logo web

10 Film Mafia Romantis Terbaik untuk Ditonton

Ditulis oleh Sera Serinda A

Film bertema mafia tak selamanya hanya menyoroti aksi kriminal mendebarkan. Beberapa sineas berani menyampurkan elemen lain dalam film jenis ini, misalnya kisah romantis dari sang mafia yang membuat premi film menjadi semakin rumit sekaligus menarik.

Bila kamu menyukai perpaduan elemen ini, maka persiapkan diri untuk menonton rekomendasi film-film tersebut di akhir pekan ini. Showpoiler sudah membuat kompilasi film-film mafia romantis terbaik dengan kisah yang manis namun tetap mendebarkan. Berikut daftarnya:

Di tahun 1969, sebuah novel berjudul The Godfather karya Mario Puzo menarik perhatian sutradara Francis Ford untuk membuat versi filmnya. Akhirnya, di tahun 1972, film The Godfather bisa dinikmati oleh penggemarnya. Film yang menceritakan tentang dunia kriminal ini sukses besar hingga dua sekuelnya turut dirilis di tahun 1974 dan tahun 1990.

Vito Corleone atau yang dikenal dengan nama Don (Marlon Brando) adalah seorang bos kriminal juga kepala keluarga mafia terkenal Corleone di New York. Ia memiliki beberapa orang anak, namun putra bungsu Vito, Michael (Al Pacino) tidak tertarik dengan dunia atau bisnis yang Ayahnya jalankan.

Vito dikenal baik dengan semua orang yang menghormatinya namun sebaliknya, akan sangat kejam pada mereka yang berulah. Satu waktu, saingan Vito yang sangat kuat dan kerap melakukan aksi kriminal berbahaya meminta bantuan Vito untuk menjual narkoba. Mereka melakukannya karena ingin memanfaatkan pengaruh Vito di dunia kriminal.

Namun alih-alih menerima, Vito menolaknya dan memicu perseteruan sengit. Mau tidak mau Michael harus ikut turun tangan membela keluarganya saat penyerangan dimulai.

2. The Departed

Tahun Rilis 2006
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Leonardo DiCaprio Matt Damon Jack Nicholson
Selengkapnya →

Film ini saya rasa jadi film mahal untuk tahun 2006. Pasalnya, The Departed dibintangi banyak aktor Hollywood ternama seperti Leonardo DiCaprio hingga Mark Wahlberg dan diproduseri oleh si serba bisa Brad Pitt! 

Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) adalah seorang detektif muda dan ambisius yang menyamar dan direkrut oleh kepolisian untuk menyusup ke dalam organisasi kriminal Costello. Pada saat yang sama, hadirlah seorang pria bernama Colin Sullivan (Matt Damon) untuk bekerja di kepolisian. Colin adalah agen rahasia di kepolisian yang bekerja untuk Costello. 

Permainan kucing-kucingan yang berbahaya pun terjadi ketika Billy dan Colin mencoba untuk mengidentifikasi satu sama lain. Apa yang mereka khawatirkan pun terjadi, penyamaran keduanya mulai tercium. Ini membuat keduanya berusaha untuk tetap mempertahankan penyamaran mereka bagaimanapun caranya.

3. Baby Driver

Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ansel Elgort Jon Bernthal Jon Hamm Eiza González
Selengkapnya →

Film karya sutradara Edgar Wright yang satu ini setidaknya membutuhkan dua dekade untuk mengembangkan ceritanya. Saat film ini rilis, usaha Edgar tidak sia-sia karena film ini banyak menerima nominasi dan mendapatkan keuntungan total sebesar $ 226 juta dari hasil penayangannya di seluruh dunia.

Film ini sendiri menceritakan tentang seorang anggota muda dari geng kriminal yang mencari kebebasan hidup bersama sang kekasih. Cerita bermula dari keterlibatan Baby (Ansel Elgort) yang bekerja pada kelompok penjahat yang dipimpin Doc (Kevin Spacey).

Baby memiliki kelainan pada telinganya sehingga pendengarannya sangat peka. Selain itu, Baby juga dikenal sebagai sopir handal yang mampu menghindari kejaran polisi-polisi yang memburu komplotan penjahat Doc.

Sampai suatu ketika Baby bertemu Deborah (Lily James) dan jatuh cinta padanya. Ketika Baby memutuskan untuk resign dari pekerjaannya dan hidup normal bersama sang kekasih, Doc justru mengancam akan menghabisi orang-orang yang ia kasihi. Apa yang Baby akan lakukan demi melindungi orang yang ia sayang? Simak kisah penuhnya dalam film Baby Driver!

Diadaptasi dari kejadian nyata yang ditulis dalam novel berjudul Prince of Thieves, film yang digarap oleh Ben Affleck ini berhasil menjadi 10 film terbaik tahun 2010 oleh National Board of Review.

Di Boston, ada sebuah wilayah bernama Charlestown yang terkenal sarat akan kejahatan. Selain terkenal dengan dunia kriminalnya, tokoh-tokoh penjahat seperti Doug MacRay (Ben Affleck), James Coughlin (Jeremy Renner) dan teman-temannya sudah dikenal di seluruh wilayah sebagai perampok senjata yang sukses.

Satu waktu, mereka merencanakan sebuah misi perampokan bank dengan menyandera lebih dulu manajer bank bernama Claire (Rebecca Hall). Doug yang ditugaskan untuk mengawasi Claire malah jatuh hati dan mengembangkan ketertarikan romantis pada Claire. Doug merasa Claire adalah obatnya untuk lepas dari dunia kriminal.

Kalau sudah begini, mana ya yang kira-kira Doug pilih? Kehidupan pribadinya atau karir suksesnya di dunia kriminal?

5. Out of Sight

Tahun Rilis 1998
Genre , ,
Sutradara
Pemeran George Clooney Jennifer Lopez Ving Rhames
Selengkapnya →

Siapa yang bilang Jennifer Lopez hanya bisa menyanyi saja? Ia sudah banyak terlibat dalam banyak film loh! Mengejutkannya, Jennifer Lopez selalu memilih film aksi ketimbang genre film lainnya. Salah satunya adalah film komedi kriminal Amerika karya Steven Soderbergh berjudul Out of Sight yang diadaptasi dari novel tahun 1996 dengan judul yang sama karya Elmore Leonard.

Film yang banyak menerima nominasi Academy Award ini mengisahkan tentang seorang perampok bank profesional bernama Jack Foley (George Clooney) yang baru saja keluar dari penjara lewat bantuan temannya Buddy Bragg (Ving Rhames). Mereka berdua hendak melakukan sebuah aksi penipuan terbesar terakhir mereka, pencurian berlian.

Namun aksi tersebut tercium oleh Marsekal AS yakni Karen Sisco (Jennifer Lopez). Kejar-kejaran pun dimulai. Kocaknya, di tengah pengejaran itu, Karen dan Jack malah terjebak dalam hubungan romantis antara keduanya.

Meski demikian, Karen tetap harus menjalankan tugasnya untuk menangkap gerombolan Jack. The story eventually ends with Jack and Karen's planned meeting.

Johnny Depp sudah diakui sebagai aktor serba bisa. Tidak heran kalau dirinya selalu mendapat tawaran kerjasama dalam film berbagai genre; salah satunya action. Filmnya kali ini berjudul Public Enemies dimana dirinya berperan sebagai seorang perampok bank terampil di tahun 1930-an.

Selama tahun 1933, Amerika Serikat dihebohkan dengan banyaknya kasus perampokan bank yang rapi. Pelaku adalah John Dillinger (Johnny Depp) yang jadi incaran banyak pihak, termasuk FBI. Satu waktu, John berhasil ditangkap namun tak lama, ia berhasil melarikan diri, yang menyebabkan serangkaian perampokan bank kembali terjadi.

Agen FBI Melvin Purvis (Christian Bale) ditugaskan untuk menangkap John, dengan menggunakan metode pemberantasan kejahatan modern; namun tetap saja meskipun John berhasil tertangkap, namun ia selalu bisa meloloskan diri. Hingga satu waktu, John mulai ingin hidup normal bersama Billie (Marion Cotillard) namun usahanya itu butuh banyak pengorbanan yang harus John bayar.

7. Legend

Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Tom Hardy Emily Browning David Thewlis
Selengkapnya →

Menjadi film kelima karya sutradara Brian Helgeland, Legend mengisahkan tentang sepasang kembar kriminal yang memiliki karir mengerikan hingga keduanya dipenjara seumur hidup pada tahun 1969.

Film yang diadaptasi dari buku John Pearson yang berjudul The Profession of Violence: The Rise and Fall of the Kray Twins ini menggaet bintang ternama seperti Tom Hardy, hingga Emily Browning sebagai pemeran utama.

Reggie dan Ron Kray (Tom Hardy) merupakan duo kembar biang kriminal besar di London yang sulit untuk digapai oleh pihak berwajib manapun karena lihai dalam mengendalikan dunia ‘bawah tanah’. Aksi kriminal yang mereka lakukan ini berdampak besar hingga mengacaukan pernikahan Reggie dan istrinya.

Semua perbuatan mereka tersebut akhirnya membuat keduanya terlibat dengan Mafia Amerika. Kegiatan kriminal kakak beradik ini berujung pada pembunuhan, penangkapan, dan hukuman. 

8. How I Fell in Love with a Gangster

Tahun Rilis 2022
Genre ,
Sutradara
Pemeran Tomasz Włosok Agnieszka Grochowska Antoni Królikowski
Selengkapnya →

Banyak negara besar seperti Amerika, Inggris hingga yang paling terkenal, Rusia, sudah sering memproduksi film dengan premis 'gengster'. Nah, Polandia juga ternyata tidak mau ketinggalan nih untuk membuat film dengan tema tersebut. Salah satunya adalah film berjudul How I Fell in Love with a Gangster karya sutradara Maciej Kawulski.

Di Polandia, ada seorang gangster terkenal yang menguasai beberapa wilayah disana. Gangster itu bernama Nikodem Skotarczak atau yang dikenal dengan Nikos. Spesialisasi Nikos adalah penukaran uang besar-besaran. Meski terdengar kegiatan biasa saja, namun ia melakukannya secara ilegal karena uang yang ditukar merupakan hasil penjualan mobil curian dari Jerman.

Nikos pun terlibat dalam hubungan dengan banyak wanita. Hubungan ini pun jadi campur aduk dengan aksi kriminalnya. Sampai satu waktu, Nikos mengalami kejatuhan yang parah. Tak hanya soal bisnis ilegalnya saja, hubungan asmaranya dengan banyak wanita pun jadi semrawut.

Seluruh kisah Nikos tersebut diceritakan oleh seorang wanita yang sampai akhir film kita harus menebak kira-kira siapakah dirinya.

9. The Mexican

Tahun Rilis 2001
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Julia Roberts Brad Pitt
Selengkapnya →

Film asal Amerika yang disutradarai oleh Gore Verbinski ini menggaet dua bintang Hollywood paling bersinar saat itu yakni Brad Pitt dan Julia Roberts. Menelan biaya produksi sebanyak $ 57 juta, film ini mengisahkan tentang Jerry Welbach, seorang pria yang mencoba mengangkut senjata kuno bernama The Mexican, yang diyakini membawa kutukan, kembali ke seberang perbatasan.

Jerry Welbach (Brad Pitt) bekerja untuk bos mafia, Arnold Margolese (Gene Hackman). Satu kali, ia dikirim ke Meksiko untuk mengambil sebuah pistol antik bernama The Mexican. Namun hal ini malah membuat hubungannya dengan sang kekasih, Sam (Julia Roberts) jadi merenggang.

Jerry akhirnya mengetahui sejarah dari senjata itu yang dikabarkan memiliki kekuatan kutuk. Namun sayangnya, ia secara tidak sengaja menyeret Sam ke dalam situasi penyanderaan yang berhubungan dengan hutang masa lalu Jerry. Di tengah kekacauan itu, Jerry dan Sam mencoba untuk berdamai meski rasanya sulit dilakukan.

Butuh film erotis yang dikasih bumbu thriller? Maka 365 Days bisa jadi pilihan kalian. Film asal Polandia ini diambil dari rangkaian trilogi novel karya Blanka Lipińska dan menjadi salah satu film yang laris manis di Netflix Amerika Serikat meski menuai beragam ulasan negatif.

Kisahnya berpusat pada Laura (Anna-Maria Sieklucka), seorang wanita yang tanpa sengaja berurusan dengan pria yang memenjarakan dan memaksanya untuk jatuh cinta padanya selama 365 hari.

Laura (Anna-Maria Sieklucka) merupakan seorang direktur penjualan di sebuah hotel mewah. Meski terlihat sukses, ia memiliki hidup yang tak bergairah, khususnya dengan sang kekasih. Untuk menyelamatkan hubungannya yang diujung tanduk, Laura pun memutuskan untuk berlibur bersama sang kekasih dan teman-temannya ke Sisilia.

Sesampainya disana, Laura tak sengaja berurusan dengan bos muda dari keluarga Mafia terkenal di Sisilia bernama Massimo Torricelli (Michele Morrone). Segera, pria paling berbahaya di pulau Sisilia itu pun menculik Laura, menyekapnya, dan memberinya waktu 365 hari untuk jatuh cinta padanya.

Akankah Laura jatuh cinta pada pria ganas itu dan mendapat gairah yang ia inginkan dalam hidupnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram