logo web

6 Film Terbaik Jared Harris, Aktor Lawas Serba Bisa

Ditulis oleh Syuri K.N.

Jared Francis Harris atau lebih dikenal sebagai Jared Harris. Pria berkebangsaan Inggris ini sudah terjun ke dunia seni peran sejak 1989. Perannya yang cukup populer di Mr. Deeds (2002), The Curious Case of Benjamin Button (2008), Sherlock Holmes : A Game of Shadows (2011), Lincoln (2012), dan Allied (2016).

Sejak 1989 Jared Harris sudah membintangi 61 judul film, yang tiga di antaranya sebagai pengisi suara. Diantara banyak judul, berikut ini enam daftar film terbaiknya.

1. Morbius

morbius (2022) jared harris

Salah satu karakter dari Marvel Comics, Morbius. Dibuat ke dalam film Morbius (2022) sebagai proyek film ke-3 dari Sony's Spider-Man Universe. Berkisah tentang kakak beradik Morbius dan Milo yang berubah menjadi makhluk penghisap darah.

Dr. Emil Nicholas (Jared Harris) mengadopsi Morbius dan Milo saat mereka masih anak-anak. Mereka berdua memiliki kelainan dalam darahnya. Setelah dewasa Dr. Michael Morbius (Jared Leto) menjadi peneliti. Morbius mengumpulkan kelelawar vampir dari Kosta Rika. Yang darahnya di modifikasi dengan darahnya sendiri.

Dia mencoba mengobati dirinya sendiri dengan menjadi makhluk penghisap darah dengan gen khusus. Segala hal tentang kelemahan makhluk penghisap darah telah dihilangkan. Sehingga dia menjadi seperti superhero. Milo Morbius (Matt Smith) juga memiliki kelainan darah seperti Morbius.

Milo berharap Morbius bisa menyembuhkan dirinya dengan cara yang sama. Tapi, Morbius menolak dan membuat Milo marah. Milo mencuri darah buatan Morbius, dan berubah menjadi vampir. Milo melukai ayahnya, sayangnya Morbius datang terlambat.

Morbius dengan susah payah membuat antibodi vampir untuk menghabisi Milo. Hingga akhirnya Milo mati, dan Morbius menghilang bersama kawanan kelelawar.

2. Allied

Allied (2016) jared harris

Allied (2016) sebuah film drama perang romantis yang dibintangi oleh Brad Pitt sebagai Max Vatan, Marion Cotillard sebagai Marianne Beauséjour, dan Jared Harris sebagai Frank Heslop. Berkisah tentang seorang intel negara Kanada yang saling jatuh cinta dengan seorang pembebas Perjuangan Perancis.

Mereka berdua berada di Casablanca pada tahun 1942. Max ditugasi untuk menghabisi seorang ambassador Jerman. Marianne dan Max berhasil dalam tugasnya. Lalu, mereka kabur ke London. Menikah, dan lahirlah seorang anak perempuan yang diberi nama Anna.

Namun, Marianne diduga sebagai mata-mata Jerman. Frank Heslop (Jared Harris) memarahi Max karena dia kabur ke London. Dan menyebabkan Adam Hunter yang sedang mencari kebenaran identitas Marianne terbunuh. Marianne akhirnya mengakui identitas sebenarnya kepada Max.

Max membawa Marianne dan Anna pergi. Marianne bersikeras untuk membuat Max membawa Anna sendiri tanpanya. Marianne menembak dirinya sendiri. Heslop dan gendarmerie bersaksi bahwa Max telah menghukum mati Anna. Max membawa Anna untuk hidup berdua di Alberta, Kanada.

3. Poltergeist

Poltergeist (2015) jared harris

Madison Bowen (Kennedi Clements) dibawa ke dunia roh yang berada di dalam rumah yang baru mereka tempati. Dr. Brooke Powell (Jane Adams) kepala investigator yang menangani kasus hilangnya Madison, akhirnya meminta bantuan Carrigan Burke (Jared Harris) seorang ahli mistik yang sering tampil di layar kaca.

Carrigan membantu keluarga Bowen untuk menemukan dan membawa Madison pulang. Madison sempat berhasil dibawa kembali ke dunia manusia. Namun, para roh terus menerus mengejar Madison.

Carrigan akhirnya memasuki dunia roh untuk membimbing mereka kembali ke arah cahaya akhirat. Keluarga Bowen berhasil keluar dengan selamat dari rumah dan mencari rumah baru. Carrigan dan Dr. Brooke menjadi partner dalam acara tentang makhluk halus di layar kaca.

4. Lincoln

Lincoln (2012) jared harris

Usulan Amandemen Ketiga Belas Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln (Daniel Day Lewis) yang diajukan pada tahun 1863, ingin segera disahkan supaya budak yang sudah dilepaskan enggak kembali dipaksa menjadi budak.

Abraham bekerja sama dengan Francis Preston Blair (Hal Holbrook) penggagas Partai Republik yang mampu mendominasi kelompok ortodoks di wilayah pinggiran untuk mengesahkan amandemen itu.

Disisi lain, Abraham bersama Sekretaris Negara William Seward (David Strathairn) berusaha mempertahankan Demokrat supaya tetap memilih setuju dalam pengesahan amandemen itu. Abraham juga mengangkat Ulysses S. Grant (Jared Harris) menjadi Letnan Jenderal atas kontribusinya memenangkan Kampanye Chattanooga.

Ulysses melawan Robert E. Lee (Christopher Boyer), jenderal Konfederasi selama kampanye di Petersburg. Setelah 13 bulan, Robert akhirnya ditangkap Ulysses dan mengaku kalah.

Abraham antusias dengan segala perjuangannya dengan bantuan banyak orang demi keberhasilan pembebasan budak. 14 April malam, seseorang menembak Abraham di dekat Teater Grover. Dalam proses pemakamannya, roman wajah Abraham tampak tenang.

5. Sherlock Holmes: A Game of Shadows

Sherlock Holmes  A Game of Shadows  jared harris

Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011) masih mengambil cerita orisinil yang mengkolaborasi kisah Conan Doyle di The Final Problem (1893) dan The Adventure of the Empty House (1903). Film kali ini, enggak terkoneksi dengan film sebelumnya, Sherlock Holmes (2009).

Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) berhasil mengatasi paket berisi bom yang hampir meledak. Bom itu berasal dari Irene Adler (Rachel McAdams) yang dibawa oleh Dr.Hoffmanstahl (Wolf Kahler). Irene dan Hoffmanstahl kabur.

Ironisnya, Hoffmanstahl mati dihabisi Sebastian Moran (Paul Anderson), anak buah Professor James Moriarty (Jared Harris). Irene mencari perlindungan James, akan tetapi James menaruh curiga pada Irene.

Pertama kalinya Sherlock bertemu muka dengan James Setelah acara pernikahan rekan kerja Sherlock, Dr. John H. Watson (Jude Law) dengan Mary Watson (Kelly Reilly). James mengancam Sherlock kalau dia akan menghabisi John dan Mary.

Mycroft Holmes (Stephen Fry), kakak Sherlock, menyelamatkan Mary dari para bawahan James saat Mary dan John dalam perjalanan liburan setelah acara pernikahan mereka berdua. Sherlock membawa John ke Paris untuk menemui Nyonya Simza Heron (Noomi Rapace).

Sherlock, John, dan Simza mengatur rencana untuk menemukan James. Sayangnya, Sherlock tertangkap oleh James. John berduel dengan Moran. John berhasil melumpuhkan Moran. Mereka bertiga berhasil kabur dari James.

Sherlock berhasil menukar jurnal milik James dan menyerahkan jurnal tersebut kepada Mary untuk diteliti. James menemukan Sherlock, dan terus menerus mengancam akan menghabisi John, dan Mary. Sherlock berduel dengan James, dan mengorbankan dirinya sambil menarik James melompat ke Reichenbach Falls.

John dan Mary mengubur peti mati Sherlock. Mereka berencana pergi tamasya pernikahan yang sempat batal sebelumnya. Namun, lagi-lagi mereka dikejutkan dengan 'kehadiran' Sherlock dalam sebuah paket yang berisi benda kesayangan Mycroft.

Sherlock diam-diam berhasil memasuki ruang ruang kerja John. Mengintip tulisan John di sebuah mesin tulis. Dengan usilnya dia menggambar sebuah tanda enigma di sebelah kata selesai.

6. Resident Evil: Apocalypse

Resident Evil: Apocalypse (2004) jared harris

Resident Evil merupakan game yang diangkat menjadi film dengan judul yang sama. Secara garis besar, alur sesuai dengan game. Resident Evil: Apocalypse (2004) merupakan bagian dari Resident Evil (film series).

Total ada 7 film yang sudah dibuat. Yaitu Resident Evil (2002), Resident Evil: Apocalypse (2004), Resident Evil: Extinction (2007), Resident Evil: Afterlife (2010), Resident Evil: Retribution (2012), dan Resident Evil: The Final Chapter (2016). Dan 1 buah film reboot Resident Evil: Welcome to Raccoon City (2021). Dengan pemeran utama yang selalu sama, Milla Jovovich.

Buat yang belum pernah nonton, disarankan untuk menonton secara berurutan, ya. Karena jalan cerita dari film sebelumnya akan menyambung ke film setelahnya. Jadi, enggak bingung pas nontonnya.

Di Resident Evil (2002), Alice (Milla Jovovich) ex-agen Umbrella Corporation bersama Matthew Addison (Eric Mabius) ditangkap saat akan melarikan diri dari laboratorium riset milik Umbrella Corporation. Tempat mereka dikurung berbeda. Mereka ditangkap saat akan membongkar kegiatan penelitian terlarang milik Umbrella Corporation.

Seluruh area sudah dipenuhi undead, termasuk kota tetangga, Raccoon City. Umbrella mengunci kota dan memindahkan ilmuwan utama dalam proyek mereka, Dr. Charles Ashford (Jared Harris). Namun, mereka kehilangan putri Charles, Angela Ashford (Sophie Vavasseur).

Alice terluntang lantung di dalam kota yang dikunci. Mencari makanan, dan tempat berlindung. Dalam perjalanan, Alice bertemu dengan sisa tim militer Umbrella yang seharusnya memindahkan publik yang enggak terkontaminasi virus undead dan sisa tim STARS.

Nemesis (Matthew G. Taylor) adalah Matthew yang telah terkontaminasi virus undead. Oleh Umbrella, Matthew diubah menjadi Nemesis T-Type.

Tugas Nemesis adalah menghabisi sisa agen STARS yang ada. STARS atau Special Tactics And Rescue Service adalah tim spesial di Departemen Kepolisian Kota Raccoon.

Dr. Charles diam-diam membobol kamera monitor kota untuk mencari putrinya. Dr. Charles menemukan Alice dan bernegosiasi dengannya. Alice harus menemukan putri Dr. Charles, maka Dr. Charles akan mengeluarkan Alice dari Raccoon City.

Alice dan regunya berhasil menemukan Angela. Angela mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukan ayahnya pada awalnya untuk mengobati dirinya yang mengalami kelainan gen.

Angela harus rutin mendoktrin dirinya dengan virus undead. Tapi, dia juga harus meminum anti virus supaya enggak berubah menjadi undead.

Alice, Angela dan sisa regu berhasil tiba di titik penyelamatan. Sayangnya, regu militer Umbrella pun telah berada disana. Mayor Timothy Cain (Thomas Kretschmann), pimpinan tertinggi regu militer Umbrella, menghabisi Dr. Charles.

Alice melawan Nemesis, namun berhenti ketika dia ingat kalau Nemesis adalah Matthew. Nemesis sepertinya mengingat Alice, karena dia malah menyerang Mayor Timothy dan regu militer Umbrella. Setelah perlawanan sengit, dia pun tewas.

Angela dan regu yang masih hidup, menguasai pesawat capung yang seharusnya digunakan untuk mengevakuasi Mayor Timothy yang dihabisi oleh undead. Dan, terlihat Dr. Charles juga sudah berubah menjadi undead.

Nuklir meledak di atas kota dan mengenai pesawat capung. Alice melindungi Angela, dan dia terjatuh kedalam pancang besi.

Umbrella membodohi publik dengan membuat media massa memberitakan kehancuran Raccoon City akibat kerusakan di area energi nuklir. Ternyata Dr. Alexander Isaacs (Iain Glen), salah satu dari pendiri Umbrella Corporation, menjadi dalang yang membuat Alice berhasil melarikan diri dari fasilitas riset Umbrella.

Demikianlah 6 film terbaik yang diperankan oleh Jared Harris. Kabarnya saat ini, Jared Harris sedang terlibat proses produksi di film Sherlock Holmes 3. Jared Harris akan kembali memerankan Professor James Moriarty.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram