logo web

10 Film Terbaik Sam Neill, Pemeran Dokter Alan Grant di Jurassic Park

Ditulis oleh Siti Hasanah

Aktor bernama lengkap Sir Nigel John Dermot “Sam” Neill ini adalah seorang pemeran, sutradara dan penulis yang sudah punya nama di Hollywood. Karernya di dunia film dimulai sejak tahun 1971.

Di tahun tersebut, pria asal Selandia Baru itu membuat film berjudul The city of No. Setahun kemudian, sebuah film pendek berjudul The Water Cycle dirilisnya. 

Melihat rekam jejak Sam Neill di dunia film, rasanya tidak akan habis dibahas dalam satu artikel saja. Pasalnya ia punya karir dan prestasi yang amat banyak, baik itu sebagai aktor, atau pun sebagai sutradara dan penulis.

Dalam karirnya sebagai aktor, Sam Neil membintangi banyak film dengan perolehan yang baik. 10 di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Jurassic World: Dominion 

film sam neill-1_

Film ini mengambil latar empat tahun setelah Isla Nublar dihancurkan. Kini kawanan dinosaurus hidup berdampingan dengan manusia. Mereka bahkan berburu di habitat yang sama.

Beberapa mengkhawatirkan akan hal itu, tapi Owen Grady (Chris Pratt) dan pacarnya, Claire Dearing (Bryce Dallas) tidak merasa demikian. Mereka justru hidup di hutan bersama para dinosaurus itu. 

Claire dan Owen berusaha melindungi Maisie Lockwood (Isabella Sermon) dan kejaran ilmuwan pimpinan Dr. Lewis Dodgson (Campbell Scott) yang berusaha mendapatkan DNA dinosaurus. Para ilmuwan ini ingin menguasai bahan baku pangan manusia menggunakan DNA tersebut. 

Di tengah percobaan itu, Dr. Dodgson melakukan kesalahan sehingga menghancurkan umat manusia. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan umat adalah dengan menggunakan DNA Maisie Lockwood. Karena itulah anak itu diburu oleh para ilmuwan itu. 

Di tengah situasi kacau, dua paleontologis, Dr Ellie Sattler (Laura Dern) dan Dr Alan Grant (Sam Neill) terjebak di markas Biosyn. Area itu kini berubah menjadi arena pertarungan dinosaurus. 

2. The Piano 

film sam neill-2_

Film berlatar masa lalu ini mengisahkan tentang Ada McGrath (Holly Hunter), seorang wanita bisu yang menjalin hubungan dengan tetangganya yang kasar dan dingin, Alisdair Stewart (Sam Neill). Ada dijual oleh ayahnya pada Alisdair yang kini berstatus suami Ada. Ia tidak tahu bahwa pernikahan itu adalah barter dirinya dengan piano besar. 

Sam Neil di film ini begitu menonjol. Dia dapat memerankan peran jahat. Ia berhasil memikat penonton dengan penampilannya yang apik sebagai suami Ada yang misterius. Selain itu, para pemainnya, Holly Hunter dan Anna Paquin, diganjar penghargaan dalam ajang perfilman bergengsi. 

3. Jurassic Park 

film sam neill-3_

Keputusan Steven Spielberg untuk memberikan karakter Dr. Alan Grant pada Sam Neill adalah sebuah keputusan yang tepat. Di film ini itu terlihat jelas. Karakter satu ini menjadi salah satu kunci kesuksesan film yang berlogo dinosaurus ini. Terbukti film ini menjadi salah satu waralaba terbaik sepanjang sejarah. 

Kisah dalam film ini menggambarkan suasana taman hiburan dinosaurus berubah menjadi wahana mengerikan yang meneror para pengunjung. Teror mengerikan itu berbentuk makhluk raksasa dinosaurus. Mereka lepas dari kandang dan memburu siapa saja yang ada di depannya. 

4. Thor: Ragnarok 

film sam neill-4_

Sam Neill memang bukan pemeran utama di film ini. Ia diplot sebagai salah satu peran cameo bernama Odin. Akan tetapi, penampilannya di film ini memberikan sentuhan berbeda dan kuat terhadap jalan ceritanya. 

Sementara itu, plotnya bergulir pada sosok Thor (Chris Hemsworth), putra mahkota kerajaan Asgard. Selain itu, Loki (Tom Hiddleston) juga menjadi karakter utama di film ini yang berperan sebagai nemesis bagi Thor. Kedua orang ini berseteru untuk mendapatkan kekuasaan Asgard dan dunia secara umum. 

5. Hunt for the Wilderpeople 

film sam neill-5_

Hunt for the Wilderpeople menandai kembalinya Sam Neil ke akarnya di dunia akting. Perannya sebagai Uncle Hector Faulkner atau yang biasa disapa Uncle Hec disebut-sebut sebagai peran terbaik Sam Neill sepanjang karirnya sebagai aktor. 

Kisah secara garis besarnya mengikuti pencarian anak pemberontak yang hilang di semak liar Selandia Baru. Anak itu, Ricky Baker (Julian Dennison), hidup sebatang kara. Meskipun masih kecil, Ricky sudah melakukan berbagai pelanggaran, misalnya pencurian, buang sampah sembarangan, dan aturan-aturan lainnya. 

Ricky tinggal bersama bibi dan pamannya, Bella (Rima Te Wiata) dan Hector (Sam Neill), meskipun ia tidak menyukai mereka. Suatu hari Uncle Hec dituduh menculik Ricky. Padahal kasus hilangnya Ricky bukanlah penculikan, tapi kebetulan semata. 

6. The Hunt for Red October 

film sam neill-6_

The Hunt For Red October adalah film hit dari Sam Neill. Film ini mengikuti drama kapal selam milik Uni Soviet pengangkut bahan-bahan nuklir yang kabur November 1984. Kapal itu tengah berlayar menuju Amerika Serikat. Motif sang kapten melarikan kapal itu menjadi teka-teki dari film ini, apakah ia ingin kabur dari rezim negaranya atau ingin memulai perang. 

Sam Neil di sini memerankan peran sebagau Kapten Borodin, orang kepercayaan Kapten Marko Ramius (Sean Connery). Jack Ryan (Alec Baldwin) berusaha menghentikan kapal, tapi itu sangat sulit. Sampai akhirnya konflik antar negara pun pecah akibat kapal selam ini. 

7. Event Horizon 

film sam neill-7_

 

Menyusul kesuksesan Sam Neill pada film Jurassic Park dan The Hunt for Red October, ia kemudian mengambil peran yang tidak biasa di film ini.

Sam Neill ingin mematahkan citra lamanya yang lekat padanya. Di sini, ia berperan sebagai Dr. William Weir, villain utama di Event Horizon. Film ini menjadi masterstroke bagi Neill sebab ia berhasil mengukir karier cemerlang sebagai aktor. 

Nah, kisahnya sendiri mengikuti sekelompok penyelamat pesawat luar angkasa yang menyelidiki sebuah pesawat yang hilang terhisap oleh black hole. Pesawat itu hilang beberapa lama kemudian muncul kembali dengan orang baru yang misterius di dalamnya. 

8. The French Revolution 

film sam neill-8_

Film France Revolution merupakan film produksi pertama yang dibuat secara keroyokan oleh Italia, Perancis, Jerman, Kanada dan Inggris. Film ini dibuat untuk memperingati ulang tahun Revolusi Perancis yang ke-100. Kisah dalam film ini menggambarkan sejarah lengkap bagi beberapa negara Eropa ini. 

Sam Neill mendapatkan peran sebagai Lafayette. Ia beradu peran dengan Jane Seymour yang melakonkan Ratu Marie-Antoinette. Selain itu, ada pula Charles Henri Sanson yang berperan sebagai Christopher Lee. Film ini tidak hanya dipuji karena penampilan para aktornya yang cemerlang, melainkan karena keakuratan sejarah yang menjadi cerita utama filmnya. 

9. Possession 

film sam neill-9_

Possession menjadi film yang kontroversi sejak kemunculan perdananya. Kisahnya mengikuti Anna (Isabelle Adjani) yang meninggalkan suami mata-matanya dan anaknya yang masih kecil.

Wanita itu mengalami paranoia yang sangat parah. Hal itu terjadi pasca ia menggugat cerai suaminya. Entah karena apa, Anna menjadi tidak bisa dikendalikan dan berperilaku aneh. 

Meskipun Possession menjadi film kontroversial, tapi seiring waktu, kepopuleran film satu ini meningkat. Banyak yang menganggap bahwa film ini mengusung genre horor psikologi terbaik.

Elemen visual, seperti atmosfer dan tone film ini disebut yang terbaik. Selain itu, penampilan dua karakter utama, Sam Neill dan Isabelle Adjani menghadirkan chemistry yang apik. 

10. The Dish 

film sam neill-10_

The Dish mengangkat cerita sejarah tentang Australia. Di sini, Sam Neill melakonkan peran Cliff Buxton, seorang pemimpin kelompok ilmuwan eksentrik di Australia Observatory. Kisahnya mengikuti tentang para ilmuwan tersebut yang berperan dalam pendaratan ke bulan pertama kali dalam sejarah Australia. 

Film ini mendapatkan ulasan positif dari para kritikus. Mereka memuji naskah dan penampilan Sam Neill yang luar biasa. Sejak pertama kali diluncurkan, film ini menjadi hit box-office Australia di tahun itu. The Dish menjadi film yang menggambarkan kisah fiksi dengan cara unik dan terasa nyata. 

Ini baru 10 saja. Masih banyak judul film Sam Neill yang tidak kalah bagus dari 10 film di atas. Setiap karakter yang dibawakan olehnya terasa berkesan sekalipun itu adalah sebuah peran minor. Salah satunya adalah karakter Odin di film Thor: Ragnarok

Seperti yang disebutkan di atas, selain menjadi aktor, Sam Neill juga piawai menggarap film dari kursi sutradara. Dia menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang aktor hebat dan sineas berkualitas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram