logo web

10 Film Terbaik Melissa McCarthy, Aktris Spesialis Film Komedi

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Melissa Ann McCarthy adalah aktris, penulis naskah dan produser yang masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time di 2016. Lalu di tahun 2020, The New York Times menempatkannya di peringkat ke-22 dalam daftar 25 Greatest Actors of the 21st Century.

Memulai karir dengan tampil di televisi dan film di tahun 1990-an, Melissa telah terlibat dalam banyak film. Film-film terbaik yang dia bintangi, didominasi oleh genre komedi. Sang aktris seperti sudah mengkhususkan diri sebagai spesialis film komedi. Dari kerja kerasnya itu, Melissa sukses mendapatkan pengakuan dalam bentuk penghargaan-penghargaan bergengsi.

Setidaknya penampilan Melissa dalam sepuluh film berikut ini bisa membuktikan kualitasnya sebagai bintang besar. Apa saja film terbaiknya?

Baca juga: Butuh Hiburan? 10 Film Terbaik Kevin Hart Ini Boleh Dicoba!

1. Spy

Spy

Spy (2015) adalah film Melissa McCarthy yang mengantarkannya menjadi salah satu nominasi peraih Best Actress in a Motion Picture – Musical or Comedy di ajang Golden Globe Awards.

Disutradarai oleh Paul Feig, di sini Melissa berperan sebagai tokoh utama bernama Susan Cooper. Dia adalah seorang pegawai CIA yang masih single di usianya yang ke 40 tahun.

Susan bekerja dari belakang meja membantu agen lapangan Bradley Fine dalam sebuah misi. Suatu hari dirinya menerima informasi mengenai bom kimia yang akan meledak, yang bisa menyebabkan kerusakan massive.

CIA pun menugaskan Bradley dan Rick untuk menanganinya. Sayangnya, para pelaku sudah mengetahui identitas mereka, sehingga Susan pun menawarkan diri untuk turun ke lapangan. Mengetahui latar belakang Susan, banyak pihak menolak ide tersebut, terutama karena dia dikenal sebagai pribadi yang kerap bertingkah konyol.

Akan tetapi, karena tak punya pilihan lain, Susan pun ditugaskan menangani kasus tersebut. Setelah mendapatkan pelatihan dasar, Susan mulai beraksi. Lantas bisakah Susan yang tak punya pengalaman di lapangan menggagalkan teror bom tersebut?

2. The Little Mermaid

The Little Mermaid

The Little Mermaid (2023) merupakan sebuah film fantasi musikal yang dibuat berdasarkan film animasi Disney tahun 1989. Ceritanya sendiri adalah hasil adaptasi sebuah dongeng karya Hans Christian Andersen tahun 1837 dengan judul yang sama.

Film ini bercerita tentang sosok mermaid, putri bungsu Raja Triton bernama Ariel yang sangat tertarik dan terpesona dengan dunia manusia. Sayangnya, ketertarikan Ariel mendapat larangan keras dari ayahnya sebab di masa lalu ibu Ariel tewas oleh bangsa manusia.

Hari itu sebuah badai menghempas kapal yang ditumpangi Pangeran Eric dan orang-orang kerajaan. Ariel yang melihat kejadian itu berusaha menyelamatkan Eric. Raja Triton yang mengetahuinya sangat marah. Dalam keadaan bersedih Ariel didekati dua belut moray.

Mereka memperkenalkannya pada Ursula (Melissa McCarthy), yaitu adik perempuan Triton yang dibuang dari Atlantis, dan menjadi penyihir laut yang licik serta berbahaya.

Ursula bisa mengubah Ariel menjadi manusia secara permanen dengan syarat Ariel harus menerima ciuman cinta sejati dari lelaki itu. Ursula sengaja “membantu” Ariel karena punya niat terselubung.

3. Ghostbusters

Ghostbusters

Melissa McCarthy pernah bermain dalam film komedi supranatural yang disutradarai oleh Paul Feig berjudul Ghostbusters (2016). Di sini kamu akan melihat Melissa berakting sebagai Dr. Abigail L. "Abby" Yates, satu dari empat wanita eksentrik yang tertarik pada parapsikologi dan memulai bisnis penangkapan hantu di New York.

Abby dan sahabatnya, Erin Gilbert, menulis sebuah buku yang merinci investigasi mereka terhadap paranormal sejak SMA. Namun, hanya Abby yang tertarik melanjutkan penelitiannya hingga dia bertemu dan bermitra dengan seorang ahli fisika teknik bernama Jillian Holtzman.

Suatu ketika, keberadaan hantu jahat berhasil mengembalikan kepercayaan Erin terhadap hal-hal gaib. Erin pun bergabung dengan Abby dan Jillian. Bermodal peralatan curian, mereka mendirikan markas sementara dan menamai diri dengan sebutan Conductors of the Metaphysical Examination.

Perjalanan mereka sebagai ‘pemburu hantu’ pun dimulai dengan kasus pertama. Setelahnya mereka juga mulai mengiklankan layanan memburu hantu menggunakan nama Ghostbusters.

4. Bridesmaids

Bridesmaids

Film Melissa McCarthy berikutnya masih ber-genre komedi dan masih juga disutradarai oleh Paul Feig. Berjudul Bridesmaid (2011) film ini bercerita tentang serangkaian kemalangan yang menimpa Annie setelah diminta menjadi pengiring pengantin oleh sahabatnya, Lillian.

Di sini Melissa berperan sebagai Megan Price, saudara perempuan tunangan Lillian yang bermulut kasar tapi ramah. Annie Walker adalah wanita lajang kurang beruntung, yang suatu hari diminta sahabatnya, Lillian, untuk jadi pendamping di pesta pertunangannya dengan Doug.

Di pesta, Annie bertemu pendamping Lillian lainnya, antara lain Rita, Becca, Megan, dan Helen yang merupakan istri dari bos Doug yang kaya dan sombong. Annie dan Helen kemudian saling cemburu pada persahabatan satu sama lain dengan Lillian.

Pada perjalanan ke Las Vegas untuk mengadakan bachelorette party yang digagas Helen, Annie terpaksa naik pesawat ekonomi karena tak mampu beli tiket kelas satu dan terlalu gengsi untuk dibiayai.

Sejak itu Annie membuat kekacauan yang berujung pada rusaknya persahabatan antara dirinya dan Lillian. Kira-kira bisakah mereka kembali berdamai?

5. St. Vincent

St. Vincent

St. Vincent (2014) merupakan film drama komedi yang dibintangi Bill Murray, Melissa McCarthy, Jaeden Lieberher, Naomi Watts dan beberapa aktor lain. Filmnya bercerita tentang Vincent MacKenna, seorang pensiunan yang pemarah, pecandu alkohol, perokok dan kerap berjudi. Istrinya, Sandy, menderita Alzheimer dan tidak lagi bisa mengenalinya.

Menyiasati agar tetap bisa menemui Sandy, Vincent menyamar jadi dokter. Vincent tak punya teman, kecuali seekor anjing dan seorang PSK asal Rusia yang sedang hamil bernama Daka.

Suatu hari Vincent kedatangan tetangga baru, Maggie Bronstein (Melissa McCarthy). Dia adalah seorang teknisi radiologi yang sedang dalam proses cerai. Putranya, Oliver, yang di-bully di sekolah, dengan mudah menjadi teman Vincent.

Namun, pertemanan itu membuat Maggie khawatir karena Vincent yang terlibat banyak masalah bisa merugikannya dalam proses perebutan hak asuh anak. Walau begitu, kebaikan Vincent tetap membekas di hati Oliver. Pada proyek sekolah bertajuk Saints Among Us, Oliver pun dengan bangga memilih Vincent.

6. The Heat

The Heat

The Heat (2013), film comedy action karya sutradara Paul Feig kembali mempercayakan Melissa McCarthy sebagai salah satu pemerannya. Kali ini Melissa beradu akting dengan Sandra Bullock, dan chemistry keduanya mendapat pujian dari para kritikus.

Ceritanya mengikuti kehidupan seorang agen khusus FBI, Sarah Ashburn, yang sombong sehingga tidak disukai rekan-rekannya. Sarah kemudian ditugaskan ke Boston untuk sebuah misi. Di sana dia bertemu seorang detektif bernama Shannon Mullins (Melissa McCarthy) yang terampil tetapi pemarah dan kasar.

Hari itu Sarah dan Shannon sukses memasang alat penyadap di ponsel seorang manajer klub malam. Tujuan mereka adalah untuk mendapat informasi tentang gembong narkoba bernama Simon Larkin. Saat menyelidikinya, mereka bertemu dengan agen khusus DEA, Craig dan Adam, yang telah menangani kasus Larkin sejak lama.

Dari video milik dua agen itu, Saran dan Mullins menemukan fakta bahwa saudara lelaki Mullins, Jason, yang baru dibebaskan dari penjara, ternyata punya hubungan dengan Larkin. Apakah Mullins dapat berlaku profesional atas kasus ini?

7. This Is 40

This Is 40
Tahun Rilis 2012
Genre ,
Sutradara
Pemeran Paul Rudd Leslie Mann

Film Melissa McCarthy berikutnya, This Is 40 (2012), masih ber-genre comedy drama yang kali ini disutradarai oleh Judd Apatow. Film ini ‘semacam’ sekuel dari film Knocked Up (2007) yang berpusat pada pasangan suami-istri, Pete dan Debbi, yang menjalani hubungan penuh tekanan, lebih-lebih saat mereka sama-sama menginjak usia 40 tahun.

Kondisi rumah tangga yang kacau membuat Debbi berpikir untuk memperbaiki pernikahan melalui olahraga. Namun, di saat bersamaan Debbi merahasiakan kehamilannya dari Pete.

Belum selesai di sana, Debbi dan Pete dibuat pusing dengan dua putri mereka, Sadie dan Charlotte, yang terus bertengkar. Di pesta ulang tahun Pete ke-40, keduanya kembali berselisih tentang uang.

Ketika Debbie dan ayahnya berdebat, Pete akhirnya tahu kalau istrinya itu tengah hamil. Alih-alih senang, Pete terkejut dan marah sembari pergi meninggalkan rumah.

Dengan semua masalah dan kesalahpahaman yang terjadi, bisakah rumah tangga mereka selamat? Dalam film ini Melissa McCarthy berperan sebagai ibu dari Joseph yang kerap mengejek Sadie di meida sosial bernama Catherine.

8. Identity Thief

Identity Thief

Identity Thief (2013) adalah American road comedy film yang disutradarai oleh Seth Gordon dengan naskah yang ditulis oleh Craig Mazin. Di sini Melissa McCarthy berperan sebagai seorang penipu asal Florida bernama Diana.

Diana berhasil menipu Sandy Patterson yang membeli phony identity theft protection darinya. Petaka dimulai ketika Sandy tidak bisa menggunakan kartu kreditnya. Dia juga dituduh menghabiskan ribuan dolar di Florida.

Detektif Reilly menyatakan bahwa seorang wanita bernama Diana telah mencuri identitas Sandy. Masalah bertambah runyam ketika nama Sandy digunakan untuk bertransaksi narkoba. Atas saran Reilly, Sandy berhasil menemukan Diana.

Sandy kemudian memberi tahu Diana tentang rencananya untuk memulihkan reputasinya. Diana setuju membantu dan mereka pun memulai perjalanan serta melalui banyak hal bersama. Setibanya di rumah, Sandy memutuskan tidak akan menyerahkan Diana ke polisi meskipun dia bisa kehilangan pekerjaannya.

Esok harinya, Sandy menghilang dan meninggalkan catatan berisi permintaan maaf. Kemana Sandy menghilang kali ini? Bagaimana nasib Sandy selanjutnya?

9. Can You Ever Forgive Me?

Can You Ever Forgive Me?

Setelah ‘kenyang’ dengan rekomendasi cerita komedi, film Melissa McCarthy berikutnya ber-genre biografi berdasarkan memoar pengakuan karya Lee Israel. Di sini Melissa McCarthy berperan sebagai Lee Israel itu sendiri.

Ceritanya berfokus pada upaya Lee untuk merevitalisasi karir menulisnya yang gagal dengan memalsukan surat dari para penulis dan playwrights yang telah meninggal.

Tahun 1991, setelah gagal dengan biografi Estée Lauder, Lee Israel berjuang dengan masalah keuangan, writer’s block, dan kecanduan alkohol. Situasi diperparah karena agennya, Marjorie, menolak ide Lee yang ingin menulis biografi tentang komedian Fanny Brice.

Dia juga tidak dapat memberikan uang muka untuk buku baru. Alhasil, Lee bertahan hidup dengan menjual harta bendanya. Dia menjual surat pribadi yang diterima dari Katharine Hepburn.

Sejak itu Lee mulai memanipulasi surat-surat dari penulis atau selebritas yang sudah meninggal dengan harga relative tinggi. Hingga suatu hari, perbuatan Lee mulai terbongkar ketika salah satu dari teman penulis yang telah meninggal 20 tahun lalu mengenali ada yang ganjil dari tulisan yang dijual olehnya.

10. The Nines

The Nines

Rekomendasi film Melissa McCarthy berikutnya berjudul The Nines (2007). Film ber-genre science fiction psychological thriller ini disutradarai dan ditulis oleh John August.

Cerita dibagi menjadi tiga bab; semuanya berpusat pada tiga orang pria bernama Gary, Gavin dan Gabriel, yang semuanya diperankan oleh Ryan Reynolds, yang mencoba mengungkap rahasia tentang kejadian aneh.

Melissa McCarthy berperan sebagai Margaret yang juga punya tiga peran berbeda; Margaret sebagai PR Gary, Margaret sebagai dirinya sendiri atau aktris di acara TV Gavin, dan Margaret sebagai Mary, istri Gabriel.

Bagian satu menampilkan Gary sebagai aktor bermasalah yang membakar rumahnya sendiri. Selama menjadi tahanan rumah, dia berteman dengan Margaret. Gary merasa dihantui oleh angka 9.

Bagian kedua menampilkan Gavin, seorang penulis televisi yang salah satu acaranya dibintangi oleh Melisa McCarthy.

Dalam sebuah percakapan, Susan, seorang eksekutif televisi meminta Gavin mencari angka sembilan. Selama masa produksi Susan mendorong Gavin untuk membuang sosok Melissa. Keributan terjadi dan Gavin melihat angka 9 di atas kepalanya.

Bagian ketiga menampilkan Gabriel, seorang perancang video game terkenal yang sudah menikah dengan Mary dan memiliki putri bernama Noelle. Hari itu Noelle menonton sebuah video yang ada di kamera dan melihat sosok Gavin dan Melissa serta Gary dan Margaret.

Di antara tiga bagian ini, ada seseorang bernama Sarah, Sierra dan Susan, yang mencoba memisahkannya dari Mary, Melissa dan Margaret. Sosok itu mencoba menyadarkan bahwa semua kehidupan ini tidak nyata; bahwa karakter yang muncul berulang sebenarnya tengah membantu Gary, Gavin dan Gabriel untuk mengingat bahwa dirinya bukan manusia, melainkan Tuhan.

Seperti para dokter spesialis, Melissa McCarthy adalah spesialis film-film lucu dan menghibur. Meski begitu, bukan berarti sang aktris tak pernah bermain dalam film yang serius. Kira-kira film ‘serius’ apa darinya yang jadi favoritmu? Atau kamu lebih suka dia tampil dalam film komedi?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram