logo web

20 Rekomendasi Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Gerryaldo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Impian agar dunia menjadi lebih baik rasanya mustahil tercapai, ya? Sampai saat ini, masih banyak kubu atau negara yang merasa terintimidasi, sehingga akhirnya terlibat dalam perlawanan besar-besaran yang termasuk dalam kategori perang. Hal tersebut terjadi lantaran selalu ada saja satu pihak yang tamak akan banyak hal, sehingga memicu pertikaian.

Kisah tersebut akhirnya menarik banyak sutradara dan rumah produksi untuk membuat film yang mengangkat tema tersebut. Banyak judul film perang yang sudah tersaji di pasar film internasional, tetapi dalam artikel ini, Showpoiler berhasil mengumpulkan yang terbaik dari yang terbaik. Yuk, simak daftarnya berikut!

1. Guy Ritchie’s The Covenant

Guy Ritchie's The Covenant_

Sersan Kepala Pasukan Khusus Angkatan Darat AS John Kinley (Jake Gyllenhaal) dan unitnya menghadapi serangan bom truk Taliban di Afghanistan. Hal tersebut membuat penerjemah John tewas. Tawaran pun diterima John dari mantan anggota Taliban, Ahmed Abdullah (Dar Salim) yang hendak jadi penerjemah barunya.

Saat perang lainnya terjadi, John terluka, namun Ahmed berhasil menyelamatkannya meski Ahmed berujung ditangkap. Begitu John kembali ke Amerika, ia berusaha untuk menyelamatkan Ahmed, ia pun kembali ke Afghanistan dan merencanakan pelarian mereka dari kejaran Taliban. Akankah mereka selamat?

2. Blood & Gold

Blood & Gold _Poster (Copy)

Film ini menceritakan tentang pencarian harta karun emas dengan jumlah masif yang ditinggalkan oleh warga Yahudi sebelum mereka diusir dari desa Sonneberg. Tentara Nazi yang saat itu berkuasa, yakin kalau gundukan emas itu terkubur di satu tempat. Mereka pun melakukan pencarian besar-besaran.

Di satu sisi, ada seorang veteran tentara Nazi bernama Heinrich (Robert Maaser) yang dianggap membelot sehingga ia dikejar oleh sekelompok pasukan elit Waffen-SS. Ia menggunakan kesempatan ‘sibuknya para tentara mencari emas’ untuk kabur dibantu oleh Elsa (Maria Hacke) supaya lepas dari kejaran tentara.

3. The Zone of Interest

The Zone of Interest_Poster (Copy)

Film yang diadaptasi dari novel karya Martin Amis ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang akhirnya menemukan rumah impian mereka. Sang suami, Rudolf Höss (Christian Friedel) merupakan komandan Auschwitz, dan istrinya Hedwig (Sandra Hüller) adalah seorang ibu rumah tangga. Mereka berasal dari keluarga miskin.

Sampai suatu waktu, mereka berhasil mendapatkan rumah impian mereka, yang berada tepat di samping tembok pemisah tempat Rudolf bekerja. Di saat Hedwig mampu menikmati hamparan halaman luas nan indah, Rudolf bekerja di samping rumahnya sebagai penanggung jawab dari pembantaian holokaus. Akankah hidup mereka berdua damai?

4. Napoleon

Napoleon_Poster (Copy)

Film ini menceritakan tentang kehidupan tokoh legendaris Napoleon Bonaparte. Pada masa pemerintahannya, Napoleon (Joaquin Phoenix) merupakan komandan militer yang terkenal sebagai pemimpin kejam. Begitu naik jabatan menjadi kaisar Prancis, ia memegang kendali atas negara itu dan memprakarsai banyak reformasi liberal.

Napoleon menjadi amat sangat ambisius. Dia menciptakan banyak strategi perang yang berhasil, dan seluruh hidupnya ia habiskan untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat. Namun di tengah kejayaannya itu, hubungan asmaranya dengan sang istri, Josephine (Vanessa Kirby), menemui banyak konflik hingga karirnya sebagai komandan perang akhirnya luruh.

5. All Quiet on The Western Front

All Quiet on The Western Front_Poster (Copy)

Paul Bäumer (Felix Kammerer) merupakan seorang remaja berusia 17 tahun. Dia bersama kedua temannya, Albert (Aaron Hilmer) dan Muller (Moritz Klaus) memiliki mimpi untuk menjadi seorang tentara. Secara sukarela, ketiganya pun ikut bergabung dalam satuan militer Jerman. Semangat patriotik membuat mereka siap berperang.

Namun, begitu tiba di Front Barat, apa yang terjadi jauh berbeda dari yang Paul bayangkan. Ia harus mengalami pengalaman pahit, kehilangan teman-temannya selama perang berlangsung. Sampai ketika Paul meninggal, kematiannya tidak tercatat, melambangkan pengorbanan tanpa nama dari tentara yang tak terhitung jumlahnya.

6. Sisu

Sisu_Poster (Copy)

Aatami Korpi (Jorma Tommila) merupakan seorang penambang yang hidup menyendiri di gurun Lapland. Di hari-hari terakhir Perang Dunia II, ia menemukan persediaan emas dengan jumlah banyak di sebuah tambang. Begitu hendak membawanya ke Rovaniemi, ia dihadang kelompok Nazi yang dipimpin oleh Bruno Helldorf (Aksel Hennie).

Awalnya mereka tidak peduli pada Aatami, tapi begitu mengetahui kalau pria itu membawa banyak emas, pihak Nazi pun tergiur. Emas itu dirampas dan Aatami akan segera dieksekusi. Sayangnya, pihak Nazi tidak mengetahui kalau Aatami bukanlah sembarang penambang: ia ternyata merupakan mantan tentara. Aatami pun melawan dan membunuh hampir semua tentara Nazi tersebut.

7. Devotion

review devotion_ft_

Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang inspiratif tentang seorang tokoh bernama Jesse Brown (Jonathan Majors). Dikisahkan Jesse merupakan pilot kulit hitam pertama dalam sejarah Angkatan Laut Amerika Serikat. Ia memiliki seorang sahabat yang juga adalah penerbang bernama Tom Hunder (Glen Powell).

Keduanya sangat dekat dan sering terlibat dalam sebuah misi pertempuran. Satu waktu mereka dikerahkan ke Mediterania. Selesai bertugas di sana, mereka kembali diarahkan ke Korea selama Perang Korea. Di sinilah pertempuran hebat terjadi, keduanya saling bantu untuk tetap selamat meski akhirnya salah satunya gugur. Siapakah itu?

8. The Tragedy of Macbeth

The Tragedy of Macbeth_Poster (Copy)

Macbeth (Denzel Washington) merupakan seorang bangsawan dari Glamis, dan Banquo (Bertie Carvel) adalah bangsawan dari Lochaber. Mereka berdua berhasil meraih kemenangan dalam melawan pengkhianat Raja Duncan (Brendan Gleeson). Satu hari, mereka didatangi oleh penyihir dan mendapat ramalan tentang Macbeth.

Macbeth diramalkan akan menggantikan Raja Duncan menjadi Raja. Mendengar hal itu, memuncaklah rasa tamak Macbeth. Ingin segera menjadi Raja, ia pun menghabisi nyawa Raja Duncan. Namun hal itu malah membuat Macbeth hilang akal sehat, kini ia pun diincar oleh banyak musuh yang hendak melumatnya.

9. The Shadow in My Eye

The Shadow in My Eye_Poster (Copy)

Henry (Bertram Bisgaard) merupakan seorang anak lelaki yang mengalami trauma berat setelah melihat aksi penembakan brutal yang dilakukan oleh tentara Denmark yang salah sasaran. Ia pun menjadi tidak bisa berbicara dan takut akan langit terbuka. Untuk mengobati Henry, kedua orang tuanya mengirim Henry ke Kopenhagen.

Di sana, Henry disekolahkan bersama kerabatnya di Institut Jeanne d'Arc, sebuah sekolah Katolik Roma berbahasa Perancis. Naas, tidak lama bersekolah di sana, sekolah pun kembali menjadi sasaran tembak yang salah. Untungnya selama perang berlangsung, Henry pulih dari rasa traumanya; ia bisa kembali berbicara dan menolong orang banyak.

10. Munich: The Edge of War

Muncih The Edge of War_Poster (Copy)

Pada musim gugur tahun 1938, Hitler siap untuk menginvasi Cekoslowakia. Hal ini jelas mendapat respon negatif dari banyak pihak. Tidak tinggal diam, Perdana Menteri Neville Chamberlain (Jeremy Irons) berusaha untuk mencapai perdamaian dengan Hitler meski harus mengorbankan banyak hal.

Usaha menghentikan aksi militer itu disampaikan secara tertulis, dan Hitler tampaknya setuju dengan tawaran Chamberlain. Bahkan, ia diminta untuk datang ke Munich untuk sebuah konferensi. Penandatanganan Perjanjian Munich akhirnya menunda Perang Dunia II. Namun, apa yang terjadi setelahnya mengubah dunia.

11. Ghosts of War

Ghosts of War_Poster

Film ini menceritakan tentang sekelompok tentara Amerika yang sedang bertugas untuk mengawasi sebuah kastil Paris di era Perang Dunia II. Kastil tersebut merupakan pos yang biasa dipakai oleh tentara Nazi sebagai tempat istirahat dan ingin diambil alih, sehingga tentara Amerika ditugaskan menjaga kastil secara bergilir.

Ketika sampai di kastil, Chris (Brenton Thwaites) menemukan kejanggalan akan tempat tersebut. Chris dan para anggota lainnya diganggu oleh peghuni kastil sebelumnya yang mati secara tragis di tangan para tentara Nazi. Mampukah Chris dan anggota lainnya bertahan dan keluar dari kastil tersebut hidup-hidup?

12. Enemy Lines

Enemy Lies_Poster

Lagi-lagi cerita bertemakan perang di saat Perang Dunia II. Film ini menceritakan tentang tentara Amerika dan tentara Inggris yang sama-sama memiliki misi untuk 'menculik' seorang ilmuwan asal Polandia. Ilmuan ini dinilai yang sanggup membuat sebuah senjata roket jenis nuklir yang dapat membahayakan banyak manusia.

Para tentara tersebut bersatu dan saling bekerjasama sebelum Nazi, Rusia atau negara lainnya mendapatkan ilmuwan tersebut dan dipaksa merakit senjata yang dimaksud.

Namun, untuk menangkap ilmuwan ini, mereka harus mengatasi berbagai rintangan. Negara-negara musuh yang mengetahui bahwa sang ilmuwan sudah "diculik" terlebih dahulu, menjadi marah dan sekarang mereka bahkan mengincar tentara gabungan Amerika dan Inggris, selain sang ilmuwan.

13. Shadow in The Cloud

Shadow in The Cloud_Poster
Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Chloë Grace Moretz

Menceritakan tentang kapten Maude (Chloe Moretz) yang ditugaskan untuk membawa sebuah paket rahasia nan misterius ke Auckland menggunakan pesawat. Seluruh pasukan pesawat B-17 Flying Fortness yang isinya semua laki-laki awalnya sangsi terhadap Maude yang merupakan seorang wanita.

Namun, Maude berhasil mematahkan keraguan para anggotanya dengan memperlihatkan kemampuan yang ia miliki. Awalnya perjalanan pengantaran paket tersebut berjalan mulus, sampai ada seorang penyusup yang mengacaukan semuanya.

Seluruh agenda penerbangan jadi kacau dan membuat Maude banyak kehilangan anggotanya. Meski demikian, Kapten Maude tetap menjalankan misinya untuk menyerahkan paket rahasia ke Auckland. Berhasilkah ia menjalankan misinya?

14. Rogue

Rogue_Poster
Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Megan Fox

Bila biasanya Megan Fox bermain peran menjadi wanita cantik yang jauh dari kata bisa gelut, kini, Megan tampil garang di film berjudul Rogue sebagai seorang pemimpin dari kelompok tentara bayaran bernama O'Hara. Kelompok tentara ini sedang dalam sebuah misi untuk menyelamatkan seorang sandera di wilayah paling jauh Afrika.

Tantangan demi tantangan O'Hara hadapi bersama para anggotanya. Untuk urusan membasmi musuh, O'Hara cees sudah pasti terlatih. Namun, bagaimana jika dia terdampar di padang pasir luas yang dihuni oleh singa ganas berukuran besar? Saksikan keseruan ceritanya dalam film Rogue.

15. Extraction

Extraction (Copy)

Tyler Rake diperankan (Chris Hemsworth) merupakan seorang tentara bayaran di pasar gelap yang punya kepribadian nekat dan urakan. Dirinya diutus untuk menyelamatkan seorang anak lelaki yang diculik oleh kelompok kriminal internasional kelas kakap oleh masternya.

Anak terebut adalah Ovi Mahajan (Rudhraksh Jaiswal). Dia adalah anak dari raja narkoba terbesar di India. Tanpa sepengetahuan penjaganya, Ovi melompat keluar rumah untuk bermain di klub. Sayangnya, saat ada di klub, Ovi malah diculik oleh salah satu rival Ayahnya. Berangkat dari masalah ini Tyler ditugaskan untuk menuntaskan misi penyelamatan Ovi.

16. Greyhound

Greyhound_Poster
Tahun Rilis 2020
Genre , , ,
Sutradara
Pemeran Tom Hanks

Kapten Ernest (Tom Hanks) merupakan kapten kapal angkatan perang Amerika yang bertugas untuk membawa 37 kapal sekutu untuk melewati perbatasan. Naas, saat hendak sampai perbatasan, unit angkatan udara dan laut yang bertugas melindungi mereka dari serangan pihak Jerman malah tidak ada di sana. Inilah yang memicu dimulainya pertempuran.

Merasa tidak memiliki tameng, pihak Jerman yang lihai mulai memburu satu persatu kapal di bawah pimpinan Kapten Ernest. Selain harus menghadapi bahaya tersebut, Kapten Ernest juga harus berhadapan dengan ganasnya laut Atlantik Utara yang membuat pergerakan mereka semakin sulit dikendalikan.

17. The Outpost

The Outpost_Poster

Film ini diangkat dari sebuah novel non-fiksi karya Jake Tapper berjudul The Outpost: An Untold Story of American Valor yang rilis tahun 2012 silam. Menceritakan tentang sekelompok tentara Amerika yang bernaung di sebuah pos di daerah Kamdesh sebagai titik poin meraka dalam mengintai kelompok Taliban.

Meski rawan diserang musuh, sang pemimpin pos, Benjamin (Orlando Bloom), berusaha menjalin hubungan pertemanan dengan kepala suku agar bisa mendapatkan perlindungan dan menyusupkan senjata ke dalam pos guna menyerang kelompok Taliban.

Namun secara tiba-tiba, pasukan Taliban menyerang mereka yang persiapannya jauh dari kata matang. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Jangan lupa saksikan filmnya, ya!

18. The Forgotten Battle

The Forgotten Battle

Film ini mengambil setting Perang Dunia II. Ratusan anggota prajurit dari banyak negara berjuang melawan tentara Jerman di pulau Walcheren, Zaeland. Di antara ratusan anggota prajurit yang berjuang, ada 3 prajurit yang, akibat tekanan keadaan, menjadi teman dekat.

Mereka bertiga adalah seorang prajurit muda asli Belanda yang melawan Jerman, Staversen (Gijs Blom); Pilot Glider dari Inggris, William Sinclair (Jamie Flatters); dan seorang gadis asli Zaeland, Teuntje Visser (Susan Radder), yang mengikuti kata hatinya untuk berperang.

Ketiganya terlibat dalam pertempuran mengerikan di tanah Belanda dan memiliki misi yang sama: mencari kebebasan sesuai dengan maknanya masing-masing. Berhasilkah mereka mendapatkannya?

19. Rogue Warfare 3: Death of Nation

Rogue Warfare_Poster

Sebuah kelompok teroris Timur Tengah yang dikenal sebagai Black Masks menjadi ancaman besar bagi seluruh dunia karena aksi brutal mereka, yang melibatkan serangkaian tindakan terorisme dengan bom di berbagai penjuru dunia. Hal ini mendorong para pemimpin dari berbagai negara untuk mengadakan pertemuan guna mendelegasikan prajurit kelas kakap untuk bergabung dalam misi penangkapan kelompok Black Masks.

Sebagai hasilnya, dibentuklah pasukan elit terpilih yang terdiri dari beberapa negara, termasuk Daniel (Will Yum Lee) dari Cina, James (Rory Markam) dari Amerika Serikat, Ralph (Jermaine Love) dari Inggris, dan lainnya. Mereka harus bersatu dan memberikan dukungan satu sama lain untuk menyelesaikan misi tersebut.

20. The 24th

The 24th
Tahun Rilis 2020
Genre ,
Sutradara
Pemeran Trai Byers

Film menceritakan tentang tokoh Boston (Trai Byers) yang merupakan seorang anggota tentara Amerika yang paling 'menonjol' di antara tentara Amerika lainnya. Selain berkulit hitam, Boston dikenal paling tangguh sehingga menjadi favorit banyak seniornya. Merasa semua tentara kulit hitam bisa diterima, Boston menerima kenyataan pahit.

Ketika dirinya menjalani resimen infanteri ke-24, selama penugasan, Boston menyaksikan banyak tentara kulit hitam yang malah mendapatkan perlakuan tidak adil, kekerasan, dan tindakan brutal. Bagaimana Boston bisa menanggapi semua masalah tersebut? Mampukah Boston menyuarakan keberatannya dan 'menyamaratakan' kaumnya?

Itu dia 20 daftar film tentang Perang terbaik yang pernah dibuat oleh beberapa rumah produksi ternama juga sutradara yang sudah memiliki banyak pengalaman. Seluruh kisah yang disajikan bahkan ada beberapa yang diangkat dari kisah nyata. Semoga daftar film yang diberikan Showpoiler ini bisa jadi rekomendasi tontonan di akhir pekan, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram