logo web

Inilah 10 Film Terbaik dari Aktor Swedia Joel Kinnaman

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Charles Joel Nordström Kinnaman atau dikenal dengan nama Joel Kinnaman adalah aktor Swedia-Amerika kelahiran 25 November 1979. Joel pertama kali dikenal berkat perannya dalam film Swedia tahun 2010 berjudul Easy Money (2010). Namanya semakin dikenal ketika empat tahun kemudian dia dipercaya memerankan karakter RoboCop yang legendaris.

Penampilan Joel Kinnaman sebagai salah satu aktor Hollywood berbakat pun sudah diakui. Terbukti dia dipercaya terlibat dalam beberapa proyek hits, salah satunya The Suicide Squad. Penasaran apa saja film yang pernah dia bintangi? Kami pilihkan sepuluh untukmu!

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

1. The Suicide Squad

The Suicide Squad

The Suicide Squad (2021) adalah film superhero yang didasarkan pada DC Comics Suicide Squad. Film ini merupakan sekuel dari Suicide Squad (2016) dan film ke-10 dalam DC Extended Universe (DCEU).

Ceritanya sendiri ditulis dan disutradarai oleh James Gunn. Selain Joel Kinnaman, beberapa aktor yang terlibat di film ini antara lain Margot Robbie, Idris Elba, John Cena, dan Sylvester Stallone.

Petugas intelijen, Amanda Waller, membentuk dua tim Task Force X, yang biasa disebut "Suicide Squad". Mereka terdiri atas para narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Belle Reve.

Suicide Squad setuju untuk menjalankan misi dengan imbalan pengurangan hukuman. Mereka kemudian dikirim ke Corto Maltese di Amerika Selatan setelah pemerintahannya digulingkan oleh rezim anti-Amerika.

Kedua tim ditugaskan menghancurkan laboratorium era Nazi Jötunheim, yang menjadi tempat eksperimen rahasia "Project Starfish". Sayang, militer Corto Malta berhasil memusnahkan hampir satu tim yang ditugaskan saat mereka mendarat.

Pemimpin tim, Kolonel Rick Flag (Joel Kinnaman), dan Harley Quinn selamat. Lantas bagaimana kelanjutan misi mereka?

2. Safe House

Safe House

Safe House (2012) adalah film thriller aksi yang disutradarai oleh Daniel Espinosa. Film ini bercerita tentang Matt Weston, seorang perwira CIA dengan jabatan rendah di Cape Town, Afrika Selatan. Dia bertanggung jawab atas sebuah rumah persembunyian, tempat CIA menginterogasi Tobin Frost.

Frost merupakan seorang agen veteran yang diduga mengkhianati CIA. Ketika rumah persembunyian itu diserang oleh tentara bayaran, Weston melarikan diri dengan Frost.

Ketika tim pembunuh melacak mereka di seluruh Cape Town, Weston bertanya-tanya siapa yang harus dipercaya. Weston lantas membawa Frost ke rumah persembunyian yang baru. Di sana Weston menodongkan senjata kepada pengurus rumah tangga, Keller.

Keller (Joel Kinnaman) menyerang dan melukai Weston sebelum akhirnya terbunuh. Frost lantas mengungkapkan kepada Weston bahwa perangkat yang dia simpan berisi bukti korupsi dan penyuapan yang melibatkan CIA, MI6, dan badan intelijen lainnya.

3. Run All Night

Run All Night

Film Joel Kinnaman berikutnya mempertemukan sang aktor dengan aktor kawakan lain seperti Liam Neeson dan Ed Harris. Disutradarai oleh Jaume Collet-Serra, film ini bercerita tentang mantan pembunuh bayaran, Mafia Irlandia, yang melakukan pelarian dengan anak laki-lakinya setelah dia dipaksa membunuh anak dari seorang bos mafia.

Dihantui oleh masa lalunya, mantan pembunuh bayaran sekaligus Mafia Irlandia, Jimmy "The Gravedigger" Conlon, menjadi pemabuk yang pemarah. Putranya, Michael 'Mike' Conlon (Joel Kinnaman), berprofesi seorang sopir. Dia merupakan pensiunan petinju profesional yang menjadi mentor bagi anak-anak di sasana setempat.

Hubungan Mike dengan ayahnya sangat buruk sampai-sampai dia menolak memanggilnya ayah. Mike juga tak ingin Jimmy berhubungan dengan anak-anaknya. Hidup mereka berubah dramatis setelah berurusan dengan bos lama dan teman dekat Jimnmy, Shawn Maguire dan putranya, Danny.

4. Child 44

Child 44

Child 44 (2015) adalah film thriller misteri yang disutradarai oleh Daniel Espinosa. Ceritanya sendiri ditulis oleh Richard Price berdasarkan novel tahun 2008 dengan judul yang sama. Baik novel atau filmnya, terinspirasi dari kasus pembunuh berantai Soviet, Andrei Chikatilo.

Selama masa pemerintahan Stalin di Uni Soviet pada awal 1950-an, Agen Ministry of State Security (MGB) dan pahlawan perang, Leo Demidov, mengungkap serangkaian pembunuhan anak yang aneh dan brutal.

Pimpinan MGB menolak mengakui kematian itu sebagai pembunuhan, karena doktrin Soviet menyatakan bahwa hanya kapitalisme yang menciptakan pembunuh berantai.

Leo dan istrinya, Raisa, kemudian dituduh tidak setia terhadap negara karena menuntut kasus kematian anak lelaki dari salah satu rekan Leo yang tewas oleh pembunuh berantai.

Leo curiga, musuhnya di MGB yang ambisius dan tidak bermoral, Vasili Nikitin (Joel Kinnaman), ada di balik tuduhan tersebut. Akibatnya Leo direndahkan dan Raisa harus bekerja sebagai petugas kebersihan.

Leo tak bisa tinggal diam karena pembunuhan anak semakin banyak ditemukan di Volsk. Setelah Leo memberi tahu Raisa bahwa dia mencurigai seorang pembunuh berantai, Raisa memutuskan untuk membantu penyelidikannya. Mereka meyakinkan Nesterov dan istrinya, Inessa, bahwa kematian-kematian itu harus diselidiki sebagai pembunuhan berantai.

5. RoboCop

RoboCop

RoboCop (2014) adalah film superhero yang disutradarai oleh José Padilha. Film ini merupakan remake dari film RoboCop (1987) sekaligus film keempat dari franchise RoboCop secara keseluruhan.

Di sini Joel Kinnaman berperan sebagai karakter utama, Alex Murphy atau RoboCop. Berlatarkan tahun 2028, film ini bercerita tentang seorang detektif yang terluka parah dan berubah menjadi polisi cyborg.

Tahun 2028, OmniCorp merevolusi peperangan dengan memperkenalkan pasukan robot penjaga perdamaian yang mampu menjaga hukum dan ketertiban.

Dipimpin Raymond Sellars, perusahaan ini bergerak memasarkan teknologinya kepada penegak hukum. Namun, pengesahan UU Dreyfus, yang melarang penggunaan drone militer di Amerika Serikat, mencegah hal ini.

Sellars kemudian meminta Dr. Dennett Norton dan tim risetnya untuk mencari alternatif, dan hasilnya adalah polisi cyborg. Akan tetapi, hanya orang yang cukup stabil yang bisa diubah menjadi cyborg.

Pilihan pun jatuh pada seorang anggota polisi bernama Alex Murphy, yang terluka akibat ledakan bom saat bertugas menginvestigasi seorang bos di dunia kejahatan, Antoine Vallon.

Istri Murphy, Clara, menyetujui prosedur tersebut. Namun, Murphy yang menyadari perubahan dalam dirinya merasa frustasi dan melarikan diri.

Murphy meminta disuntik mati setelah mengetahui sebagian besar tubuhnya bukan lagi merupakan tubuh manusia. Namun, Norton berhasil meyakinkannya, terutama demi Clara dan putranya. Murphy pun bersiap menjalankan pelatihan tempur.

6. Suicide Squad

Suicide Squad

Suicide Swuad (2016) merupakan film berdasarkan karakter tim penjahat super atau anti-hero DC Comics. Film ini merupakan film ketiga dari DC Extended Universe (DSEU), yang bercerita tentang sebuah agen rahasia pemerintah yang dipimpin oleh Amanda Waller.

Waller merekrut para penjahat super yang dipenjara untuk menjalankan misi operasi gelap yang berbahaya. Misi tersebut bertujuan untuk menyelamatkan dunia dari ancaman yang kuat. Imbalannya untuk mereka adalah pengurangan hukuman.

Setelah kematian Superman, petugas intelijen Amanda Waller meyakinkan Pemerintah AS untuk membentuk Task Force X, yaitu sebuah tim penanggulangan penjahat dan penjahat super. Tim ini kelak akan digunakan untuk memerangi ancaman metahuman.

Mereka akan berada di bawah kendali Waller melalui bom yang ditanamkan di leher setiap penjahat, yang dapat diledakkan dari jarak jauh jika mereka mencoba memberontak atau melarikan diri. Bila berhasil, hukuman mereka akan diperpendek.

June Moone, seorang arkeolog Amerika, dirasuki oleh penyihir, Enchantress. Waller dapat mengendalikan Enchantress dengan merebut jantung magisnya, yang akan melukainya jika disentuh. Namun, Enchantress mengkhianati Waller dan menaklukkan Midway City lalu mengubah manusia menjadi monster.

Enchantress kemudian memanggil saudaranya, Incubus, untuk menghancurkan umat manusia. Task Force X pun ditugaskan untuk menghentikan Enchantress.

Task Force X terdiri atas enam narapidana dari lembaga pemasyarakatan Belle Reve, termasuk bawahan Waller, Kolonel Rick Flag (Joel Kinnaman), yang jatuh cinta pada Moone. Task Force X siap menjalankan tugas di bawah kepemimpinan Rick Flag.

7. The Informer

The Informer

The Informer (2019) adalah film thriller kriminal yang disutradarai oleh Andrea Di Stefano. Dalam film ini, Joel Kinnaman kembali dipercaya memimpin jalannya cerita sebagai karakter utama bernama Peter Koslow.

Peter Koslow dibebaskan lebih awal dari penjara dengan syarat harus menjadi informan untuk kantor lapangan FBI di New York City. Setelah berhasil masuk ke dalam organisasi kejahatan Polandia, dia harus memberikan bukti-bukti penting kepada Agen Khusus Wilcox, untuk mendakwa bos kejahatan Ryszard "The General" Klimek.

Koslow dibekali dengan kawat saat dia menyelundupkan sejumlah besar fentanil melalui kantor konsulat Polandia dengan maksud untuk dikirimkan kepada Jenderal. Namun, rekan Koslow, Staszek, mengetahui adanya pembeli potensial dan malah membelokkan rencana.

Saat bertemu dengan pembeli tersebut, Koslow dengan cepat mengetahui bahwa dia adalah petugas polisi yang menyamar. Ketegangan pun muncul ketika petugas tersebut berusaha menangkap Koslow. Bagaimana kelanjutan cerita Koslow dalam menyelesaikan tugasnya?

8. Easy Money

Easy Money

Easy Money (2010) merupakan film thriller kriminal Swedia yang disutradarai oleh Daniel Espinosa dalam debut penyutradaraannya. Film ini dibuat berdasarkan novel tahun 2006 dengan judul yang sama karya Jens Lapidus.

Di sini, Joel Kinnaman menjadi pemeran utama sebagai Johan "JW" Westlund. Dia adalah seorang pria miskin yang menjalani kehidupan ganda di daerah kelas atas.

Setelah bertemu dengan seorang gadis kaya, JW tertarik pada dunia kejahatan terorganisir dan mulai menjual kokain untuk membiayai gaya hidupnya yang mahal. JW berpura-pura sebagai stekare, dalam bahasa Swedia artinya gaya hidup memamerkan kekayaan.

JW menjalani kehidupan ganda dengan mengemudikan taksi secara ilegal untuk membiayai gaya hidupnya yang mahal. JW menjalin hubungan dengan gadis kelas atas bernama Sophie. Hal itu membawanya masuk ke dalam dunia kejahatan terorganisir.

Abdulkarim, pemilik bisnis taksi, menawari JW pekerjaan, yaitu membantunya memulai bisnis kokain. Kehidupan JW yang ‘banyak gaya’ itu kemudian berubah menjadi banyak masalah.

9. Easy Money II: Hard to Kill

Easy Money II: Hard to Kill

Film ini merupakan film kedua dari seri film Easy Money sekaligus sekuel dari film Easy Money (2010). Joel Kinnaman masih berperan sebagai JW, karakter utama film ini.

Melanjutkan cerita di film pertama, cerita film ini dimulai tiga tahun setelah JW menjalani hukuman atas kasus perdagangan narkoba dan bebas karena mendapatkan pembebasan bersyarat.

Orang tua dan mantan pacar JW, Sophie, memutuskan hubungan dengannya, tetapi ia tetap menjalin hubungan Mrado yang kini lumpuh. JW berencana mendapatkan keuntungan dari trading software yang dia kembangkan. Sayang, dia dikhianati oleh mitra bisnis dan mantan teman sekelasnya, Nippe.

Setelah menyerang Nippe, JW menghubungi Mrado. Mrado mengusulkan sebuah skema agar mereka bisa menjadi kaya: mereka akan menculik Misha Bladman, akuntan bos mafia Serbia, Radovan, dan menginterogasinya untuk mendapatkan uang yang dia simpan. JW menerima dan membantu Mrado melarikan diri dari penjara untuk menculik Bladman.

10. The Secrets We Keep

The Secrets We Keep

Film Joel Kinnaman berikutnya, The Secrets We Keep (2020) adalah sebuah film drama thriller karya sutradara Yuval Adler. Film ini bercerita tentang Maja Reid, seorang pengungsi Rumania yang masih dihantui oleh trauma pasca PD II sekalipun sudah memulai hidup baru bersama suaminya dan putra mereka.

Suatu hari Maja melihat seseorang yang diyakini sebagai mantan tentara Jerman. Maja kemudian membuntuti pria tersebut dan melihat dia sudah memiliki seorang istri dan dua anak.

Esok harinya, Maja berhasil mengelabuhinya dan menculiknya. Maja kemudian menceritakan hal tersebut dan traumanya di masa lalu kepada suaminya. Mereka lalu membawa pria tersebut ke sebuah ruangan bawah tanah lalu mengikatnya di kursi.

Maja menginterogasi pria itu yang mengaku bernama Thomas Steinmann dan orang Swiss, bukan tentara Jerman seperti yang dicurigai Maja. Thomas (Joel Kinnaman) berusaha melarikan diri setelah Maja bersikeras bahwa dirinya bernama Karl.

Esoknya polisi dan istri Thomas, Rachel, mencari pria tersebut. Lantas, benarkah Thomas adalah Karl? Atau mungkin Maja salah orang?

Kemampuan akting Joel Kinnaman dalam sepuluh film terbaiknya yang kami rekomendasikan tidak perlu diragukan. Walau sebagian besar filmnya ber-genre thriller, Joel selalu memberikan penampilan berbeda. Kalau penasaran, kamu bisa pilih satu di antara sepuluh film di atas sebagai tontonan di akhir pekan.  

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram