logo web

10 Film Olivia Wilde, Penampilan Aktris & Filmmaker Berbakat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Olivia Wilde dikenal sebagai aktris sekaligus filmmaker asal Amerika Serikat yang terkenal melalui serial televisi bertajuk House (2007-2012). Di industri film, namanya mulai banyak mendapat perhatian setelah terlibat dalam film Conversations with Other Women (2005), Alpha Dog (2007) dan Tron: Legacy (2010).

Seolah tak puas dengan karir aktingnya di perfilman, Olivia Wilde melebarkan sayapnya ke pertunjukan Broadway di tahun 2017. Dua tahun setelahnya, sang aktris mulai menyutradarai film pertamanya dan langsung mendapat pujian.

Selebritas kelahiran 1984 ini hingga sekarang sudah mengoleksi puluhan film. Sepuluh di antaranya tawarkan cerita sangat menarik. Apa sajakah itu?

Baca juga: 10 Film Terbaik yang Diperankan oleh James McAvoy

1. Rush

Rush

Rush (2013) adalah film biografi olahraga yang memotret persaingan antara dua pembalap Formula One, James Hunt dengan Niki Lauda pada musim balap motor tahun 1976.

James Hunt dan Niki Lauda merupakan dua pembalap mobil luar biasa dengan kepribadian berbeda. Mereka bersaing secara sengit untuk pertama kalinya pada Formula Three di London tahun 1970.

Pada pertemuan pertama mereka, perlombaan dimenangkan oleh Hunt. Kemenangan Lauda terjadi ketika dirinya bergabung dengan Scuderia Ferrari bersama Regazzoni pada tahun 1975.

Pada masa itu Hunt berhasil bergabung dengan tim McLaren dan menikah dengan supermodel Suzy Miller (Olivia Wilde).

2. The Next Three Days

The Next Three Days

The Next Three Days (2010) adalah sebuah sajian thriller action karya Paul Haggis serta dibintangi oleh Russell Crowe dan Elizabeth Banks. Film ini merupakan karya remake dari film asal Prancis tahun 2008 berjudul Pour elle karya Fred Cavayé dan Guillaume Lemans.

Ceritanya sendiri berputar di sekitar kehidupan Lara Brennan yang dijatuhi hukuman seumur hidup karena kasus pembunuhan. Sang suami, John, harus menerima bahwa upaya banding yang diajukannya gagal. Pengacara mendesaknya untuk menerima bukti yang memberatkan Lara.

John kemudian bicara dengan mantan napi, Damon Pennington, yang menulis buku tentang tujuh pelarian dari penjara. Dia lantas mulai melakukan persiapan yang diperlukan selama tiga bulan selanjutnya. Apa saja persiapan itu?

3. Richard Jewell

Richard Jewell

Film Olivia Wilde berjudul Richard Jewell (2019) merupakan film drama biografi karya sutradara Clint Eastwood. Film ini dibuat berdasarkan artikel Vanity Fair tahun 1997 bertajuk American Nightmare: The Ballad of Richard Jewell karya Marie Brenner serta buku The Suspect: An Olympic Bombing, the FBI, the Media, and Richard Jewell, the Man Caught in the Middle karya Kent Alexander and Kevin Salwe.

Fokus cerita film ini ada pada sosok Richard Jewell yang menemukan sebuah paket misterius di venue sebuah konser. Ketika dirinya disebut sebagai pahlawan, agen FBI bernama Tom Shaw mencurigainya.

Tom kemudian didatangi Kathy Scruggs (Olivia Wilde) dari Atlanta-Journal Constitution. Tulisan Kathy tentang kecurigaan Tom itu segera mendapat perhatian publik internasional. Dari sana lah masalah timbul, dan kecurigaan itu membawanya ke dalam petualangan seru.

4. Tron: Legacy

Tron: Legacy

Film Olivia Wilde berikutnya, Tron: Legacy (2010) adalah tontonan ber-genre sci-fi action yang merupakan karya debut penyutradaraan bagi Joseph Kosinski.

Film ini bercerita tentang Kevin Flynn, CEO ENCOM International, yang menghilang. Dua puluh tahun kemudian, Sam, putra Kevin, menjadi pemegang saham utama ENCOM. Dia merilis sistem operasi khas perusahaan secara online dan gratis.

Alan Bradley, teman lama Kevin menunjukkan sebuah pesan pager yang berasal dari video arcade milik Kevin yang telah ditutup. Di sana Sam menemukan ruang bawah tanah yang tiba-tiba mengunduhnya ke dalam Grid atau sebuah realitas virtual yang diciptakan oleh Kevin. Di sini Olivia Wilde berperan sebagai Quorra, yaitu sebuah algoritma isomorfis, pejuang yang hebat, sekaligus orang kepercayaan Kevin.

5. In Time

In Time

Tahun 2169 manusia direkayasa secara genetis untuk berhenti menua pada ulang tahun ke-25 mereka. Setiap orang punya pengatur waktu di lengan bawah mereka yang menunjukkan sisa waktu yang dimiliki.

Ketika petunjuk waktu memperlihatkan angka ‘0’, orang tersebut berarti kehabisan waktu dan mati seketika. Waktu pun menjadi semacam mata uang yang bisa ditransfer atau disimpan.

Manusia pun dibagi menjadi dua kelas: Dayton hanya memiliki waktu lebih dari 24 jam, sedangkan New Greenwich berisi orang-orang kaya yang mudah saja menjadi abadi.

Will dan ibunya, Rachel (Olivia Wilde), tinggal di Dayton. Suatu hari Rachel meninggal di pelukan Will karena kehabisan waktu. Sejak itu Will berusaha menyerang sistem waktu tersebut.

6. The Words

The Words

Clayton Hammond sedang membaca buku baru berjudul The Words. Buku tersebut berpusat pada karakter Rory Jansen, seorang penulis yang tinggal bersama pacarnya, Dora.

Setelah tinggal bersama beberapa lama, Rory dan Dora menikah. Setelah naskahnya ditolak untuk ke sekian kali, Rory menemukan sebuah naskah tua di dalam tas antik pemberian istrinya.

Naskah itu ditulis dengan sangat baik. Dora kemudian menemukan naskah tersebut dan mengira kalau itu adalah karya Rory. Dia lantas meyakinkan Rory untuk mengirim naskah tua itu pada Josep Cutler agar diterbitkan. Si naskah tua tadi pun benar-benar diterbitkan dan sukses.

Untuk bisa menikmati penampilan Olivia, kamu bisa menunggu Olivia muncul sebagai seorang mahasiswi dan penulis amatir bernama Daniella.

7. Alpha Dog

Alpha Dog

Film Olivia Wilde berikutnya, Alpha Dog (2006) adalah film drama kriminal karya Nick Cassavetes. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah peristiwa nyata yang memilukan, yaitu penculikan dan pembunuhan Nicholas Markowitz pada tahun 2000.

Tahun 1999, Johnny Truelove bekerja sebagai pengedar narkoba sambil mencari nafkah di San Gabriel Valley. Salah satu pelanggan Johnny, bernama Jake, berutang padanya hingga mereka terlibat perkelahian. Buntut dari perkelahian itu membuat Jake membobol rumah Johnny.

Saat akan membalas, Johnny tidak menemukan Jake, tetapi melihat adik Jake, Zack, di pinggir jalan. Johnny dan geng pun menculiknya sebagai sandera. Dalam film ini kamu akan melihat Olivia Wilde berakting sebagai Angela Holden, kekasih Johnny.

8. People Like Us

People Like Us

People Like Us (2012) merupakan karya debut sutradara Alex Kurtzman. Dia menulis naskahnya bersama Roberto Orci dan Jody Lambert. Dalam film ini Olivia Wilde berperan sebagai Hannah, kekasih Chris Pine yang memerankan karakter bernama Sam Harper.

Sam adalah corporate trader yang tengah mengalami kesulitan karena mungkin telah melanggar hukum federal. Di tengah kondisi tidak stabil, Sam harus terbang ke LA karena ayahnya dikabarkan meninggal.

Mendiang Jerry rupanya tidak mewariskan apa pun kecuali uang sebesar $ 150.000 dan catatan yang mengatakan bahwa uang itu harus dikirimkan pada Josh Davis. Belakangan terungkap kalau Josh adalah anak haram Jerry; saudara tiri Sam.

9. The Change-Up

The Change-Up

The Change-Up (2011) adalah film Olivia Wilde ber-genre komedi romantis fantasi yang dibintangi oleh Ryan Reynolds dan Jason Bateman sebagai Mitch Planko dan Dave Lockwood. Mereka adalah dua orang sahabat yang bertukar tubuh setelah buang air kecil di air mancur sembari berharap memiliki kehidupan dari masing-masing.

Dave adalah ayah dari tiga anak, sedangkan Mitch masih lajang. Keduanya kencing di sebuah air mancur dalam keadaan mabuk. Pagi harinya Dave dan Mitch menyadari bahwa mereka telah bertukar tubuh.

Sambil menunggu air mancur diperbaiki, keduanya menyamar sebagai satu sama lain. Dalam film ini Olivia Wilde berperan sebagai Sabrina McKay, asisten Dave yang menarik.

10. Don't Worry Darling

Don't Worry Darling

Don't Worry Darling (2022) merupakan film Olivia Wilde yang cukup istimewa karena dia bukan hanya ikut bermain sebagai cast, tetapi juga berlaku sebagai sutradara. Tontonan ber-genre psychological thriller yang dibintangi Florence Pugh dan Harry Styles ini mengisahkan tentang sepasang kekasih, Alice dan Jack, yang tinggal di California.

Setiap hari Alice menghabiskan waktu dengan para istri dan sahabatnya, Bunny (Olivia Wilde). Pada pesta yang digelar oleh pendiri Victory, yaitu Frank, Alice dan Jack justru berhubungan badan di kamar Frank. Alice sadar orang misterius itu memperhatikan mereka secara diam-diam.

Suatu hari Alice mengalami halusinasi mengerikan setelah menyentuh salah satu jendela dari pesawat yang jatuh. Lantas, halusinasi itu membawanya pada kejadian berikutnya yang membuat penonton penasaran!

Sepuluh film Olivia Wilde yang termuat dalam artikel ini tentu hanya sebagian kecil dari karya-karya yang telah dilahirkannya. Selain itu sang aktris asal Amerika ini sudah mengoleksi lebih dari dua puluh film.

Menariknya dia tidak hanya berakting, tetapi juga menjadi sutradara dan produser. Lalu, adakah favoritmu di antara sepuluh film Olivia Wilde yang kami rekomendasikan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram