logo web

Inilah 6 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Shafira Umm

Ditulis oleh Suci Maharani R

Nama Shafira Umm mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tapi nama ini pasti tidak asing untuk kamu yang suka mendengarkan radio.

Wanita cantik kelahiran 2 Desember 1984 ini dikenal sebagai salah satu penyiar tetap di I-Radio. Selain itu, Shafira Umm juga pernah menjadi presenter untuk program acara televisi bernama Entertainment News di NET.

Selain sukses berkarir sebagai presenter dan penyiar radio, tahukah kamu kalau Shafira Umm juga pernah membintangi beberapa film Indonesia?

Meski tampil secara singkat, Shafira Umm memulai debut aktingnya dengan membintangi film Ayat-Ayat Cinta (2008). Ia memerankan karakter bernama Nadia, yaitu kakak angkat dari salah satu pemeran utama dalam film buatan Hanung Bramantyo itu.

Selain Ayat-Ayat Cinta (2008), Shafira Umm juga membintangi beberapa film Indonesia populer lainnya lho. Mau tahu film apa saja yang pernah dibintanginya? Intip jawaban lengkapnya hanya di Showpoiler.

1. Rumah Merah Putih

film shafira umm-1_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama
  • Produksi: Alenia Production
  • Sutradara: Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen
  • Pemeran: Petrick Rumlaklak, Amori De Purivicacao, Pevita Pearce, Yama Carlos, Shafira Umm

Setelah lama vakum dari industri seni peran, Shafira Umm melakukan comeback dengan membintangi film Rumah merah Putih (2019).

Film yang merupakan produksi dari Alenia Production ini memang bukan film sembarangan lho. Pasalnya, film ini menyuguhkan kisah inspiratif yang menonjolkan kehidupan dari anak-anak yang hidup di daerah Timur Indonesia.

Seperti judulnya, film ini berfokus pada petualangan anak-anak yang akan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Berlatar di daerah perbatasan Belu, Atambua, Nusa Tenggara Timur, film ini bercerita tentang Farel dan Oscar yang memiliki rasa cinta kepada Tanah Air yang begitu dalam.

Awalnya mereka sedang mengantri untuk mendapatkan dua cat, yang nantinya akan menghiasi rumah mereka. Namun di tengah jalan mereka malah ikut lomba panjat pinang, yang membuat keduanya kehilangan dua kaleng cat mereka.

Demi membeli cat pengganti, kedua anak ini melakukan apapun supaya bisa membeli cat baru. Fyi, dalam film ini Shafira Umm memerankan karakter bernama Rosalia yaitu ibu kandung dari karakter bernama Farel.

2. Salawaku

film shafira umm-2_

Memiliki tema yang cukup unik, Salawaku (2016) adalah sebuah drama perjalanan (road movie) yang di produksi oleh Kamal Film Production.

Adapun film ini dibintangi oleh Elko Kastanya, Karina Salim, Raihaanun, JFlow Matulessy hingga Shafira Umm. Kalau soal ide ceritanya, film ini akan mengeksplorasi keindahan daerah Timur Indonesia terutama Pulau Seram, Maluku.

Kisahnya bermula ketika Salawaku, yaitu anak laki-laki yang berusaha untuk mencari keberadaan kakaknya Binaiya. Sayangnya, tidak ada satu kabarpun yang datang.

Salawaku akhirnya nekat pergi dengan hanya bermodalkan sampan, hingga ia tidak sengaja bertemu dengan Saras. Awalnya Saras meminta Salawaku mengantarnya ke resort, namun dalam perjalanan Saras semakin tertarik mendengar cerita Salawaku.

Sambil mengikuti Salawaku, Sarah sempat bertemu dengan seorang pria lokal bernama Kawanua yang memberikan mereka bantuan. Namun ada fakta mengejutkan di balik semua perbuatan baik Kawanua, yang membuat Saras dan Salawaku patah hati.

Dalam film ini Shafira Umm didapuk untuk menjadi salah satu pemeran pendukungnya, karakter wanita tanpa nama ini akan membuat kamu penasaran.

3. Ayat-Ayat Cinta

film shafira umm-3_

Beralih ke film karya Hanung Bramantyo, Shafira Umm kembali mengambil peran kecil dalam film Ayat-Ayat Cinta (2008).

Dalam film ini, Shafira Umm memerankan karakter seorang gadis muda asal Indonesia yang bernama Nadia. Gadis ini adalah saudara tiri dari Noura Bahadur. Ia sangat menyayangi saudaranya yang ternyata sudah berbohong kepada keluarganya. Ayat-Ayat Cinta (2008) menjadi film terpopuler yang pernah dibintangi oleh Shafira Umm sepanjang karirnya.

Film yang juga dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri dan Zaskia Adya Mecca ini memang menjadi salah satu film hits sepanjang sejaran di Indonesia. Pasalnya kisah soal poligami dalam film ini, sempat menimbulkan pro dan kontra juga dari masyarakat.

Adapun kisahnya bermula ketika Fahri bin Abdullah Shiddiq memutuskan untuk bertaaruf dengan seorang wanita bernama Aisha.

Ada banyak wanita yang patah hati, hingga suatu hari Fahri dituduh telah melakukan pemerkosaan kepada Noura bahadur. Demi menyelamatkan sang suami, Aisha merelakan Fahri untuk menikahi Maria Kirgiz yang jatuh sakit pasca mendengar Fahri menikah.

4. Surat dari Praha

film shafira umm-4_

Surat Dari Praha (2016) adalah film romantis yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film produksi Visinema Picture ini juga dibintangi oleh sederet selebriti terkenal di Indonesia mulai dari Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widyawati, Rio Dewanto hingga si cantik Shafira Umm.

Meski lagi-lagi mendapatkan karakter pendukung, bukan berarti aktingnya tidak sebanding dengan yang lainnya. Shafira Umm hadir sebagai salah satu teman baik dari karakter bernama Larasati yang diperankan oleh Julie Estelle. Meski singkat, perannya cukup signifikan dan sangat membantu untuk development karakter utama dalam film ini.

Adapun Surat Dari Praha (2016) mengisahkan Larasati yang mendapatkan wasiat terakhir sebelum ibunya menghembuskan nafas terakhir. Larasati akan mendapatkan warisan rumah yang diinginkannya, asalkan ia mau mengantarkan kotak surat ke Praha. Ia harus mencari seorang pria bernama Jaya.

Dari sinilah Laras mendapatkan banyak pelajaran hidup yang berharga. Berbagai masalah yang datang kepadanya membuat Laras memahami banyak hal yang terjadi diantara hubungannya dan sang ibu yang tidak pernah harmonis.

5. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

film shafira umm-5_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Sport
  • Produksi: Visinema Pictures
  • Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
  • Pemeran: Chicco Jerikho, Shafira Umm, Abdurrahman Arif, Burhanuddin Ohorella, Aufa Assegaf, Bebeto Leutually, Jajang C. Noer

Beralih ke film bergenre olahraga, kali ini Shafira Umm akan beradu akting dengan Chicco Jerikho dalam film Cahaya Dari Timur (2014).

Film yang diproduksi oleh Visinema Picture ini mengisahkan perjuangan seorang anak untuk meraih mimpinya. Angga Dwimas Sasongko merangkum cerita ini dengan apik, apalagi ada konflik lain yang tidak kalah seru dari premis utamanya.

Film ini berawal ketika konflik antar umat beragama yang kerap terjadi di tahun 2000-an. Namun seorang pemain Timnas U-15 bernama Sani Tawainella ingin membuat keadaan berbeda.

Sikap toleransinya membawa Sani untuk mengalihkan anak-anak dari konflik ke sepak bola. Bimbingan yang diberikannya berhasil membawa beberapa anak bermain hingga ke kancah internasional.

Dalam film ini, Shafira Umm memerankan karakter bernama Hapsa Umarella. Wanita ini sangat mencintai Sani, baik itu berbagai sikap baik hingga berbagai keburukan pria itu.

Hapsa percaya suaminya memiliki niat baik, meski ekonomi mereka harus tergadaikan. Namun suatu hari Sani membuatnya kecewa, sehingga Hapsa memilih untuk pergi meninggalkan sang suami.  

6. Spy In Love

film shafira umm-6_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Romantic, Drama
  • Produksi: Capitol Production
  • Sutradara: Danial Rifki
  • Pemeran: Hamish Daud, Siti Saleha, Shafira Umm, Ray Sahetapy, Nasha Aziz, Keith Foo, Pong Hardjatmo

Beralih ke film yang lebih ringan, kali ini Shafira Umm didapuk untuk menjadi salah satu cast dalam film Spy In Love (2016). Film yang diproduksi oleh Capitol Production ini menggaet Hamish Daud, Siti Saleha, Shafira Umm hingga Ray Sahetapy sebagai pemeran utamanya.

Adapun kisahnya bermula ketika Putra yang hampir gagal menikahi kekasihnya yang bernama Yasmin. Pertemuan kakek dan nenek keduanya, malah melahirkan konspirasi menegangkan antara Indonesia dan Malaysia.

Akhirnya rencana pernikahan keduanya malah menjadi lahan untuk para spy dari kedua negara bergerak untuk melakukan operasi rahasia.

Dalam film yang bergenre romcom ini, Shafira Umm didapuk untuk memerankan karakter bernama Meghan. Berbeda dari sebelumnya, karakter Meghan dalam film ini disebutkan sebagai tokoh antagonis.

Ia adalah sosok dibalik berbagai teror yang terjadi dalam resort yang dipilih Putra dan Yasmin untuk menikah. Selain itu, Shafira Umm juga akan menunjukkan kemampuan laga yang dipelajarinya dengan tekun.

Itu dia beberapa film terpopuler yang pernah dibintangi oleh aktris manis Shafira Umm. Sebenarnya dibandingkan akting, Shafira Umm memang lebih fokus berkarir sebagai presenter.

Ia sudah menjadi host di berbagai acara yang ditayangkan oleh beberapa stasiun televisi nasional. Selain itu, Shafira Umm hanya mengambil projek film yang memang memiliki value untuk kehidupan sosial.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram