logo web

10 Film Riley Keough Terbaik, Aktris Peraih Caméra d'Or

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Danielle Riley Keough adalah aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang memulai debut layar lebarnya di usia yang cukup muda, yaitu 20 tahun. Dia memulai karier sebagai karakter pendukung dalam film biografi musikal berjudul The Runaways (2010).

Lima tahun kemudian, Riley ikut terlibat dalam sebuah film action berbiaya besar berjudul Mad Max: Fury Road (2015). Dan di tahun 2016, namanya semakin cerah setelah membintangi serial televisi The Girlfriend Experience (2016). Berkat penampilannya di sana, Riley dinominasikan sebagai Aktris Terbaik di ajang Golden Globe Awards.

Baru-baru ini, Riley menorehkan prestasi sebagai sutradara film War Pony (2022) dengan memenangkan Caméra d'Or dari Cannes Festival. Ingin mengenalnya lebih jauh? Kenalan lewat film-film Riley Keough berikut ini, yuk!

1. Mad Max: Fury Road 

film riley keough_Mad Max Fury Road_

Mad Max: Fury Road (2015) adalah film action pertama Riley Keough berbiaya besar sepanjang karirnya. Ini merupakan film yang ditulis, diproduseri dan disutradarai oleh George Miller yang berkolaborasi dengan Brendan McCarthy dan Nico Lathouris dalam penyusunan skenarionya.

Film ke empat dalam franchise Mad Max ini berlatarkan gurun pasir pasca apokaliptik, ketika bensin dan air sangat langka.

Max Rockatansky, seorang penyintas dari keruntuhan masyarakat yang memperebutkan sumber daya tersisa, dibawa ke benteng Panglima Perang Immortan Joe dan digunakan sebagai ‘blood bag’ untuk Nux, seorang prajurit yang tengah sakit.

Di tengah kondisi itu, salah satu letnan, Imperator Furiosa, dikirim menggunakan War Rig untuk menukar hasil bumi dan bensin dengan dua sekutu Joe.

Namun, Furiosa tidak sendiri karena bersamanya ada lima istri Joe yang kabur, salah satunya adalah karakter yang diperankan Riley Keough, Capable.

Segera setelah mengetahuinya, Joe memimpin pasukan mengejar Furiosa bersama Nux dan Max. Pengejaran terhadap Furiosa terus dilakukan hingga akhirnya Max dan Nux bergabung dengan mereka; dan Nux menjalin hubungan dengan Capable.

2. Logan Lucky 

film riley keough_Logan Lucky_

American heist comedy film, Logan Lucky (2017) menjadi penampilan Riley Keough berikutnya yang juga menyuguhkan cerita seru. Steven Soderbergh ‘keluar’ dari masa pensiunnya untuk menyutradarai film ini sekaligus mendistribusikannya secara independen melalui perusahaannya sendiri, Fingerprint Releasing.

Film ini bercerita tentang Jimmy Logan, seorang pekerja konstruksi yang diberhentikan dari pekerjaannya karena tidak memberi tahu manajer mengenai cedera kaki yang dideritanya.

Jimmy kemudian pergi ke sebuah bar yang dikelola saudara lelakinya Clyde, yang kehilangan lengan saat bertempur di Irak. Jimmy memberi tahu Clyde tentang rencananya merampok Speedway, mantan tempat kerjanya.

Jimmy dan Clyde lantas merekrut saudari mereka, Millie Logan, yang diperankan oleh Riley Keough, seorang napi pembobol brankas yang andal bernama Joe Bang dan beberapa orang lain.

Rencana perampokan harus dipercepat karena pembangunan di Speedway selesai lebih dulu dari jadwal. Mereka menggunakan bahan-bahan tak terduga seperti garam dan permen karet untuk merampok.

Berbekal pengetahuan Jimmy soal sistem tabung pneumatic bawah tanah, mereka siap merampok uang yang sangat banyak.

3. The Devil All the Time

film riley keough_The Devil All the Time_

American Southern Gothic psychological thriller crime drama film berjudul The Devil All the Time (2020) menjadi film Riley Keough yang sayang dilewatkan.

Film ini merupakan hasil adaptasi novel berjudul sama karya Donald Ray Pollock. Cerita film ini berfokus pada beberapa karakter yang punya kisah yang saling terjalin selama periode akhir PD II hingga 1960-an. 

Marinir AS Williard Russell menikah dengan Charlotte dan memiliki putra bernama Arvin. Tahun 1950, seorang wanita bernama Helen Hatton menikah dengan pengkhotbah bernama Roy Laferty. Keduanya memiliki putri bernama Lenora.

Baik Russell, Charlotte, Roy dan Helen, meninggal dengan cara berbeda-beda. Khusus Roy, dia meninggal dibunuh oleh sepasang pembunuh berantai, Sandy (Riley Keough) dan Carl.

Akibat rentetan kematian itu, Lenora dan Arvin menjadi yatim piatu. Mereka kemudian sama-sama diasuh oleh Emma, nenek Arvin dari pihak ayahnya. Takdir dua anak itu pun mulai terjalin dari kematian demi kematian.

4. The House That Jack Built 

film riley keough_The House That Jack Built_

Suka dengan film horor psikologis? Kamu harus nonton film Riley Keough berjudul The House That Jack Built (2018) yang ditulis dan disutradarai oleh Lars von Trier.

Sesuai judulnya, film ini berfokus pada karakter Jack, seorang pembunuh berantai yang selama 12 tahun melakukan aksinya. Jack adalah arsitek gagal yang melakukan banyak pembunuhan dari 1970 sampai 1980-an.

Korban pertama Jack adalah seorang wanita yang tewas setelah dipukul dengan dongkrak. Mayatnya disimpan di lemari pendingin.

Korban kedua adalah seorang janda bernama Claire. Pembunuhan kali ini Jack merasa ‘dibantu’ oleh Tuhan karena menurunkan hujan yang menghapus jejak darah Claire. Sementara korban ketiga adalah kekasihnya dan dua anak lelakinya.

Riley Keough berperan sebagai Jacqueline, kekasih sekaligus korban keempat Jack yang dibunuh dengan cara tragis.

Pada Jacqueline, Jack mengaku telah membunuh 60 orang. Setelahnya, dia memotong dua payudara Jacqueline yang salah satunya Jack jadikan dompet. Jack lantas menyusun semua mayat-mayat korban pembunuhannya menjadi sebuah ‘rumah’. 

5. It Comes at Night 

film riley keough_It Comes at Night _

It Comes at Night (2017) adalah film horor psikologis yang ditulis dan disutradarai oleh Trey Edward Shults. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang bersembunyi di hutan ketika Bumi diserang oleh wabah penyakit yang sangat menular.

Sepasang suami istri, Paul dan Sarah, beserta putra remaja mereka, Travis, mengungsi ke rumah mereka yang jauh berada dalam hutan. Malam itu mereka menangkap seorang penyusup yang diketahui bernama Will.

Setelah memastikan Will tidak mengidap penyakit, mereka setuju untuk saling tukar barang kebutuhan. Sarah bahkan menyarankan agar Will dan istrinya, Kim (Riley Keough), tinggal bersama mereka.

Dua keluarga kini sudah berkumpul di rumah Paul, dan Will sepakat mengikuti aturan yang sudah dibuat.

Suatu hari anjing Travis, Stanley menggonggong dan berlari ke arah hutan. Travis mengejar tapi tidak menemukannya. Remaja itu kemudian mengabarkan pada Paul dan Will bahwa dia mendengar sesuatu di dalam hutan.

Sejak itu, teror mulai mengganggu mereka. Paul mulai kehilangan kepercayaan terhadap Will dan dugaan salah satu di antara mereka terinfeksi menimbulkan ketegangan yang berakhir tragis.

6. American Honey

film riley keough_American Honey_

Film Riley Keough berjudul American Honey (2016) terpilih berkompetisi dalam Palme d’Or di Festival Cannes 2016 dan memenangkan Jury Prize.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Andrea Arnold ini bercerita tentang seorang gadis muda dari keluarga bermasalah yang melarikan diri bersama traveling sales crew untuk menjual majalah dari rumah ke rumah.

Gadis muda bernama Star itu menjalani kehidupan yang menyakitkan, merawat dua anak kecil yang bukan anaknya, dan tinggal bersama Nathan, ayah anak-anak itu yang kerap melakukan pelecehan seksual.

Suatu hari, Star tertarik pada sebuah mobil van berisi anak-anak muda, salah satunya adalah Jake, yang melintas. Dia mengikutinya lalu akhirnya bersedia bergabung setelah kabur dari Nathan.

Star diizinkan bergabung setelah Krystal, pemimpin anak-anak muda yang diperankan oleh Riley Keough meloloskannya. Star mulai bekerja bersama yang lain dan berada satu tim dengan Jake.

Sayangnya, Jake mencatatkan penjualan terendah dan Star berusaha memperbaikinya. Hubungan Star dan Jake semakin terjalin dan melalui banyak gejolak selama perjalanan, termasuk saat Jake akhirnya dikeluarkan dari tim.

7. The Runaways 

film riley keough_The Runaways_

The Runaways (2010) merupakan film drama biografi yang ditulis dan disutradarai oleh Floria Sigismondi berdasarkan buku Neon Angel: A Memoir of a Runaway karya Cherie Currie.

Film ini berfokus pada kisah sebuah band rock di tahun 1970-an. Cherie Currie adalah remaja yang sangat ingin menjadi bintang rock. Dia mengidolakan David Bowie sampai-sampai meniru potongan rambut dan riasan wajahnya.

Cherie ditemukan oleh Joan Jett dan produser rekaman bernama Kim Fowley yang memang sedang mencari anggota band perempuan berambut pirang.

Setelah melalui audisi, Cherie resmi direkrut dan menjadi bagian dari Runaways. Band itu segera dikontrak oleh Mercury Record dan merilis album yang sukses. Keretakan mulai terjadi ketika ketenaran seolah hanya tertuju pada Cherie. 

Kesuksesan mulai menjadi boomerang bagi Cherie karena gadis itu menjadi pecandu narkoba. Cherie juga mengalami gangguan mental setelah menerima banyak hal buruk, termasuk disudutkan teman band sendiri.

Dia pun memutuskan keluar dari band dan bekerja di sebuah toko roti. Dalam film ini, Riley Keough berperan sebagai saudara kembar Cherie bernama Marie Currie.

8. Under the Silver Lake 

film riley keough_Under the Silver Lake_

Under the Silver Lake (2018) merupakan film black comedy neo-noir Amerika yang ditulis, disutradarai dan diproduseri oleh David Robert Mitchell.

Film ini mengisahkan tentang pemuda yang menyelidiki hilangnya seorang tetangga secara tiba-tiba, yang membawanya pada sebuah konspirasi rumit dan berbahaya. Sam, pria berusia 33 tahun, sangat tertarik dengan teori konspirasi.

Hari itu Sam mabuk dan menonton sebuah film bersama tetangga barunya yang misterius bernama Sarah (Riley Keough).

Pagi harinya, Sam menemukan bahwa Sarah telah pindah dan sejak itu dia terobsesi untuk mengetahui apa yang terjadi. Sam kemudian melihat berita tentang penemuan seorang miliarder yang dibakar sampai mati di dalam mobil.

Dalam berita tersebut Sam melihat topi yang diyakini sebagai milik Sarah. Kecurigaan Sam diperparah dengan munculnya orang-orang dan kejadian aneh, yang sama-samar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menyeramkan di balik hilangnya Sarah.

9. The Lodge 

film riley keough_The Lodge_

Riley Keough kembali terlibat dalam film horor psikologis. Kali ini dia bekerjasama dengan sutradara Veronika Franz dan Severin Fiala.

Selain Riley, The Lodge (2019) dibintangi pula oleh Jaeden Martell, Lia McHugh, Alicia Silverstone dan Richard Armitage. Plot ceritanya mengikuti kehidupan seorang wanita dengan dua anak dari kekasihnya yang menghabiskan waktu di sebuah pondok selama Natal.

Richard Hall, seorang pria beristri yang tengah meneliti sebuah buku tentang sekte ekstremis, berniat menikahi Grace Marshall. Karakter yang diperankan oleh Riley Keough itu merupakan satu-satunya anggota sekte yang selamat dari bunuh diri massal pimpinan ayahnya.

Rencana Richard menikahi Grace membuat istrinya, Laura Hall, bunuh diri, meninggalkan dua buah hatinya yang masih kecil.

Beberapa bulan kemudian, Richard mengajak Grace dan dua anaknya menghabiskan waktu bersama di penginapan keluarga mereka. Di saat itu, dua anak Richard membongkar masa lalu Grace, termasuk rekaman video sekte sesat yang menampilkan mayat-mayat pengikutnya.

Dua anak Richard bersikap memusuhi Grace dan menolaknya. Lalu kemudian teror terjadi secara beruntun.  

10. Hold the Dark 

film riley keough_Hold the Dark_

Hold the Dark (2018) merupakan film thriller action yang dibuat berdasarkan novel karya William Giraldi. Ceritanya mengikuti kisah seorang penulis bernama Russell Core yang mempelajari perilaku serigala.

Suatu hari, Russell dihubungi oleh seorang wanita bernama Medora Slone (Riley Keough). Medora ingin memburu serigala yang konon menjadi penyebab hilangnya tiga anak kecil.

Satu dari anak kecil yang hilang itu adalah putra Medora yang berusia 6 tahun bernama Bailey. Russell meyakinkan Medora bahwa hal itu bukan perbuatan serigala, tetapi tidak berhasil dan Medora malah bersikap aneh.

Pagi harinya, Russell pergi untuk mencari serigala dan dia bertemu seorang wanita pribumi paruh baya bernama Illanaq. Wanita itu memberitahunya bahwa Medora ‘knows evil’.

Sekembalinya ke rumah, Russell menemukan Medora telah hilang. Dia juga menemukan tubuh Bailey membeku dan tercekik di ruang bawah tanah. Kasus ini diselidiki oleh polisi sementara warga setempat meyakini bahwa Medora dirasuki setan serigala yang disebut dengan nama tournaq. 

Itu dia sepuluh film Riley Keough yang bisa diandalkan jadi tontonan seru dan menarik, terutama jika kamu suka dengan film-film horor yang menegangkan.

Dari sepuluh judul yang kami rekomendasikan, Riley banyak terlibat dalam film horor yang meneror, sebagiannya lagi drama komedi, heist film, thriller dan crime. Kamu tinggal pilih sesuai selera. Jadi, mana film favoritmu dari Riley Keough?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram