pada tahun 1987.

Di tahun tersebut, sekelompok orang menyamar sebagai petugas Biro Investigasi Pusat (CBI) dan melakukan penyelidikan pajak penghasilan palsu di gedung opera yang bernama Tribhovandas Bhimji Zaveri & Sons Jewellers.

Dibuat dengan anggaran total menyentuh 5,5 juta dollar, Spesial 26 mendapatkan penghasilan mencapai 18 juta dollar di seluruh dunia. Lewat hasil positif tersebut, film ini terpilih sebagai film Bollywood berpenghasilan tertinggi ke 10 di tahun 2013, dan menjadi salah satu film terbaik di tahun itu.

20. Karthik Calling Karthik

Karthik Calling Karthik

Sepanjang hidupnya hingga sekarang ini, Karthik tidak pernah punya banyak teman, dan dirinya tidak mempunyai kepercayaan diri untuk bisa bersosialisasi dengan orang banyak.

Karena kepribadiannya itu, ia selalu diperlakukan tidak baik oleh atasannya di tempat kerja. Meski memiliki kepribadian introvert, Karthik ternyata menyukai teman satu kerjanya, yaitu perempuan cantik bernama Shonali.

Pada suatu malam, ia mendapatkan sebuah telepon dari orang asing yang tidak diketahui. Namun, penelpon tersebut mengaku bernama Karthik seperti namanya. Singkat cerita, penelpon misterius itu telah menjadi semacam guru bagi Khartik dalam merubah hidupnya, hingga akhirnya ia bisa mendekati Shonali.

Bagi yang ingin mencari referensi film India bertemakan thriller yang mencekam dengan tambahan plot twist, daffar pilihan di atas bisa kalian pertimbangkan untuk dimasukan ke dalam daftar tontonan akhir pekan. Tanpa perlu basa-basi lagi, selamat menonton dan semoga terhibur ya dengan film-filmnya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram