logo web

10 Film Tentang Binatang Buas yang Paling Menegangkan

Ditulis oleh Syuri K.N.

Kamu suka menyaksikan acara yang meliput binatang buas? Atau film-film yang bertemakan hal tersebut? Biasanya film seperti ini masuknya ke genre aksi, survival dan adventure. Film tentang binatang buas memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Film tentang wildlife selalu mengeksplorasi kehidupan dan perilaku makhluk-makhluk yang dibahas. Penonton juga biasanya diberi pemandangan alam sekitar makhluk itu hidup, jadinya sedikit banyak pengetahuan kita bertambah.

Dan, tentu saja film tentang binatang enggak akan luput dari para manusianya. Biasanya jika binatang buas maka mereka digambarkan mengerikan, dan para manusia di dalam film itu harus mempertahankan nyawa mereka. Jadi banyak bumbu konflik dan action yang intens.

Jika kamu suka film tentang pertarungan manusia dan hewan di alam liar yang menegangkan, Showpoiler sudah mengumpulkan sepuluh yang terbaik di bawah ini.

1. Beast

Beast

Seorang ayah dan dua putri remajanya menemukan diri mereka diburu oleh singa nakal besar yang bermaksud membuktikan bahwa Savanna hanya memiliki satu pemangsa puncak. Baru-baru ini janda

Dr. Nate Samuels (Idris Elba) dan dua putrinya, Meredith 'Mare' Samuels (Iyana Halley) dan Norah Samuels (Leah Sava Jeffries), pergi ke Mopani Reserve, Afrika Selatan. Bukan cuma agenda berlibur, Nate juga temu kangen dengan kawan lamanya, Martin Battles, ahli biologi margasatwa sekaligus manajer Mopani.

Keesokan harinya, Martin dan keluarga Nate melakukan 'tur' ke area terlarang cagar alam Mopani. Martin menunjukkan singa lokal di sana yang menjadi kebanggaan pengelola cagar alam dan juga warga sekitar. Tapi ada yang aneh dari salah satu singa, Martin menyadari ada singa yang terluka.

Di sekitar Mopani ada masyarakat Tsonga. Martin baru mengetahui sebagian besar penduduknya telah tewas secara mengerikan. Ia curiga, pembunuh orang-orang ini adalah singa yang ganas. Martin pun bergegas kembali untuk melaporkan temuannya.

Tapi, Martin (Sharlto Copley) dicegat oleh singa yang ia suspek dan dianiaya. Singa ganas itu kemudian menyergap Nate, Meredith, dan Norah. Akankah mereka selamat dari kejaran singa gila?

2. The Meg

the meg_

Film kali ini datang dari hewan laut yang dianggap buas, hiu. Tapi, tahukah kamu kalau di dunia nyata, hiu enggak semenakutkan apa yang ditampilkan di film-film? Jadi film tentang hiu yang tampaknya sangat senang memburu manusia itu sebenarnya enggak akurat, ya. Perlu dipahami, kita menonton film tujuannya ya untuk hiburan saja.

Jonas Taylor (Jason Statham), penyelam penyelamat, diutus untuk menyelamatkan kru kapal selam nuklir yang rusak karena ditabrak oleh makhluk yang 'tak terdefinisi'. Dua krunya terjebak di dalam kapal selam. Aksi Taylor yang terpaksa melarikan diri, membuat ia dikecam dan diberhentikan.

Time skip lima tahun kemudian. Dr. Minway Zhang (Winston Chao) dan putrinya, Suyin Zhang (Li Bingbing), mengawasi misi menjelajahi bagian terdalam Palung Mariana di fasilitas penelitian bawah laut yang sebelumnya dibiayai Mana One.

Walau masih trauma dengan kejadian masa lalu, Jonas akhirnya memutuskan untuk membantu Suyin ketika ada masalah. Bukan masalah kecil, melainkan masalah besar, karena hiu Megalodon tiba-tiba muncul ke permukaan dan membahayakan umat manusia.

3. The Grey

The Grey

John Ottway (Liam Neeson) bekerja sebagai penembak jitu untuk perusahaan minyak di Alaska. Untuk apa perusahaan minyak membutuhkan penembak jitu? Karena di lokasi pengeboran minyak, ada gerombolan serigala yang mengancam nyawa para pekerjanya.

Kini John sedang dalam perjalanan kembali ke Anchorage, liburan di kampung halaman sebelum kembali bekerja. Namun, pesawat mengalami turbulensi besar dan jatuh di padang gurun Alaska yang terpencil. Segelintir penyintas yang selamat.

Sekarang, John dan para korban selamat lainnya harus berusaha menyelamatkan diri, mencari perlindungan, dan menunggu pertolongan setelah jatuh dari pesawat. Dan, tentu saja mereka harus melawan atau bersembunyi dari kejaran serigala yang lapar.

4. The Revenant

The Revenant

Kalau pergi ke pegunungan, apa yang paling kamu takutkan? Kuntilanak atau beruang? Film yang rilis pada tahun 2015 ini termasuk blockbuster movie. Film ini meraup keuntungan sebesar $533 juta di seluruh dunia. Film ini memenangkan tiga Golden Globe Awards dan lima BAFTA Awards dalam kategori Film Terbaik.

Sang sutradara, Iñárritu, memenangkan Academy Awards untuk Sutradara Terbaik, sementara Emmanuel Lubezki mendapatkan penghargaan Sinematografi Terbaik.

Dan, yang paling ditunggu-tunggu oleh penikmat film Barat, terutama penggemar Leonardo DiCaprio. Sebab, akhirnya ia mendapatkan Academy Awards kategori Aktor Terbaik untuk pertama kalinya sepanjang kariernya.

The Revenant mengambil latar waktu pada akhir tahun 1823, dimana ada Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), pedagang bulu hewan, yang tengah memandu kelompok trappers—pemburu dan pengepul bulu hewan. Kelompok ini dipimpin oleh Kapten Andrew Henry (Domhnall Gleeson).

Ketika sedang berburu, perkemahan mereka diserang suku Arikara yang ingin mendapatkan kembali anak perempuan kepala suku mereka yang diculik, Powaqa. Trappers yang selamat kabur menggunakan perahu yang dibawa Hugh. Mereka selamat dari suku Arikara, tapi Hugh di hampir mati oleh seekor beruang grizzly betina.

5. Black Water

Black Water 2007

Black Water, dari judul dan gambar adegannya, hewan buas apa yang bisa kamu bayangkan? Diceritakan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari kakak beradik Grace (Diana Glenn) dan Lee (Maeve Dermody), dan juga Adam (Andy Rodoreda) suami Grace, sedang tur di Blackwater Barry.

Tempat berupa rawa-rawa itu memang menjadi destinasi wisata untuk memancing. Enggak cuma itu, terdapat pula atraksi buaya, dan Lee sangat ingin menontonnya. Jim (Ben Oxenbould), pemimpin tur, mengajak semuanya memancing hingga ke dalam hutan bakau. Mereka tetap lanjut walau perahu mereka menabrak 'sesuatu'.

Benar saja, Lee melihat ada sesuatu yang bergerak di air. Enggak lama setelah itu, perahu mereka berbenturan dengan sesuatu yang keras hingga mereka semua terlempar ke dalam air. Adam akhirnya menyadari ada buaya yang menyerang mereka.

6. Crawl

Crawl 2019

Sama seperti Black Water, Crawl juga menceritakan tentang serangan buaya. Haley Keller (Kaya Scodelario), diberi tahu saudarinya, Beth Keller (Morfydd Clark), via telepon kalau Badai Wendy Kategori 5 akan tiba di Florida enggak lama lagi. Beth menyarankan Haley untuk segera pergi ke luar negeri sebelum badai menerjang.

Haley khawatir dengan kondisi ayahnya, Dave Keller (Barry Pepper). Walau selama ini sang ayah enggak berhubungan lagi dengan kedua putrinya, tapi Haley tetap peduli. Ia pun menghampiri Dave ke apartemennya, yang ternyata dalam kondisi kosong. Haley pun memeriksa rumah lama mereka di Coral Lake, lokasi yang berisiko terkena banjir.

Benar saja, saat tiba di rumah lamanya, sang ayah ditemukan pingsan. Banjir sudah melanda, ketika hendak keluar rumah mencari pertolongan, buaya-buaya besar sudah mengepung rumah Haley.

7. In the Heart of the Sea

In the Heart of the Sea

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini memiliki latar waktu yang sangat jauh, yakni pada tahun 1850. Herman Melville, seorang penulis novel, mengunjungi penginapan milik Thomas Nickerson, orang terakhir yang selamat dari tenggelamnya kapal paus Essex.

Herman menjanjikan imbalan uang yang banyak dengan pertukaran yang adil, yaitu jika Thomas mau membagikan ceritanya ketika menaiki kapal tersebut. Cerita beralih ke tahun 1820, saat itu perusahaan penangkapan ikan paus sedang dalam masa kejayaannya. Mereka memburu paus untuk mendapatkan minyaknya yang mahal.

Thomas Nickerson yang kala itu baru berusia 14 tahun telah bekerja menjadi awak kapal Essex.Pemburu paus veteran, Owen Chase (Chris Hemsworth), diutus sebagai kelasi satu.

Kapten kapal ini adalah George Pollard Jr. (Benjamin Walker), pelaut yang belum berpengalaman. Owen merasa seharusnya ia yang menjadi kapten, karena keluarga George hanya sekumpulan orang-orang yang iri dengan kelihaian Owen.

Sering berselisih walau sudah aboard, George sengaja membantah perintah Owen dengan berlayar ke arah lain. Akibatnya, kapal mereka mengarah ke badai. Menyadari kesalahan itu, akhirnya keduanya sepakat untuk mengesampingkan perbedaan daripada mempertaruhkan reputasi mereka.

Kru kapal pun berhasil mendapatkan paus sperma banteng pertama mereka. Tapi, itu ternyata menjadi satu-satunya keberhasilan mereka, karena tiga bulan setelah itu mereka enggak mendapatkan tangkapan lagi. Kapal Essex pun berlayar menuju Pasifik.

Berpapasan dengan kapal Spanyol, mereka diberi tahu arah untuk menemukan banyak paus. Tapi mereka harus hati-hati dengan paus putih yang penuh dendam, karena paus itu telah menghancurkan kapal dan menewaskan beberapa nyawa. Benar saja, George dan Owen pun merasakan amarah dari paus putih itu.

8. Piranha

piranha movie 2010

Walau tergolong film lama, tapi buat pecinta film hewan buas kayaknya enggak boleh melewatkan Piranha 3D. Pada tahun perilisannya, yaitu tahun 2010, tentunya film 3D sudah tergolong 'wah' dan banyak diminati.

Gempa bumi kecil terjadi yang membelah dasar Danau Victoria, Arizona, dan menyebabkan pusaran air. Dari sana muncul ikan-ikan piranha prasejarah yang dikira sudah musnah. Matt Boyd, seorang nelayan lokal, tewas mengenaskan diburu para piranha.

Saat liburan musim semi, Jake Forester (Steven R. McQueen) bertemu kembali dengan mantannya, Kelly (Jessica Szohr), yang sekarang menjalin hubungan dengan pemuda sombong bernama Todd Dupree. Jake juga bertemu Derrick Jones (Jerry O'Connell), pembuat film porno dan Danni (Kelly Brook), salah satu aktrisnya.

Derrick meminta Jake menunjukkani danau yang bagus untuk syuting. Sementara Ibu Jake, Sheriff Julie Forester (Elisabeth Shue), tengah mencari Matt Boyd yang hilang. Akhirnya tubuh Matt ditemukan dalam keadaan termutilasi. Danau tersebut dipertimbangkan untuk ditutup. Namun, mahasiswa yang sedang berpesta menghalangi mereka.

9. Anaconda

Anaconda movie 1997

Another film jadul, tapi Anaconda memang enggak boleh dilewatkan bagi penggemar film petualangan dan survival yang diduetkan dengan hewan buas.

Fun fact: sebenarnya anakonda di dunia nyata enggak seberingas yang dipertontonkan di film ini, loh. Anakonda bertubuh berat, panjang, dan besar. Itu membuat mereka kesulitan bergerak. Jadi anakonda yang gesit memburu manusia seperti di film Anaconda ini enggak benar sama sekali, ya, teman-teman Showpoiler.

Film Anaconda (1997) ini mengisahkan kru film dokumenter yang melakukan perjalanan melintasi hutan Amazon. Mereka, tentu saja enggak menyadari masalah yang akan terjadi. Mereka sanget apes, soalnya bertemu dengan orang asing yang ternyata hobi menangkap ular Anaconda raksasa.

Ia bahkan memancing ular tersebut untuk menghampiri kapal mereka, yang berarti mengumpani seluruh manusia di sana untuk jadi santapan ular.

10. Primal

Primal 2019

Film dengan durasi 1 jam 36 menit ini diperankan oleh Nicolas Cage sebagai Frank Walsh, pemburu hewan besar dengan spesialisasi spesies langka dan berbahaya. Tapi, kegiatannya ini enggak selalu legal. Ia baru saja menangkap jaguar putih yang langka dari hutan hujan Brasil.

Kali ini asistennya enggak mau membantu Frank, karena mendengar mitos daerah tersebut. Tapi, Frank tetap ngotot mau membawa jaguar itu untuk dijual ke kebun binatang. Frank memesan kapal angkut untuk membawa semua hewan tangkapannya. Tapi, pada saat yang sama, Dinas Marshal Amerika Serikat juga membutuhkan kapal tersebut.

Pemerintah AS berencana membawa pembunuh spesialisasi politik, Richard Loffler (Kevin Durand). Sama seperti hewan, Richard dirantai dan dibawa di dalam sangkar. Mau enggak mau Frank berbagi kapal itu dengan pemerintah AS.

Dalam perjalanan, Richard berhasil melarikan diri. Sebelum itu, ia juga melepaskan hewan-hewan berbahaya, termasuk ular berbisa.

Awak kapal pun melarikan diri dengan sekoci, meninggalkan Frank, Dr. Ellen Taylor, dan beberapa orang lainnya di kapal. Jadi, di film ini yang lebih mengerikan ternyata manusianya alih-alih hewan-hewan liarnya, ya?

Selesai sudah pembahasan film tentang binatang buas yang menurut Showpoiler wajib banget ditonton. Menurut kamu film mana yang paling seru dari daftar di atas?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram