logo web

10 Film Terbaik Michelle Rodriguez, Aktris Laga Berdarah Latin

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Aktris kelahiran San Antonio pada 12 Juli 1978 ini termasuk sedikit dari segelintir pemeran yang beruntung di awal karirnya. Bagaimana tidak, gadis yang lulus setelah pindah SMA sampai lima kali ini langsung mendapat peran utama di film debutnya.

Wanita yang memiliki garis keturunan Dominika dan Puerto Riko ini berhasil menyisihkan 350 gadis lainnya yang mengikuti audisi film Girlfight (2000). Padahal ini adalah audisi pertama kali baginya.

Darah Latin yang dimilikinya membuat Michelle Rodriguez sering membawakan karakter wanita Latin. Sering bermain di film-film action, menjadikan dirinya sebagai salah satu aktris laga papan atas Hollywood. Mau tahu film-film terbaik yang dibintanginya? Langsung simak artikel berikut, ya!

1. Avatar

Michelle Rodriguez_Avatar (Copy)

Di abad ke-22, manusia melakukan invasi ke Pandora, sebuah planet di Galaksi Alpha Centauri. Demi menambang unobtanium, bangsa Na’vi yang menghuni planet tersebut digusur dan dijajah.

Namun bangsa ksatria ini menemukan pejuangnya justru dari manusia yang berubah menjadi avatar-nya. Dan perlawanan pun mereka bangkitkan.

Di film epic sci-fi karya James Cameron yang menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa ini, Michelle Rodriguez berperan sebagai Trudy, seorang pilot tempur yang bekerja di Program Avatar.

Dia memiliki hati mulia dan berjiwa ksatria dengan membantu Jake untuk membela bangsa Na’vi melawan pasukan pimpinan Kolonel Miles.

2. Widows

Michelle Rodriguez_Widows (Copy)

Tiga orang wanita yang belum pernah bertemu sebelumnya merencanakan sebuah pencurian di rumah seorang politisi.

Mereka melakukannya karena mendapat ancaman dari pihak yang uangnya telah dicuri oleh para suami mereka yang tewas dalam aksi pencurian sebelumnya. Terhimpit oleh kesulitan ekonomi, mereka menyetujui ide tersebut.

Film heist thriller dengan gaya neo-noir karya Steve McQueen ini memang bukanlah film pencurian biasa. Jalinan cerita yang dirajut menghadirkan banyak twist dan penggalian karakter yang dalam. Michelle Rodriguez memerankan Linda yang tokonya ditutup karena hutang judi mendiang suaminya.

Dia larut dalam antusiasme aksi pencurian yang baru pertama kali ini dia lakukan. Performa Michelle Rodriguez sangat apik di film ini. Dia berhasil menampilkan guratan rasa kecewa di wajahnya dan bayangan himpitan hidup yang siap menghampirinya apabila dia tidak melakukan aksi ini.

Dalam sebuah adegan dimana Linda berusaha mencari tahu keberadaan seorang arsitek, dia berhasil menampilkan perasaan luka seorang janda yang baru saja ditinggal pergi oleh suaminya untuk selamanya.

3. Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves

Michelle Rodriguez_Dungeon & Dragons (Copy)

Holga dan Edgin melarikan diri dari penjara dan bermaksud mencari keberadaan Kira, putri Edgin. Selagi mereka menjadi buronan, Holga dan Edgin terkejut menemukan fakta bahwa sebenarnya mereka telah dikhianati oleh Forge di aksi pencurian yang membuat mereka ditangkap.

Bersama dua rekan lagi, mereka berpetualang mengumpulkan kekuatan untuk menjatuhkan Forge dari tahtanya. Film komedi petualangan di dunia fantasi yang merupakan adaptasi dari permainan populer ini memang memiliki unsur hiburan yang maksimal.

Selain ceritanya yang menarik dan mudah untuk diikuti, adegan aksi serta efek visualnya juga mengagumkan. Ditambah lagi dengan selera humor yang mampu memancing tawa. Sebagai sosok wanita barbarian, Holga Kilgore, Michelle Rodriguez tampil gagah dan tangkas dalam berkelahi.

Tidak ada yang bisa mengalahkannya dalam pertarungan, meski lawannya memiliki senjata yang lebih kuat. Dia tewas terkena belati terkutuk milik Sofina. Namun dengan berbesar hati, Edgin menghidupkannya kembali dengan menggunakan Tablet of Reawakening.

4. Girlfight

Michelle Rodriguez_Girlfight (Copy)

Diana adalah gadis remaja yang penuh amarah dan bermasalah di sekolah karena sering berkelahi. Dia tertarik dengan tinju setelah menemani kakaknya berlatih di sebuah sasana milik Hector. Tanpa sepengetahuan ayahnya, Diana mencuri uang agar bisa membayar Hector untuk melatihnya menjadi seorang petinju profesional.

Di film drama tentang tinju ini, Michelle Rodriguez memerankan karakter utama, Diana Guzman. Meski dia belum pernah memiliki pengalaman berakting sebelumnya, ia mengejutkan banyak pihak dengan performanya.

Ia kemudian menuai pujian dan penghargaan, salah satunya adalah Best Debut Performance dari Independent Spirit Awards.

5. Furious 7

Michelle Rodriguez_Furious 7 (Copy)

Dom masih berupaya menyegarkan ingatan Letty yang hilang akibat kecelakaan fatal yang pernah terjadi padanya. Namun ketika Deckard mulai menebar ancaman dan membunuh Han, Dom dan timnya tidak bisa tinggal diam dan berencana membalaskan dendam.

Hal ini mereka lakukan sembari menjalani tugas untuk menghentikan aksi teroris yang hendak melakukan sabotase pada sebuah program.

Michelle Rodriguez memerankan Letty sejak film pertamanya, The Fast and the Furious (2001). Dia hadir kembali di Fast & Furious (2009) yang dikabarkan tewas dalam sebuah kecelakaan. Letty muncul kembali di Fast & Furious 6 (2013) menjadi lawan Dom karena dia bekerja untuk Owen.

Rupanya Letty mengalami amnesia setelah kecelakaan tersebut dan dijadikan anak buah oleh Owen dalam aksi terornya. Sejak itu, Michelle Rodriguez selalu hadir di film-film selanjutnya, yaitu di Furious 7 (2015), The Fate of the Furious (2017), dan F9: The Fast Saga (2021).

Bisa dipastikan dia akan terus menemani Dom beraksi di dua film terakhir sebagai penutup franchise tentang dunia balapan dan kriminal ini.

6. Machete

Michelle Rodriguez_Machete (Copy)

Merasa telah dijebak dan dikhianati oleh Rogelio, Machete membalaskan dendam atas kematian istrinya. Dibantu oleh pergerakan imigran gelap pimpinan Luz, Machete juga bermaksud menyelamatkan Sartana dari genggaman Rogelio. Sartana adalah agen federal yang membuat Machete jatuh cinta.

Film exploitation action karya Robert Rodriguez ini memang terlihat norak, berantakan, kasar dan dangkal. Namun memang elemen inilah yang menjadi keunikan film yang dibintangi oleh Danny Trejo ini.

Michelle Rodriguez sendiri berperan sebagai Luz, pemimpin gerakan imigran gelap yang membantu Machete membalaskan dendamnya, karena mereka memiliki musuh yang sama. Michelle Rodriguez melanjutkan perannya ini di film sekuelnya, Machete Kills (2013) yang gagal menyamai pencapaian film pertamanya.

7. Blue Crush

Michelle Rodriguez_Blue Crush (Copy)

Hidup di wilayah Pantai Utara Hawaii, tiga sahabat selalu merajut mimpi untuk menjadi peselancar profesional. Kendala biaya adalah hal yang harus mereka tanggulangi. Namun mereka menjalani hidup dengan gembira dan menanti kesempatan itu terbuka.

Ketika perlombaan dengan sponsor internasional menghapiri wilayah mereka, Anne Marie nekat untuk maju meskipun kompetisi ini terlalu berbahaya.

Film tentang surfing karya John Stockwell ini mengambil inspirasinya dari sebuah artikel di majalah Outside. Michelle Rodriguez berperan sebagai Eden, sahabat Anne Marie yang membantu melatihnya menuju persiapan kompetisi.

Eden juga sempat bersikap keras kepada Anne Marie yang menjalin hubungan cinta dengan atlet football, karena bisa merusak konsentrasi persiapannya. Film tentang arti persahabatan ini menyajikan banyak aksi surfing dengan penempatan kamera yang membuat kita seolah ikut berselancar bersama karakternya.

8. Crisis

Michelle Rodriguez_Crisis (Copy)

Film karya Nicholas Jarecki ini menceritakan sebuah konspirasi penyebaran virus secara sengaja. Tiga karakter yang tidak saling mengenal, ahli riset Dr. Tyrone, agen DEA Jake dan ibu yang mencari pembunuh putrinya, Claire, saling bersinggungan di dalam alur cerita dan berusaha menuntaskan tugas individu dalam situasi genting ini.

Di tengah banyaknya pemeran populer yang memenuhi film ini, Michelle Rodriguez membawakan karakter Garrett, supervisor DEA dalam kasus yang ditangani oleh Jake.

Meskipun performanya cukup bagus, namun karakternya tidak mendapat kesempatan untuk tampil lebih banyak di dalam film. Perannya seolah hanya pelengkap saja.

9. Battle in Seattle

Michelle Rodriguez_Battle in Seattle (Copy)

World Trade Organization melakukan pertemuan di kota Seattle pada tahun 1999. Ribuan pengunjuk rasa datang dari berbagai arah dan mendekati gedung pertemuan. Pihak keamanan sudah sebiasa mungkin untuk menghalau rombongan ini, namun kerusuhan pun tetap pecah karena ada oknum yang memang menginginkan adanya pertikaian.

Di film action thriller bertema politik karya Stuart Townsend ini, Michelle Rodriguez berperan sebagai Lou, salah satu simpatisan unjuk rasa. Dalam kerusuhan, dia dibawa oleh sekelompok polisi ke kantor untuk ditahan sementara.

Tapi karena fokus ceritanya lebih kepada peristiwa kerusuhan, maka banyak karakter di dalamnya tidak berhasil dikembangkan lebih jauh, termasuk Lou.

10. S.W.A.T.

Michelle Rodriguez_SWAT (Copy)

Sersan Hondo diminta oleh atasannya untuk membentuk tim SWAT yang akan ditugaskan di misi-misi berbahaya. Salah satu tugas mereka adalah mengawal perpindahan tahanan elit, gembong narkoba Alexander Montiel.

Namun Montiel membuat pernyataan di depan publik bahwa siapa saja yang bisa membebaskannya akan mendapat hadiah sebesar $100 juta. Tentu saja berita ini memicu gelombang serangan dari berbagai kelompok penjahat bersenjata yang menghalangi perjalanan tim SWAT.

Michelle Rodriguez berperan sebagai Officer Chris yang merupakan satu-satunya anggota wanita di dalam tim. Tapi aksinya tidak berbeda dengan rekan-rekannya, dia juga berjibaku menghalau serangan musuh dengan sekuat tenaga.

Itulah 10 film terbaik yang dibintangi oleh Michelle Rodriguez. Masih menyimpan dua film lagi yang akan dijalaninya di dalam franchise Fast & Furious, membuat kita akan selalu menunggu aksi dari wanita tangguh ini.

Selain itu, karena kesuksesan Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves, kemungkinan besar film sekuel akan disiapkan dan dia kembali memerankan Holga.

Meski hampir dipastikan film-film yang dibintanginya bergenre action, namun di beberapa film terbarunya, Michelle Rodriguez cukup berhasil menyuntikkan talenta aktingnya lebih dalam pada karakternya, seperti yang dia tampilkan di film Widows (2018).

Semoga karirnya tetap berada di atas dengan film-film yang bagus. Dan kita akan selalu setia menyaksikan aksi demi aksi terbarunya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram