logo web

10 Film Terbaik Tanta Ginting yang Asyik dan Menghibur

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tanta Ginting merupakan aktor kelahiran Medan 16 Oktober 1981. Ia mulai dikenal luas setelah berperan sebagai Sutan Sjahrir di film Soekarno.

Awal karirnya dimulai saat ia mengikuti casting untuk sebuah pertunjukan dengan judul Gita Cinta: Musical. Kemudian ia juga mengikuti pertunjukan musikal Laskar Pelangi, sebelum akhirnya masuk ke dunia layar lebar.

Kiprahnya di dunia layar lebar ia mulai dengan menjadi tokoh sejarah Sutan Sjahrir. Dia juga menjadi pemain figuran untuk beberapa judul layar lebar.

Kini ia telah banyak membintangi banyak walaupun sebagian besar sebagai pemain pendukung. Berikut ini adalah beberapa film yang dibintangi oleh Tanta Ginting yang cukup menghibur untuk ditonton.

1. Horas Amang: Tiga Bulan untuk Selamanya

Horas Amang: Tiga Bulan Untuk Selamanya
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Komedi, Drama
  • Produksi: Rumah Semut Film, Prama Gatra Film
  • Sutradara: Irham Acho Bahtiar, Steve R.R. Wantania
  • Pemeran: Cok Simbara, Tanta Ginting, Novita Dewi, Piet Pagau, Vanessa

Horas Amang: Tiga Bulan Untuk Selamanya merupakan film yang menggambarkan budaya batak yang kental. Film ini merupakan film yang diambil dari sebuah pertunjukan panggung dengan judul Horas Amang.

Filmnya bercerita tentang usaha seorang ayah atau Amang (Cok Simbara) untuk menanamkan kembali budaya Batak pada anak-anaknya yang merantau di kota Besar.

Hubungan keluarga Amang tidak harmonis semenjak anak-anaknya pergi merantau ke kota besar. Mereka melupakan adat istiadat dan kesopanan setelah pergi merantau.

Kecintaan Amang pada keluarganya, membuat ia berusaha merubah arah hidup mereka dengan cara yang tidak biasa. Dalam film ini Tantang Ginting berperan sebagai Maruli anak dari Amang

2. Wa'alaikumussalam Paris

Wa'alaikumussalam Paris
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Komedi, Drama, Percintaan
  • Produksi: Maxima Pictures, Max Pictures
  • Sutradara: Benni Setiawan
  • Pemeran: Nino Fernandez, Velove Vexia, Tanta Ginting, Astrid Roos, Lydia Kandou, Joe Project P.

Itje (Velove Vexia) seorang gadis desa yang berharap mengubah hidupnya setelah menikah dengan seorang pria berkebangsaan Prancis bernama Clement (Nino Fernandez).

Kedua orang tua Itje pamer kepada tetangga bahwa Itje menikah dengan pria kaya dari Perancis. Namun, Itje harus menelan pil pahit karena pada kenyataannya Clement tinggal di sebuah desa terpencil di Kota Bordeaux, dan bukan di Paris.

Itje pun terus meminta kepada Clement untuk membawanya ke Paris. Clement pun berjanji akan membawanya ke Paris setelah panen anggur.

Kehidupan Itje semakin bertambah rumit saat Camille (Astrid Roos) mantan kekasih Clement datang ke dalam kehidupan mereka.

Dalam film ini Tanta Ginting berperan sebagai Dadang, pekerja pemetik anggur yang juga menjadi guru ngaji bagi Clement.

3. Negeri Tanpa Telinga

Negeri Tanpa Telinga
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama
  • Produksi: Lola Amaria Production
  • Sutradara: Lola Amaria
  • Pemeran: Jenny Chang, Tanta Ginting, Elang El Gibran, T. Rifnu Wikana, Ray Sahetapy

Negeri Tanpa Telinga merupakan sebuah film yang bertema politik. Filmnya berkaitan dengan permasalahan politik seperti skandal seks dan korupsi dari para pejabat politik.

Tokoh sentral dalam film ini adalah seorang tukang pijat yang diperankan oleh T. Rifnu Wikana bernama Naga. Naga yang seorang tukang pijit terancam jiwanya karena banyak mendengar konspirasi politik pelanggannya.

Penderitaan Naga itu diakibatkan oleh info tentang konspirasi yang didengarnya ketika memijit para pejabat tersebut.

Pada film ini, Tanta Ginting berperan sebagai Mister Marmood, salah satu tokoh politik yang terlibat dalam konspirasi para pejabat yang ingin berkuasa menjadi seorang presiden. Film ini memperlihatkan betapa menderitanya Naga yang harus mendengar kotornya dunia politik.

4. Darah Daging

Darah Daging
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Aksi, Kejahatan, Drama
  • Produksi: Skylar Pictures
  • Sutradara: Sarjono Sutrisno
  • Pemeran: Ario Bayu, Donny Alamsyah, Rangga Nattra, Ray Sahetapy, Arnold Leonard, Estelle Linden

Darah Daging merupakan film aksi yang memperlihatkan pengorbanan yang dilakukan seorang anak demi seorang ibu. Tiga saudara yang terdiri dari Arya (Ario Bayu), Rahmat (Rangga Nattra), dan Fikri (Arnold), mereka berencana untuk merampok sebuah bank.

Aksi mereka ini dibantu oleh teman Rahmat yaitu Salim (Donny Alamsyah) dan sepupu Salim, Borne (Tanta Ginting).

Aksi mereka tidak berjalan mulus diakibatkan oleh kecerobohan yang dilakukan oleh Borne. Kecerobohan ini mengakibatkan Salim ditanggap dan harus menghadapi hukuman mati.

Seorang penulis Hanna (Estelle Linden) mencoba menyelidiki kasus tersebut setelah 14 tahun berlalu. Penyelidikan Hanna, itu akhirnya membawa Salim pada sebuah kenyataan yang tidak terduga.

5. Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan

Film Surga Yang Tak Dirindukan merupakan adaptasi dari novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama. Kisahnya menceritakan pernikahan antara Prasetya (Fedi Nuril) dan Arini (Laudya Cynthia Bella).

Arini adalah wanita yang Pras temui saat melakukan tugas kuliahnya bersama kedua temannya yaitu Amran (Kemal Pahlevi) dan Hartono (Tanta Ginting)

Pras dan Arini saling jatuh cinta dan mereka pun akhirnya menikah. Tetapi cobaan datang pada rumah tangga mereka saat Pras terpaksa menikahi seorang wanita untuk menyelamatkan nyawanya.

Wanita itu adalah Meirose (Raline Shah). Ia mengalami depresi karena ditinggalkan kekasihnya. Suatu saat pernikahan Pras dan Meirose diketahui oleh Arini yang menghancurkan pernikahannya.

6. Berangkat

Berangkat
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Petualangan, Komedi, Drama
  • Produksi: MVP Pictures
  • Sutradara: naya Anindita
  • Pemeran: Tarra budiman, Ayushita, Ringgo Agus Rahman, Tanta Ginting, Saykoji, Babe Cabita

Film Berangkat menceritakan tentang petualangan dari Jano (Tarra Budiman) dan kedua sahabatnya Joana (Ayushita) dan Dika (Ringgo Agus Rahman). Petualangan ini merupakan usaha dari Jano untuk mendapatkan wanita yang diidamkannya Kayla (Annisa Pagih).

Mereka hendak melakukan perjalanan menuju Kota Bali dengan menggunakan mobil VW yang disewa dari Gimbal (Tanta Ginting).

Dalam perjalanan menuju Kota Bali yang penuh dengan petualangan tersebut, mereka ditemani Gimbal. Mereka mengalami berbagai keseruan di tempat yang mereka singgahi.

Petualangan mereka menjadi hiburan yang menarik yang tidak akan membuat penonton bosan. Perjalanan mereka akan memberikan tawa segar pada setiap penontonnya.

7. Surga yang Tak Dirindukan 2

Surga yang Tak Dirindukan 2
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Percintaan
  • Produksi: MD Pictures, MD Entertainment
  • Sutradara: Hanung Bramantyo, Meisa Felaroze
  • Pemeran: Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah, Tanta Ginting, Kemal Pahlevi

Film Surga Yang Tak Dirindukan 2, kali ini menyuguhkan cerita saat Pras (Dedi Nuril) dan Arini (Laudya Cynthia Bella) bertemu kembali dengan Meirose (Raline Shah) yang ingin mengambil kembali anaknya.

Pada pertemuannya ini Arini justru meminta Meirose untuk kembali kepada Pras. Meirose pun dilanda kebimbangan begitu pula dengan Pras yang merasa ragu akan kemampuan untuk dapat berlaku adil.

Pada filmnya kali ini teman-teman dari Pras masih di perankan oleh aktor yang sama yaitu Tanta Ginting sebagai Hartono dan Kemal Pahlevi sebagai Amran.

Tetapi kali ini ada sosok baru yang masuk dalam hubungan Pras dan Meirose. Tokoh itu adalah dokter Syarief yang diperankan oleh Reza Rahadian. Sekuelnya yang kedua ini dijamin akan membuat penonton meneteskan air mata.

8. Surga yang Tak Dirindukan 3

Surga yang Tak Dirindukan 3

Film Surga yang Tidak Dirindukan 3, bercerita tentang Rumah Tangga dari Pras (Fedi Nuril) dan Juga Meirose (Marsha Timothy) selepas kematian Arini. Kali ini mereka didera masalah baru yang menggoyahkan kehidupan rumah tangga Pras dan Meirose yang bahagia.

Pras mengalami masalah kebangkrutan saat ia ditipu oleh manajer keuangannya. Selain itu, kedatangan ayah kandung Akbar Ray Sastrowardoyo (Reza Rahardian) membuat Mei dan Pras sering bertengkar.

Di film Surga yang Tak Dirindukan 3 ini teman Pras Hartono dan Amran masih dimainkan oleh Tanta Ginting dan Kemal Pahlevi. Namun sosok Meirose diganti oleh Marsha Timothy yang dahulunya diperankan oleh Raline Shah.

9. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Guru Bangsa: Tjokroaminoto
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Biografi, Drama, Sejarah
  • Produksi: MSH Films, Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto, Pic[k] Lock Productions
  • Sutradara: Garin Nugroho
  • Pemeran: Reza Rahadian, Christoffer Nelwan, Putri Ayudya, Alex Komang, Christine Hakim, Didi Petet,

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto merupakan sebuah film biografi dari tokoh sejarah penting di Indonesia yaitu HOS Tjokroaminoto. Filmnya memperlihatkan perjuangan dari Tjokroaminoto (Reza Rahadian) dengan Sarekat Islamnya.

Tjokroaminoto merupakan seorang yang lahir dari keluarga bangsawan, tetapi hal itu justru memuatnya lebih peka dengan penderitaan rakyat kecil.

Kepedulian Tjokroaminoto inilah yang membuatnya bertekad melawan penjajahan Belanda yang menindas rakyat pribumi. Perjuangannya melawan penjajah ia tuangkan dalam bentuk tulisan.

Kegiatannya ini, tentu saja menjadi ancaman bagi Belanda. Pada film kali ini Tanta Ginting berperan menjadi Semaoen yang merupakan salah satu murid dari Tjokroaminoto.

10. Soekarno

Soekarno

Film Soekarno merupakan film biografi sejarah dari Bung Karno (Ario Bayu) dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia harus diasingkan ke Bengkulu saat memberikan kemerdekaan bagi Indonesia.

Di pengasingannya ini Soekarno bertemu dengan Fatmawati (Tika Bravani). Soekarno yang tertarik pada Fatmawati menciptakan konflik dengan Inggit Garnasih (Maudy Koesnaedi) istri pertamanya.

Di saat terjadi kemelut dalam rumah tangganya, Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya. Soekarno ingin memanfaatkan Jepang untuk meraih Kemerdekaan Indonesia.

Tetapi keinginannya itu diragukan oleh Hatta (Lukman Sardi) dan Sjahrir (Tanta Ginting). Tetapi Soekarno memiliki keyakinan kuat bahwa dengan memanfaatkan Jepang Indonesia akan merdeka.

Nah, itulah beberapa film yang dibintangi oleh Tanta Ginting. Walaupun sebagian besar perannya bukanlah sebagai peran utama, tetapi kemampuan aktingnya tidak perlu diragukan lagi.

Ia bahkan mendapatkan beberapa penghargaan atas kemampuan aktingnya sebagai Pemeran pembantu Terpuji di Festival Film Bandung 2014.

Jika kamu melihat beberapa film yang ia bintangi dari peran yang serius hingga peran yang segar dan penuh tawa, terlihat kemampuan aktingnya yang mumpuni.

Film-film yang ia bintangi juga memberikan hiburan yang asyik serta mengedukasi. Tertarik untuk menonton filmnya? Mana yang jadi pilihan kamu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram